Inti iman Kristen

Just curious, apa sih yang dipahami sebagai inti dari kekristenan?
Bagaimana para FKers disini menghayati iman kristen mereka, dan menurut para FKers, apa sih inti iman mereka?

Silakan.

Kalau ada yang bertanya apakah inti iman ( di kristen )…??

Jawaban saya : iman tidak punya inti… Karena jika ada inti maka pasti ada kulit. Tapi sejatinya iman itulah inti itu sendiri dari bukti ADANYA ALLAH atau BUKTI KEBERADAAN ALLAH.

Tapi iman itu sendiri punya nama, supaya dapat membedaknnya dari yang lain, Namanya yaitu IMAN KRISTEN.

Dst…dst dstnya…

Salam

Thanks bro Phroz atas atensinya…
Mungkin bisa lebih dijabarkan lagi tentang iman Kristen ini yang berbeda dari yang lain?

Dipersilaken…

Maklumlah mas, mas roderick ini member inti dari forum Kristen yang ada imannya ;D
Jadi wajar saja kalau bikin trit yang nyerempet-nyerempet. Sekalian promosi :tongue:

GBU

Ujung2 nya untuk kemulian Tuhan Yesus

Hehehe…Iya…[email protected] 1…

Jujur harus kita hargai dan apresiasi…bahwa tulah bentuk kreatifitas berolah pikir…pasti disitu menginspirasikan kita semua disini, untuk mengexplor lagi pengetahuan kita menegenai apa itu iman dan keimannan…hehehhee

Lannjoott…!!

Salam GBU.

[email protected]

Trimakasih kembali…

Biarlah saya kasih klue seperti itu dahulu : " Iman kristen "…

Pasti rekan yang lain punya pengetahuannya yang lebih mendalam mengenai ini untuk dibagikan disini… dipersil saja…broo…heheee

Salam GBU

Terimakasih mbak Esther…

Mungkin bisa diperjelas, kalo ujungnya untuk kemuliaan Tuhan Yesus, pangkalnya itu seperti apa atau seperti bagaimana?

Terimakasih.

Silakan brouw… jangan malu-malu.
Ini kan negara bebas?
:azn:

Iman itu hanya satu, yaitu kebenaran.

Rom 10:17 Jadi, iman itu dari pendengaran, dan pendengaran itu melalui firman Elohim.

Joh 17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran-Mu; firman-Mu adalah kebenaran.

Rom 14:23 Tetapi siapa yang bimbang, jika dia makan, dia telah dihukum karena bukan atas dasar iman, dan segala sesuatu yang bukan atas dasar iman adalah dosa.

Iman kristen itu iman yang bagaimana?
Iman kristen adalah iman akan kuasa kebangkitan orang mati.

1 Petrus 1
21yang percaya melalui Dia kepada Elohim yang telah membangkitkan Dia dari antara yang mati dan telah memberikan kemuliaan kepada-Nya, sehingga iman dan pengharapanmu selalu berada di dalam Elohim.

Ibrani 11
17 Dengan iman, ketika diuji, Abraham telah mempersembahkan Ishak, dia mempersembahkan anak tunggalnya yang telah menerima janji-janji itu pula,
18 yang tentangnya telah dikatakan, “Di dalam Ishaklah, benihmu akan disebutkan,”
19 karena menganggap bahwa Elohim itu sanggup untuk membangkitkan pula dari
antara yang mati, dari sanalah juga secara kiasan dia telah menerimanya kembali.

Dengan iman demikian orang kristen sudah menang atas dosa dan kelemahan dan sakit penyakit.

1Pe 2:24 Dia sendiri yang sudah menanggung dosa-dosa kita di dalam tubuh-Nya di atas kayu salib; supaya dengan mati terhadap dosa, kita dapat hidup di dalam kebenaran. Tentang Dia, oleh bilur-bilur-Nya kamu sudah disembuhkan.
1Pe 2:25 Sebab kamu dahulu seperti domba yang tersesat, tetapi sekarang kamu sudah dikembalikan kepada Gembala dan penilik jiwamu.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------Bagaimana orang kristen mendapatkan iman kuasa kebangkitan?
Dengan proses pembentukan/mati dalam dosa, melalui penerimaan FT yang benar (dua ayat pertama di atas),
dan pengujian/penderitaan, sehingga terbentuk manusia baru/kirbat anggur baru; yang kemudian layak menerima anggur baru/baptisan roh kudus.

