Ikut forum kristen, sepertinya kok dosa makin nambah yah ?

Kenapa saya mikir gitu? Soalnya di sini banyak postingan yang saling menjatuhkan, mencela, menghujat, merasa diri paling bener, dll. :smiley:

Waduh, jangan sampai begitu bro.
Memang betul bahwa banyak hujatan dari satu pihak ke pihak yang lain.
Tetapi, jangan hujatannya yang dilihat, tetapi semangat untuk saling memperbaiki.
Hanya saja, kadang ego seseorang menyeruak ke permukaan, sehingga yang muncul adalah keinginan menang dan mengalahkan lawan. Tetapi, tujuan utamanya jelas bukanlah itu.

Hanya, tentu saja anda harus menghindari member yang cuma post sekali dua, tetapi isinya langsung menghujat pihak lain. Jauhi yang seperti itu, karena jelas mereka bukan bertujuan membangun iman.

Syalom

Shalom

Brother , hehehehehehe ;D

dulu pertama kali buka jg kaget

sampe kasih saran ke moderator ,

ikut pantau aja , ROH di dlm kita bisa tau kok mana yg benar mana yg salah…

berusahalah hidup damai dengan semua orang , kejarlah kekudusan :angel:

TUHAN memberkati :angel:

TS jemaatmuda post-nya disini, tanggal 30 des ini, baru 1 lho… kok merasa sudah nambah dosanya gara2 ikut FK… gimana kalo seribu…? :rolleye0014:

mungkin biasanya jadi silent reader aja om :slight_smile:

gak perlu daftar kan bisa aja … :smiley:

:smiley:
ada hitam ada putih, ada siang ada malam, jdi kalu gak ada berkat dan kutuk, gak adil bro.
Tuhan izinkan semua terjadi karena ada alasan, seperti pemahat yg membuat patung, harus disayat2 dulu baru jadi sebuah patung yg cantik.
begitu jg disini, ada pertentangan hal yg biasa, supaya kita dikikis jdi lebih baik lg.
salam buat semua…GBU

“dikikis” wah saya senang dengan kata ilustrasi anda itu. kadang2 kita merasa diri benar, dan ketika lawan diskusi kita memberikan argumen yang telak, maka “kesombongan” atau lebih tepat “sok jago” yang hanya kita yang tahu secara perlahan terkikis itu … dan kita mulai memperhatikan sisi argumen kawan diskusi dan melihat kebaikannya. meski dengan kehadiran kesadaran baru akibat pandangan kawan diskusi demikian tidak kita ungkapkan secara gamblang, saya sendiri merasa bahwa kita semua saling tahu, karena kita yang berdiskusi sesungguhnya masuk dalam proses “pengikisan” itu.

saya tidak bermaksud bahwa hal ini semudah “berpindah pengertian”, tetapi lebih kepada “memperhalus pengertian”, menambahkan kehalusan sikap kita kepada perbedaan pandangan, perbedaan persepsi dan perbedaan cara dan sudut pandang.

saya kira nasihat Rasul Petrus agar kita “memberi pertanggungjawaban atas iman yang ada pada kita” sebagian maknanya adalah kita sanggup menjelaskan kepada kawan diskusi kita.

soal bercampurnya “bumbu emosi” dan “bumbu kritik” ya lihatlah itu sebagai “yang bikin enak” di antara diskusi ini … kalo sodara kita memandang hal emosi begini sebagai “penambah dosa”, saya malah melihat sebaliknya “bagaimana kita berhasil jika kita tidak pernah latihan?”, asih toh dosa itu adalah sifat asasi kita, yang diperintahkan Tuhan agar kita kalahkan … jadi masuklah ke dalam “kamp pelatihan itu” :slight_smile: … jadi “kikisan” atau gesekan yang menghasilkan kehalusan perlu ditempuh agar kita menjadi orang Kristen yang berpengalaman dan lebih halus karena sudah terlatih menuju kepada kasih, kesabaran yang lebih baik.

Bro Jemaat, saya mengerti apa yg anda pikirkan. Yg harus anda pahami adalah: FK ini forum terbuka. Terbuka untuk semua denominasi. Bahkan yg Saksi Yehova dan Muslimpun boleh masuk, boleh berpendapat lagi. Kalau anda petobat baru mungkin bingung dengan cara kami menjawab dan berargumen. Lha wong orangnya aja gak pernah ketemu, ya maklumlah ada beberapa anggota yg menjawab “sekenanya”. Akibatnya satu topik bahasan harusnya bisa selesai max 10 halaman, jadi berpuluh2 halaman.
Lagian bro, semua denom Kristen itu juga termasuk Katolik, Advent, Mesianik(mungkin anda gak pernah denger), Protestan dkk, Kharismatik dkk, Pentakosta dkk.
Coba anda bayangkan, kalo begitu banyak aliran gereja sampai tumplek blek ke satu forum apa jadinya coba? Ya… inilah FK! Jadi saran saya, anda baca2 aja dulu. Kalau ada yg gak ngerti coba2 aja tanya sama teman2 mungkin teman2 bisa jawab pertanyaan anda. OK? Yg penting, semangat cari kebenaran bro! Anda pasti dapatkan pertumbuhan iman disini! GBU!

