Indoktrinasi = Kerbau DUNGU?

YESUS memerintahkan agar kita SADAR dan BERJAGA-JAGA.

Melihat bagaimana rekan-rekan *** selama ini berdiskusi, entah dari pola pengulang-ulangan, ayat yang dikutip tidak nyambung dan ayat serta bukti yang diberikan oleh rekan non katolik sepertinya tidak dipahami, saya merasa ada sesuatu yang salah.

Apakah karena rekan ***** tidak paham alkitab? justru sebaliknya, mereka sangat-sangat paham. Kalau memang paham, apakah sebabnya bisa entah dibuat oot, tidak sesuai konteks dan paling sering memaksakan ayat untuk jadi pendukung ajaran pemimpinnya. Luar biasanya lagi, kadang ayat yang dipakai adalah justru ayat yang sangat bertolak belakang dan berlawanan dengan argumentasi ajaran mereka sendiri.

Seperti pengulang-ulangan sesuatu supaya menjadi benar, atau teknik untuk membuat orang lain bisa diarahkan agar menuruti kemauan si penghipnotis dll. Tentunya pembahasannya dipersempit untuk aplikasi menghipnotis jemaat, bukan hipnotis seperti maling yg menipu ibu-ibu di pasar.

Mungkin di FK ada yang mengerti hal ini? siapa tahu bisa berguna untuk membantu mengerti kenapa sebagian diskusi jadi oot dan berkepanjangan. Tentu juga bisa membuat semakin paham kenapa sebagian rekan bisa seperti tidak sadar ketika diskusi, dan yang pasti berguna untuk kita semakin tahu dan waspada akan pengajaran2 selain injil KRISTUS yang dibawa oleh nabi palsu dan pekerja jahat.

Tambahan dari CosmicBoy:

Pelajari rulesnya dulu om!

ini berlaku untuk semua kita yang berasal dari denominasi laninya juga bro! tidak eksklusif bagi orang katolik saja.

ada banyak rekan rekan diskusi dari denominasi Protestan lain yang sama saja, malahan ada yang lebih “degil” lagi.

saya kira kalo kita kita semua sadar bahwa kasih Allah sudah dicurahkan dalam hati kita, dan mau mencoba untuk

menerapkannya dalam diskusi maka itu akan membuat perbedaan yang besar!

Benar sekali kata anda. Oleh sebab itu saya ingin tahu apakah ini adalah hasil dari indoktrinasi atau hipnotis. Tentu masukan rekan2 yang paham akan hal seperti ini akan berguna buat semua, termaksud mereka yang kena hipnotis juga hehehe. Sedang untuk mereka yang sedang menggunakan ilmu “hipnotis” untuk mencuci otak dapat kita kenali paternnya sehingga bisa waspada dan tidak sampai jadi seperti mereka.

Ini semua karena pengaruh doktrin-doktrin manusia !

Jangan heran kalau dewasa ini orang lebih membela doktrinnya ketimbang Kristus sendiri

@TS tanpa mengurangi rasa hormat topik ini diputuskan untuk tetap dilanjutkan diskusinya tetapi mohon tidak membawa&/menyebut denominasi

dihimbau untuk semua yang ikut berdiskusi harap berdiskusi dengan itikad baik

==pelanggar peringatan ini akan dikenakan sanksi sesuai dengan kebijakan FK.
harap maklum

14. Communal reinforcement

Suatu proses dimana suatu klaim menjadi suatu kepercayaan kuat melalui suatu pernyataan yang diulang-ulang oleh suatu anggota komunitas.

Proses ini independent terhadap kebenaran klaim tersebut dan tidak didukung oleh data empiris yang signifikan untuk menggaransi bahwa kepercayaan itu didukung oleh alasan yang reasonable.

contoh :
Pendeta meneriakkan “Per10an itu adalah kunci utk menmperoleh berkat materi jasmani”

karena banyak orang yg meneriakkan hal yg sama,
Kebohongan yang diulang2 terus dalam jangka waktu yg lama,
akan menjadi seperti sebuah fakta.

Hanya melalui penyelidikan dan analisis yang seksamalah kita bisa menilainya.

Padahal
TANPA per10an pun, BANYAK SEKALI orang yg diberkati materi oleh Tuhan

Pengulang2an ayat = indoktrinasi = hipnotis??? Wah, jahat sekali pendeta yang melakukan itu!
Tapi kalo dilihat dari prosedur hipnotis kok ada benernya, cuma ini pake cara halus. Jadi alam bawah sadar jemaat “digiring” ke “doktrin” apa yg diinginkan sang pendeta. Dengan kata lain, sang pendeta/gembala sudah melakukan “cuci otak” dengan mulus. Tapi kedoknya: Indoktrinasi. :coolsmiley:

Mungkin memang seperti itu tujuannya. Hal ini bisa terlihat sewaktu doktrin mereka bertentangan dengan ajaran Kristus. Kelebihan dari indoktrinasi ini, mereka bisa membuat diri mereka sendiri dan orang lain merasa benar ketika melawan ajaran Kristus. Sungguh berbahaya dampaknya buat umat yang TIDAK dalam KESADARAN penuh sehingga mengikuti kemauan si penghipnotis.

Terima kasih buat infonya yang sangat berharga, bro Repento. Jadi salah satu teknik untuk membuat sesuatu yang tidak reasonable menjadi kenyataan yang benar dalam pikiran umat adalah dengan mengulang-ulang sesuatu yg tidak masuk akal hingga jadi kebenaran umum. Tidak heran Yesus meminta jemaat untuk SADAR dan BERJAGA-JAGA, serta MENGUJI apa yang diajarkan. Hal ini cukup menjelaskan kenapa alasan yang sangat tidak masuk akal dibuat berulang-ulang oleh sebagian netter. Entah mereka sedang menghipnotis diri sendiri juga selain berusaha mempengaruhi pikiran orang lain. Thx buat infonya bro

Benar bro Wenaz. Buat yang sudah bersih dicuci otaknya susah banget untuk bisa ngeliat kalau alasan dari doktrin yg diulang2 itu gak reasonable seperti keterangan Repento diatas. Tapi buat yang dalam keadaan sadar, tentu kelihatan lucu ajaran hasil indoktrinasi tersebut. Karena itu SADAR dan BERJAGA-JAGA perlu sekali, mengingat susah jalan pulangnya untuk kembali sadar. Cirinya, mereka ini seperti kerbau yg dicucuk hidungnya mengikuti kemauan orang yang mengindoktrinasi.

Anda boleh percaya boleh nggak. Saya dulu dari gereja penganut Teologia Sukses. Saya begitu “terhipnotis” oleh ajarannya, sampai nurut disuruh perpuluhan. Padahal penghasilan saya waktu itu amat pas2an buat saya sendirian hidup (tega ya). Saat itu saya sudah diperingatkan oleh kakak saya dan teman saya dari Protestan. Saya masih ngotot bahwa ajaran pendeta saya paling benar.
Sampai bertahun2 kemudian akhirnya saya sadar: Kenapa iman saya kok nggak bertumbuh? Trus kenapa penghasilan saya kok ya nggak nambah2? Apa bener sih perpuluhan itu? Trus ada pertanyaan2 mendasar: Apa iya Yohanes 10:10 itu artinya begitu “dangkal”? Suatu hari atas kemurahan Tuhan, saya dipertemukan dengan salah seorang lulusan SAAT (Reformed). Akhirnya saya menemukan arti Kebenaran yang sesungguhnya.
Saya baru sadar: selama ini ajaran2 di Alkitab telah banyak diselewengkan oleh pendeta2 itu. Semuanya diterangkan kembali, bahkan memakai bahasa aslinya: yg PL diulas sesuai dgn bahasa Ibraninya, yg PB diulas sesuai dengan bahasa Yunaninya. Semuanya baru jelas. Semuanya baru terang. Berkali2 pendeta ini bilang: Semua ajaran di gereja harus BACK TO BIBLE.
Semoga kesaksian saya ini bermanfaat buat anda.
Kalau anda mau/tertarik dgn ajaran Reformed anda bisa PM saya saja, dengan senang hati saya akan share.