Rom 10:8 Sebaliknya, apa yang dia katakan, “Firman itu berada di dekatmu, di dalam mulutmu dan di dalam hatimu.” Inilah firman iman yang kami beritakan.
Rom 10:9 Sebab jika kamu mengakui Tuhan YESUS dengan mulutmu dan percaya dalam hatimu bahwa Elohim telah membangkitkan Dia dari antara yang mati, maka kamu akan diselamatkan.
Rom 10:10 Sebab untuk pembenaran, dipercayai dengan hati, dan untuk keselamatan, diakui dengan mulut.
Rom 10:11 Oleh karena kitab suci berkata, “Setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak akan dipermalukan.”

Eph 1:13 Di dalam Dia, kamu juga, setelah mendengar firman kebenaran yaitu injil keselamatanmu, di dalam Dia juga, kamu yang percaya telah dimeteraikan dengan Roh perjanjian yang kudus, (baru permulaan, meterai Roh kudus. Bukan baptisan roh kudus.
Eph 1:14 yang merupakan jaminan pusaka kita sebagai penebusan kepemilikan menuju pujian kemuliaan-Nya. (ayat ini baru baptisan roh kudus).

bersambung…

sambungan…

1Pe 2:1 Oleh karena itu, dengan menyingkirkan setiap kejahatan dan setiap tipu muslihat dan kemunafikan dan iri hati dan semua perkataan jahat,
1Pe 2:2 seperti bayi yang baru lahir, hendaklah kamu mengingini susu murni yang sewajarnya, supaya kamu dapat ditumbuhkan olehnya,
1Pe 2:3 jika benar kamu telah mengecap, bahwa Tuhan itu baik

Col 1:10 supaya kamu hidup bagi Tuhan dengan layak, di dalam segala perkenan, dalam setiap perbuatan baik, dengan menghasilkan buah dan bertumbuh kepada pengenalan akan Elohim,

Jas 1:2 Hai saudara-saudaraku, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai pencobaan, hendaklah kamu menganggap semuanya itu kesukacitaan,
Jas 1:3 karena mengetahui bahwa ujian imanmu itu mengerjakan ketabahan,
Jas 1:4 dan biarlah ketabahan itu menghasilkan perbuatan yang sempurna supaya kamu menjadi sempurna dan lengkap dengan tidak kekurangan suatu apa pun.

Mat 3:8 Oleh karena itu, hasilkanlah buah-buah yang sepadan dengan pertobatan.

Gal 5:22 Akan tetapi buah Roh adalah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, iman,
Gal 5:23 kelemahlembutan, pengendalian diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal seperti itu.
Gal 5:24 Dan, orang-orang milik Kristus telah menyalibkan daging bersama nafsu dan keinginan.

Col 3:5 Oleh karena itu, matikanlah bagian-bagianmu atas keduniawian, yaitu: percabulan, kenajisan, hawa nafsu, hasrat dan keserakahan yang sama dengan penyembahan berhala.

Joh 15:3 Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.

Mat 9:17 Tidak pula mereka menuangkan anggur yang baru ke dalam kirbat yang lapuk, dan jika tidak, kirbat itu meletus dan anggurnya tertumpah ke luar dan kirbat itu hancur; tetapi mereka menuangkan anggur yang baru ke dalam kirbat yang baru, dan kedua-duanya terpelihara.”

Act 1:8 Namun kamu akan menerima kuasa, bilamana Roh Kudus datang ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-saksi-Ku, baik di Yerusalem, maupun di seluruh Yudea, dan Samaria, bahkan sampai ke ujung bumi.”

Shalom,

Pengujian iman bukan mendatangkan sukacita tetapi dukacita. Melalui proses ini orang kristen meneladani Kristus.
Ini adalah kesempatan untuk koreksi diri/pembentukan pribadi menjadi benar.

Heb 2:9 Namun kita melihat YESUS yang dimahkotai kemuliaan dan hormat, setelah dibuat sedikit lebih rendah daripada para malaikat melalui penderitaan kematian, sehingga dalam anugerah Elohim Dia dapat merasakan kematian ganti semua orang.
Heb 2:10 Sebab, layaklah bagi-Nya, yang oleh-Nya segala sesuatu dan melalui-Nya segala sesuatu ada, yang menuntun banyak anak ke dalam kemuliaan Penguasa keselamatan mereka, melalui penderitaan-penderitaan untuk menyempurnakan.

Luk 24:26 Bukankah seharusnyalah Mesias menderita hal-hal ini supaya juga masuk ke dalam kemuliaan-Nya?”

2Co 7:10 Sebab dukacita menurut Elohim, mengerjakan pertobatan bagi keselamatan yang tiada tersesalkan. Tetapi dukacita dunia ini mengerjakan kematian.
2Co 7:11 Oleh karenanya, lihatlah hal yang sama ini, kamu telah dibuat berdukacita secara ilahi; berapa banyakkah hal itu telah menghasilkan ketekunan di dalam kamu, selain kata-kata pembelaan, selain kemarahan, selain ketakutan, selain kerinduan, selain kecemburuan, selain pembalasan? Dalam segala hal kamu telah memuji dirimu sendiri sebagai orang yang tidak bersalah dalam hal itu.

