Ibadah Taurat hanya untuk Bani Israel

Hingga saat ini masih banyak umat Kristen yang belum menyadari bahwa Kitab Taurat dari PL hanya diturunkan kepada Bani Israel. bukan untuk umat Kristus PB.

Asal mula kitab Taurat dimulai dengan turunnya 10 Perintah Tuhan kepada Nabi Musa
di gunung Sinai
Keluaran 24 (12) TUHAN berfirman kepada Musa: “Naiklah menghadap Aku, ke atas gunung,
dan tinggallah di sana, maka Aku akan memberikan kepadamu loh batu, yakni hukum dan perintah,
yang telah Kutuliskan untuk diajarkan kepada mereka.”
Loh Batu berisi Perintah Tuhan ini diletakkan didalam Tabut Perjanjian Allah dan disimpan dalam Ruang Maha Suci didalam Bait Allah…

Darimana kita menyimpulkan bahwa kitab Taurat hanya untuk bani Israel ?
Banyak orang belum mengetahui bahwa bangsa2 Gentile dilarang memasuki Bait Allah di Jerusalem.
yakni tempat disimpannya Tabut Perjanjian Allah dalam Ruang Maha Suci.
Orang2 Non Israel /gentile hanya diizinkan memasuki halaman luar /COURT OF GENTILE.
sedangkan wanita Israel hanya boleh masuk di bagian COURT OF WOMEN (teras wanita Israel)
(lihat attachment)

diluar pintu masuk Bait Allah dipasangi peringatan agar orang kafir non Israel dilarang masuk atau bila
ketahuan akan dibinasakan, saya lampirkan bukti arkeologinya (lihat attachment dibawah)
http://www.accordancebible.com/The-Dividing-Wall-Of-Hostility

Disini terdapat ayat-ayat yang dengan jelas memisahkan antara orang Israel dan Gentile di jaman PL
Ulangan 7 (3) Janganlah juga engkau kawin-mengawin dengan mereka: anakmu perempuan
janganlah kauberikan kepada anak laki-laki mereka, ataupun anak perempuan mereka jangan
kauambil bagi anakmu laki-laki;

Ulangan 7 (6) Sebab engkaulah umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu; engkaulah yang dipilih oleh
TUHAN Allahmu, dari segala bangsa di atas muka bumi untuk menjadi umat kesayangan-Nya.

Membangun Bait Allah adalah syarat mutlak dari ibadah Taurat, yakni sebagai tempat
Imam2 suku Lewi melaksanakan tata-cara ibadah Taurat untuk bangsa Israel :
Ulangan 12 (11) maka ke tempat yang dipilih TUHAN, Allahmu, untuk membuat nama-Nya diam di sana, haruslah kamu
bawa semuanya yang kuperintahkan kepadamu, yakni korban bakaran dan korban sembelihanmu,
persembahan PERSEPULUHANmu dan persembahan khususmu dan segala korban nazarmu yang terpilih,
yang kamu nazarkan kepada TUHAN.
(13) Hati-hatilah, supaya jangan engkau mempersembahkan korban-korban bakaranmu di sembarang
tempat yang kaulihat;

Banyaknya gereja yang mengutip ajaran2 tertentu dari ibadah Taurat (Perpuluhan, pantang babi dll)
menunjukkan bahwa mereka mengira bahwa Ibadah Taurat diturunkan kepada semua bangsa.

Ibadah kita adalah ajaran Kasih Kristus untuk mengasihi sesama.


trus nanti pendeta2 mau ambil ayat mana lagi untuk perpuluhan :’(

Salam

Pendeta yang mana neh…?
Pendeta yang modus manajemen gerejanya pakai manajemen “papah-mamah-anak-mantu” itu, khan…? :slight_smile:
Yang gerejanya adalah sejenis “perusahaan pribadi” alias “kerajaan keluarga” yang garis suksesinya di keluarganya sendiri itu khan?
:slight_smile:

Masih banyak aja orang2 Kristen yang masih mau ditipu pendeta2 model gini memang…

alergi ya om sama pendeta model gitu ;D :tongue:
kalo saya sama semua pendeta yg mengatakan kalo perpuluhan maka tingkap2 langit akan dibukakan :smiley:

