JATUH DALAM DOSA ATAU SENGAJA BERBUAT DOSA

Setiap kali berbuat dosa, aku selalu merenung, apakah sesungguhnya aku ini jatuh dalam dosa atau sengaja berbuat dosa, sebab sebelumnya aku punya semangat yang menggebu gebu ingin menyenangkan hati Tuhan, tapi faktanya aku seperti “anjing yang kembali ke muntahnya”, jatuh dalam dosa, korban penebusan Yesus selalu cukup untuk mengampuninya, tapi sengaja berbuat dosa, itu sama halnya mendukakan roh Allah, dan Allah tidak akan membiarkan diriNya dipermainkan, jadi kita harus tahu apakah kita JATUH DALAM DOSA, atau SENGAJA BERBUAT DOSA! Menurut kamu bedanya apa sih?

Kalo menurut oemikiran saya, jatuh dalam dosa itu jika kita melakukan dosa secara khilaf, sedangkan sengaja berbuat dosa itu ada unsur mencobai kekuatan diri sendiri, artinya udah tahu sesuatu itu bisa mendatangkan dosa, tapi masih dilakukan juga, permasalahannya kalau kita sadar dan menyesali perbuatan kita, trus dilain kesempatan diulangin lagi, secara udah menjadi karakter untuk coba2, sampai sebatas mana kita beroleh pengampunan Tuhan? Sebab ada tertulus bahwa perbuatan yang mendukakan Roh Allah, tidak akan beroleh pengampunan, ada yang bisa bantu jawab? Please…!

Orang Kristen yg sudah sempurna tidak diampunkan lagi. Tetapi kalau belum, pengampunan tetap ada, cuma ada ganjaran hukuman atas dosa yg dilakukan. Ibrani 6:1-8.
Kalau anda berkenan paparan rincinya, nanti boleh diposting.

yang penting di dalam hidup itu TUHAN melihat proses… bukan hasil akhir… ingatlah itu…

Proses menjadi sempurna, bukan akhir kemurtadan.

Semangat terus jangan pantang menyerah…

Selama jiwa masih dikandung badang, berjuanglah menaklukan diri sendiri (bukan dosa) kepada Kristus.

Selama belum merasakan sengsaranya hawa nafsu yang berontak, belum juga kita bisa berhenti berbuat dosa.

1 Petrus 4:1 (TB)
Jadi, karena Kristus telah menderita penderitaan badani, kamu pun harus juga mempersenjatai dirimu dengan pikiran yang demikian, – karena barangsiapa telah menderita penderitaan badani, ia telah berhenti berbuat dosa --,

Dan lagi

Ibrani 12:4 (TB)
Dalam pergumulan kamu melawan dosa kamu belum sampai mencucurkan darah.

[b]PROSES JATUH BANGUN DALAM DOSA HINGGA SEMPURNA DAN KEMURTADAN (halaman 2)
Halaman Pertama di reply 10.

Roma 7
14Sebab kita telah mengetahui bahwa torat adalah rohaniah, sedangkan aku adalah jasmaniah, yang terjual di bawah dosa.
15Sebab apa yang aku kerjakan, tidaklah aku ketahui, karena bukan apa yang aku ingini, aku perbuat, tetapi apa yang aku benci, aku lakukan.
16Dan, jika apa yang aku ingini tidak aku lakukan, maka aku setuju dengan torat bahwa hal itu baik.
17Namun sekarang, bukanlah lagi aku yang mengerjakannya, tetapi dosa yang tinggal di dalam aku.
18Sebab aku mengetahui, bahwa di dalam diriku, yaitu di dalam dagingku, tidak berdiam sesuatu yang baik, karena hal berkehendak ada di dalam diriku, tetapi untuk mengerjakannya, tidak aku temukan yang baik.
19Sebab yang baik yang aku kehendaki, tidak aku lakukan, tetapi yang jahat yang tidak aku kehendaki, aku lakukan.
20Dan, jika apa yang tidak aku kehendaki, itu yang aku lakukan, maka bukan lagi aku yang mengerjakannya melainkan dosa yang berdiam di dalam aku.
21Jadi, aku menemukan sebuah hukum, bahwa ketika aku hendak melakukan yang baik, yang jahat itu muncul di dalam diriku.
22Sebab secara batiniah manusia, aku suka pada hukum ELOHIM;
23tetapi aku melihat hukum yang lain dalam anggota tubuhku, yang berperang melawan hukum akal budiku dan yang menjadikan aku tawanan dalam hukum dosa yang ada dalam anggota tubuhku.
24Aku manusia celaka! Siapakah yang akan membebaskan aku dari tubuh maut ini?
25Aku bersyukur kepada ELOHIM melalui YESUS Kristus Tuhan kita. Demikian selanjutnya, aku sendiri di satu pihak dengan akal budi mengabdi pada hukum ELOHIM, di pihak lain dengan daging pada hukum dosa.

