interdenominasi =? oikumene

ada yang tau ga?
:smiley:

maaf sepertinya pertanyaannya kurang jelas deh :rolleye0014:

Judul Thread nya juga gak jelas bro. Itu nanya sama dengan / tidak sama dengan?

Gw juga gak ngerti, maksudnya apaan yahā€¦? :undecided:

Mungkin Maksudnya apa itu Interdenominasi/Oikumeneā€¦
Mungkin sech, yg tau jelasnya yaitu bro Aditya :smiley: :smiley:

IMHOā€¦
pernah denger sech yang namanya interdenominasi atau oikumene. kalau menelusuri sejarah gereja atau asal mula mengapa ada tata ibadah?? orthodoks, katholik, protestan, dsb
denominasi adalah ā€œaliranā€¦ā€ interdenom adalah antar aliran yang bersatu di dalam tubuh Kristus, bukan menyatukan aliran tapi orangnya yang bersatu.
Dalam Efesus, dikatakan ā€œmemelihara kesatuanā€¦ā€ jadi emang udah satu, bukan harus disatuinā€¦ so apakah penting ā€œdoktrinā€?? yup, penting; tapi harus kembali ke Firman Tuhan.

Kira-kira begituā€¦ atau mungkin ada penjelasan laenā€¦ Monggo Mawon :smiley:

Mmmā€¦bisa jadi sama yaq, seperti kata bro Manusia. Kayak sinonim getoā€¦Nkaleā€¦ :happy0025:

setuju bro,
kalo menurut gw sepertinya interdenominasi artinya hampir sama dengan oikumene (kalo salah tolong dikoreksi yah). Yaitu suatu perkumpulan yang dimana orang-orangnya berasal dari bermacam-macam denominasi (aliran gereja, contoh aja ya : Gereja Jawa, Gereja Batak, Pentakosta, Orthodok, Katolik, dll). Dan tata ibadahnya ya pasti mereka bicarakan supaya satu sama lain bisa merasakan hadirat Tuhan. Tapi setelah itu tidak ada namanya tarik-menarik ke salah satu aliran Gereja, pastilah kembali ke Gereja lokal masing-masing jemat.
:afro:

Kalau semua denominasi berpedoman pada:
Matius 22
22:37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

Matius 22
22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

maka OIKUMENE

GBU

Iya istilahnya yg dipakai dan dipahami mm begitu