Salam

Ha hah… betul sekali Om SarPag… :char14: sangat mengerikan memikirkan income untuk isi perut (meminjam kalimat Tuhan Yesus) adalah hasil dari itu… Ku harap Harga diri, Kasih Akan Allah dan kebanggaan menjadi Kristen adalah Hal yang paling berharga di muka bumi ini dari pada ketimbang memikirkan isi perut dan tetek bengeknya… :happy0158: :happy0144: :happy0158:

Kejam amat ya kl gentile ga sengaja masuk lgs dibinasakan.
Kalau orang Yahudi Kristen termasuk kaum gentile ga?

Dan court for women, sampai segitunyaaaaa… cewe juga ga bole deket2 sama Tabut Perjanjian.
Emang cewe bukan ciptaan TUHAN? Emang cewe lebih “kotor” dibanding laki-laki? Grooooaarr…

Jadi agak mirip agama seberang… ckckckck

Orang Yahudi Kristen spt para Rasul tdk berurusan lagi dengan Bait Allah sebab mereka menyebarkan
Injil Kristus.

menurut Rasul Paulus wanita memang tdk diizinkan mengajar.
1 Tim 2 (12) Aku tidak mengizinkan perempuan mengajar dan juga tidak mengizinkannya memerintah laki-laki; hendaklah ia berdiam diri.
(13) Karena Adam yang pertama dijadikan, kemudian barulah Hawa.
(14) Lagipula bukan Adam yang tergoda, melainkan perempuan itulah yang tergoda dan jatuh ke dalam dosa

kalau kita gagal memahami maksud dari arti dari Perjanjian Lama dan Baru kita akan mengalami disorientasi rohani.

Pertanyaan yang diajukan itu adalah pertanyaan yang serupa dengan agama sebrang tanyakan.
maka lahirlah aliran2 seperti Marcionisme yang hanya percaya hukum Kasih, bahkan Trinitas pun jadi kabur pemahamannya.

Beberapa org berusaha menjawab dengan otak dan logika sehingga tercipta asumsi yang jauh dari maksud Tuhan dibalik Torah, Perjanjian Lama dan Baru.

Taurat hanya diberikan kepada Bani Israel ada 613 mitzvot dalam Taurat.

dalam hal ini anda selalu menggiring opini orang bahwa Yesus hidup menjalani hukum Taurat.

pada gambar yg selalu muncul di tulisan anda tertulis i did not come to abolish Torah, but to show
you how to live it. ini terjemahan versi apa ?

menurut KJV yg benar adalah :
17 Think not that I am come to destroy the law, or the prophets: I am not come to destroy, but to FULFIL

to FULFIL itu beda dengan to live it !
to fulfil = menggenapi Hukum Taurat
to live it = menjalaninya !

Yesus menggenapi hukum Taurat, bukan menjalaninya.

anda menggali kuburan Taurat yg sudah lama dibinasakan oleh kebangkitan Kristus.
anda terus menerus menunjuk ke sana dengan cara halus (menggiring orang ke arah Taurat)

apakah anda menjalani 613 mitzvot ?

Ooo kalo begitu tiap orang yang mengutip ayat harus menjelaskannya secara literal ?
saya sudah ngomong di forum perpuluhan, pentafsiran secara literal itu banyak versi tergantung kamus bahasa yang anda pakai, itu SUBJEKTIF sekali, tetapi menangkap dari esensi dan selinear dengan kitab lain itu mempunyai value yang jauh lebih tinggi !

tentang Torah,
anda salah asumsi, Yesus datang untuk menggenapi hukum Torah untuk anda dan saya.
Tidak ada satupun di bumi yang bisa menggenapi hukum Torah kecuali Yesus, hingga Yesus tidak hanya menebus dosa saya tapi Dia juga telah menggenapi tuntutan hukum Torah untuk saya. Karena tiap hukum oleh Firman Tuhan dan keluar dari mulut YANG MAHA KUASA tidak bisa batal !

tidak bisa anda memisahkan antara hukum Kasih dengan Torah, begitupun PB dengan PL, mereka itu HUKUM yang menjadi satu kesatuan ! agama sebrang tidak punya pemaham itu karena mereka menolak Yesus !
Dia adalah HUKUM itu sendiri.

