intovert

saya orangnya intovert.
saya sulit bergaul dengan orang2 baru
saya merasa tidak diterima oleh lingkungan baru.
puncaknya ada saat saya masuk ke perguruan tinggi.
lingkungan sangat berbeda. dan saya sama sekali tidak bisa menyesuaikan diri.
saya harus bagaimana??

tenang sis,
saya dulu juga orang yang sulit bergaul
selain itu juga minder dan rendah diri…

tapi kemudian saya melihat bagaimana Tuhan mengasihi saya
maka saya belajar menghargai diri
belajar mengasihi Tuhan

kemudian saya bertemu orang orang yang juga mencari Tuhan
saya menemukan sukacita baru, melihat Tuhan yang saya kasihi juga mereka kasihi
saya menemukan konsep baru tentang dasar menjalin hubungan dengan sesama
bukan karena kebutuhan, bukan karena keinginan diri, bukan karena kemanusiaan saya yang naturally sebagai makhluk sosial
bukan karena itu semua dasarnya
tapi karena Tuhan…

Dia mengasihi kita, Dia mengasihi saudara saudara kita

bukan berarti saya bisa langsung terbuka terhadap orang orang setelah itu
tapi kalo mengingat seperti apa Tuhan mengasihi saya, itulah menjadi kekuatan bagi saya, semangat baru bagi saya
kalau mengingat seperti apa Tuhan mengasihi seluruh manusia, itu menjadi kerinduan saya membagikan kasih untuk sesama :*

:happy0025: :happy0025:

bener tuh kata YHVH, gw jg dulu salah satunya :smiley:
gw pulihnya waktu gw dah bertobat & aktif di komunitas

yaudah dimulai dari sini aja dulu…awalnya anggap aja lg latihan ngobrol (kan blom tatap muka nih ceritanya…)
nah klo lu dah lancar & enak ngobrolnya…nanti lu gampang ngobrolnya klo ketemu ama org baru/komunitas

gw jg dl orgnya susah bergaul neh…
dkarenakan fisik yg tidak mendukung sehingga membuat gw jadi lumayan kuper dan menutup diri, gw sulit bergaul dengan temen2 SMU gw,tp puji Tuhan, betul apa yg dkatakan YHVH…mulai deket ama Tuhan dan mulai memiliki gambar diri yg benar

disamping itu gw punya komunitas rohani yg ga beda2in org…alhasil gw jadi gokil sendiri…wkwkw

setuju ama bro sudunk…mulai belajar dari FK aja…hehe

Itu seharusnya bukan permasalahan bagi saudari.
Introvert itu kan pikiran saudari sendiri yang sudah mendakwa saudari demikian.
Saudari harus membuka pikiran dan pemahaman hidup ini secara terbuka.

Sesungguhnya introvert itu ada sisi baiknya artinya dia tidak akan mudah percaya kepada orang lain. Ini adalah sifat alami untuk melindungi diri sendiri. Sekarang ini banyak orang yang pura-pura baik kepada kita tetapi memiliki niat yang buruk dibelakang kita. Ada udang dibalik batu. Ada juga yang baik tetapi berubah jahat.
Sifat introvert ini melindungi diri dari rasa kecewa kepada orang lain, sebab percayalah manusia pasti tidak bisa dipercaya bahkan pasangan/pacar sendiri. Ada kalanya mereka akan berbohong.
Sifat introvert ini biasanya ingin hal yang pasti dan benar/tegas, gak neko-neko.

Sesungguhnya yang harus saudari lakukan ialah nikmati saja hidup saudari apa adanya. Jika saudari membutuhkan sesuatu dari orang lain yah mintalah sesopan mungkin baik dengan cara bicara dan sikap, orang lain akan menilai saudari berdasarkan sikap saudari itu. Mereka akan mengenali sifat dan karakter saudari. Mereka akan menghormati saudari sesuai dengan karakter saudari.

Demikian juga jika orang lain membutuhkan sesuatu dari saudari maka mereka akan meminta dengan sopan kepada saudari. Saudari akan memperlakukan mereka dengan sopan dari sinilah akan terbentuk komunikasi yang saling menghargai dan menghormati.

Yang harus saudari pikirkan bukanlah untuk bisa bergaul dengan orang banyak tetapi bagaimana saudari itu bisa dihormati dan dihargai oleh orang lain. Jika saudari dihormati dan dihargai oleh orang lain maka saudari maka hubungan komunikasi dengan orang lain akan lancar. Saudari tidak akan terluka atau dikecewakan oleh orang lain karena mereka segan, hormat dan menghargai sudari.

Tetapi
dalam setiap pergaulan baik yang akrab ataupun biasa saja senantiasa ada namanya permusuhan, percekcokan, benci, saling menjatuhkan, dikecewakan, perbuatan jahat, irihati dlll. Semua pergaulan yang baik itu nampaknya aja baik tetapi tidak seperti itu. Itu hanyalan didepan saja.