1Pe 5:10 Dan Elohim segala anugerah, yang telah memanggil kita ke dalam kemuliaan kekal-Nya di dalam Kristus YESUS, kiranya Dia sendiri akan memulihkan, meneguhkan, menguatkan, mengukuhkan kamu, setelah sedikit menderita.

Heb 12:11 Dan setiap didikan memang sepertinya tidak mendatangkan sukacita, melainkan dukacita, namun kemudian dia menghasilkan buah kebenaran yang damai kepada mereka yang dilatih olehnya.

Setelah dimurnikannya iman orang kristen, sehingga kebenaran itu menjadikan hatinya selalu damai sejahtera. Maka dia layak mendapatkan baptisan roh kudus (pengurapan permanen dari roh kudus, asalkan tidak murtad):

Joh 20:19 Kemudian, menjelang senja pada hari itu, pada hari pertama pekan itu, dan ketika pintu-pintu tempat para murid berada untuk berkumpul bersama telah dikunci, karena takut terhadap orang-orang Yahudi, YESUS datang dan berdiri di tengah-tengah, serta berkata kepada mereka, “Damai sejahtera bagimu!”
Joh 20:20 Dan sambil mengatakan hal itu, Dia menunjukkan kedua tangan dan lambung-Nya kepada mereka. Lalu, ketika melihat Tuhan, para murid itu bersukacita. (bukti iman kuasa kebangkitan)

Joh 20:21 Kemudian YESUS berkata lagi kepada mereka, “Damai sejahtera bagimu! Sama seperti Bapa telah mengutus Aku, Aku juga mengutus kamu!”
Joh 20:22 Dan setelah mengatakan hal itu, Dia mengembuskan napas dan berkata kepada mereka, “Terimalah Roh Kudus!

[b]Joh 20:23 Seseorang yang kamu ampunkan dosa-dosanya, kepada mereka diampunkan; seseorang yang kamu tahan, dosa-dosanya tetap tertahan.”

Act 1:8 Namun kamu akan menerima kuasa, bilamana Roh Kudus datang ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-saksi-Ku, baik di Yerusalem, maupun di seluruh Yudea, dan Samaria, bahkan sampai ke ujung bumi.”

(baptisan roh kudus menjadikan orang kristen berkuasa/mempunyai wewenang)[/b]

Act 2:1-11, Mark 16:17-18.

Shalom,

Inti dari Kekristenan, kalau boleh diartikan:
Sebagai pegangan untuk mendapatkan keselamatan bagi orang kristen itu apa ?

Jawaban : Dua hal yang sudah di meteraikan oleh Allah Bapa .

Bertanya kembali : Tunjukkan di Alkitab, dua hal yang sudah dimeteraikan oleh Allah itu yang mana ??

Syalom.

Mungkin bisa diperjelas bro?

Jadi ketika Yesus berkata bahwa “Akulah … kebenaran,” maka itu sama dengan mengatakan bahwa Yesus adalah iman?

Silakan diperjelas lagi…

Thanks.

Joh 1:12 Namun, berapa banyak orang yang telah menerima Dia, kepada mereka Dia telah memberikan otoritas untuk menjadi anak-anak Elohim, yaitu kepada mereka yang percaya dalam Nama-Nya,
Joh 1:13 mereka yang telah dilahirkan bukan dari darah dan bukan dari keinginan daging bahkan bukan dari keinginan seorang pria, melainkan dari Elohim.
Joh 1:14 Dan Firman itu sudah menjadi daging dan berdiam di antara kita. Dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan sebagai yang tunggal dari Bapa, penuh anugerah dan kebenaran.

Rom 10:17 Jadi, iman itu dari pendengaran, dan pendengaran itu melalui firman Elohim.

Rom 10:9 Sebab jika kamu mengakui Tuhan YESUS dengan mulutmu dan percaya dalam hatimu bahwa Elohim telah membangkitkan Dia dari antara yang mati, maka kamu akan diselamatkan.
Rom 10:10 Sebab untuk pembenaran, dipercayai dengan hati, dan untuk keselamatan, diakui dengan mulut.
Rom 10:11 Oleh karena kitab suci berkata, “Setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak akan dipermalukan.”

Joh 17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran-Mu; firman-Mu adalah kebenaran.

