Ironis Indonesia (penopang perekonomian industri ROKOK)

................... Sebelumnya, Kementerian Keuangan telah mengeluarkan beleid (kebijakan) dalam bentuk Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 167/PMK.011/2011 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau yang terbit 9 November 2011. Beleid ini mulai berlaku pada 1 Januari 2012.

Adapun rata-rata kenaikan cukai rokok bervariasi untuk setiap golongannya. Misalnya, rokok jenis sigaret keretek mesin (SKM) golongan I dengan harga jual lebih dari Rp660 per batang atau per gram cukainya Rp355 dari sebelumnya Rp325.
Pemerintah lantas menaikkan target penerimaan cukai 2012 menjadi Rp72,4 triliun, sebelumnya pada 2011 sebesar Rp69 triliun.

saya tidak tahu persisnya berapa penerimaan cukai rokok, tetapi GDP dr industri rokok ini pertahunnya sampai dg 300 triliun rupiah
dr segi penerimaan pemerintah besar kemungkingan angka 120-150 triliun rupiah masuk ke dalam penerimaan negara.
cukup besar, bila FKers ada yg mengetahui perekonomian industri rokok ini berperan besar dan penting, baik dr segi penerimaan dan perputaran ekonomi, juga dr segi tenaga kerja, bukan hanya dr taraf hulu (produksi) tapi sampai ke taraf hilir (distribusi, marketing) dll. sbg ilustrasi banyak sekali pedagang rokok, yg jelas2 menggantungkan hidupnya dr berjualan rokok, ditiap2 tikungan jalan pasti selalu ada pedagang rokok.
Siapa saja yg terkena dampak negatif dr ‘BISNIS’ pemerintah?
silahkan ber youtube dg search keyword jantungindonesia
mari kita berdoa bersama2 agar industri ini semakin lama semakin hilang dr muka bumi
:happy0025:

bukan ironis…tapi dilematis [email protected]…!!

Kalo ironis…?? berarti sudah sebegitu rupa adanya…tidak ada solusinya lagi.

Tapi Kalo dilematis…?? berarti masih ada solusinya, tapi miskin keberanian untuk melakukan kreatifisasi…

Karena yang membuat sebatang rokok dalam pabrik rokok… ya bukan mesin, tapi manusia… yang mana setiap harinya butuh makan dll nya dalam menopang hidupnya.

Kalao melihat bisnis rokok maka menggiurkan…!! apakah ini uang haram semua…?? dan malah memberi dampak positip pada penghidupan disemua lini kehidupapan mulai dari tingkat negara, sampai rakyat kecil.

Terus jika hal bisnis rokok malah berdampak pada segi vitalitas kesehatan bagi yang mengkonsumsi rokok…?? Dan bisa membuat kwalitas fisik dan non fisik generasi suatu bangsa menjadi semakin terpuruk…??

So…dari mana mata rantai yang katanya dari hulu ke hilir ini bisa di putuskan terlebih dahulu…??
Sudah pasti di stop dari hulunya …caranya…?? buatalah / ciptakanlah teknologi genetika virus yang paling mematikan tanaman tembakau…diseluruh muka bumi ini…dan tidak akan tumbuh lagi generasi tanaman tembakau…
Pasti tutuplah pabrik rokok diseluruh dunia…karena tidak ada pasokan tembakau dari manapun juga.

Apakah metode / cara ini kejam…?? sudah tentu bagi orang orang yang berkepentingan dalam bidang bisnis ini …mulai dari hulu sampai ke hilirnya. Pasti ada revolusi…politik,ekonomi , agama /spiritualitas dan budaya disitu…
Nahh…tapi bagi si konsumennya apakah merasa dirugikan juga…??..hehehe maybe yes dan maybe not…depand on…lah.yau…???

Salam

hmmm… kok rokok yang disalahkan yaaa… ??? padahal menurutku ga ada salah apa2 tu rokok…??

HEEMM…petani > lahan > bibit tanaman tembakau > ditanam > dirawat > panen > di jual > didistribusi > pabrik >…
…buruh > produksi rokok > dipajaki /cukai > di jual > distribusi > toko,warung,asongan > konsumen > korek api > dibakar > dihisap >…kenikmatan dan sensasi…!!!

kalaupun dipersalahkan si rokok dangan memaki-maki si rokok…??? ya ga salah apa apa.juga …truss…kalao di puji-puji si rokok ya ga papa juga…wong diasemata-mata benda mati kok…!! tapi kalao si rokok sampe di bakar dan diisap…??..maka rokok menjadi “apa-apa”…karena dia menjadi “hidup”…!!!..dapat menjadi senjata makan tuan…!!

menyalahkan rokok adalah salah satu bentuk ketidak berdayaan manusia karena tidak bisa mengendalikan diri sendiri… atau lebih ditarik ke akar masalahnya adalah ego… dan ego itu berlawanan dengan kehendak TUHAN… baru rokok yang benda mati… gmn yg lainnya ya yang tidak mati… ^^ hati hati lah dalam menilai…

makanya saya kasih gambaran mata-rantainya…supaya anda pun harus berhatai-hatai bukan…?? agar nama Tuhan pun jngan dipakai semena-mena demi mengejar “kontex” ego ITU SENDIRI…!!!

DALAM SETIAP SATUAN RANTAI tsb mengandung makna ego disitu lho…!! mulai dari hulu sampai ke hilirnya…
Jadi mana Ego YANG MAU dibunuh duluan…?? yang berpotensi untuk secara prioritas harus dibinasakan…??
Prinsip mana yng bisa kita gunakan sehingga nama Tuhan tetep dipermulyakan…??? dalam membunuh ego-ego di dalam mata rantai yang saya gambarkan tsb…??

