Hukum Taurat mana yang sudah digenapi oleh Yesus ?

Mat. 5: 17.
" Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan
hukum Taurat atau kitab para nabi.
Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya."

Sebutkan yang anda tahu, Hukum Taurat mana yang sudah digenapi oleh Yesus ??

Menggenapi bukan berarti di tambahin/di genepin:smiley:

Tapi sbg manusia pertama yg mampu/merupakan kegenapan dari tuntutan taurat (fullfill), Dia tidak bertabrakan dgn aturan torah, sehingga di katakan “kegenapan torah”.

Dan barang siapa hidup dalam Dia dan Dia dlm orang itu, maka orang itu juga menggenapi/kegenapan dari torah…

Sehingga tuntutan torah tdk berlaku lagi bagi orang itu…

Salam

Perlunya suatu korban tebusan bagi dosa setiap manusia. Pengorbanan hewan tidak bisa menebus dosa manusia karena nilai hewan lebih rendah daripada manusia. Dengan penggenapan Yesus sebagai “korban tebusan tertinggi,” maka persyaratan bahwa “setiap dosa harus ditebus” sudah dibayar lunas.

Betul :afro:
Hukum taurat : gigi ganti gigi sebenarnya mengandung jalan untuk adanya penebusan.
Kesalahan dari Adam pertama, yang adalah anak Allah, ditebus dengan kematian Adam kedua, anak Allah.
Sehingga tuntutan Taurat lunas terbayar sesuai ketentuan Taurat itu sendiri.

GBU

jangan membunuh…
jangan berzinah…

dalam keluaran 20:1-17 = Kesepuluh firman

digenapi dalam

Matius 22
(37) Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

(39) Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri

Bro, anda sudah ditipu dengan keyakinan seperti itu.

  1. Coba anda bandingkan:

Matius 22:37 Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

Ulangan 6:5 Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu.

dan

Matius 22:39 Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Imamat 19:18 Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Apakah anda mau mengakui atau tidak, tapi sungguh aneh kalau anda katakan Yesus menggenapi apa yang sudah dinyatakan terlebih dulu (bukan dinubuatkan, bro).

Aturan tentang hewan “korban” bisa dikatakan sebagai nubuatan akan “pengorbanan” Yesus di kayu salib. Antara hewan dan Yesus, tentu saja ada jurang perbedaan yang amat sangat lebar. Tapi kedua Hukum yang anda katakan sebagai “penggenapan” itu, seberapa besar perbedaannya dengan kata-kata yang kurang lebih sama (hanya berbeda antara “kekuatan” dan “akal budi”) hingga bisa dikatakan yang satu “menubuatkan” yang lain atau yang lain “menggenapi” yang satu?

  1. Katakanlah anda membeli rumah dengan membayar uang muka 10% dan membuat perjanjian jual-beli yang mencantumkan bahwa anda akan melunasi sisa pembayaran 3 bulan kemudian. Sesudah anda membayar lunas tiga bulan kemudian, apakah “hukum” yang menjadi “dasar dari perjanjian” itu batal?

Anda bisa menanyakannya pada notaris atau pengacara untuk kepastiannya, dan semua akan mengatakan TIDAK.

Kenapa?

Karena pelunasan yang anda lakukan “mengalihkan hak kepemilikan dari orang lain (katakan saja A) kepada anda.”

Kalau sebuah perjanjian dibatalkan atau tidak berlaku lagi, itu berarti semua poin-poin yang menjadi bagian dari perjanjian itu juga tidak berlaku. Dalam hal ini, kalau perjanjian itu dianggap batal sesudah anda melunasi, maka hak kepemilikan rumah secara otomatis akan kembali kepada pemilik aslinya – yaitu si A dan bukan anda.

Sebelum anda melunasi, perjanjian itu bisa dinyatakan sebagai “tidak genap.” Pelunasan anda “menggenapi” hingga perjanjian itu justru menjadi semakin kokoh.

Sama seperti itu, “penggenapan” yang dilakukan Yesus tidak membuat 10 Perintah melemah terlebih lagi tidak memiliki kekuatan apa pun. Sebaliknya, penggenapan yang dilakukan Yesus justru memperkuat 10 Perintah.