Roma 8
3Sebab, apa yang torat tidak mampu, yang olehnya dia selalu menjadi lemah karena daging, ELOHIM, dengan mengutus Putra-Nya sendiri dalam keserupaan dengan daging dosa dan sehubungan dengan dosa, telah menghukum dosa di dalam daging,
4supaya tuntutan kebenaran torat dapat digenapi di dalam kita yang tidak hidup menurut daging, tetapi menurut Roh.
5Sebab mereka yang hidup menurut daging memikirkan hal-hal daging, tetapi mereka yang menurut Roh, hal-hal mengenai Roh.
6Sebab pola pikir daging adalah kematian, tetapi pola pikir Roh adalah kehidupan dan damai sejahtera.
7Sebab pola pikir daging adalah perseteruan terhadap ELOHIM, karena dia tidak ditundukkan oleh hukum ELOHIM, bahkan karena hal itu tidak mungkin.
8Dan mereka yang hidup dalam daging tidak mungkin berkenan kepada ELOHIM.
9Dan kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh ELOHIM tinggal di dalam kamu; tetapi jika seseorang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukanlah milik-Nya.
10Dan jika Kristus ada di dalam kamu, memang tubuh itu mati karena dosa, tetapi roh adalah hidup karena kebenaran.

Galatia 5
16Dan aku berkata, hiduplah di dalam Roh, dan kamu sekali-kali tidak akan memenuhi keinginan daging.

Matius 26
40Dan Dia datang kepada para murid dan mendapati mereka sedang tidur. Dan berkatalah Dia kepada Petrus, “Jadi, kamu tidak sanggup berjaga-jaga satu jam bersama-Ku?
41Berjaga-jagalah dan berdoalah supaya kamu tidak masuk ke dalam pencobaan; roh memang berkemauan kuat, tetapi daging lemah!”

Amsal 24
16Sebab tujuh kali orang benar jatuh, maka akan bangkit kembali, tetapi orang fasik akan tersandung dalam kejahatan.

Ke halam[/b]an 3,

[b]PROSES JATUH BANGUN DALAM DOSA HINGGA SEMPURNA DAN KEMURTADAN (halaman 3)

Yeremia 8
4“Dan engkau akan berkata kepada mereka: Beginilah YAHWEH berfirman: Apakah mereka akan jatuh, dan tidak bangun kembali? Atau apakah seseorang pergi, dan tidak akan kembali?
5Mengapa bangsa ini, orang-orang Yerusalem, berpaling untuk suatu kemurtadan yang tanpa akhir? Mereka berpegang pada tipu daya dan menolak untuk kembali.

1 Yohanes 1
6Jika kita mengatakan bahwa kita memiliki persekutuan dengan Dia, dan kita berjalan dalam kegelapan, kita sedang berdusta dan tidak sedang melakukan kebenaran.
7Namun, jika kita berjalan dalam terang sebagaimana Dia ada di dalam terang, kita sedang memiliki persekutuan seorang terhadap yang lain, dan darah YESUS Kristus, Putra-Nya, sedang membersihkan kita dari segala dosa.
8Jika kita berkata bahwa kita tidak mempunyai dosa, kita sedang menyesatkan diri kita sendiri, dan kebenaran tidak ada di dalam kita.
9Jika kita mengakui dosa-dosa kita, Dia adalah setia dan adil, sehingga Dia akan mengampunkan kepada kita dosa-dosa itu dan membersihkan kita dari segala ketidakadilan.
10Jika kita berkata bahwa kita tidak berbuat dosa, kita menjadikan Dia pendusta dan firman-Nya tidak ada di dalam kita.

