Hosea Menikah Dengan Pelacur?

Shalom,…
Sobat FK’ers yang terkasih, beberapa waktu yang lalu saya sempat membaca kisah Hosea. Yang saya tidak mengerti adalah mengapa Tuhan menyuruh Hosea menikah dengan pelacur yang bernama Gomer itu?

“Ketika Tuhan mulai berbicara dengan perantaraan Hosea, berfirmanlah la kepada Hosea: ‘Pergilah, kawinilah seorang perempuan sundal dan peranakkanlah anak-anak sundal, karena negeri ini bersundal hebat dengan membelakangi Tuhan’” (Hosea 1:2)

Bagaimana menurut Sobat? monngo ada yang bisa kasih komentar ga? :angel:

Memang pelacur ga boleh dinikahi ya?

Seorang nabi hidupnya adalah sepenuhnya untuk Allah, melakukan apapun yang diperintahkan Allah untuk menyampaikan pesanNya. Disuruh memasak dengan tai juga akan dilakukan, menikah dengan pelacur juga merupakan pesan Allah.

Tentang hal ini bukan perbuatannya yang menjadi teladan kita tetapi pesanNya yang harus kita tangkap.

wah bro Krispus gak boleh gitu lho bro…

Menurut beberapa teman kita…
Apa yang Tertulis Huruf-per-huruf di Alkitab itu lah Firman Tuhan… gak boleh lho main tangkap-tangkap-an pesan… nanti jadinya Tidak Murni, alias Tidak Eksegesis (iki artine opo to… jan-jan-e…)

Mungkin arti yang TEPAT Huruf per Huruf nya gini bukan ya:
Kalau Anda membelakangi Tuhan, misalnya duduk membelakangi Salib, atau Alkitab, atau membelakangi Gereja, maka anda diperintahkan untuk segera mengawini perempuan sundal pertama yang ada temui…

Wah, kasian bener pekerja seks komersial kok dijadikan kiasan negatif gitu ya…
Padahal sebagian besar dr mereka itu menjalani profesi karena ke-gatel-an Konsumennya (alias meeting customers’ demand)
Coba kalau gak ada orang iseng (gatel), PSK gak laku, profesi itu ilang sendiri kan? gak usah dikejar-kejar kaya gitu… kasian amat ya…
Percuma dikejar-kejar, profesinya tetep ada, krn konsumennya ttp ada, misalnya: yg ngejar-ngejar itu minta jatah gratisan juga. nah loh…

Salam,

baca judul perikopnya aja :cheesy:
sebenernya hosea nya juga rada enggan ya, apalagi waktu istrinya itu selingkuh (kalo ga salah). siapa juga yang mau ;D

hahahaha… ;D ;D ;D

Lha , Kisah itu kan terjadinya di kitab PL bukan ??

GBU

T : mengapa Tuhan menyuruh Hosea menikah dengan pelacur yang bernama Gomer itu?

J : karena negeri ini bersundal hebat dengan membelakangi Tuhan’" (Hosea 1:2b)

Salam

ada yang bilang itu sebenarnya bukan Hosea yang mencari istri seorang pelacur,

"Banyak penafsir berpendapat bahwa ia tidak benar-benar mengawini seorang pelacur, tetapi bahwa uraian itu harus dianggap sebagai bersifat alegoris. Mereka menafsirkan kata-kata Hosea sebagai gambaran tentang suatu visi yang dilihatnya, bukan suatu kejadian di mana dia ikut berperan. Akan tetapi, tidak ada tanda alegori di dalam teks dan perkataan itu tampaknya benar-benar menggambarkan kehidupan perkawinan Hosea.

Namun pelacuran istrinya itu mungkin berkembang setelah perkawinannya dengan sang nabi. Waktu Meninjau kembali, Hosea menganggap perkawinan ini sebagai ditetapkan oleh Allah, karena perkawinan itu merupakan analogi yang dipakai Allah untuk menegur Israel. Nabi menuduh: negeri ini bersundal hebat. Sebagaimana istri Hosea terbukti tidak setia kepadanya, demikian juga Israel tidak setia kepada Tuhan. Perzinaan spiritual adalah bahasa kiasan yang diambil dari agama pemujaan kesuburan Kanaan, dengan pelacuran dalam ritualnya.

