Iblis bukan Malaikat yang jatuh, tetapi manusia yang melawan perintah Tuhan.

http://www.the-gospel-truth.info/2011/answers-to-the-fallen-angel-devil-doctrine/

silahkan dipelajari lagi dari sumber lain yang lebih kompeten

Job 1 & 2 – Satan of Job

Again where is the evidence that the satan of Job was an immortal fallen angel? If you read the record carefully the satan (adversary) bares all the hallmarks of a fleshly man to whom God points out Job to him so that the satan might examine his own motives and repent. There is no evidence that the satan in Job is a fallen angel who was cast out of heaven for sinning against God. These ideas have to be read into the passage.

Saya tidak pernah mengatakan itu dongeng, tetapi cara penyampaian Tuhan akan Firman-Nya dan karya keselamatan-Nya yang disederhanakan, agar mampu dipahami manusia2 zaman itu. Yang memang jika dibaca oleh manusia2 zaman sekarang seperti dongeng saja.

Jika anda menganggap kisah-kisah dalam kitab Kejadian tidak terjadi secara tertulis, maka konsekuensi logisnya adalah kisah kejatuhan manusia dalam dosa menjadi tidak nyata juga. Maka konsekuensi lanjutannya adalah Jesus mati di salib adalah suatu perbuatan yang sia sia. Bagaimana anda menjelaskan konsekuensi konsekuensi lanjutan itu ?

Anda penggemar Bengcu rupanya… :slight_smile:

Kalaupun situs Answers to the Fallen Angel Devil Doctrine | The Gospel Truth tidak mengakui adanya “fallen Angel” Blog tsb juga tidak menyebutkan secara pasti bahwa yang datang kepada Allah di “Surga (SYAMAYIM)” adalah manusia daging.

* Ayub 1:6-7
1:6 Pada suatu hari datanglah anak-anak Allah menghadap TUHAN dan di antara mereka datanglah juga Iblis.
1:7 Maka bertanyalah TUHAN kepada Iblis: “Dari mana engkau?” Lalu jawab Iblis kepada TUHAN: “Dari perjalanan mengelilingi dan menjelajah bumi.”

Kalau Iblis (Ibrani: SATAN), dalam ayat di atas diartikan manusia daging, manusia sakti yang manakah yang dimaksud? Sebab ia memiliki kemampuan supranatural “menjelajah bumi.” Anda pakai akal sehat, dengan cara apa menjelajah bumi, zaman Ayub tentu belum ada alat transportasi seperti sekarang, orang bisa naik pesawat, bisa menjelajah bumi dalam waktu singkat? Tentu “SATAN” yang dimaksud disini adalah makhluk roh.
Anda (dan penulis blog) itu boleh saja menyatakan bahwa “SATAN” bukan jenis “malaikat yang jatuh” tetapi tidak bisa tidak, bahwa SATAN itu memiliki kemampuan supranatural dia bisa menjelajah bumi, punya kuasa menggoda manusia untuk jatuh ke dalam dosa. “SATAN” dalam ayat di atas bukan suatu “energy” tetapi suatu pribadi, sebab ia dapat bercakap-cakap dengan Allah.

Blog itu juga membahas peperangan di Surga (Wahyu 12:7), namun Blog itu tidak menyatakan bahwa Iblis di sana adalah manusia, walaupun ia menolak bahwa Iblis adalah “malaikat yang jatuh.”

Sayangnya Blog ini tidak membahas “Iblis” yang mencobai Yesus. Sehingga klaim Anda yang menyatakan Blog ini sependapat dengan Anda bahwa Iblis adalah manusia, belum terbukti.
Blog ini memang tidak mempercayai Iblis adalah “malaikat yang jatuh” tetapi Blog ini tidak mengatakan bahwa setiap “IBLIS” dalam Alkitab adalah manusia daging.

"Gong Xi Gong Xi 恭喜恭喜 English Chinese lyrics - YouTube

Walau kamu bukan SSY, jangan mengambil ajaran SSY, karena itu sudah jelas ajaran sesat.

Saya pernah 6 bulan diskusi dengan hai hai, jadi tahu benar ajarannya yang tidak sesuai dengan Alkitab.

Kalau kamu mengutip dari hai hai , maka itu sudah jelas bertentangan dengan Alkitab.