1 Yohanes 3
18Hai anak-anakku, kita tidak dapat mengasihi dengan perkataan ataupun dengan lidah, melainkan dengan perbuatan dan dengan kebenaran.
19Dan dengan ini kita tahu bahwa kita berasal dari kebenaran, dan kita akan meyakinkan hati kita di hadapan-Nya
20sekiranya bahwa hati kita boleh memutuskan -karena Elohim itu lebih besar daripada hati kita, bahkan Dia mengetahui segala sesuatu.
21Yang terkasih, jika hati kita tidak mempersalahkan kita, kita memiliki keyakinan diri terhadap Elohim.

Matius 18
19Lagi Aku berkata kepadamu, bahwa jika dua orang dari kamu sepakat di bumi mengenai setiap perkara, apa saja yang mereka minta, akan terjadi pada mereka dari Bapa-Ku yang di surga.
20Sebab di mana ada dua atau tiga orang dikumpulkan ke dalam Nama-Ku, di sana Aku hadir di tengah-tengah mereka.”

Yohanes 3
14Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian pulalah seharusnya Anak Manusia ditinggikan,
15supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, tetapi memperoleh hidup yang kekal.

Kisah 2
32Inilah YESUS yang telah Elohim bangkitkan; mengenai Dia, kami semua adalah saksi-saksi.
33Oleh karena itu, setelah ditinggikan di sebelah kanan Elohim, dan karena menerima janji Roh Kudus dari Bapa, Dia mencurahkan hal ini, yaitu apa yang sedang kamu lihat dan dengar sekarang.

Efesus 4
8Oleh karena itu Dia berkata, “Seraya naik ke tempat tinggi, Dia menangkap tawanan, dan memberikan pemberian-pemberian kepada manusia.”

1 Korintus 12
12Sebab, bahkan sebagaimana tubuh itu satu dan dia memiliki banyak anggota dan semua anggota dari satu tubuh karena ada banyak merupakan satu tubuh, demikian jugalah Kristus.
13Sebab juga, oleh satu Roh kita semua telah dibaptis ke dalam satu tubuh -baik orang Yahudi, maupun Yunani, baik hamba, maupun orang merdeka- dan semuanya telah diberi minum dalam satu Roh.
14Sebab tubuh juga bukanlah satu anggota, melainkan banyak.

Yohanes 16
13Namun bilamana Roh Kebenaran itu telah datang, Dia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran, karena Dia tidak akan berbicara dari diri-Nya sendiri, melainkan apa saja yang telah Dia dengarkan, Dia akan mengatakannya; Dia juga akan memberitakan kepadamu hal-hal yang sedang datang.

2 Korintus 3
17Dan, Tuhan adalah Roh, dan di mana ada Roh Tuhan, di situ ada kemerdekaan.
18Namun kita semua yang mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan wajah yang tak terselubung, kita sedang diubahrupakan menurut gambar-Nya dari kemuliaan kepada kemuliaan, sebagaimana halnya Tuhan yang adalah Roh.

Titus 3
4Namun ketika kebaikan dan kasih kepada manusia ditampakkan oleh Elohim, Juruselamat kita,
5bukan atas dasar perbuatan-perbuatan yang ada dalam kebenaran yang telah kita lakukan, melainkan berdasarkan rahmat-Nya, Dia telah menyelamatkan kita melalui permandian kelahiran kembali dan pembaruan Roh Kudus,
6yang telah Dia curahkan atas kita dengan limpah melalui YESUS Kristus, Juruselamat kita;

Ke halaman 4.
[/b]

[b]PROSES JATUH BANGUN DALAM DOSA HINGGA SEMPURNA DAN KEMURTADAN (halaman 4)

2 Petrus 1
1Simon Petrus, seorang hamba dan rasul YESUS Kristus. Kepada mereka yang memperoleh iman yang sama dengan kami dalam kebenaran Elohim dan Juruselamat kita YESUS Kristus.
2Anugerah bagimu dan damai sejahtera telah dilipatgandakan dalam pengenalan penuh akan Elohim dan YESUS, Tuhan kita.
3Sebagaimana seluruh kekuatan ilahi-Nya yang telah dilimpahkan kepada kita -yaitu hal-hal untuk kehidupan dan kesalehan- oleh pengenalan penuh akan Dia yang telah memanggil kita melalui kemuliaan dan kebajikan,
4yang olehnya Dia telah melimpahkan janji-janji yang sangat besar dan berharga bagi kita, supaya melalui hal ini kamu dapat menjadi semitra dari kodrat ilahi karena telah luput dari kebinasaan yang ada dalam keinginan di dunia.