Yang harus saudari lakukan ialah mengenali dan membina hubungan komunikasi serta hubungan sosial dengan orang-orang yang berpotensi mengenali, menghormati dan menghargai saudari sebagai individu yang dewasa, apa lagi saudari sudah mahasiswi.

Satu lagi be confidence pada diri sendiri dan gak usah terlalu berharap kepada orang lain. Jika saudari pintar, percaya diri dan tidak bergantung kepada orang lain…percayalah orang lain yang akan berlomba-lomba ingin dekat kepada saudari baik dengan maksud memanfaatkan saudari atau suka atau memang menghargai saudari. Disinilah terbentuknya pergaulan.

Jangan ubah diri saudari demi orang lain, itu akan merugikan diri saudari sendiri. Be yourself. Ingat saudari tidak bergantung kepada mereka untuk bisa bahagia.

Pergaulan bisanya terbentuk karena adanya persamaan kepentingan antar sesama manusia.

Saran saya: selektiflah memilih teman. Gak semua teman itu adalah teman sejati. Gak semua teman itu teman baik. Gak semua pergaulan itu adalah pergaulan yang baik, ada juga pergaulan yang menyesatkan.

Teman biasanya ada saat senang saja sedangkan dalam kesusahan mereka menghindar, ini bukan hal baru. Bila ada perlunya saja mereka mau datang berkomunikasi.
Tetapi teman sejati adalah orang yang mengenali saudari luar dalam kemudian menghormati saudari sebagaimana saudari inginkan dan selalu ada bagi saudari disaat kesusahan melanda.
Bergaulah seadanya dengan manusia.

Ingat jangan terlalu despert untuk cari pergaulan dengan manusia, tetapi bergaulah lebih akrab dengan Tuhan. Hanya pergaulan dengan Tuhanlah yang lebih berharga bagi hidup setiap manusia. Tuhan selalu ada bagi manusia disaat terbaik dan disaat terburuk, tetapi manusia tidak. Saya harap saudari bisa jadi seperti Henok yang bergaul akrab dengan Tuhan sehingga dia bisa dibawa kesurga dengan tubuh fananya. Itu adalah pergaulan yang paling baik.

@TS,

tapi kalo diliat dari fotonya - baik yg kiri maupun yg kanan - sepertinya muka2 pandai bergaul ?
Cantik cantik koook… Apalagi kalo diimbangi dgn keramahan…
Yakin dah, pasti banyak yang kesengsem atopun mao betemen dgnmu…:slight_smile:
Asal pinter2 aja memilih temen yaaa …

salam.

emangnya kuliah dimana? ga ada persekutuan mahasiswa kristennya?

memang tidak ada kepastian kok klo lingkungan tertentu bakal mau menerima kita apa adanya krn pada dasarnya kasih manusia itu bersyarat.dlm kasus anda tsb mungkin krn anda dianggap tidak memenuhi ‘syarat’ oleh lingkungan tsb sehingga mereka tidak menerima anda.ini memang sering terjadi di kalangan anak2 muda & memprihatinkan.saran saya sih pintar2lah bergaul,krn tidak semua pergaulan itu baik&tidak semua teman itu tulus(jangan sampe dimangsa serigala berbulu domba).

di UI… dan suasana nya itu beda banget. susah utk adaptasi

terima kasih buat sarannya. sangat membantu saya.
tp jujur, saya belum bisa sepenuhnya lepas dri introvert yg berlebihan.
pikiran saya sering dintimidasi…

terimakasih buat sarannya.
sangat membantu saya dalam mengubah pola pikir saya…
Tuhan memberkati…

jurusan apa?

ya, itu kan foto. sifat siapa yg tau??..
terimakasih buat sarannya. akan dicoba utk bergaul sesuai saran teman2 smua. :afro:

farmasi :slight_smile:
kemarin seneng bgt wktu masuk ui. tp trnyata stelah masuk ke lingkungannya, langsung down. susah banget utk cari teman… sangat2 berbeda suasananya dgn kota saya sebelumnya

emang di sana ga ada persekutuan mahasiswa kristennya gitu? waktu lagi awal2 kuliah biasanya kan ada yang kumpul2in yang sesuai dengan agamanya.

bisa dicoba sepertinyaa :afro:

ada. aku udah gabung kok. mudah2an pribadiku bisa diubah disitu…
dan bisa punya banyak teman seiman

hmm. pkk nya anak farmasi juga? udah dibagi kelompok gitu belom?

semua anak fmipa ui.
mereka baik2 bangt kok…
kelompok kecil mksudnya??
belum dibagi. krena msih mahasiswa baru…

bingung saya bisa brtahan atau gak disini :’(

bukan. oh, berarti belom dibagi kelompok ya.
nanti dibagi kelompok, ada 4-5 orang, satu pemimpinnya, biasanya 2 taon di atas.
kelompok yang pertama namanya PIPA, lupa singkatannya apa. biasanya PIPA ini cuma beberapa minggu. PIPA beres, nanti ditawarin mau ikut kelompok kecil ato ngga. kelompok kecil ini perode waktu nya kurang lebih 2 tahun.

pasti bisa. emang SMA nya dimana?