Informasi Gereja Yang Bisa memberkati Pasangan Hamil di Bandung

Syalom saudara/i,

saya sedang kebingungan, salah satu sahabat saya ingin menikah mendadak dikarenakan pacarnya saat ini sedang hamil 2 bulan, sudah ke beberapa Gereja dan tentu saja ditolak.

Apakah saudara/i disini memiliki informasi Gereja yang bisa memberkati pasangan dengan case seperti ini, karena mereka berdua sangat ingin di berkati di Gereja dan membentuk keluarga baru.

kalau bisa gereja berlokasi di Bandung.

mohon informasi dan bantuannya ya. terima kasih sebelumnya.

Tuhan memberkati

mas, kalo 2 bulan kan belum kelihatan?

gak usah bilang-bilang atuh kang…

Kata Orang sih KEJUJURAN pangkal KESELAMATAN ! Cuma Aje’ Gile’ aje’ kalau ada Majelis dan Synode yg menolak Orang yg akan MENIKAH meskipun SALAH LANGKAH !
Gereja para Ahli Taurat, Orang Parisi dan Imam Bait Allah dan Orang2 Munafik gini sih jangan dimintain TOLONG , sebab :
Matius 23 :
13 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, karena kamu menutup pintu-pintu Kerajaan Sorga di depan orang. Sebab kamu sendiri tidak masuk dan kamu merintangi mereka yang berusaha untuk masuk.

Pelacur saja yg lebih berat dari “mereka” diampuni-Nya … ?! :mad0261: :’( :coolsmiley: :coolsmiley:
Bahkan kata-Nya :
“Tidakkah ada seorangpun yg merajammu? Pergilah kamu dan janganlah berbuat dosa lagi!”

Bahkan Tuhan Yesuspun menerima Urapan dari seorang Wanita yg penuh dosa dan katanya :
Lukas 7 :
46 Engkau tidak meminyaki kepala-Ku dengan minyak, tetapi dia meminyaki kaki-Ku dengan minyak wangi.
47 Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih."
48 Lalu Ia berkata kepada perempuan itu: “Dosamu telah diampuni.”

nah coba aja di gerejamu ada gak yg di bandung… bisa kan di gereja u? :slight_smile:

Setahu saya, ada gereja tertentu yang bersedia memberkati, asalkan kedua pasangan mau mengaku dosa terlebih dahulu di hadapan jemaat atau majelis. Saya harap di Bandung juga ada gereja yang seperti itu.

Salam

bukan katolik yah?

iya kang, cuma masalahnya di gereja tempat mereka berjemaat pendaftaran pernikahan minimal 3 bulan sebelum tanggal pelaksanaan, tidak bisa buru-buru, makanya jadi bingung…

ada info kah gereja apa yang bisa melakukan hal itu? terima kasih,

protestan mas,

untuk pemberkatan, ya → tidak boleh
tetapi untuk di doakan saja, gpp

Keluaran 22:16-17
Apabila seseorang membujuk seorang anak perawan yang belum bertunangan, dan tidur dengan dia, maka haruslah ia mengambilnya menjadi isterinya dengan membayar mas kawin.
Jika ayah perempuan itu sungguh-sungguh menolak memberikannya kepadanya, maka ia harus juga membayar perak itu sepenuhnya, sebanyak mas kawin anak perawan."

Aturan Alkitab sebenarnya tidak mengharuskan suatu pernikahan disahkan melalui pemberkatan atau upacara tertentu. Pemberkatan pernikahan adalah suatu tradisi gereja yang bertujuan agar orang2 Kristen yang hendak menikah melakukannya sesuai dengan Kitab Suci.

Kejadian 2:24
Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.

Urutannya seharusnya meninggalkan ayah ibu, bersatu dengan istri, dan menjadi satu daging. Akan tetapi, yang bersetubuh sebelum bersatu artinya ada prosedur yang dilangkahi.

I Korintus 6:16
Atau tidak tahukah kamu, bahwa siapa yang mengikatkan dirinya pada perempuan cabul, menjadi satu tubuh dengan dia? Sebab, demikianlah kata nas: “Keduanya akan menjadi satu daging.”