yah setidaknya bro jemaat jadi bisa mempelajari karakter tiap2 orang disini… dari berbagai denominasi…dan daerah… biarlah ini menjadi tambahan warna dalam hidup bro yahhh…

TUHAN YESUS memberkati…

;D di FK ada jg kolom seperti fun n games bagi saya dapat menghibur…
coba mampir2 disana…
ya jika tak bs menempatkan posisi dan menelaah topic2 yg ada dalam forum2 perdebatan,
kita akan melihatnya dalam 1 sisi saja > FK berdampak buruk…

( Ikut forum Kristen, sepertinya kok dosa makin nambah yah ?)
jgn mengatakan sesuatu itu berdosa broo…
menjudment itu sangat berbahaya loh ;D …

jadikan wawasan saja dalam mengenal bahwa setiap individu itu berbeda,
dan mempunyai kharakter masing2…

Gbu…

Mungkin juga kloningan … :slight_smile:

Dengerin kata pendeta ini :angel:

saya usul kepada moderator untuk lebih ketat dan tegas memperingatkan / membanned member FK yg berposting seenaknya

seperti :

  • menghina / melecehkan lawan diskusi
  • spamming ayat
  • spamming OOT
  • hanya lempar ayat tanpa mau menjelaskan argumentasi mereka
  • hanya copy paste artikel dari luar tanpa mau menjelaskan maksud dan argumentasi
  • OOT
  • tidak ada itikad berdiskusi

sehingga kualitas diskusi di FK menjadi baik dan bisa menjadi berkat bagi yg membaca, baik yg setuju maupun yg tidak setuju

bukankah 10 halaman penuh adu argumentasi lebih baik dan lebih menjadi berkat
dari pada 300 halaman yg sebagian besar isinya hina menghina dan hal2 diatas yg saya sebutkan?

anda mau tahu, mengapa semua ini dapat terjadi ?

saya beri pencerahan yang singkat kpd anda

anda tahu bukan, air hujan itu jatuh dari atas ke bawah. Tidak mungkin air hujan naik dari bumi ke langit
demikian juga, segala perilaku dibawah, berasal dari atas.

sekarang anda renungkan.

jika anda masuk ke sebuah grj, dimana setiap minggu pdtnya mengajarkan, bahwa hanya grjnya saja yang benar, sedangkan grj lainnya sesat, menyimpang dll, kira kira apa yang terjadi pada umatnya ?
Bukankah umatnya akan menganggap, ajaran grnya saja yang benar, dan yang lainnya sesat, menyimpang , dll ?

Maka, tak heran, jika kita menjumpai ada jemaat yang mengatakan sesat, menyembah patung, dll kpd jemaat grj lain.

nah ini lah yang sedang kita lihat sekarang.

jadi, siapa yg sumber permulaannya ?

guru kencing berdiri, murid kencing berlari

ya namanya jg manusia klo yg jelek2 mah cepet yg penting jlni aja enjoy aj deh
:angel: :afro: :smiley:

Kalau termakan fitnahan (seperti hobi beberapa member :onion-head2: ), nanti bisa dosa, kalau belum cukup pengetahuan, bisa melihat-lihat dulu :slight_smile:

Kalau anda merasa seperti itu,maka sebaiknya buru buru keluar dari FK karena Jadilah sesuai imanmu.

Tetapi kalau anda masuk ke Fk dengan maksud mencari atau menegakkan kebenaran, maka simaklah semua diskusi yang ada sebagai masukkan, dan mintalah hikmat Rk untuk memahami setiap masukan scara positif , bukan sebagai hujatan.

Tuhan yesus memberkati
han

yah… itulah kenyataan yg ada…

tapi memang FK ini bukan masalah moral, tapi masalah ajaran…

ajaran bener — orangnya salah
ajaran salah — orangnya bener
ajaran bener-- orangnya bener
ajaran salah — orangnya salah…

itu kemungkinan2 yg terjadi…

jangan bicara moral, jangan bicara dosa disini…

kita bicara ajaran, kita bicara teologi… kita uji ajaran yg omong kosong dan ajaran yg bener…
tapi itu tidak bisa berbanding lurus dengan moralitas2 oknum2nya…

jadi ga perlu dibawa keranah moralitas dan dosa2 an segala…

mari uji ajaran2 kita…

ajaran itu peta, yg menuntun kita… tanpa dijalani, kita tidak akan sampai pada tujuan.

kita sekarang bicara peta, bukan bicara perjalanan.
mana peta yg benar…

salam…

Setuju ond32lumut