Dia adalah Tuhan, BUKAN MANUSIA, saya tidak tahu bagaimana manusia mempunyai persepsi bahwa TUHAN pun bisa membatalkan hukum yang sudah ditetapkanNYA sendiri ? Yang BISA ssenak-enaknya ya manusia, tapi Tuhan saya adalah Tuhan yang tidak pernah membatalkan janjiNya ! ini adalah nature dari Tuhan sendiri.

bagaimana sudah mengerti maksudnya … ??

untuk ayat tsb, mungkin harus diteliti dengan lebih seksama lagi,

artikel ini mungkin dapat membantu sodara → Perempuan Tidak Boleh Mengajar ?

Salam :slight_smile:

@bushman
saya ga mekso anda lho ya, semua terserah ke pribadi masing-masing

APAKAH MEREKA PENIPU?

Saya bukan beribadah digereja semacam itu, tetapi saya menghormati mereka yang memutuskan untuk menggembalakan mereka dengan cara seperti itu. Jika ternyata jemaatnya menjadi semakin banyak, dan banyak orang tergerak untuk memberi persembahan dan kekayaan keluarganya menjadi lebih banyak dan ia menjadi kaya dan semakin kaya, apakah anda IRI? Sehingga memuat pernyataan seperti itu???

Apa urusan anda dengan sinode mereka? Apa hak anda menghakimi pelayanan mereka? Sudah menjadi lebih dari TUHAN kah engkau sehingga menyebut mereka PENIPU???

Setiap kata-kata orang akan dipertanggung jawabkan kepada TUHAN dan setiap fitnah yang dilontarkan kepada hamba-hambaNya, tidak pernah dianggap enteng oleh TUHAN.

Jika TAURAT hanya datang untuk suku-suku Israel saja, maka YESUS juga harusnya datang hanya untuk suku-suku Israel saja, sebab janji tentang kedatanganNya tertulis dalam PL dan hanya untuk menyelamatkan keturunan Yakub saya. Jika demikian maka sia-sia kamu menjadi percaya, sebab engkau juga tidak akan diselamatkan sebab semua itu hanya untuk suku-suku (bani) Israel saja.

Dapatkah kita memisahkan susu dari kopinya dalam segelas kopi susu setelah diaduk menjadi satu? Apakah kita hanya mau mengambil Yesus saja untuk diri kita sendiri dengan membuang TAURAT (PL) yang mendasari segala sesuatu dalam Perjanjian Baru.

Tidak tahukah kamu bahwa Perjanjian Lama adalah bayangan dari Perjanjian Baru? Bukankah Alkitab menuliskan bahwa untuk membaca pernjanjian lama kita harus menyingkapkan selubungnya, dan hanya Kristus yang dapat menyingkapkannya, sehingga disebutkan sunat yang benar bukan memotong daging di kelamin tetapi sunat hati, bahwa anak kambing domba yang disembelih itu bukan mamalia tetapi Yesus, bahwa Bait Allah itu bukan bangunan dari batu tetapi tubuh manusia dan banyak hal lainnya, semua doktrin gereja lahir dari menyingkapkan hukum Taurat dan kitab para nabi dalam Perjanjian Lama.

Anda tentu tahu siapa-siapa yang saya maksud :slight_smile:

:slight_smile:

jangan menghakimi… ungkapan ini kayaknya rohani banget sih, jurus bungkam yang manjur untuk menutupi kebobrokan yang terjadi di gereja-gereja dan pendeta-pendetanya, tapi lihat ayat ini :

“Janganlah menghakimi menurut apa yang nampak, tetapi hakimilah dengan adil” (Yohanes 7:24)
Be honest in your judgment and do not decide at a glance but judge fairly and righteously.