1 Korintus 13
11Ketika aku kanak-kanak, aku berbicara seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak, aku menghitung-hitung seperti kanak-kanak. Namun, ketika aku menjadi dewasa, aku meniadakan hal-hal yang kekanak-kanakan.

Efesus 4
11Dan Dia sendiri sesungguhnya telah memberikan para rasul, dan para nabi, dan para penginjil, dan para gembala bahkan para pengajar,
12untuk penyempurnaan orang-orang kudus sebagai pekerjaan pelayanan bagi kebangunan tubuh Kristus;
13hingga kita semua telah sampai pada kesatuan iman dan pengenalan penuh akan Putra Elohim, sebagai manusia sempurna, sesuai ukuran kedewasaan kepenuhan Kristus,

1 Petrus 4
1Kemudian mengenai Kristus, karena telah menderita dalam daging demi kita, maka kamu juga, perlengkapilah dirimu dengan pikiran yang sama; sebab orang yang telah menderita dalam daging, ia telah diberhentikan dari dosa,
2sehingga dia tidak lagi ada dalam keinginan manusia melainkan dalam kehendak Elohim, untuk menghidupi waktu yang tersisa di dalam daging.

1 Yohanes 3
8Siapa yang melakukan dosa, dia berasal dari si iblis, karena dari semula si iblis berbuat dosa. Untuk itulah Putra Elohim telah dinyatakan, supaya Dia menghancurkan pekerjaan-pekerjaan si iblis.
9Setiap orang yang telah dilahirkan dari Elohim, ia tidak melakukan dosa, karena benih-Nya tetap tinggal di dalam ia dan dia tidak dapat berbuat dosa, karena dia telah dilahirkan dari Elohim.
10Dalam hal ini anak-anak Elohim dan anak-anak si iblis menjadi nyata: setiap orang yang tidak melakukan keadilan dan yang tidak mengasihi saudaranya, dia tidak berasal dari Elohim.

1 Petrus 2
24Dia sendiri yang sudah menanggung dosa-dosa kita di dalam tubuh-Nya di atas kayu salib; supaya dengan mati terhadap dosa, kita dapat hidup di dalam kebenaran. Tentang Dia, oleh bilur-bilur-Nya kamu sudah disembuhkan.
25Sebab kamu dahulu seperti domba yang tersesat, tetapi sekarang kamu sudah dikembalikan kepada Gembala dan penilik jiwamu.

Kisah 1
8Namun kamu akan menerima kuasa, bilamana Roh Kudus datang ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-saksi-Ku, baik di Yerusalem, maupun di seluruh Yudea, dan Samaria, bahkan sampai ke ujung bumi.”

Ke halaman 5,[/b]

[b]PROSES JATUH BANGUN DALAM DOSA HINGGA SEMPURNA DAN KEMURTADAN (halaman 5)

Markus 16
17Dan bagi mereka yang percaya, tanda-tanda ini akan menyertai: Mereka akan mengusir setan dalam Nama-Ku, mereka akan berbicara dengan bahasa-bahasa yang baru,
18mereka akan memegang ular, dan jika mereka meminum sesuatu yang mematikan hal itu sekali-kali tidak akan mencelakakan mereka, mereka akan menumpangkan tangan atas orang-orang sakit, dan orang-orang itu akan memperoleh kesembuhan.”

Ibrani 6
1Karena itu, dengan membiarkan firman yang mendasar tentang Kristus, kita dapat dipimpin menuju kedewasaan, yang tidak lagi meletakkan pondasi pertobatan dari perbuatan-perbuatan yang mati, dan iman kepada Elohim
2tentang ajaran baptisan-baptisan dan tentang penumpangan tangan dan tentang kebangkitan yang mati serta tentang hukuman kekal.
3Dan kita akan melakukan hal ini, hanya jika Elohim mengizinkan.
4Sebab, mustahillah orang-orang yang satu kali pernah diterangi, yang merasakan karunia surgawi, dan yang menjadi mitra Roh Kudus,
5dan yang mengecap firman Elohim yang baik, serta mukjizat-mukjizat masa yang akan datang,
6lalu ketika murtad, memperbarui diri lagi dalam pertobatan dengan menyalibkan kembali Putra Elohim ganti diri mereka dan menghina-Nya di muka umum.
7Sebab, tanah yang menyerap air hujan yang sering turun ke atasnya, dan yang menghasilkan tumbuh-tumbuhan yang berguna baginya karena dia pun tergarap, ia sedang berbagi berkat dari Elohim.
8Tetapi ketika menghasilkan semak duri dan belukar yang tidak berharga, maka ia dekat pada kutuk yang akhirnya menuju pembakaran.