Doktrin Ibu rita salah…

Yang berinkarnasi menjadi manusia adalah Allah itu sendiri bu…

Allah itu ROH.
ROH Allah di Kejadian 1:2

Inkarnasi ROH Allah menjadi manusia disebut ANAK Allah (sebagai Anak Allah)

Jangan sembarangan ya bu…

Ini adalah perkataan ROH Allah melalui nabi yesaya.

-Perkataan ROH Allah = Firman ROH Allah.

Yesaya.43:8
Biarlah orang membawa tampil bangsa yang buta sekalipun ada matanya, yang tuli sekalipun ada telinganya!

43:9
Biarlah berhimpun bersama-sama segala bangsa-bangsa, dan biarlah berkumpul suku-suku bangsa! Siapakah di antara mereka yang dapat memberitahukan hal-hal ini, yang dapat mengabarkan kepada kita hal-hal yang dahulu? Biarlah mereka membawa saksi-saksinya, supaya mereka nyata benar; biarlah orang mendengarnya dan berkata: “Benar demikian!”

43:10
“Kamu inilah saksi-saksi-Ku,” demikianlah Firman Tuhan, "dan hamba-Ku yang telah Kupilih, supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti, bahwa Aku tetap Dia. Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk, dan sesudah Aku tidak akan ada lagi.

43:11
Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.

43:12
Akulah yang memberitahukan, menyelamatkan dan mengabarkan, dan bukannya allah asing yang ada di antaramu. Kamulah saksi-saksi-Ku," demikianlah Firman Tuhan, "dan Akulah Allah.

43:13
Juga seterusnya Aku tetap Dia, dan tidak ada yang dapat melepaskan dari tangan-Ku; Aku melakukannya, siapakah yang dapat mencegahnya?"

Doktrin ibu bukan doktrin kristen…

Tapi doktrin 3 tuhan…

Tidak, web the-gospel-truth dengan tegas mengatakan Iblis adalah manusia daging,
silahkan baca lagi pernyataan yang saya kutip dari web itu.

Job 1 & 2 – Satan of Job

Again where is the evidence that the satan of Job was an immortal fallen angel? If you read the record carefully the satan (adversary) bares all the hallmarks of a fleshly man to whom God points out Job to him so that the satan might examine his own motives and repent. There is no evidence that the satan in Job is a fallen angel who was cast out of heaven for sinning against God. These ideas have to be read into the passage.

Pernyataan Iblis dalam kitab Ayub tidak menunjukan kalau Iblis punya kekuatan supranatural.
Iblis adalah penipu, bisa saja itu adalah kebohongan (bualan si Iblis).
Semua pernyataan iblis dalam alkitab tidak dapat dipercaya, karena dia adalah PENIPU.

Paling tidak sudah banyak yang mempertanyakan doktrin “iblis adalah malaikat yang jatuh”,
karena implikasinya akan sangat buruk untuk Sorga.
Sorga tidak lagi menjadi tempat yang kudus, mulia, membahagiakan,
Tetapi menjadi tempat yang lebih buruk dari bumi, lalu buat apa masuk sorga ?

Saya tidak menyatakan tidak terjadi, tetapi penyederhanaan.
Kalau anda masih belum mengerti, analoginya seperti ini :

Ada anak bertanya pada ibunya : “ibu bagaimana saya bisa lahir ?”
Maka ibu menawab : “kamu lahir dari kasih ibu dan ayah, lalu kami berdoa dan berharap, lalu munculah kamu”

Apakah pernyataan si ibu itu salah ?
apakah si ibu berbohong / berdongeng ? Tidak bukan ?
Toh memang orang tua si anak berdoa dan berharap khan?

Hanya saja si ibu tidak menerangkan proses detail nya mulai dari ML, sel sperma dan sel telur, hamil, hingga si anak lahir.

Kalau anda masih belum ngerti juga silahkan tanya Paus mu mengapa ia bisa mempercayai teori evolusi, dan juga alkitab.

Yang saya tanyakan kepada anda sederhana koq, masa punya teori gga komprehensif sih?
Anda katakan kisah penciptaan Adam dan Hawa adalah penyederhanaan kisah ML dst itu…
Nah, bagaimana kisah manusia Adam dan Hawa jatuh dalam dosa, apakah itu juga penyederhanaan atau bagaimana ? Bagaimana hubungannya dengan inkarnasi Jesus untuk menebus dosa manusia karena Adam ?
Apakah itu cuma penyederhanaan juga atau bagaimana?