  • John 7:24

Artinya “menghakimi” itu bukannya “haram”, tapi boleh dilakukan “dengan adil” (artinya: bukan dasar fitnah, bukan dasar dengki/ iri. Boleh mengkritik/ menghakimi dengan fakta yang jelas).
Tentu saja “penghakiman” akhir itu hak Allah. Tetapi bukan berarti jemaat yang saat lalu dan saat ini tahu dan kelihatan dengan mata-kepala mereka sendiri kalau pendetanya korupsi, berbuat salah dan melakukan suatu “penyimpangan” dengan menjual nama Tuhan untuk perutnya sendiri, mereka harus diam sajakah?

Ketika Paulus mendapati Petrus salah, Paulus tidak berdiam diri saja meski itungannya dia masih “junior” dibanding “Petrus”.
Paulus bahkan mengkritik (baca: menghakimi) Petrus dengan keras dan dengan terang-terangan (Galatia 2:11).
Posisi Petrus dalam penggembalaan jemaat tentu lebih senior daripada Paulus. Tetapi ketika Petrus salah, Paulus yang “lebih muda dalam pelayanannya.” Ia berani menegur.

“Sudah rahasia umum” kalau gereja2 besar di Indonesia, yang gerejanya berdiri dengan modus gereja manajemen “papah-mamah-anak-mantu” ini terdapat korupsi untuk kekayaan keluarga itu sendiri.
Nah bahkan bukan rahasia lagi bahwa ada berita gonjang-ganjing di suatu gereja model ini, papah-anak-mantu rebutan aset gereja, dab terjadi gugat-menggugat rebutan harta dan asset gereja antara anak-mantu-bapak dan sebagian pengurus-nya, tentu masalahnya bukan saat ini saja. Masalahnya ini sudah mengakar lama, semua orang Kristen disini sebenarnya sudah tahu modus didirikannya gereja model-model beginian. Jualan nama Yesus untuk kepentingan perut sendiri.

Paulus menegur Petrus dan menyebutkan kesalahannya sehingga jelas dimana salahnya.

Apakah anda menyebutkan siapa dan apa salahnya???

Saya menyebutkan anda, dan menyatakan dimana salah anda.

Apakah anda dapat membedakan perpedaan tulisan saya dan tulisan anda tentang menyalahkan orang???

Bukan pertama kali saya menegur seseorang dan mereka membela diri dengan mengajak “main pedang-pedangan” Firman Tuhan.

Baiklah kita ulas tulisan anda…

“Janganlah menghakimi menurut apa yang nampak, tetapi hakimilah dengan adil” (Yohanes 7:24)

Apakah mereka yang anda sebut gereja “papah-mamah-anak-menantu” sebuah gereja atau seluruh gereja yang mengelola gerejanya dalam lingkaran keluarga? Jika anda tidak jelas siapa, bukankah anda sedang menuduh gereja-gereja semacam itu, yang saya tahu kebanyakan dari gerja seperti itu gereja pentokosta. Anda menuduh gereja mana telah melakukan PENIPUAN?

Jangan sekilas pandang, artinya anda harus benar-benar yakin kalau sebuah kesalahan terjadi. Artinya anda benar-benar telah menanyakan kepada mereka, berdiskusi dengannya dan mendalami system yang mereka pakai, sehingga tidak dapat disebut SEKILAS PANDANG.

Dengan ADIL, sudahkah anda lakukan? Pernakah anda memahami keterbatasan sumber daya, keterbatasan pengetahuan adminstrasi dan fleksibelitas dalam pelayanan dan perkembangannya? Apakah anda sudah mempelajari dapat dibenarkankah system yang mereka pakai dalam Alkitab, atau ada hukum Tuhan yang menyalahkannya??? Jika anda belum melakukan semua itu, apakah dapat disebut menghakimi dengan ADIL???

Dasar anda “sudah rahasia umum” apakah itu sebuah sikap yang benar, mengambil kesimpulan dari istilah “sudah rahasia umum”. Bahkan dalam pengadilan duniapun tidak memakai “rahasia umum” untuk mendasari pengambil keputusan, apalagi kita, umat Allah yang disebut hamba-hamba Allah. Menghakimi gereja dan menganggap kebenaran sebuah berita simpang siur yang disebut “sudah rahasia umum”.