Jadi sebenarnya laki2 dan perempuan yang sudah bersetubuh itu sebenarnya sudah menjadi satu daging, tapi mereka bersalah karena tidak melalui prosedur yang benar. Ibarat mengambil makanan di pasar swalayan dan memakannya sebelum membayar di kasir. Tentu ada sanksinya.

Karena itu saran saya, kalau tetap ingin diberkati tapi gereja menolak memberkati karena wanitanya sudah hamil, saran saya tunggulah sampai anak lahir, lalu minta diberkati.

kalau itu saya tidak tahu mas…
mungkin ada teman-teman yang bisa bantu…

Coba hubungi Bpk. Beniyanto di
Gereja Isa Almasih (GIA) Taman Kopo Indah, Kec. Margahayu, Kab. Bandung

Ada berita bahwa gereja tsb telah ditutup secara paksa. Tapi mungkin mereka masih bisa melayani pasangan yang akan menikah.

Salam

Waduhhhh jangan hamil di luar nikah, nikah yang wajar2 aja bagi kita2 yang belum pd nikah. Yukkkk mari :smiley: Jaga kekudusan pasangan, makanya tidak heran banyak gereja tidak menerima pernikahan MBA “Marriage by accident” agar umat menghormati lembaga pernikahan.

Untuk TS, setahu saya bagi yang hamil di luar nikah tidak diberkati digereja tapi cukup didoakan saja di rumahnya. Begitu info yang pernah saya peroleh, saya nyaris tidak menemui perihal “MBA” ini dalam lingkungan pertemanan saya. Tapi kalo orang2 yang sabar bergumul dalam menantikan “jodohnya sesuai waktu Tuhan”, ini lebih banyak saya temui? (Upsss maaf jd oot sedikit).

Lagipula hamil di luar nikah, pasti ada konsekwensi yang di tanggung pasangan tsb. Jadi sebelum nikah lebih baik dikuduskan dulu, benar2 buka hati untuk pertobatan karna “sudah curi start melakukan hub pasutri” dan hal ini Tuhan tidak berkenan. Sebelum nikah harus beres agar tidak bawa kutuk dalam pernikahan teman sodara. Nikah belum tentu solusi kalo tidak benar2 bertobat, bisa jd timbul masalah baru :slight_smile:

Dan singkirkan pemikiran menikah untuk nutup aib, lebih baik nanggung rasa malu sebelum menikah daripada memaksakan diri menikah pd hal sama2 mental belum dipulihin, nanti bisa cerai dan itu lebih menyakitkan pd hal dalam Kristen di larang cerai. Jd pastikan dulu kesiapan hati pasangan teman sodara untuk menikah, agar tidak menyesal di kemudian hari.

Untuk pertanyaan TS, saya tidak bisa membantu. Tapi nama gereja yang Mod Kahlil share bisa coba ditelusuri.

Gbu :angel:

terima kasih mas, saya coba cari informasinya,

bisa coba ke gerejanya mas gandrunk meureun?

saya sering kalo di swalayan, ngambil minuman / makanan aku buka bungkusnya terlebih dahulu, baru bungkusnya aku serahkan ke kasir dan bayar, seterusnya gak ada sanksi tuh :mad0261:

solusinya :

kalo gak ada gereja yg mau memberkati, cukup berdoa saja dan mengaku dosa dihadapan Tuhan dan orangtua

gereja sekarang emang udah kebelinger semua … jika ga ada yang mau berkatin… ^^

saya tak mau menghakimi apa tindakan itu salah atau tidak (karena saya sendiri bukan Tuhan)

yg penting ada penyesalan dan pengakuan dosa di hadapan Tuhan,

untuk teman TS jangan berkecil hati untuk segala sesuatunya jangan disesali nasi sudah menjadi bubur ,

tatap hari depan dengan setia dan teguh dengan Firman Tuhan

nikah di capil saja, paling tidak sah di mata pemerintah dunia.