Rom 5:3 Dan bukan hanya itu, tetapi kita juga bermegah dalam kesukaran, karena mengetahui bahwa kesukaran itu membuahkan ketabahan,
Rom 5:4 dan ketabahan membuahkan karakter yang teruji, dan karakter yang teruji, pengharapan;
Rom 5:5 dan pengharapan tidak mempermalukan, karena kasih Elohim telah dicurahkan ke dalam hati kita melalui Roh Kudus yang dikaruniakan kepada kita.

Mat 9:17 Tidak pula mereka menuangkan anggur yang baru ke dalam kirbat yang lapuk, dan jika tidak, kirbat itu meletus dan anggurnya tertumpah ke luar dan kirbat itu hancur; tetapi mereka menuangkan anggur yang baru ke dalam kirbat yang baru, dan kedua-duanya terpelihara.”

Joh 15:3 Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.
Joh 15:4 Tinggallah di dalam Aku, dan Aku di dalam kamu; sama seperti ranting tidak dapat menghasilkan buah dari dirinya sendiri jika dia tidak tinggal di dalam pokok anggur, demikian pula kamu tidak dapat, jika kamu tidak tinggal di dalam Aku.

Joh 6:63 Rohlah yang memberi kehidupan, daging sama sekali tidak berguna. Firman yang Aku katakan kepadamu adalah Roh dan Dialah kehidupan.

Joh 3:33 Siapa yang menerima kesaksian-Nya, dia telah memeteraikan bahwa Elohim adalah benar.
Joh 3:34 Sebab, Dia yang telah Elohim utus, Dia sedang mengucapkan firman Elohim, karena Elohim sedang mengaruniakan Roh dengan tanpa batas.

Act 10:44 Ketika Petrus masih mengucapkan kata-kata ini, turunlah Roh Kudus ke atas semua orang yang mendengarkan firman itu.

Act 1:8 Namun kamu akan menerima kuasa, bilamana Roh Kudus datang ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-saksi-Ku, baik di Yerusalem, maupun di seluruh Yudea, dan Samaria, bahkan sampai ke ujung bumi.”

salom,

[b]Pegangan keselamatan adalah orang kristen yang memliki roh kudus.

Rom_8:9 Dan kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Elohim tinggal di dalam kamu; tetapi jika seseorang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukanlah milik-Nya.

1Co_6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu itu tempat suci bagi Roh Kudus yang ada di dalam kamu, yang kamu peroleh dari Elohim, dan kamu bukanlah milikmu sendiri?

Jud_1:19 Mereka ini adalah orang-orang yang jiwani, yang menyebabkan perpecahan, karena tidak memiliki Roh.
[/b]

[b]Perjanjian-Nya (PB) dimeteraikan darah Yesus.

Mat 26:27 Dan, setelah mengangkat cawan dan mengucap syukur, Dia memberikannya kepada mereka sambil berkata, “Minumlah kamu semua dari padanya!
Mat 26:28 Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian baru, yang dicurahkan bagi banyak orang sebagai penghapusan dosa.

Orang percaya pertama kali, dimeteraikan dengan Roh Yesus/roh kudus.

Eph 1:13 Di dalam Dia, kamu juga, setelah mendengar firman kebenaran yaitu injil keselamatanmu, di dalam Dia juga, kamu yang percaya telah dimeteraikan dengan Roh perjanjian yang kudus,

1Co 12:3 Oleh sebab itu aku memberitahukan kepadamu, bahwa ketika berbicara dalam Roh Elohim, tidak seorang pun mengatakan, “YESUS terkutuk,” dan tidak seorang pun dapat mengatakan, “YESUS Tuhan,” kecuali oleh Roh Kudus.
[/b]
salom,

Apa itu “di Meteraikan” ??

artinya apa?

Ditandai/Disahkan/Terpilih.
Begitu lebih kurang.

Maaf, hubungannya iman dengan kebenaran itu bagaimana? Diatas ada ayat yang mengatakan firman-MU (bukan KU atau NYA) adalah kebenaran. Jadi apakah akhirnya iman = firman?

Silakan…

Mas ini sungguh bertanya yah, tk kirain mau polemik seperti biasa :tongue:

Inti iman Kristen adalah relationship. Yesus datang ke dunia, disalibkan, wafat, dan bangkit tujuannya adalah untuk memulihkan hubungan manusia dan Bapa. Dengan menebus manusia dari dosa, dan memberikan Roh KudusNya maka kita boleh berseru “Ya Abba Ya Bapa”.

Harga yang sangat amat mahal sudah dibayar demi suatu hubungan. Don’t miss it, carilah Tuhan dan bergaul karib dengan Dia karena harganya teramat mahal dan sudah dibayar oleh Tuhan dengan darah dan nyawaNya. That’s the point.

Seperti Bapa Sayang Anaknya (Just like a father loves his son)

GBU