Yang jadi pertanyaan adalah "apakah sosok yang Hosea bilang "Tuhan " adalah benar benar Tuhan atau bukan ? mengingat “GAYA MUSA” banyak ditiru orang orang/tokoh PL

GBU

Gaya Musa seperti apa maksudnya sob? :huh:

seperti Kita tahu bahwa kelima kitab pertama dalam PL adalah tulisan musa
Didalam tulisannya itu musa menulis "
Tuhan berichtiar (berusaha dengan susah payah ,atau berusaha dengan keras ) untuk MEMBUNUH MUSA tetapi usaha ini gagal

dan dalam kesempatan lain ada tertulis bahwa Yakub menang melawan Tuhan

GBU

kata jenengan Perjanjian Lama sudah tidak berlaku, kenapa jenengan masih bahas? jadi bingung kulo.

Perjanjian lama sudah habis masa berlakunya menurut lukas 16;16

Tapi masih bisa dipakai untuk Sejarah , dan cerita pada anak anak yang pengen tahu sejarah /silsilah.

uang kuno seri pak ato yang sudah tidak berlaku juga masih saya simpan buat anak cucu, siapa tahu bisa di jual
atau dipakai kayak perpuluhan ,tetep dipakai pura pura engga tau kalu sudah expired aturannya


^ atas
disimpan saja siapa tahu 100 thn lagi harganya jadi 1000.000.000
he he he…
OOT dikit ya.

Firman Tuhan ga pernah usang Hanya perjanjian antara Manusia dengan Tuhan
di perbarui dengan Hukum Kasih Karunia.

Ooo, jadi sebagai sejarah.
Lalu apa hubungannya antara: Hosea menikah dengan pelacur – Sosok “Tuhan” pada Kitab Hosea – Gaya Musa – Tuhan berichtiar membunuh Musa – Yakub menang melawan Tuhan – Perjanjian Lama sebagai sejarah/silsilah? (itu saya coba urutkan asal mulanya). CMIIW

Spy Hosea bisa mengerti hati dan perasaan Tuhan :smiley:
Krn sukar untuk bisa merasakan hati dan perasaan Tuhan , kalau tidak dimasukkan ke peristiwa yang sama
dengan mengalami spt yang Tuhan alami thd bangsa israel , maka Hosea akan sanagt mengerti hati dan perasaan Tuhan

Oh jadi gitu ya…supaya Hosea mengerti hati dan perasaan Tuhan…hmmm…tp faktanya Hosea mengerti ga?klo dia emang mengerti kenapa dia ga bisa ya menginsafkan istrinya yang suka melacur itu? :azn: :azn:

hehehe… apakah manusia bisa mempertobatkan manusia lainnya ? :coolsmiley:
setahu saya yang bisa mempertobatkan /meng_insyafkan manusia lainnya hanya Tuhan :smiley:

dlm peristiwa Hosea nikah dengan pelacur bukan untuk mempertobatkan isterinya … ttp spy hosea bisa ngerti dan memahami hatiNya Tuhan

Bisa dijelaskan ga di ayat keberapa sih yang secara eksplisit maupun implisit mengatakan tujuan Tuhan itu yaitu supaya Hosea mengerti dan memahami hatinya Tuhan? :slight_smile: :slight_smile:

dlm ayat ini Tuhan mengajar sy :slight_smile:
Ho 1: 2 Ketika TUHAN mulai berbicara dengan perantaraan Hosea, berfirmanlah Ia kepada Hosea: “Pergilah, kawinilah seorang perempuan sundal dan peranakkanlah anak-anak sundal, karena negeri ini bersundal hebat dengan membelakangi TUHAN.”