ingin menjadi kristen seutuhnya

saya seorang mahasiswi asal jakarta, kuliah di kota bandung. Sejak smp saya berjemaat di gereja kristen pantekosta, namun ayah saya beragama konghucu sangat anti kristen dan juga membenci kristen. pas sma saya sempat berenti ke gereja, namun aktif kembali saat kuliah.
Kemarin saat libur natal saya ke gereja di kota asal saya, 3 minggu pertama orang tua saya tidak mengetahui, namun lama2 akhirnya mengetahui dan ayah saya sangat marah.
ayah saya tidak mengerti kristen, namun menganggap kalau menjadi kristen tidak menyembah di meja abu dianggap tidak hormat. Menurut saya itu sangat aneh, dan masih banyak lagi yang tidak sesuai dengan prinsip saya. Bagi ayah saya semua kristen itu fanatik, padahal menurut saya tidak. Ayah saya sangat kurang pergaulan. Jadi apa yang harus saya lakukan sekarang jika ayah saya tidak mau mengerti? padahal saya ingin sekali dibaptis

IMHO, kristen sejati itu adalah kristen yg implisit sekaligus eksplisit. Tetapi karena situasi tertentu ada (banyak) orang kristen yg “tidak bisa” menunjukkan kekristenannya & hanya bisa “menyimpannya” di dalam hati. MUNGKIN anda termasuk yg golongan ini.

Sohib ane adalah contoh bagus buat anda. Sama persis seperti anda, dia tetap menjalani SEMUA tradisi SELAMA dia berada dalam rumah ortunya. Setelah berumah tangga, sedikit demi sedikit, dia mulai mengurangi aktifitas tradisi itu TETAPI tidak mengurangi komunikasi dengan keluarga besarnya. Dengan berkat-berkat yg Tuhan percayakan kepadanya (terutama keuangan), dia selalu berusaha membantu keluarga besarnya sebisa mungkin.

In the end, seperti yusuf bin yakub, dia menjadi pemimpin di antara saudara-saudaranya (padahal dia anak bungsu), selalu dimintai pendapat untuk segala urusan menyangkut keluarga. Dikasihi sekaligus dihormati.

Jika anda ingin sekali dibaptis, ya tinggal baptis saja tetapi biarlah itu menjadi “rahasia” anda dengan Tuhan.

tapi bila ke gereja saja kalau ketauan saya tidak blh, gmn? saya tidak enak kalau kucing - kucingan, saya ingin terang2an di dpn ayah saya kalau saya sudah beriman kristen dan ingin secara resmi (ktp)

Salut buat spirit anda yg sedang menyala-nyala saat ini dengan keinginan pengakuan ayah akan iman kristiani anda. Ane asumsikan, anda sedang mengalami apa yg dinamakan “kasih mula-mula” yg dirasakan oleh semua orang Kristen saat pertama kali, secara pribadi & kesadaran penuh, menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat.

Bercermin pada kesaksian sohib ane sebelumnya, ane ingin bertanya pada anda, APAKAH ANDA SUDAH MENJADI BERKAT UNTUK KELUARGA DI MATA ORTU? Jika sudah, ane percaya ortu anda tidak akan menghalangi keinginan anda. Dari cerita anda, ane berkesimpulan bahwa ayah anda itu berkepribadian simpel dan pragmatis. Ayah anda MUNGKIN hanya percaya jika sudah melihat dengan mata kepala sendiri. Saat ini anda hanyalah seorang mahasiswi yg masih mengandalkan ortu anda dalam hampir segala hal. CMIIW. Ketika anda tiba-tiba mengatakan ingin menjadi Kristen, itu sama saja seperti “mendurhakai” ortu karena di Indonesia, agama anak = agama ortu. Sama halnya jika dibalik, ortu anda Kristen dan tiba-tiba anda berkata ingin menjadi pengikut kong hu cu. Pernahkah anda pikirkan hal ini?

Di sisi lain, jika anda memang berkeras hati ingin melakukan apa yg anda inginkan saat ini, SUDAH SIAPKAH ANDA DENGAN SEGALA REKSIKONYA?

memang kalau dilihat sungguhlah bahwa
Markus 8 (18) Kamu mempunyai mata, tidakkah kamu melihat dan kamu mempunyai telinga, tidakkah kamu mendengar?

artinya mata umat dunia masih buta (belum melihat bahwa Yesus Kristus sudah bangkit dari kematian)
dan mereka punya telinga tetapi kebenaran Injil seakan masuk kuping kiri keluar kuping kanan
krn tertutup oleh “ajaran dewa2”

Solusi : minta Bapak yang disurga buka mata hatinya dgn Roh Kudus agar dia melihat kebenaran Kristus.
tengking penguasa dunia yg menutupi hatinya dgn nama Yesus
doakan setiap hari.
minta Roh KUDUS urapi lidahmu kalau bicara dgn ortu.

apakah sdh dibaptis Roh Kudus ?

Shalom,

sudah>>> :slight_smile:

Tunjukan bahwa anda lebih baik dari mereka yg bukan kristen
kekristenan itu bukan hanya karena ke gereja tapi membawa damai dan sukacita ke tengah2 keluarga & mayarakat

intinya tetap tunjukkan kasih mu sekalipun tidak diterima, dan hiduplah sesuai jalan Kristus maka Kristus yang akan berjalan didepan mu untuk membuka pintu hati ayahmu

Mbaksis @msray, ane tunggu kabar selanjutnya. Semoga sukses.