Ini Dia Hari-Hari Libur Nasional dari Pemerintah Tahun 2012

THURSDAY, 14 JULY 2011

Bagi Anda yang sudah merencanakan untuk menghabiskan hari cuti yang berhak Anda dapatkan, ada baiknya Anda mengetahui hari cuti bersama yang sudah ditetapkan oleh pemerintah karena hal ini akan membuat jadwal cuti Anda menjadi mudah dan Anda tahu berapa banyak hari lagi yang dapat Anda gunakan untuk cuti pribadi Anda. Pemerintah sudah menetapkan libur nasional maupun cuti bersama untuk tahun 2012 nanti.

Pemerintah menetapkan 19 hari di tahun 2012 sebagai hari libur nasional beserta cuti bersama. Hal ini ditetapkan melalui surat keputusan bersama tiga menteri yaitu Menteri Agama Suryadharma Ali, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan, pada hari Rabu (13/7). Cuti bersama tahun 2012 nanti akan bertambah satu hari dibanding tahun 2011 ini yang hanya 4 hari.

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono mengatakan cuti bersama yang berdekatan dengan hari-hari libur akan ditetapkan sebagai cuti bersama. “Penetapan ini berdasarkan pemantauan dan evaluasi untuk mengoptimalkan hari kerja yang ada dan lebih efektifnya pemanfaatan hari kerja,” katanya kepada wartawan di Jakarta. Dalam evaluasi tersebut ada masukan dari beberapa lembaga keagamaan untuk penambahan hari cuti bersama. “Karena dilakukannya libur bersama-sama merupakan hal positif. Selain untuk efisiensi hari-hari tersebut ada juga peningkatan kunjungan wisatawan,” tutur Agung.

Hari libur nasional pada tahun 2012 mendatang berjumlah 14 hari, dimana 5 hari di antaranya jatuh pada hari Minggu. Sementara cuti bersama akan dilaksanakan pada 18 Mei 2012 saat Kenaikan Yesus Kristus, 21-22 Agustus 2012 saat Idul Fitri 1 Syawal 1433 Hijriyah, 16 November 2012 saat Tahun Baru 1434 hijriyah dan 24 Desember 2012 saat Hari Raya Natal.

Tentunya selain kita dapat menggunakan hak kita dengan baik karena adanya pemberitahuan seperti ini, kita juga wajib melakukan tugas dan tanggung jawab kita sebagai karyawan yang baik. Biarlah nilai-nilai yang sudah Tuhan taruh dalam kehidupan kita dapat kita aplikasikan di dunia kerja sehingga kita pun dapat menjadi saksi di sana atau dimanapun kita berada.
Source : republika/lh3