Iman itu bukan ditujukan kepada Pendetanya, tetapi kepada Dia.—akar pahit dari seseorang menjadikan ayat ayat firman Tuhan direkayasa…itu dosa ng’???

Kalau saya boleh komentar bro mungkin banyak dari orang kristen malas mendalami Alkitab,sehingga pengetahuannya setengah matang.

Sudah itu merasa paling tahu lagi.

Wow, topik yang keren. Ini yang gua cari2. Semoga topik ini bisa menelanjangi praktek2 pemelintiran ayat2 FT oleh hamba2 Tuhan dari aliran Kemakmuran.
Saya juga merasakan stagnasi iman yg dialami bro Wenaz, sampai akhirnya sekarang saya pindah ke Protestan murni. Halleluya! Iman saya tumbuh!
Terima kasih, Tuhan… Engkau telah bukakan Kebenaran untukku! :slight_smile:

Anda benar benar mendapat anugerah bro,karena sadar banyak ajaran kristen sekarang sangat dipengaruhi oleh New Age Movement yang mementingkan kepentingan duniawi ketimbang akhirat.

Hipnotis sama sekali berbahaya bagi kekristenan karena :

1.Hilangnya pikiran kritis di dalam ingatan otak yang menyertai keadaan tak sadar.

2.Ide yang dicetuskan oleh penghipnotis

3.Kemampuan halusinasi yang dimiliki otak.

Semua factor tersebut menunjukkan sangat berbahayanya jika seseorang, di luar kehendaknya dipengaruhi oleh bisikan-bisikan hipnotis. Bahkan ahli hipnotis yang paling cermatpun tidak bisa berbuat lain kecuali mempengaruhi pasien dengan hipnotisnya.

Jadi kalau kita kehilangan kesadaran berarti hanya bahaya saja yang menanti.

Salam

Tapi apa bedanya dengan hipnotis show di televisi? Kenapa yg di televisi orangnya harus ditidurkan dulu? Sedangkan di gereja orangnya masih sadar? Tapi, gua bener2 prihatin deh… Sudah tau ajaran2nya menyimpang dari BIBLE, kenapa kok ya diikuti?
Saya himbau kepada netter2 yg lain kalo punya saudara/teman yg ada di gereja yg memelintir ayat2 FT diperingati dan dihimbau. Kalo mereka nggak mau mendengarkan ya sudah. Doakan saja.
Tapi bro gandola, saudara saya akhirnya mendoakan saya lho. Sampai akhirnya saya bener2 dibukakan mata hati saya.
Kalau secara verbal dari mulut manusia tidak mempan, ya jalan terakhir dengan doa. Kuasa doa memang hebat.

Sudah tentu sesama saudara seiman kita harus saling menguatkan bro.

tetapi sebenarnya semakin kita mendalami kebenaran Firman Tuhan semakin dewasa iman kita dan otomatis akan semakin kuat kita berdiri diatas kebenaran Tuhan bro.

Salam

Yang kamu katakan benar bro, tapi yang sedang dibahas saat ini adalah pengaruh indoktrinasi yang lebih menyerupai teknik cuci otak/ hipnotis. Jadi baik yg malas ataupun rajin pada kena semua kalau kita bicara indoktrinasi ini.

Dari kesaksian rekan2 di FK, Katolik menganut sistim pengajaran indoktrinasi pada umat. Hal ini disebabkan GRK takut kalau umat disesatkan iman Katoliknya kalau mendalami Firman Tuhan. Indoktrinasi Katolik ini kalau gak salah ada di KGK sebagai kitab pegangan umat.

Mungkin hal inilah yang menjelaskan kenapa kadang ayat yang tidak nyambung dan bahkan tidak mendukung argumentasi selalu disertakan berulang-ulang. Bisa saja di Gereja atau seminari dulunya mereka dicekokin secara berulang-ulang/ Indoktrinasi sampai akhirnya penjelasan yang tidak reasonable menjadi suatu kepercayaan kuat dan masuk akal.