Ingkar janji dengan sengaja bisakah di maafkan?

Shalom sodara. Ada yg mau saya tanyakan nih. Saya dulu seorang perokok berat. Baru2 ini saya sakit seperti susah nafas, akhirnya saya cek ke dokter dan ternyata paru2 saya normal2 saja, begitu juga dengan organ lain nya. Ternyata saya hanya sakit asam lambung. Namun sebelum saya cek ke dokter, saya sempat berjanji kepada Tuhan Yesus untuk tdk merokok lagi. Dan akhirnya saya pun berhenti rokok. Sudah jalan selama 6 bulan, dan ternyata saya tdk sanggup menahan keinginan utk kembali merokok. Pertanyaan nya, apakah Tuhan akan marah jika saya melanggar janji tersebut? Apakah saya berdosa? Namun saya terus doa dan mohon ampun kpd Tuhan karna saya melanggar janji tsb. Apakah Tuhan akan mengampuni ingkar janji saya itu?

Dear ZicoWilson

Dosa itu sebenarnya adalah melanggar Firman Tuhan.
Dalam kaidah yang lebih luas adalah : Tidak melakukan apa yang diperintahkan oleh Allah dan/atau melakukan apa yang tidak diperintahkan oleh Allah.

Dalam tataran aplikasi, ada ayat yang lebih spesifik :

Yakobus 4:17 Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.

Ingat saja dua hukum utama dan terutama yang diajarkan oleh Tuhan Yesus.
Untuk masalah berhenti merokok itu cukup simpel saja (dulu Om perokok, sampai dengan tahun 1986).

I Korintus 6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait ROH KUDUS yang diam di dalam kamu, ROH KUDUS yang kamu peroleh dari Allah, – dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?
6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu

Yang Om bold itu dasarnya dear… kalau diaplikasikan ke zico, menjadi begini (dalam bahasa sehari-hari)…

Hai ZicoWilson…
Ingat tubuhmu itu adalah RumahKu,
Kamu itu bukan milikmu… tapi milikKu… jangan sembarangan engkau menggunakan milikKu untuk merokok,
Tahu engga sih… kamu tuh sudah Ku bayar lunas dengan DarahKu…
ya sejak sekarang dan seterusnya… muliakanlah Allah dengan tubuhmu… jangan lagi kau pakai untuk merokok…

Yang sudah terjadi tinggal mohon penganpunan saja Tuhan akan mengampuni… terus teranglah pada Tuhan Yesus, landasannya ayat ini :

I Yohanes 1:9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Shalom. GBU.

setuju sama on dion :afro:

Penting apakah setelah menyesal, anda melanjutkan meninggalkan rokok?

Kalau anda menyesal seperti tulisan anda sambil merokok mengetik pertanyaan ini. Saya rasa Tuhan juga tidak akan peduli dengan anda, alias anda akan dianggap anak tetangga…

Kalau anda bertobat, Ia akan menerima kamu apa adanya.

1 Yohanes 1:9
Jikalau kita mengaku segala dosa kita, maka Allah itu setia dan adil, sehingga Ia mengampuni segala dosa kita, dan menyucikan kita daripada segala kejahatan.

Dear bro kumis

Om juga kumisan koq (dan cambangan), sorry … gurau saja…
memang dear… setelah baca Firman Tuhan, tinggal kita bersedia mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, karena Tuhan Yesus itu engga butuh-butuh amat orang yang pinter… tetapi orang yang setia kepadaNya…

I Korintus 1:27 Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat,

Shalom.

Iya Tuhan akan marah, krn perbuatanmu merusah tubuh dgn sengaja
1 Korintus
3:16 Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?
3:17 Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu