Hukum Belanda Berdasarkan Kekristenan Sehingga Sangat Baik

Senator Uni Kristen : Hukum Belanda Berdasarkan Kekristenan WEDNESDAY, 23 FEBRUARY 2011

Beberapa waktu yang lalu Senator Uni Kristen Belanda, Roel Kuiper, mengatakan bahwa dia tidak menginginkan adanya tempat bagi hukum syariah di Belanda dan dia menginginkan agar larangan mengenai hal itu masuk dalam undang-undang dasar negaranya.

Penjelasan yang dia kemukakan adalah bahwa hukum syariah itu tidak sesuai dengan budaya Belanda. “Kebebasan di sini, cara berhubungan, nilai-nilai mengenai baik dan buruk, semuanya dibentuk berdasarkan kekristenan.” Begitu ungkapnya ketika mengemukakan alasan kenapa hukum syariah tidak sesuai di Belanda.

Kuiper juga ingin menangani aliran dana dari negara-negara Arab ke mesjid-mesjid di Belanda. Menurutnya, dibutuhkan aturan untuk ‘mendorong debat tentang islam di Belanda’. Pemimpin partai Kebebasan PVV, Geert Wilders menanggapi usulan Kuiper dengan antusias.

Selain itu juga, menurut Kuiper, hukum islam masih terlalu banyak bertumpu pada balas dendam sedangkan dalam hukum negara demokratis, khususnya Belanda, lebih bertumpu pada belas kasih, pemulihan, dan rekonsiliasi. “Kita tidak bisa membalas pukulan dengan pukulan. Ada hukuman tapi pada saat yang sama juga ada rekonsiliasi.” jelasnya.

Itulah yang dinamakan hukum sebenarnya. Karena negara adalah tempat berlindungnya rakyat, negara mengatur rakyat sehingga tidak berantakan. Jika misalnya rakyat bersalah, negara yang menegur dan menghukum, namun juga memperbaiki.
Source : republika/lh3

Bagaimana dengan KUHP Indonesia yang disusun Belanda?
Menurut seorang pakar hukum, di dalamnya tidak ada aturan tentang perzinahan, sehingga kumpul kebo tidak melanggar hukum.
Salam

wehh…mau ada intervensi hukum hukum ya…?? dengan alasan dan prinsip yang dianggap oleh mereka lebih manusiawi/humanis…?? tapi tidak ada dasar kasih disitu…??..karena prinsip dasarnya hanya u dibalik b…hehehe

@Kahlil_Gibson
kesalahan sebuah negara yang berlandaskan hukum kekristenan adalah terlalu menjunjung tinggi HAM sehingga itulah yang terjadi. beda dengan hukum muslim yg salah sedikit saja maka hukuman ekstrim dijalankan. hukum kristen berjalan berdasarkan kasih, jika kesalahan nya tidak merugikan orang lain hanya diberi saran dan masukan saja terhadap orang yang berbuat kesalahan.

contohnya menganut ajaran yang sesat, tidak ada dalam kristen untuk menghukum matinya, melainkan nyatakan kesalahan nya.

have a blessed day

Oh begitu ya.
Perbedaannya adalah “hukum dibuat untuk manusia” dan “manusia dibuat untuk hukum”.
Saya jadi ingat hukum Taurat.

Salam

ya, hukum taurat ada agar manusia mengerti apa yang tidak berkenan kepada Allah sehingga manusia tidak binasa… bukan karena Allah membatasi kehidupan manusia…

GBU

yap, ane stuju…

kalo menurut ane, muslim byk berpegang pd perjanjian lama, dalam perjanjian lama ane lupa dimana
ada kalimat “gigi ganti gigi” sama aja kan dg balas dendam,

hehehe, ini pendapat orang awam seperti ane.
GBu

Kalau buat saya negara dan agama tidak boleh menjadi satu
hak presiden untuk presiden
hak Tuhan untuk Tuhan( kalau buat saya semua sih punya Tuhan Yesus,^^)
karena pemerintah dunia memerintah dengan tangan besi
tapi memasukkan dasar kasih dalam hukum sangat baik, asal tidak 100% juga
GBU

benar sekali, negara tidak berhak ikut campur dalam hal kepercayaan siapapun
negara hanya bertindak sebagai media pendisiplin dan penertiban
urusan agama, tempat ibadah, dan lain nya negara tidak punya hak untuk ikut campur

setuju :smiley:

juga aparat keamanan tidak di bawah mentri2/ kabinet di pemerintahan …
supaya klo korupsi bisa diadili seadil2nya