IDE utk pelayanan Remaja

ini nih…aq terlibat dalam pelayanan dalam ibadah remaja yang baru dibuka bulan ini
tapi km kekurangan bahan untuk ide2 dalam ibdh tersebut
kalo ibdah mau di buat formal seperti biasa otomatis remaja2 yg umurnya cuman 10-15 th ini akan mengalami kebosanan
jadi kami buat ibdh yang fun tapi rohani
misalnya diputarkan film rohani, permainan yang membangun,renungan…gak hanya tiap kalli datang PW lalu kotbah lalu pulang…

nah sekarang pada kebinggungan nih mau di buat apa lagi untuk mereka gt
minta ide donx

Bagaimana kalau mereka sekali-sekali diajak untuk pelayanan di tempat-tempat seperti panti asuhan atau sejanisnya. Jadi tidak hanya ibadah di gereja saja akan tetapi ibadah di kehidupan sesungguhnya. GBU.

kalo di gereja epafras khususnya anak ABG tiap tahun nya ada mission trip kepulau terpencil buat event serba adanya…seru dan melatih mental…disana bener-benar gak ada kata manja-manjaan soalnya disana bermisi untuk mengabarkan injil dan jadi teladan, lalu lingkungan nya juga berbeda air bersih susah di dapet ,WC nya ukh…dah jauh serem kalo malam malam lewat sana-_-, biasanya setelah pulang semua anak-anak lbh dewasa dan sabar banyak perubahan dech…(ini pulau tahun lalu waktu epafras pergi, tahun ini kayaknya bakalan si pedalaman hutan) :afro:

bentuk sharing (tema disesuaikan aja ya), buat aja seminar kecil tentang LSD, itu juga menarik dan membatu remaja ngga salah jalan nantinya, trus bisa juga dibuat sekali sebulan setelah ibadah dibuat ramah tamah (dari pengurus sediain snack atau makanan apaan aja) atau bikin kegiatan rutin vokal grup remaja… sebenernya banyak sih, tapi dicoba dulu deh… good luck yah and met melayani :afro:

ibadah biasa, dengan puji2an n renungan… tapi… ga harus dalam gereja…
diadainnya tetep di lingkungan gereja, tapi ga harus di dalem gedungnya…
bisa di tamannya, ato teras, lapangan parkir, ato di halaman depan/belakang gereja juga bisa…
gelar tikar, duduk di bawah dengan menikmati indahnya cahaya bintang yang banyak, itu bisa lebih menanamkan kepada mereka betapa indahnya ciptaan Tuhan…

[b]Kejadian 1:14-17[/b] 1:14. Berfirmanlah Allah: "Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun, 1:15 dan sebagai penerang pada cakrawala biarlah benda-benda itu menerangi bumi." Dan jadilah demikian. 1:16 Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang. 1:17 Allah menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi,

Dengan suasana yang fresh, abis itu siapin tungku (ya bisa susun beberapa batu bata) sama arang…
Untuk snacknya bisa nyediain roti ato jagung mentah, sama minuman anget (kayak teh)
Nah, setelah ibadah (puji2an n renungan) mereka bisa bakar roti ato jagung mereka sendiri… :tongue0022:

Hehehe, sedikit berbagi pengalaman… :ashamed0002:

Sukses deh… :afro:

bener tu bless gw dah pernah bikin suasana seperti itu biasanya setiap ada pemuda yang berulang tahun…

Ibadah itu tidak selalu menyenangkan… tp bagaimana bisa menikmatinya…

hanya usul… tidak harus senang…

;D Wah salah aku , dari judul nya yang IDE ku kira berhubungan dengan komputer .
IDE - Integrated Data Environment

Ternyata ide untuk acara ibadah remaja ya :smiley:
Putar film gimana bro :slight_smile:
Kan lumayan bagus tuh :angel: trus bukan hanya itu aja, khotbah nya disertai gambar2 ilustrasi jadi gak membosankan :slight_smile:

GBU

Maksudnya tdk harus senang (menyenangkan) apa yach?

