Hormatilah Ayah dan Ibumu atau Balas Budilah kepada Ayah dan Ibumu ?

Biasanya kalau orang tua sampai menuntut jalan2 ke luar negeri, itu akibat dari pergaulan dengan teman-teman mereka yang level ekonominya cukup jauh bedanya.

Kalau orang tua saya sih tidak menuntut, tetapi mereka berharap juga dapat pergi ke luar negeri.

Dalam hal ini, komunikasi dengan orang tua dan saling pengertian sangat dibutuhkan. Jangan sampai karena hal sepele, mereka jadi sedih. Ya maklum sajalah, karena sudah tua, sikap mereka terkadang seperti itu.

BUSYET dah , bikin MALU bagi yg namanya PARENTS aja deh ! Yg seperti itu bukannya PARENTS tetapi OLD Person yg udeh RADA2 PIKUN dan RADA2 Diktator. !
Perlu DIBAWA ke Psychiater , ada yg EROR dalam dirinya tuh Bro !
Sebagai PARENTS, melihat anak2 saya bisa MANDIRI gak NUMPANG sama ORTU saja , sudah rasanya BERSYUKUR.
Sebab kata Alkitab, sampai Putih rambutmu, AKU tetap menggendong kamu, anak-Ku ! … itulah HIBURAN yg menguatkanku di Masa Tuaku ini ! :happy0062:

Setahu saya biasanya orangtua tidak menuntut anaknya berbuat sesuatu buat dirinya. Sifat kebanyakan ortu, asal anaknya benar dan sukses hidupnya sampe berkeluarga, ortu uda senang banget.

Jd seikhlasnya saja. Lagipula untuk membahagiakan ortu adalah naluri alami, ndak usah di suruh kalo memang anak perduli dg ortunya pasti dengan ikhlas berbuat baik untuk ortunya. Dan banyak juga ortu yg selagi mampu, mau memberikan investasi dana untuk modal dan langkah sukses anaknya. Malah ada ortu yang berpendapat, “lah dia kerja buat siapa??? Ujung-ujungnya juga buat kebahagiaan anak dan pasangannya”.

Kalo saya kelak jd ortu, berusaha beri yg terbaik bagi anak sesuai kapasitas saya dan tdk menuntut balasan tertentu. Just do it the best for them yg penting hidup benar di jalan Tuhan. Namanya berkat sudah diatur Tuhan pd tiap masing-masing orang. Lagipula kebaikan itu sifatnya naluri bukan dipaksakan, harus dari hati. Banyak jugakan anak yang tahu diri, berusaha ingin membahagiakan ortunya. Ndak usa disuruh kalo memang anaknya mau, pasti akan berbuat baik pada ortunya :slight_smile:

Btw, mas bro sampe 3 post yg sama. Lain wkt cukup 1 post saja biar tdk nyebar dan rapi gitu :rolleye0014:

I Timotius 5:4
Tetapi jikalau seorang janda mempunyai anak atau cucu, hendaknya mereka itu pertama-tama belajar berbakti kepada kaum keluarganya sendiri dan membalas budi orang tua dan nenek mereka, karena itulah yang berkenan kepada Allah.

Yang dimaksud “berbakti” dan “membalas budi” tentunya memelihara hidup orang tua kita yang telah membesarkan dan merawat kita hingga dewasa. Kebutuhan hidup mereka (minimal makanan dan pakaian) harus terjamin. Tapi juga jangan berlebihan, misalnya meminta dibelikan barang yang mahal2 atau tiap bulan jalan2 ke LN.

Prinsip saya selama kita melakukan kewajiban kita sebagai orang tua, menyekolahkan mereka dengan tanggung jawab dan semampu kita.

Setelah mereka menjadi tamat sarjana, itulah harta otak yang kita berikan yang tidak akan pernah dicuri oleh pencuri.

Sedangkan seterusnya, orang tua mempunyai tabungan masa tua, yang tidak perlu merepotkan anak.

Karena anak mempunyai keluarga dan tanggung jwab yang harus di lakukan terhadap keluargnya , terutama sekolah anak yang sekarang mengerikan biayanya.

Kalau orang tua yang seperti yang dikatakan di ALKITAB,. 1 Tim 4 , itu ditujukan janda yang tidak ada mata pencaharian, anak anak wajib membantu biaya hidupnya , masing2 menurut kemampuan masing2.

Sedangkan orang tua yang mampu dan bijaksana tidak akan merepotkan anak anaknya .

2 Korintus 12:14
Sesungguhnya sekarang sudah untuk ketiga kalinya aku siap untuk mengunjungi kamu, dan aku tidak akan merupakan suatu beban bagi kamu. Sebab bukan hartamu yang kucari, melainkan kamu sendiri. Karena bukan anak-anak yang harus mengumpulkan harta untuk orang tuanya, melainkan orang tualah untuk anak-anaknya.

Betul, kalau seorang janda (tua) punya anak yang mampu, seharusnya anak itu yang memeliharanya. Prinsipnya, anak membalas budi orang tua yang membesarkannya, apabila orangtuanya itu sudah tidak mampu mencukupi kehidupannya sendiri (sudah tua atau ada kelemahan fisik).