Membuat teori diselesaikan dong, masa kalau kepepet minta orang tanya Paus? Nah yang buat teori kan kamu sendiri …

:coolsmiley: :coolsmiley:

Saya tidak mempermasalahkan orang yang menolak bahwa Iblis mulanya adalah malaikat yg jatuh. Tetapi saya mempermasalahkan bahwa Iblis, dari mulanya hingga sekarang dan nanti pada masa kesudahan zaman itu dianggap sebagai manusia daging.

Sebab bagaimana Anda mempertahankan tafsir Anda itu jika diperhadapkan misalnya mengenai peristiwa Ular yang menggoda Adam dan Hawa. Dan Sosok Ular Tua yang disebut dalam Kitab Wahyu?

Ayub 4:18 Sesungguhnya, hamba-hamba-Nya tidak dipercayai-Nya, malaikat-malaikat-Nyapun didapati-Nya tersesat, 4:19 lebih-lebih lagi mereka yang diam dalam pondok tanah liat, yang dasarnya dalam debu, yang mati terpijat seperti gegat.

Malaikat aja bisa tersesat, apalagi manusia (pondok tanah liat dan debu)

Sebelum kita lanjutkan, saya mau bertanya dulu.
Menurut anda teori evolusi itu benar tidak ?

Silahkan buka thread baru, malah sepertinya sudah ada thread yang mengulas itu, di thread ini yang kita bahas berbeda.

Jadi silahkan menjawab apa yang saya tanyakan…

Malaikat tersesat itu adalah metafora.
silahkan baca kitab wahyu

Why 1:20 Dan rahasia ketujuh bintang yang telah kaulihat pada tangan kanan-Ku dan ketujuh kaki dian emas itu: ketujuh bintang itu ialah malaikat ketujuh jemaat dan ketujuh kaki dian itu ialah ketujuh jemaat."
Why 2:1 "Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Efesus: Inilah firman dari Dia, yang memegang ketujuh bintang itu di tangan kanan-Nya dan berjalan di antara ketujuh kaki dian emas itu.
Why 2:8 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna: Inilah firman dari Yang Awal dan Yang Akhir, yang telah mati dan hidup kembali:
Why 2:12 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Pergamus: Inilah firman Dia, yang memakai pedang yang tajam dan bermata dua:
Why 2:18 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Tiatira: Inilah firman Anak Allah, yang mata-Nya bagaikan nyala api dan kaki-Nya bagaikan tembaga:

Why 3:1 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Sardis: Inilah firman Dia, yang memiliki ketujuh Roh Allah dan ketujuh bintang itu: Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau dikatakan hidup, padahal engkau mati!

Why 3:7 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka.
Why 3:14 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah:

Malaikat tersesat itu menunjukan Pemimpin jemaat juga bisa tersesat

Di Taman eden, binatang2 bisa berbicara, termasuk ular, yang dinyatakan binatang yang paling cerdik.
Sosok ular tua, di kitab Wahyu, adalah metafora untuk Raja Tua yang lalim.

Tidak perlu buat thread baru, tinggal anda jawab saja, anda percaya teori evolusi atau tidak ?

Tidak perlu buat thread baru, tinggal anda jawab saja, anda percaya teori evolusi atau tidak ?

Sorry, OOT bukan kebiasaan saya, jadi silahkan strick to the line, jawab pertanyaan yang diajukan supaya bisa lanjut …

@New Spirit
Penampakan yang dilihat Ayub, apakah itu manusia?

Ayub 4:15 Suatu roh melewati aku, tegaklah bulu romaku. 4:16 Ia berhenti, tetapi rupanya tidak dapat kukenal. Suatu sosok ada di depan mataku, suara berbisik-bisik kudengar:

Mengapa ayub mengatakan bahwa penampakan roh disebut malaikat yang tersesat (ayat 18)?

di taman eden waktu itu baru ada 2 manusia, jadi iblis itu hewan berbentuk ular atau manusia jadinya ??? :rolleye0014:

Ayub tidak mengatakan kalau roh itu adalah malaikat yang tersesat, silahkan diteliti lagi

15 Suatu roh melewati aku, tegaklah bulu romaku.
16 Ia berhenti, tetapi rupanya tidak dapat kukenal. Suatu sosok ada di depan mataku, suara berbisik-bisik kudengar:
17 Mungkinkah seorang manusia benar di hadapan Allah, mungkinkah seseorang tahir di hadapan Penciptanya?
18 Sesungguhnya, hamba-hamba-Nya tidak dipercayai-Nya, malaikat-malaikat-Nyapun didapati-Nya tersesat,

Ayub tidak dapat memastikan siapa itu.