Iyah bener tuh kata tukang roti , maksud nya apa ya ?

Wahhh salah ketik :smiley: maaf broo Roti Hidup…
Lagi pengen makan roti aku

ibadah itu untuk menyenangkan tuhan dan bukan menyenangkan diri kita… bukan apa yang saya mau tapi apa yang tuhan mau…
thx

Ow… begitu :slight_smile: tapi klo kita punya hati yang mengasihi Tuhan setiap pertemuan ibadah pasti menyenangkan dong :smiley: ketemu pacar aja seneng masa ketemu Tuhan Yang Terbaik dan Yang Paling Memahami kita gak seneng :slight_smile:

minimal harus sadar bahwa ibadah tidak bergantung dan tidak untuk MOOD…

I Agree with you… :slight_smile:

I Agree with you… :slight_smile:

Sip…

Menurut gw yang terpenting dalam sebuah ibadah adalah bagaimana kita semua yang datang dapat mengalami Tuhan, dapat merasakan kehadiran Tuhan secara nyata. Ketika semua yang datang mengalami Dia, gw yakin mereka bakal datang minggu depannya.
Gw ragu jika terus2an kita isi dengan permainan, gathering, dll, nanti jemaatnya jadinya datang cuman buat maen2…
Dan ketika ga ada lagi permainan, mereka akan meninggalkan gereja itu.
Namun, jika yang mengikat mereka adalah KUASA TUHAN, mereka ga akan kemana-mana bro…

Salam,

Shinbei…
[email protected]

siip :afro: :afro:

Bro Shu_H5u…
Masa usia remaja itu masa transisi, jadi ada diantara masa usia Kebaktian Sekolah Minggu ke masa usia Persekutuan Pemuda-i, dan pada umumnya anak remaja itu ada dalam emosi yang menjelang ingin tahu, energik dan mau melakukan apa saja. Jadi kita harus dapat mengarahkan dengan baik dan benar.

Kegiatannya bisa dalam bentuk apa saja (yang positip dalam hal ini), dan karena biasanya kegiatan remaja itu adalah merupakan bentuk Ibadah, maka perlu diberi penjelasan mengenai tata ibadah gereja setempat, topik khotbah-khotbah yang sesuai dengan kehidupan remaja (dalam arti di sini yaitu jangan terlalu banyak doktrin, tetapi mengarah ke kehidupan sehari-hari:mengenai hormat dan membantu orang tua, belajar, pergaulan sehari-hari dll, dan jangan mengundang pengkhotbah yang membosankan, tapi yang humoris untuk dapat memberikan respon yang baik).

Kegiatan gathering pada hari ulang tahun sesama jemaat remaja (pimpinan Komisi Remaja harus mempunyai data jemaatnya), olahraga, saling melawat (bila ada jemaat remaja yang sakit), pemutaran film tentang pengaruh pergaulan bebas dan obat-obat terlarang, bermain musik (membentuk band), camping, vokal group, paduan suara, ikut ambil bagian dalam aktivitas perayaan-perayaan Ulang Tahun Gereja (adakan perlombaan sejemaat remaja), Natal, Paskah, Perayaan HUT Kemerdekaan RI (adakan perlombaan, kegiatan kebersihan lingkungan) dll. Jadi kita wajib mendorong mereka untuk belajar terjun bermasyarakat, dengan jemaat setempat dan masyarakat umumnya.

Minta kepada majelis setempat, seorang pendamping untuk Komisi Remaja, sebagai pembina.

Dan mengenai pendanaan, sudah pasti cukup lumayan, tapi yaitulah yang dibutuhkan Komisi Remaja, asal dibuatkan anggaran dan kegiatannya yang benar-benar dapat dilaksanakan, misal beli perlengkapan musik, peralatan olahraga, mengundang guru musik, guru vokal, dll.

Nah kira-kira itu yang dapat saya share-kan buat bro…
Syalom…

remaja paling suka kalo makan-makan… coba tanya mereka ;D tapi apa hidup untuk makan?