Info Sekolah Teologi Program STh, S.Pdk, M.Th, M.Pdk, D.Th

Anda ingin diperlengkapi dengan Pengetahuan & Ketrampilan teologis untuk melayani Tuhan?
Anda ingin menjadi pendidik (guru/dosen) agama Kristen yang kompeten?
Bergabunglah…

STT Rahmat Emmanuel - Kelapa gading, Jakarta membuka Program Studi:

  1. Sarjana Teologi (S.Th) – Terakreditasi BAN PT –
  2. Sarjana Pendidikan Kristen (S.Pdk) – Terakreditasi BAN PT –
  3. Magister Teologi (M.Th) – Ijin DEPAG RI –
  4. Magister Pendidikan Kristen (M.Pdk) – Ijin DEPAG RI –
  5. Doktor Teologi (D.Th) – Ijin DEPAG RI –

Khusus Program Doktor Teologi (D.Th), dibuka 8 konsentrasi:

  1. Biblika PL
  2. Biblika PB
  3. Misiologi
  4. Pendidikan Kristen
  5. Kepemimpinan Kristen (Leadership)
  6. Teologi Historika
  7. Teologi etik
  8. Pastoral konseling

Perkuliahan semester baru akan dimulai 8 APRIL 2013.
Launching Program studi diadakan pada Jumat 5 April 2013 Pk 12.00 WIB

Info selengkapnya & tatacara Pendaftaran silahkan hub

[b]STT Rahmat Emmanuel (STTREM)

Jl. Pelepah kuning 3 Blok WE 2 No. 4 G-K, Kelapa Gading (Seberang La Piazza - Mal Kelapa Gading)
JAKARTA UTARA
Telp: 021-45857150.
[/b]
Website: www.sttre.ac.id

Menilai Sekolah Teologia dari beberapa aspek pembuktian:

  1. Cari tahu sebanyak-banyaknya lulusan yang dihasilkan (alumni/alumnusnya). Apa manfaat kehadiran lulusannya di mana ia berada.
  2. Cari tahu lokasi tempat pembelajarannya: di RUKO/rumah. Tolak ukurnya kian sempat lahan tempat pembelajarannya kian sempit juga ilmu, ketrampilan, keahlian termasuk kesempitan logikanya. Hindari sekolah teologia yang punya 1-2 RUKO/RUKAN namun dapat mengeluarkan satu lembar kertas berlabel “DOKTOR” murahan.
  3. Cari tahu, bila sempat masuk ke perpustakaannya: baca kotak KATALOG yang ada, cari tahu berapa banyak buku hasil koleksinya, bila ruang perpustakaannya hanya 4x4 meter saja. Hindari sekolah teologia yang demikian karena sekolah teologia tempe-tahu mudah rusak dan mudah hancur, juga menghancurkan masa depan dirimu + orang lain.
  4. Cari tahu siapa orang yang akan menjadi tenaga pengajarnya: berapa orang, pendidikan akhir pengajarnya, dan dari mana lulusan pengajarnya.
  5. Jangan mudah terkecoh-terperangkap karena tulisan di depan dan di belakang nama pengajarnya. Cari tahu siapa orang itu dan dari mana ia lulus sekolah teologianya.
  6. Cari tahu pengakuan keabsahan lembaganya: apakah diakui oleh himpunan sekolah teologia yang ada di Indonesia atau Asia?
  7. Yang paling penting: pastikan pandangan & keyakinan TEOLOGIANYA. Ingat THEOS + LOGOS. Theos=ALLAH, LOGOS=FIRMAN. Jadi, teologia=ilmu yang mempelajari tentang Allah.
  8. Anda yang ingin serius belajar Teologia, coba iseng-iseng mencari tahu beberapa sekolah teologia yang kehadirannya sudah berdampak sangat POSITIF:
  • Seminari Alkitab Asia Tenggara Malang (independen/interdenominasi): lulusannya melayani hampir di setiap gereja yang berbasis gereja pakai bahasa Han/Hanyu/Chinese. Lulusan dari seminari ini termasuk golongan disegani dan dihargai baik pandangan teologianya maupun hati pelayanan sebagai seorang HAMBA.
  • Institut Teologia Aletia Lawang (bernaung di bawah sinode Gereja Kristus Tuhan/GKT).
  • Institut Injili Indonesia Batu - Jawa Timur. Kota kecil 25-30 Km dari kota Malang tapi bukan Malang Melintang loh…
  • STT Jaffray Makasar bermuara di Gereja Kemah Injil Indonesia. Lulusannya low profile, saya menaruh rasa hormat - hati seorang pelayan - lemah lembut sekalipun warna kulitnya hitam namun senyumannya mengeluarkan gigi putih-senyum yang menggugah hati… HORAS.
  • STT IMAN Kebayoran Baru bernaung di bawah sinode Gereja Santapan Rohani Indonesia.
  • STT Amanat Agung bernaung di bawah Sinode Gereja Kristus Yesus (dahulu Gereja Kristus Jemaat Mangga Besar).
  • STT Reformed Warung Buncit didirikan oleh Pdt. Stephen Tong pengkhotbah yang membawa berkat/ pandangan teologia yang bertanggung jawab. Lebih banyak dikelola oleh Pdt. Yakub Susabda salah satu ahli konseling Kristen masa kini di Indonesia. Bila mau belajar konseling Kristen, tempat ini sangat cocok, khususnya untuk program S2.
  • Institut Reformed Sunter Agung Podomoro juga didirikan oleh Pdt. Stephen Tong yang menitikberatkan pada bidang filsafat. Pdt. Stephen Tong lebih banyak terlibat di sekolah ini.

