Hukuman Terberat Perusuh Temanggung Hanya 1 Tahun

Sebanyak 17 dari 25 terdakwa kerusuhan Temanggung sudah menjalani sidang pembacaan vonis di Pengadilan Negeri (PN) Semarang. Satu terdakwa bernama Supriyanto hanya dihukum empat bulan padahal dia merupakan penghasut, sementara 16 lainnya diputus lima bulan penjara. “Menyatakan para terdakwa terbukti secara sah dan menyakinkan secara terang-terangan dan dengan tenaga bersama melakukan tindak kerusuhan sesuai dakwaan pasal 170 KUHP,” kata hakim Ronius.

Putusan tersebut terhitung ringan jika menilik tuntutan jaksa penuntut yang meminta hukuman 8 bulan penjara untuk terdakwa dan 7 bulan penjara untuk Supriyanto. Apalagi hukuman bakal dikurangkan dengan masa tahanan yang telah dijalani. Semua terdakwa sudah ditahan sejak 12 Februari dan hingga kini sudah hampir empat bulan lamanya. Berarti untuk 16 terdakwa hanya akan menjalani hukuman lebih kurang selama 1 bulan. Untuk Supriyanto bahkan sudah bebas tanggal 12 Juni kemarin.

Terdakwa kasus rusuh Temanggung, Syihabuddin mendapat hukuman paling berat dari terdakwa lainnya. Majelis hakim Pengadilan Negeri Semarang menjatuhkan pidana berupa satu tahun bui pada aktor utama amuk massa yang berujung pada pembakaran sejumlah gereja itu. Vonis ini sesuai dengan tuntutan jaksa penuntut umum. Mendengar vonis tersebut Syihabuddin melalui kuasa hukumnya Anis Priyo Ansori menyatakan banding. Alasannya, ada kontra indikasi dalam pertimbangan hakim yang mengaburkan fakta jika Syihabuddin adalah otak kerusuhan.

Selain Syihabuddin, tujuh terdakwa rusuh Temanggung hari ini juga menjalani sidang. Mereka masing-masing mendapat vonis lima bulan penjara. Dengan divonisnya 8 orang terdakwa rusuh Temanggung hari ini berarti semua terdakwa sudah menerima vonis.

Akibat perbuatan mereka, kaca pengadilan pecah, mobil Dalmas dibakar, tiga gereja di Temanggung dirusak, sekolah juga ada yang dirusak dan ada beberapa kendaraan lain yang ikut dibakar. Mereka hanya menjalani hukuman 1 bulan penjara sedangkan kerusakan yang mereka lakukan berat, ditambah lagi sudah membuat keadaan tidak kondusif. Pertanyaannya, sudah benar-benar adilkah hukuman yang dijatuhkan itu?

Source : berbagai sumber/lh3

Ya Tuhan, ampunilah mereka sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.
(Kalau mereka memang tahu, tidak usah diampuni ya Tuhan :D)

Salam

sippp ^^, jadi mingat jemaat mula mula^^
om kahlil top ^^