Pada kenyataannya, secara logika, kalau benar 10 Perintah sudah digenapi oleh 2 perintah yang anda katakan, anda tidak perlu lagi menghormati orangtua anda sebagaimana dinyatakan dalam Perintah ke-5.

Silahkan anda tanyakan ke ahli linguistik mana pun, “menghormati” dan “mengasihi” adalah dua hal yang berbeda di mana “tidak selalu” yang satu bisa termasuk yang lain. Contohnya: Anda mengasihi anak anda, apakah itu berarti anda menghormatinya juga? Tentu saja tidak. Di mana-mana orangtua menghormati anak adalah kebodohan. Kita menyayangi anak, menghargai anak, tapi TIDAK menghormati anak.

  1. Daniel 7:25 ia berusaha untuk mengubah waktu dan “hukum”.

Dari ayat-ayat sebelumnya jelas bahwa “ia” yang dimaksud di sini adalah antikris. Tapi, “hukum” mana yang dimaksudkan di sini?

Tentu saja YHWH tidak akan membicarakan hukum-hukum dunia, bukan?

Dan satu-satunya “hukum” yang dari YHWH adalah 10 Perintah. Satu-satunya bagian dari Alkitab yang “ditulis oleh jari tangan YHWH.”

Kita tidak bisa memasukkan keseluruhan Hukum Taurat (10 Perintah, aturan-aturan keimaman, ritual-ritual, tatanan sosial seperti siapa yang boleh dinikahi siapa yang tidak) sebagai “hukum” yang disampaikan YHWH kepada Daniel. Kenapa tidak? Karena dengan kematian Yesus di kayu salib, “hukum” tentang hewan korban secara otomatis berubah; dan dengan kenaikan Yesus kembali ke Sorga, “hukum” tentang keimaman Harun dan keturunannya juga secara otomatis berubah.

Sementara yang berniat “mengubah hukum” dalam Daniel adalah antikris, sementara Yesus “mengubah” beberapa bagian dari HukuM Taurat dengan kematian dan kenaikanNya ke Sorga, jelas “hukum” yang diberitahukan kepada Daniel adalah bagian dari Taurat yang TIDAK AKAN BERUBAH SEKALI PUN OLEH KEMATIAN DAN KEBANGKITAN YESUS.

Sebelum anda menolak, tolong anda renungkan:

Apa yang diberitahukan kepada Daniel adalah nubuatan tentang Akhir Jaman, suatu masa yang akan terjadi SESUDAH Yesus mati di kayu salib dan bangkit lalu kembali ke Sorga. Anda setuju?

Dengan begitu, kematian dan kebangkitan Yesus serta kenaikanNya kembali ke Sorga justru menyatakan kalau ada “hukum” yang TIDAK BERUBAH dari jaman Daniel hingga Akhir Jaman nanti.

Adalah mustahil kalau YHWH menubuatkan tentang hukum “yang baru akan diberikan jauh sesudah jaman Daniel” tanpa menyatakan kalau “hukum itu belum ada pada waktu itu.” YHWH tidak akan menyatakannya hanya dengan kata “hukum” kalau yang dibicarakan bukanlah “hukum” yang SUDAH DIKETAHUI DANIEL. Anda setuju?

Jadi dengan begitu, Daniel secara tidak langsung sudah menubuatkan juga bahwa 10 Perintah sebagai Hukum YHWH TIDAK AKAN BERUBAH HINGGA AKHIR JAMAN.

sbelumnya excuse me Ts…

anda taukah HUKUM TAURAT ITU APA??

saya harap anda diakhir cerita, setelah banyak postingan tiba2 anda bilang: “sbenarnya saya sudah tau apa yang saya tanyakan”

kurang kerjaan aja begitu…

nambahin oot ah :tongue:

itu tentang mengubah hukum nah klo merubah waktu ?

lengkapi aj sekalian bro .

sorry, bro, tret ini ttg hukum.

Ada dua macam orang.

Pertama : Seorang murid yang tidak tahu jawabannya, datang kepada gurunya.

Kedua : Seorang teman, dia sudah tahu jawabannya , menurut dia adalah A, B, C.
Dia tanya kepada temannya, supaya temannya tidak terpengaruh dengan pendapatnya, yang belum tentu benar, maka pendapatnya tidak dia kemukakan.
Mungkin jawaban dari temannya , bisa sama atau jawabannya C, D, E, F.