Salah satu ciri mahasiswa/i STT Refomed/Institut Reformed berlatar belakang S1 umum kemudian masuk ke STT/Institut ini. Jangan heran LULUSAN dari kedua sekolah ini kadang-kadang di lapangan kita melihat termasuk di dunia maya: kepala & mulutnya besar namun kaki dan tangannya kecil. Banyak bicara dari ujung ke ujung pelayanan sebagai seorang HAMBA perlu dipertanyakan kembali.

Bidik sekolah teologia yang mana.
Saya belum melihat sekolah teologia yang gembar-gembor ROH KUDUS yang menyediakan perpustakaan yang memenuhi syarat di beberapa kota di Indonesia ini.

@jadiforumkusaja

Menanggapi posting bro ttg Info STT, saya akan melengkapi profile STT Rahmat Emmanuel agar para pembaca forum kristen.com dapat gambaran yg lebih lengkap:

  1. Gedung milik sendiri, 6 lantai.

  2. STTREM adalah anggota dari: PERSETIA, PASTI, PERSATPIN. (yg berkecimpung dalam dunia teologi pasti tahu singkatannya). Di tingkat Asia, kami anggota dari ATA (Asian Theological Association).

  3. Para Pengajar:
    Pdt. Natan Setiabudi Ph.D (Mantan Ketum PGI)
    Pdt. Prof. Dr. Sutjiono
    Pdt. Dr. Yakob Tomatala
    Pdt. Djuwari Iswanto, D.Th
    Petrus Sitorus, Ph.D
    Cecilia Gunawan, D.Th
    Pdt. John Virgil D.Th
    Dr. Robert Borrong
    Dr. Jerry Rumahlatu

    Itu beberapa pengajar bergelar Doktor yang mengajar (dosen tetap maupun tidak tetap). Dosen-dosen bergelar MTh dan M.Pdk lebih banyak lagi. Silahkan jika para pembaca ingin mengenal STTREM lebih dekat, dapat berkunjung ke kampus kami.

Oh… Pdt. Sutjiono dari Gereja Kristen Rachmani Indonesia Mangga Besar 13/sekitar Lokasari? Beliau juga buka sekolah teologia lintas budaya? memakai sekolah Rachmani?

  • Pdt. Yakob Tomatala dari Institut Fifsafat dan Kepemimpinan Jaffray Jakarta di Jatinegara Timur?

Apakah benar seperti yang saya tulis di atas?

Mengenai gedung 6 lantai itu, berapa luas/ukurannya? Di Ruko Kelapa Gading atau dibangun sendiri?

Di sini saya hanya akan memberikan pertimbangan kelayakan lembaga penyelenggara program DOKTORAL TEOLOGIA karena ini menyangkut riset literatur atau riset lapangan. Kelayakan itu akan dibuktikan melalui perpustakaan kampus penyelenggara yang dapat ditelusuri melalui daftar yang tertulis di KATALOG perpustakaan, selain tenaga pengajar+kampus+pandangan teologianya juga.

Baru ingat juga: apakah sekolah teologia ini berasal dari sekolah alkitab/teologia yang pernah bermarkas di pertigaan Sunter Podomoro (dari arah Pasar Baru - Fly Over PRJ menuju Rumah Sakit ke kiri masuk arah Sunter, sampai pertigaan: ke kanan menuju Danau Sunter (Hotel), ke arah kiri - tidak jauh sekitar 500 meter ada pertigaan lagi, punya warung dan panti asuhan, dari lokasi ini bisa tembus ke jalan utama sunter/mall sunter/samping kali nanti ada bengkel mobil agung motor, apakah benar lokasi asal sekolah ini. Bila ya berarti bernaung di bawah Gereja Yesus Sejati???

  • Atau samakah sekolah teologia ini dengan Gereja Rahmat Emmanuel Ministry (sebelum kerusuhan pada bulan Mei 1998 memakai tempat di eks Unilever di Jalan Tubagus Angke - Jakarta Utara, bila ada kebaktian maka mobil bus membawa jemaatnya ke sana ke sini seolah-olah kelihatan jumlah yang banyak/ada kesaksian yang perlu dipertanyakan ulang kenyataan yang sebenarnya???). Bila sama, pas waktu itu saya sempat dengan sengaja mengadakan pengamatan langsung di tempat itu termasuk gerak-gerik ibadahnya sekaligus meliput gerakan Toronto Blessings di Karawachi.

walah… mas…

perang antar sales nih… ehehe…

Uji Kompetensi Seorang Penyandang Gelar Sarjana Teologia:

http://artikatapb.blogspot.com