HOLY LAND

skrg semakin trend,melakukan napak tilas ke Jerusalem,bahkan pernah saat saya komsel pada sharing mengenai yg pernah ke Jerusalem,dan bbrapa berasumsi jika d sana mengalami perjumpaan atau mendapat hikmat. pas saya d tanya mengenai kerinduan pergi ke sana,saya jwb u/ hal kebutuhan sehari2 aja pas2an,jadi ga mikir yg muluk2 dulu,langsung saya agak d acuhkan.
apakah ada dlm alkitab,kita harus ke Jerusalem,dan apakah jika d sana lebih bisa dekat dgn Tuhan,apakah benar membawa pengaruh positif bagi kehidupan rohani kita ?

Ya tidak ada keharusan ke sana
tapi saya pribadi ingin ke sana dan sedang menabung
bukan ubntuk apa2 tetapi untuk pembelajaran, mengenal dunia bapa leluhur saja
jadi tidak harus juga kok

Tuhan Yesus memberkati

TTP: tradisi/gaya hidup kristen yang tidak alkitabiah :happy0025:

sebenarnya berkunjung ke holy land
hanya untuk menambah pengatahuan seperti apa yang tertulis dalam alkitab.

contoh :
golgota, dimana Yesus di salib, kuburan Yesus,
kana → air menjadi anggur

dan satu hal yag cukup mengesankan adalah rencana pembangunan bait suci umat yahudi.
semua peralatan bait suci sudah mereka buat duplikatnya, kecuali tabut perjanjian. lembu merah.

pembangunan bait suci inilah yang menjadi “perhatian” dunia

bisa jadi… :smiley:

gak ada keharusan lah ke Israel … :smiley:

Kalau memang suka jalan2 dan duit ada lebih ya silahkan aja jalan2 … napak tilas :smiley:

cuma banyak gereja sekarang buka tour ke israel tuh :smiley: hehe … pendetanya jadi tour guide di sono :smiley:

kalo ada uang… silahkan …
kalo ngga ada jangan hutang untuk pergi ke sono

he3 duh sis alice sadisnya^^
saya pribadi sih cuma ingin tahu saja.
melihat dan tahu sendiri tentang israel^^
tapi kalau untuk kerohanian yang penting sih tetap menjadi pelaku Firman.^^

yah sepertinya gaya hidup umat Kristen sedang sedikit mengalami ‘evolusi dan adaptasi’ mengikuti trend dunia ya

saya pernah baca di Alkitab ada anjuran untuk berziarah ke Yerusalem, namun saya lupa ayatnya dimana ?
Tapi bagi saya pribadi ada keinginan untuk melihat-lihat Yerusalem dan dibaptis di sungai Yordan. Mungkin lebih baik menabung, masakan kita kalah dengan jemaah yang dari seberang untuk melihat tanah suci.

@endang
aneh sekali ngapain juga menang menangan dengan seberang
Tubuh kitalah bait-Nya
ketika menyembah-Nya harus dalam roh dan kebenaran
dan ayat apa yang anda maksud???

Saya pernah dengar khotbah dari pendeta di sebuah gereja, beliau mengatakan bahwa bila mampu ada baiknya untuk berziarah ke Yerusalem didukung dengan ayat Alkitab untuk membenarkan hal tersebut. Ayatnya itu saya lupa.
Justru sebaliknya, yang dari seberang meniru ajaran dari Alkitab Perjanjian Lama untuk berziarah ke tanah suci versi mereka.

sebenarnya gak perlu ke Yerusalem.
klo memang ingin tour, ya gak salahnya.
karena akan membuat dan lebih meyakinkan apa yang pernah kita baca dalam alkitab,

sama saja dengan berkunjung ke museum, dengan melihat langsung peninggalan dan lokasinya pejiarah berharap dapat lebih merasakan dan menghayati apa yang dibaca dan didengarnya.
setahu saya tidak ada dasar alkitabnya.

-salam-

setuju :smiley:
tetapi Holy Land itu ada di hati… (kedamaian)

ada kok firmannya, sama aku juga lupa.

emang tidak ada keharusan seperti teman sebelah.
cuma kalo ada uang lebih dan mampu, pilih lah kesana itung2 memberkati Yerusalem :slight_smile:

Loh Islam juga tidak mengharuskan Naik Haji, tapi kalau mampu saja …

Doeleo kala …

John 4:21 Kata YESUS kepadanya: "Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, [b]bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem[/b]. John 4:22 Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi. John 4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. John 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

Tiga kali dalam setahun, bangsa Israel wajib berkunjunh ke Yerusalem untuk merayakan :

  1. Paskah
  2. Pondok Daun
  3. Shavuot/Pentakosta

Mereka menyebut perjalanan ini dengan istilah : Ziarah

Ps 121:1 Nyanyian [b]ziarah[/b]. Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung; dari manakah akan datang pertolonganku? (ITB - LAI)

Ps 121:1 ​​​​​​​A song of ascents2 sn. I look up toward the hills. From where does my help come?
(NET Bible)

Dalam bahasa Inggris adalah : Ascent – Naik

2 sn The precise significance of this title, which appears in Pss 120-134, is unclear. Perhaps worshipers recited these psalms when they [b]ascended[/b] the road to Jerusalem to celebrate annual religious festivals. For a discussion of their background see L. C. Allen, Psalms 101-150 (WBC), 219-21.

Kenapa : Naik?

Karena untuk ke Yerusalem, harus naik ke bukit Zion

Naik untuk apa?

Tentunya naik untuk perayaan2 yang ditetapkan tadi

http://www.mideastweb.org/arabic_hebrew_eng.htm

Makanya, ketika Ibrani berkata Shalom, arab berkata Salam

Makanya ketika Ibrani berkata 'Hag [Hagg], arab berkata Haj [Hajj]

Huruf Gimel [g], berubah menjadi Jimel [J]

'Hag menjadi Haj

Bila gimel ditulis dg dagesh menjadi 'Hagg , dan arabnya menjadi Hajj

Apa itu 'Hag?
Kel 23:14 "Tiga kali setahun haruslah engkau mengadakan perayaan bagi-Ku

Exod 23:14 שלש רגלים תחג לי בשנה׃

Shlashi regalim ta’hag li bashanah

Jadi orang2 Israel --termasuk Yesus, setahun tiga kali pada Naik Haji

Selanjutnya YESUS Naik Haji

ya…kalo ada Holy Spiritnya nya
kalo ngga ada tinggal land_nya :smiley:

lalu tempat Holy Spirit apa lice :smiley: ?