Yang dimaksud bro dude tuh panjenengan, mbah. Ngapain ngomong orang lain?

maksudnya??

menurut bro sam HUKUM TAURAT ADA BERAPA?

hingga bisa ditanyakan HUKUM TAURAT YANG MANA??

berdasar analogi diatas…nah itu alasan saya… apakah HUKUM TAURAT YANG ADA DI DALAM DIRI BRO SAM…

sehingga judul tretnya sperti: HUKUM TAURAT YANG MANA…??

salam

Contohnya:

Hukum Taurat : Bait Allah yaitu Kemah yang dibuat oleh Musa, atau gedung yang bernama Temple Solomo .
Perjanjian baru : Bait Allah yaitu tubuh kita.

Hukum Taurat : Anak domba jantan yang tidak bercela.
Perjanjian baru : Anak domba Allah yaitu Yesus.

Dan banyak lagi, siapa yang bisa menambahkan.

Re: Hukum Taurat mana yang sudah digenapi oleh Yesus ?

korban penghapus dosa…
Telah digenapi oleh Yesus diatas kayu salib, sehingga kita gak perlu lagi dengan penyembelihan hewan sebagai penghapus dosa

10 perintah

Mat 5:17
"Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

PERNYATAAN YESUS DIA DATANG UNTUK MENGGENAPI HUKUM TAURAT DAN KITAB PARA NABI…

Luk 16:16
Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya.

MASA dimana terakhir berlakunya HUKUM TAURAT YANG BELUM DIGENAPI YESUS… yang berlaku hingga Yohannes pembaptis… yang terlebih dahulu meninggal, dengan kepala nya dipenggal, dan Yesus belum bangkit…

KEGENAPAN HUKUM TAURAT DAN KITAB PARA NABI DALAM NUBUAT YESUS

Yesus dan hukum Taurat

5:17 "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

5:19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

5:20 Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.

5:21 Kamu telah mendengar yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum.

5:22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.

5:23 Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau,

5:24 tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.

5:25 Segeralah berdamai dengan lawanmu selama engkau bersama-sama dengan dia di tengah jalan, supaya lawanmu itu jangan menyerahkan engkau kepada hakim dan hakim itu menyerahkan engkau kepada pembantunya dan engkau dilemparkan ke dalam penjara.

5:26 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas.

5:27 Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah.

5:28 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.

5:29 Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka.

5:30 Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka.

5:31 Telah difirmankan juga: Siapa yang menceraikan isterinya harus memberi surat cerai kepadanya.

5:32 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah.

5:33 Kamu telah mendengar pula yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan bersumpah palsu, melainkan peganglah sumpahmu di depan Tuhan.

5:34 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah,

5:35 maupun demi bumi, karena bumi adalah tumpuan kaki-Nya, ataupun demi Yerusalem, karena Yerusalem adalah kota Raja Besar;

5:36 janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambutpun.

5:37 Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.

5:38 Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.

5:39 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.

5:40 Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu.

Kesepuluh firman

Kel 20:1 Lalu Allah mengucapkan segala firman ini :

20:2 "Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.

20:3 Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.

20:4 Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.

20:5 Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,

20:6 tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.

20:7 Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.

20:8 Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:

20:enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,

20:10 tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.

20:11 Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.

KASIHILAH TUHAN ALLAH MU DENGAN SEGENAP HATIMU, SEGENAP JIWAMU DAN SEGENAP AKAL BUDIMU

HUKUM YANG TERUTAMA DAN UTAMA

20:12 Hormatilah ayahmu dan ibumu , supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

20:13 Jangan membunuh.

20:14 Jangan berzinah.

20:15 Jangan mencuri.

20:16 Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu.

20:17 Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apapun yang dipunyai sesamamu."

[center]KASIHILAH SESAMA MU MANUSIA SAMA SEPERTI DIRIMU SENDIRI

HUKUM YANG KEDUA

=============================================================================

[b]

Hukum yang terutama[/b]

22:34 Ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa Yesus telah membuat orang-orang Saduki itu bungkam, berkumpullah mereka

22:35 dan seorang dari mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia:

22:36 “Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?”

22:37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.

22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

22:40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

inilah kegenapan HUKUM TAURAT OLEH NUBUAT YESUS…