Modus mendirikan gereja model seperti itu untuk JUALAN NAMA YESUS bagi KEPENTINGAN PERUT SENDIRI.

Apakah ini pernyataan menghakimi atau pernyataan iseng??? Apa TUJUAN dari menghakimi? Membuat diri kita tampak lebih benar dan rohani, atau untuk memperbaiki kesalahan? Jika anak tetangga bersalah, saya tidak dapat menegornya dan memberi nasihat, saya tidak akan menceritakan kepada siapa saja di lingkungan perumahan dengan mengatakan si A itu memang sudah bisa seperti itu, bapaknya memang seperti itu dan anaknya jelas pasti seperti itu. Saat ditegur saya berkata saya tidak menghakimi, saya hanya menfitnah. Atau jika lebih rohani saya sudah benar kok ada ayatnya kita boleh menghakimi dengan sekilas pandang dan tanpa keadilan…

Jika Roh Tuhan ada padamu, kamu akan tahu dimana kamu sekarang berdiri.

ha ha… jadi serius yah… di thread yang tidak seharusnya??

dirikan saja thread yang baru… tidak enak sama TS…

@Krispus… apa boleh menyertakan nama gereja, dan sistem administrasinya digereja tersebut dimana itu tidak menyalahi rules neh forum?? mohon anda tanya momod, agar bro Sarpag mungkin bisa menjelaskan maksudnya…

btw … BTT yuk ah… jangan esmosi ditempat yang tidak tepat… :smiley:

salam…

Ha…ha…ha…bro Krispus ini terlalu emosi, padahal beliau sendiri bukan jemaat di Gereja yang dimaksud, santai aja lah bro… ;D

kalau saya melihat melalui dari penuturan Alkitab… bahwa Ibadah Taurat diberlakukan kepada " MANUSIA YANG HIDUP SEBELUM KARYA KRISTUS"

itu makanya Yesus berkata:

Luk 16:16
Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya.

berlakunya dan segala tuntutan Hukum Taurat tersebut, berakhir kepada zaman Yohanes (Yohanes pembabtis), untuk seterusnya ADALAH KEGENAPAN TAURAT DALAM KRISTUS…

Relevansinya;

Rm 2:12
Sebab semua orang yang berdosa tanpa hukum Taurat akan binasa tanpa hukum Taurat; dan semua orang yang berdosa di bawah hukum Taurat akan dihakimi oleh hukum Taurat.

kita harus memperhatikan kata : “semua” nya… bahwa siapapun yang hidup di zaman sebelum Kegenapan Kristus dan dinyatakan berdosa, akan binasa tanpa harus di adili menurut Hukum Taurat…
dan mereka yang berdosa dibawah tuntunan Taurat akan di hakimi menurut ketentuan taurat…

Rm 3:19
Tetapi kita tahu, bahwa segala sesuatu yang tercantum dalam Kitab Taurat ditujukan kepada mereka yang hidup di bawah hukum Taurat, supaya tersumbat setiap mulut dan seluruh dunia jatuh ke bawah hukuman Allah.

yang saya bold, seluruh dunia… bisa ditentukan siapa yang empunya Hukum yang adil…

jadi bukan karena, Abraham itu Israel, sedang kata : “israel” pun baru dikenali kemudian…
ataupun Yahudi, dan bahkan Bani (keturunan Israel)…

sebab Abraham adalah Manusia, yang mana Allah menyebutnya: “diciptakan menurut gambar dan rupa Allah”

dan oleh karena itu juga, diberikan kepada seluruh manusia di dunia; yaitu berkat ; keselamatan daripada Kristus…
bukan kepada Bani Israel saja… sebab bukan hanya Bani Israel saja yang manusia…

dan Umat Kristus adalah Umat kekasih Allah… sebab karena kasihNya manusia beroleh keselamatan dalam Kristus tanpa berada dalam kutuk Taurat yang berlaku pada hingga zaman Yohanes…

salam…

justru bait Allah ini yang akan dibangun oleh umat Yahudi yang masih memeluk agama Yudaisme