Jawatan KERASULAN yang ditinggal punah dan tidak diakui....

Jawatan Kerasulan dimulai oleh 12 murid YESUS yang disebut 12 Rasul.

Dan PAULUS menjawat sebagai RASUL pula.

Apakah RASUL dalam hal ini??? Siapakah Rasul ? dan mengapakah PAULUS disebut RASUL pula ???


Dijaman sekarang mungkin anda tertawa jika seseorang diakatakan sebagai rasul. Sebab banyaknya gelar pendeta dan gembala.

Kata rasul berasal dari Bahasa Arab yang artinya utusan, kata rasul digunakan dalam Alkitab Bahasa Indonesia sebagai padanan kata ἀπόστολος (apostolos) dari Bahasa Yunani.

Apostolos sendiri bermakna seseorang yang diutus ke luar untuk misi tertentu seperti seorang duta besar. Dalam bahasa Ibrani, jawatan ini disebut sheliach (שליח). Dalam bahasa Latin, kata ini diterjemahkan menjadi “missio” yang pada gilirannya menjadi kata dalam bahasa Inggris “missionary”.

Jadi sebenarnya jawatan rasul itu tidak punah, tetapi memang bentuknya tidak sama seperti jemaat mula-mula.

Pertanyaan 1 dan 2 , sebenarnya SALING MENOPANG !
RASUL adalah Murid2 yg dipilih Langsung oleh Yesus Kristus dan diperkuat dengan Roh Kudus untuk menjalankan dan menyampaikan Berita Keselamatan pada manusia di Bumi !

  1. Sebab Paulus juga DIPILIH LANGSUNG oleh Yesus di Perjalanan ke Damsyik dan diperkuat oleh Roh Kudus melalui Tumpang Tangan salah satu murid Tuhan , Ananias, dimasa itu !
    Kisah Para Rasul 9 :
    10 Di Damsyik ada seorang murid Tuhan bernama Ananias. Firman Tuhan kepadanya dalam suatu penglihatan: “Ananias!” Jawabnya: “Ini aku, Tuhan!” 11 Firman Tuhan: “Mari, pergilah ke jalan yang bernama Jalan Lurus, dan carilah di rumah Yudas seorang dari Tarsus yang bernama Saulus. Ia sekarang berdoa, 12 dan dalam suatu penglihatan ia melihat, bahwa seorang yang bernama Ananias masuk ke dalam dan menumpangkan tangannya ke atasnya, supaya ia dapat melihat lagi.”
    13 Jawab Ananias: “Tuhan, dari banyak orang telah kudengar tentang orang itu, betapa banyaknya kejahatan yang dilakukannya terhadap orang-orang kudus-Mu di Yerusalem. 14 Dan ia datang ke mari dengan kuasa penuh dari imam-imam kepala untuk menangkap semua orang yang memanggil nama-Mu.” 15 Tetapi firman Tuhan kepadanya: “Pergilah, sebab orang ini adalah alat pilihan bagi-Ku untuk memberitakan nama-Ku kepada bangsa-bangsa lain serta raja-raja dan orang-orang Israel. 16 Aku sendiri akan menunjukkan kepadanya, betapa banyak penderitaan yang harus ia tanggung oleh karena nama-Ku.”
    17 Lalu pergilah Ananias ke situ dan masuk ke rumah itu. Ia menumpangkan tangannya ke atas Saulus, katanya: "Saulus, saudaraku, Tuhan Yesus, yang telah menampakkan diri kepadamu di jalan yang engkau lalui, telah menyuruh aku kepadamu, supaya engkau dapat melihat lagi dan penuh dengan Roh Kudus."

  2. Baik Pendeta, Gembala, Guru Injil, Pastor selama mereka melakukan menyampaikan Berita Keselamatan , mereka itu melakukan Karunia Ke RASUL an juga kok meskipun dengan nama jabatan yg berbeda !

Manusia memberi jabatan tidak sama dengan Yesus mengkaruniakan pekerjaan. Kerasulan Paulus adalah sebuah pekerjaan yang diterima dan diembannya dengan seluruh jiwa dan raganya. Ia mati dalam mengemban tugas kerasulan tersebut yang diterima dari Yesus.

Jaman sekarang jabatan kerasulan, nabi dan sebagainya adalah jabatan official. Diberikan dan diterima seseorang bukan karena tugas-tugasnya tetapi karena kecenderungan topiknya atau ketertarikannya. Hidupnya tidak seluruhnya diabdikan bagi tugas-tugas tersebut, tetapi sekedar sebagai gelar kehormatan, agar kalau kotbah dan berkunjung mendapat sambutan dan suaranya didengar.

Hanya sedikit orang yang benar-benar menjadi rasul pada jaman ini, tetapi mereka tetap ada. Mereka yang tidak kita kenal, mereka yang tidak kita sapa dengan sambutan penjemputan, akomodasi mewah dan PK yang besar. Mereka mengabdikan seluruh hidupnya, hartanya, waktunya dan jiwa raganya bagi pembangunan Tubuh Kristus didaerah dimana Kristus tidak di kenal atau sekedar materi sekolah.

Maaf saya pakai bahasa dan dunia gereja kharismatik yang banget… sebab jabatan rasul, nabi dll banyak beredar di saan.

Maaf saya pakai bahasa dan dunia gereja kharismatik yang banget... sebab jabatan rasul, nabi dll banyak beredar di saan.

hahahah… yang beribadah di gereja katolik dan tradisional menggunakan kata ‘nabi’ dan ‘rasul’ dengan sangat ‘hati-hati’ ya? sehingga kedua istilah ini hanya dipergunakan untuk menyebut beberapa tokoh penting dalam alkitab.

aku merasa penggunaan kedua kata ini untuk zaman sekarang hanya sebuah fenomena ‘kerinduan’ terhadap kedatangan kerajaan Allah dimana, beberapa orang mencoba melihat diri sendiri atau kelompok kekristenan sebagai umat ‘israel’ sehingga istilah-istilah ini kembali di ‘populerkan’ khususnya istilah ‘nabi’ tapi saya rasa ini bukan masalah besar, hanya harus hati-hati saja, soalnya nanti banyak yang palsu

Ya kita harus berhati-hati selalu dengan istilah-istilah, supaya iblis jangan memperoleh keuntungan. Nabi dan rasul memang ada tetapi gelar sebutan itu sebenarnya tidak dibutuhkan dalam organisasi gereja.