Jangan Konsultasikan Penyakit Anda Dengan Dr Google

Penggunaan data online di internet saat ini semakin besar, bahkan dalam hal kedokteran. Namun sebuah penelitian menyarankan agar Anda jangan mengkonsultasikan penyakit Anda pada mesin tanya online, karena hal ini bisa membuat Anda mengalami salah diagnosis yang bisa berakibat fatal.

Informasi mengenai kecelakaan akibat olahraga paling banyak di akses banyak orang, namun sebenarnya informasi yang tertulis sangat tidak akurat. Hal ini akan membahayakan pasien yang mencoba menyembuhkan diri sendiri berdasarkan informasi dari internet tersebut, demikian tulis Journal of Bone and Joint Surgery bulan Juli 2010.

Alasan utama mengapa para dokter melakukan penelitian ini adalah karena banyak pasien yang datang ke dokter dengan persenjataan data yang di dapat di internet, demikian ungkap Madhav A. Karunakar, salah satu penulis dalam jurnal tersebut yang juga seorang ahli ortopedi.

Menurutnya, kualitas informasi yang tersedia secara online itu bervariasi. Namun dokter juga harus bersedia menjelaskan informasi yang dibahas di laman internet tersebut kepada pasien untuk memastikan tidak disalah tafsirkan.

Hasil penelitian menggunakan dua mesin pencari yang paling populer: Google dan Yahoo tentang sepuluh pengobatan yang berkaitan dengan cedera akibat olahraga ditemukan bahwa biasanya pemilik situs adalah organisasi non-profit, sumbernya adalah berita, lembaga akademis, perorangan, dokter dan juga perusahaan komersial.

Menurut Dr. Karunakar, lembaga nirlaba merupakan urutan teratas baru kemudian di ikuti oleh situs-situs kormersial non-penjualan. Sedangkan informasi paling kurang akurat berasal dari artikel koran dan situs web pribadi.

Sebanyak 20 % situs dibuat untuk mempromosikan produk, sehingga informasi yang diberikan bias. Selain itu, di situs-situs tersebut jarang menyebutkan resiko atau komplikasi yang berhubungan dengan perawatan medis yang dilakukan dan berusaha mengangkat bahwa produk merekalah yang terbaik dalam hal tersebut.

Jadi, Anda boleh saja mencari informasi tentang berbagai hal termasuk tentang penyakit melalui mesin tanya di internet, namun Anda harus tetap berkonsultasi dengan dokter yang terpercaya untuk menangani penyakit Anda. Dr. Google? Itu bukanlah pilihan yang baik.

Source : Daily Mail