Matius 7
17Jadi, setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, tetapi pohon yang buruk menghasilkan buah yang buruk.
18Pohon yang baik tidak mungkin menghasilkan buah yang buruk, demikian pula pohon yang buruk tidak menghasilkan buah yang baik.
19Setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, ia ditebang dan dibuang ke dalam api.
20Jadi, dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka seutuhnya.
21Bukan setiap orang yang berkata kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, dia akan masuk ke dalam kerajaan surga; melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di surga.
22Banyak orang akan berkata kepada-Ku pada hari itu: Tuhan, Tuhan, bukankah dalam Nama-Mu kami telah bernubuat, dan dalam Nama-Mu kami mengusir setan, dan dalam Nama-Mu kami melakukan banyak mukjizat?
23Dan pada waktu itu Aku akan menyatakan kepada mereka: Aku tidak pernah mengenal kamu, enyahlah dari pada-Ku, kamu yang mengerjakan kedurhakaan!”

2 Petrus 2
1Dan para nabi palsu pun telah muncul dari antara umat, sebagaimana juga guru-guru palsu akan ada di antaramu, merekalah yang akan memperkenalkan sekte-sekte kebinasaan, bahkan untuk menyangkal Majikan yang telah membeli diri mereka, sehingga dengan cepat mendatangkan kebinasaan pada diri mereka sendiri.

2 Petrus 2
20Sebab, jika setelah menghindari pencemaran duniawi dengan pengetahuan penuh akan Tuhan dan Juruselamat, YESUS Kristus, tetapi dikalahkan kembali dengan dijerat oleh hal-hal ini, maka bagi mereka keadaan yang terakhir menjadi lebih buruk daripada keadaan yang semula.
21Sebab, bagi mereka lebih baik tidak mengenal jalan kebenaran daripada setelah mengenal, berbalik dari perintah kudus yang telah disampaikan kepada mereka.
22Dan, bagi mereka telah berlaku perumpamaan yang benar ini, “Anjing yang kembali ke muntahnya sendiri dan babi yang telah dimandikan, ke kubangan lumpur.”

Selesai.[/b]

[b]PROSES JATUH BANGUN DALAM DOSA HINGGA SEMPURNA DAN KEMURTADAN (halaman pertama)

Roma 3
20Sebab semua manusia tidak akan dibenarkan di hadapan-Nya atas dasar perbuatan-perbuatan torat; karena pengenalan akan dosa itu melalui torat.

1 Korintus 15
56Dan, sengat maut adalah dosa dan kuasa atas dosa adalah torat.

Roma 5
12Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia melalui satu orang dan maut masuk melalui dosa itu, demikian juga maut menjalar kepada semua manusia, karena semua orang telah berbuat dosa.
13Sebab dosa telah ada di dalam dunia hingga ada torat, dan dosa tidak diperhitungkan apabila torat tidak ada.
14Dan maut berkuasa sejak Adam sampai Musa, bahkan atas mereka yang tidak berbuat dosa dalam keserupaan penyimpangan Adam, yang merupakan lambang dari Dia yang akan segera datang.

