Jakarta di bom lagi 17 juli 09

Jakarta - Bom yang meledak di Hotel Marriott dan Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, memang mengejutkan. Semua orang tahu bahwa pengamanan sebelum masuk gerbang dua hotel berbintang lima itu sangat ketat. Apakah pelaku pelaku bom masuk ke Marriott melewati tunnel bawah tanah yang menghubungkan Marriott dan Ritz?

Tak banyak orang tahu kedua hotel ini dihubungkan dengan terowongan yang ada di lantai bawah tanah. Dalam waktu sekitar 5 menit, orang dari lantai bawah Ritz Carlton bisa mencapai halaman depan hotel Marriott. Di mana terowongan ini berada?

Sejak peristiwa bom di tanggal 5 Agustus 2003 yang menghancurkan lobby dan restoran Syailendra, hotel Marriott Jakarta, pengamanan hotel ini terbilang sangat ketat. Demikian juga dengan hotel The Ritz-Carlton Jakarta yang terletak berseberangan dengan hotel JW Marriott.

Letak yang tak berapa jauh (sekitar 500 meter) justru kadang agak merepotkan para tamu dan karyawan. Jika harus berjalan kaki dari pintu depan lobby Ritz Carlton ke lobby Marriott bisa memakan waktu sekitar 10 menit. Karena itulah sejak 2 tahun silam dibangun sebuah terowongan bawah tanah.

“Terowongan ini terutama untuk memudahkan tamu dan karyawan yang mondar-mandir,” demikian keterangan salah seorang karyawan Marriott Jakarta waktu menemani detikcom mencoba terowongan tersebut beberapa waktu lalu.

Jika berada di hotel The Ritz-Carlton Jakarta dan akan menuju ke hotel Marriott Jakarta melalui terowongan, caranya mudah. Jika berada di lobby, pengunjung bisa turun menapaki tangga melingkar menuju sisi kiri, persis di bagian ujung akan ada pintu yang cukup lebar. Keterangan tentang terowongan atau tunnel ini juga tertulis di tombol ‘Tunnel to Marriott’.

Memasuki terowongan bawah tanah, suasana cukup terang. Ada lampu penerangan dan udara AC. Ada petugas berjaga yang selalu memperhatikan orang yang lalu-lalang. Karena tak banyak orang tahu bisa dibilang tak terlalu banyak orang melewati terowongan ini.

Jalanan yang berubin ini sedikit menanjak dan jika sudah mendekati ujung lobby hotel Marriott akan ada ada undakan ubin 2 tingkat. Di mulut terowongan ini juga ada penjaga keamanan. Terowongan ditutup pada pukul 21.00 WIB tiap hari.

Keluar dari terowongan, akan sampai di pintu berpagar stainless steel mirip halte busway. Pintu ini terletak persis di depan lobby, tepat di seberang lokasi tamu naik dan turun dari mobil. Tak jauh dari jalan raya Mega Kuningan. Radiusnya hanya sekitar 2 meter dari alat detektor keamanan pintu masuk hotel.

Apakah mungkin terowongan bawah tanah ini dipakai seseorang untuk meletakkan bom pagi ini?

(Odi/asy)

Jakarta - Jenazah Presdir PT Holcim Indonesia Timothy Mackay masih tergolek di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Medistra, Jakarta Selatan. Dokter dari perusahaan pembuat semen itu juga ikut menangani jenazah Mackay.

“Sampai saat ini ada dokter perusahaan yang masih memeriksa Mackay di IGD,” kata salah seorang kerabat korban, Gabriel Sudarman, di RS Medistra, Jl Gatot Subroto, Jaksel, Jumat (17/72009).

Ditanya apakah jenazah Mackay akan langsung dibawa ke New Zealand, Gabriel belum bisa memastikan. “Rencananya, kita akan menunggu dari pihak Kepolisian dan rumah sakit,” jelasnya.

Mengenai aktivitas korban di Hotel Ritz Carlton sebelum terjadinya ledakan bom, Gabriel mengaku tidak tahu. Manajemen Holcim akan mengadakan konferensi pers terkait hal itu.

“Yang lebih tahu korporat Holcim Indonesia. Nanti akan diadakan konferensi pers,” ujar Gabriel.

Medistra merawat 3 jenazah ledakan bom di Hotel Ritz Carlton dan Hotel JW Marriott pagi tadi. Keluarga korban tampak berdatangan ke RS tersebut, namum belum bersedia untuk dimintai keterangan.

semoga pelaku segera ditangkap. supaya indonesia kagak dijadiin bulan-bulanan ama negara tetangga

dari semua kejadian ini gw mengambil kesimpulan bahwa

gag ada yang aman di dunia ini. hanya dalam naungan Yesus … kita merasa aman :slight_smile:

GBU

Setuju arrenger, dan doa yang sama juga kaya Orlando, semoga segara ditangkep pelakunya…

semoga TUHAN YESUS memberkati dan mengampuni pelakunya
semoga roh Kudus ikut campur tangan ,
lepaskan roh takut akan TUHAN sama pelaku ,
dan cepet bertobat dr jalan yg salah.

Sampe sekarang blum bosen liat berita di TV tentang pemboman ini…

:happy0062:
Yap semoga dalangnya cepet tertangkap…

Hmm… tapi ada satu hal ni yang aku mo tanyain…

Selain pemberitaan mengenai reka kejadian tentang pemboman itu,
juga ada beberapa yang diwawancari ikut mengutuk orang2 yang berada di balik peristiwa ini…

Hmm… menurut kalian gimana?
Patutkah mengutuk??

firman adalah ya dan amin

firman Tuhan berkata : “terkutuklah orang yang mengutuk engkau…”

saya percaya itu juga sebaliknya buat kita… kita akan terkutuk jika mengutuk orang/komunitas :slight_smile:

right ?

GBU