Mosok kita langsung membunuh syahrulkhan…?? heheheh atau membunuh ego si syahrulkhan…??

Salam

hehehe…
siapa yg menyalahkan rokok?
anda salah tangkap maksud saya membuat trit ini.
Maksud saya ialah, pemerintah sengaja mempertahankan industri rokok ini, krn :

  1. penerimaan negara yg besar
  2. dalam tinjauan GDP dan perekonomian aka lahan pekerjaan sangat membantu pemerintah.
  3. dll.
    nah no 2 itu merupakan tindakan pemerintah yg NEGATIF, merupakan gambaran ketidakmampuan pemerintah utk mengatasi urusan pengangguran dan menciptakan lahan pekerjaan yg lebih baik.
    kalau boleh saya sarankan kepada anda pak Ibmagi, anda lihat dulu video clip yg ada di youtube keysearchnya jantungindonesia
    naif sekali ya dan OOT sekali kalo menganggap saya ingin berhenti merokok dg cara menghilangkan industri rokok

    :2funny:
    :happy0025:

di amerika industri ini mungkin mengalami penurunan (saya belum tau seberapa besar penurunannya krn perusahaan amerika ekspansi ke negara lain).
tapi dr tindakan pemerintah amerika membatasi penjualannya dg cara :

  1. menaikkan harga jual rokok (sampai 100K/ bungkus)
  2. membatasi area perokok.
    Menurut saya kalau pemerintah mau beralih mempertahankan perekonomian secara perlahan2 dr industri rokok ke industri ketrampilan lainnya bisa berangsur2 industri ini hilang.
    :happy0025:

Berarti AMERIKA sudah bersiasat bukan…?? apapun konsekwensi dan resiko yang nanti dahadapinya,
Tapi apakaah Indonesia sudah juga bersiast seperti Amerika…?? mungkin sudah juga tapi sepertinya dampaknya tidaksignifikan…
MUNGKIN ada pameo seperti ini.: kita tau / belajar merokok dari negara lain, apakah mungkin berhenti merokokpun juga harus belajar dari negara lain.pula…?? HEHEHE…
Kalau merokok sudah merupakan budaya / tradisi /trend, berarti budaya itu yang harus dihilangkan…
Kalau merokok sudah merupakan lahan bisnis, berarti bisnis dapat dialihkan kebentuk bisnis lainnya…
Kalao merokok sudah merupakan merusak kesehatan, berarti ya jangan merokok…isap permen saja…
Kalao merokok sudah melanggar aturan, berarti peraturannya di buat seketat mungkin…
Kalao merokok sudah…dll…dll , bererti dll dll lah…

Oh iya, itu betul.

Anda pasti tahu bahwa kebudayaan merokok diawali oleh bangsa Amerika (atau katakanlah bangsa Barat), setelah menyebar ke seluruh dunia, kemudian bangsa Barat yang mengatakan bahwa rokok itu berbahaya, sambil tetap memproduksi rokok dan mengekspor nya ke negara lain.

Jadi, pada intinya, merekalah yang menentukan, apa yang layak dan tidak layak, apa yang baik dan apa yang tidak untuk dilakukan oleh bangsa bangsa lain yang penurut.

He he he he

heheheh…saya nangkep maksud anda…itu…Tapi ga usah di explor lah ya…?? nanti…hemm…

He he hehe, anda terlau curigaan ke saya nih, he he he

:coolsmiley:

http://www.indonesiaheadlines.com/news/orang-afsel-suka-rokok-dan-mi-dari-indonesia

saya setuju industri rokok sebagai industri penopang asalkan ya itu produknya diekspor saja :smiley:

Nah ini, ini yang namanya makan nangka ngga mau kena getahnya.

:mad0261:

@demartin
@ Shipiroz Purba

hmmm… baiklah… coba saya luruskan… bahwa musuh terbesar kita adalah diri sendiri… semoga dapat membantu…

waduhh…kasian ahh.sipetani yang mata pencaharian dan kerjanya nanem tembakau…kalu dia memusuhi diri sendiri…
lantas karena memusuhi dan menyesali diri…ya ga abis abis persoalan yang di hadapainya…hehehe…

Tapi…ada benarnya [email protected] imbagi…lho…!! musuh terbesar dalam diri orang pengen merokok…ya rasa kepengen itu yang harus di binasakan…kalau terus dibina…??? ya beli rokok terus lah…

untuk pendapat saya di atas tadi kan berdasarkan bisnis bro… beda lah sudut pandangnya, ah ntar OOT deh :smiley:

jadi sederhananya kalau disimpulkan kampanye anti rokok itu berarti basa basi saja ya :char11:

Heemm ironis emang maniez dah :mad0261:
Got tips macam gini : bgmna agar qta ga sllu harus brmusuhan brsitenggang dg diri sendiri ?
Sadari saja Kebenaran realita bahwa sesungguhny qta tidak memiliki diri sendiri, tidak berhak de yure / de facto trhadap diri sendiri. Loh mengapa ? karena qta sudah DITEBUS, DIBAYAR LUNAS. So, orang2 upahan wajib memelihara 'harta Tuannya’.

slain patut ber hati2 dlm menilai, meibi jg harus berhati2 dalam menemukeun dan ataw menciptakeun, menyebarkeun apapun. Andai sj hanya penemuan2 yg harmless only yg mdapat hak PATEN & layak diperjualbelikeun, … …(ngayal :char12: )