Roma 6
10Sebab Dia yang telah mati, Dia telah mati terhadap dosa, sekali untuk selamanya; tetapi Dia yang hidup, Dia hidup bagi Elohim.
11Demikian pula kamu, perhitungkanlah dirimu sendiri sebagai yang benar-benar mati terhadap dosa, namun hidup bagi Elohim di dalam Kristus YESUS Tuhan kita.
12Oleh karena itu, jangan biarkan dosa memerintah di dalam tubuhmu yang fana untuk taat kepadanya dalam keinginannya;
13bahkan, janganlah serahkan anggota tubuhmu kepada dosa sebagai alat ketidakadilan, sebaliknya, serahkanlah dirimu kepada Elohim sebagai yang hidup dari antara yang mati, dan anggota tubuhmu kepada Elohim sebagai alat kebenaran.
14Sebab dosa tidak akan berkuasa atas kamu, karena kamu tidak berada di bawah torat, tetapi di bawah anugerah.
15Lalu apa? Apakah kita akan berbuat dosa karena kita tidak berada di bawah torat, tetapi di bawah anugerah? Tidak mungkin!
16Tidakkah kamu mengetahui bahwa kepada siapa kamu menyerahkan dirimu sendiri sebagai hamba bagi ketaatan, kamu adalah hamba yang kepadanya kamu menaati, apakah itu dosa kepada kematian, atau ketaatan kepada kebenaran?
17Namun, syukur kepada Elohim karena kamu sebelumnya adalah hamba dosa dan kamu telah menaati dari hati pola pengajaran yang ke dalamnya kamu telah diserahkan.
18Dan sesudah dibebaskan dari dosa, kamu diperhamba oleh kebenaran.
19Aku berkata secara manusiawi karena kelemahan dagingmu. Sebab sama seperti kamu menyerahkan anggota tubuhmu sebagai hamba kepada kecemaran dan kepada kedurhakaan demi kedurhakaan, demikianlah sekarang, serahkanlah anggota tubuhmu kepada kebenaran bagi pengudusan.
20Sebab ketika kamu adalah hamba dosa, kamu bebas terhadap kebenaran.
21Oleh karena itu, kamu memperoleh buah apakah pada waktu itu, yang karenanya kamu sekarang menjadi malu? Karena akhir dari hal-hal itu adalah kematian.
22Namun sekarang, sesudah dibebaskan dari dosa dan setelah diperhamba oleh Elohim, kamu memperoleh buah bagi pengudusanmu, dan akhirnya ialah hidup yang kekal.
23Sebab upah dosa ialah maut, tetapi karunia Elohim ialah hidup yang kekal di dalam Kristus YESUS Tuhan kita.

[/b]

Ada 2 Jawaban :

berdosa bagi mereka yang sudah diselamatkan , karna Pilihan (kehendak pribadi). =tahu kebenaran namun masih tertarik dengan keduniawian .

Berdosa karna justru belum diselamatkan , berdosa karna ketidak tahuan dan keterikatan karna dosa sebelumnya.

Gbu

Kalau tidak keberatan, saya perlu sekali paparan rincinya, semoga jadi berkat buat saya dan temen lainnya yang memerlukannya, amin!

Proses juga menentukan bagaimana akhirnya, proses yang salah akan berakhir dengan kegagalan bahkan kesesatan!

Reply 6-10 (Reply 10 adalah halaman pertama; ada kesalahan posting).
Bacanya harus berurutan dari hal. pertama - selesai. Dari ayat ke ayat, dari atas ke bawah.
Kalau ada yg tidak jelas boleh ditanyakan kembali, semoga dapat dibantu jawab.

Benar. Proses menentukan…

Tuhan gak liat sbrp banyak u jatuh, Dia pun pasti tau kl manusia ada kemungkinan utk terjatuh…
Dia melihat sbrp banyak u bangun kembali dari dosa itu…

Tapi kalo disengaja gimana? Sengaja berbuat dosa itu hukumnya gak main main lho, karena selain mendukakan Roh Kudus, juga mempermainkan Tuhan, makanya penting untuk ngebedain JATUH DALAM DOSA, atau SENGAJA BERBUAT DOSA

sama aja bro, perumpamaan anak yg hilang, pun si anak dengan kesadaran diri toh dia minggat dari rmhnya :slight_smile:
tp Tuhan tetep akan ampuni ketika kita berbalik dari dosa2 kita…

Selama belum sempurna, masih ada pengampunan. Selama proses; masih jatuh dalam dosa, walaupun dikatakan sengaja berbuat dosa, dasarnya tetap sama; dalam proses. Cuma, semakin diproses; semakin maju/lebih kuat; kalau dikatakan lagi sengaja berbuat dosa, pastinya ada ganjaran. Tetapi masih ada pengampunan.
Lain halnya kalau sudah level iman sempurna (kekuatan juga sempurna); maka kalau sengaja berbuat dosa, ini dapat dikatakan: memang sungguh2 benar; disengaja. Kalau sudah disengaja sudah menjadi kebiasaan dosa, maka bolehlah dikatakan jatuh dalam dosa, hingga berbuah murtad/akhirnya. Di posisi ini tidak ada pengampunan lagi. Ibrani 6:1-8.