jelasin donk =)

banyak yang bilang “orang kristen tuhannya banyak banget… ada yang Bapa, Allah :angel:, Putra, Roh kudus, Anak juga dibawa-bawa :coolsmiley:” kalau menurut kalian dari yang disebutin itu sebenernya maksudnya apa dan terkadang saya yang beragama itu sendiri terkadang bingung untuk menjawab ;D hohohooo… asal jgn dibilang kristen KTP aj :ashamed0004: … tengkyuu,

Shalom,

memang banyak orang yang beragama lain susah untuk memahami arti dari Trinity. Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus adalah esa adanya. Artinya semuanya itu adalah satu. bukannya ada tiga Tuhan.

Saya pernah membaca postingan dari FKer di sini (Sorry lupa di artikel mn dan siapa yg menulis) ada ilustrasi yang menarik.

Matahari terdiri dari tiga: bola matahari, sinar matahari, dan panas matahari. ketiganya adalah satu: Matahari.
kita bisa melihat bola matahari, bisa merasakan panas matahari, dan diterangi sinar matahari

bukannya menyamakan Tuhan dengan matahari, tetapi mungkin ilustrasi seperti itu bisa lebih mudah dimengerti.

Semoga Bermanfaat. GBU.

Syalom

Pemuridan tentang Tri-Tunggal

Berikut Firman Tuhan yang menjelaskan tentang Tri Tunggal. Renungkanlah setiap firman yang saudara baca dengan seksama, tidak perlu tergesa-gesa.

  1. Kejadian 1:26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”
    a. Menurut tata bahasa, kata KITA, artinya a Satu orang. B Lebih dari satu orang.

  2. Matius 12:32 Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang ROH KUDUS, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datang pun tidak.
    a. Apakah sama resiko menentang YESUS dan menentang ROH KUDUS? A Sama. B Tidak sama

  3. Matius 24: 36 Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri."
    a. Menurut anda, apakah Anak tahu tentang hari dan saat itu a. Tidak tahu b Tahu
    b. Kalau begitu, apakah sama kuasa Bapa dengan Anak a. Sama b Berbeda

  4. Yohanes 14:1 "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku
    a. Siapakah Allah di sini……………………………………………………………………………….
    b. Siapakah Ku dalam kepada Ku……….…………………………………………………….
    c. Menurut anda, firman diatas berbicara tentang a Satu b Dua pribadi

  5. Yohanes 14:12b ………. Sebab Aku pergi kepada Bapa;
    a. Firman, “ Aku pergi kepada Bapa” berarti ada 2 pribadi. Pribadi yang satu pergi ke pribadi yang lain. Kalau satu pribadi, maka pribadi itu tidak pergi ke pribadi yang lain. Bagaimana pendapat anda …………

  6. Yohanes 14:23 Jawab YESUS: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. a. Apakah kata, “ Kami” disini berarti Bapa dan YESUS itu sama? a. Ya. b Tidak

  7. Yohanes 14:28b …………, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku.
    a. Apakah Bapa lebih besar dari YESUS a. Ya b. Tidak
    b. Kalau YESUS dan Bapa berbeda, mengapa sebagian orang Kristen menganggap YESUS dan Bapa itu sama …

  8. Yohanes 5: 19 Maka YESUS menjawab mereka, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.
    a. Apakah YESUS harus mencontoh Bapa a. Ya b. Tidak
    b. Kalau demikian, apakah sama, yang mencontoh dan yang di contoh a. Ya b. Tidak

  9. Efesus 2:18 karena oleh Dia kita kedua pihak dalam satu Roh beroleh jalan masuk kepada Bapa.
    a. Oleh karena Pengorbanan YESUS ( Dia ) di atas kayu salib, roh kita dan Roh YESUS, dalam satu ROH KUDUS pergi bersama-sama menghadap Bapa. Artinya, Bapa menerima ROH KUDUS, YESUS dan roh saudara. Apakah anda bisa membayangkannya proses itu ?..

  10. Ibrani 1:5 Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan: “Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?” dan “Aku akan menjadi Bapa-Nya, dan Ia akan menjadi Anak-Ku?”
    a. Firman, Aku akan menjadi Bapa-Nya. Siapakah Nya di sini? …………………………………………
    b. Firman , “ dan Ia akan menjadi anak-Ku?”. Siapakah Ku disini………………………………………
    c. Apakah yang dimaksud dengan ,”Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?”……………………….
    d. Apakah sama, Bapa dengan Anak a. Ya b. Tidak

  11. Matius 27:46 Kira-kira jam tiga berserulah YESUS dengan suara nyaring: “Eli, Eli, lama sabakhtani?” artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?
    a. “, mengapa Engkau meninggalkan AKu? Artinya YESUS ditinggalkan Bapa. Jika YESUS dan Bapa adalah satu pribadi, maka YESUS tidak akan bertanya seperti itu. Contoh: anda adalah seorang anak yang ditinggalkan orang tua pergi tanpa memberitahu anda. Karena anda dan orang tua berbeda tubuh, berbeda bentuk, maka wajar bila anda bertanya, “mengapa kalian meninggalkan aku?. Tapi jika anda merasa satu tubuh/ satu bentuk dengan orang tua, masakan anda masih bertanya, “mengapa aku meninggalkan aku? Pahamkah anda…………………………………………

  12. Wahyu 5:7 Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu.
    a. Siapakah Anak Domba itu …………………………………………………………………………….
    b. Siapakah yang duduk diatas takhta……………………………………………………………………
    c. Tentang gulungan kitab itu, siapa memberi kepada siapa………………………………………………
    d. Siapakah yang menulis di gulungan kitab itu, Anak Domba atau Dia yang duduk di atas tahkta …
    e. Menurut anda, apakah sama orang yang memberi dan yang diberi? …………Misalkan anda punya baju, baju yang sudah milik anda itu, anda berikan kepada anda lagi, bisakah seperti itu?..

  13. I Korintus 15:27 Sebab segala sesuatu telah ditaklukkan-Nya di bawah kaki-Nya. Tetapi kalau dikatakan, bahwa “segala sesuatu telah ditaklukkan”, maka teranglah, bahwa Ia sendiri yang telah menaklukkan segala sesuatu di bawah kaki KRISTUS itu tidak termasuk di dalamnya.
    a. Di bawah kaki siapakah segala sesuatu itu telah ditaklukkan?..
    b. Siapakah yang dimaksud Ia sendiri ?..
    c. I Korintus 15:28 Tetapi kalau segala sesuatu telah ditaklukkan di bawah KRISTUS, maka Ia sendiri sebagai Anak akan menaklukkan diri-Nya di bawah Dia, yang telah menaklukkan segala sesuatu di bawah-Nya, supaya Allah menjadi semua di dalam semua. Pahamkah saudara tentang 2 ayat ini, bagaimana kedudukan YESUS dihadapan Bapa? …………………………………………………….………………….

Kita sudah belajar dari Kejadian sampai Wahyu tentang Tri Tunggal, bagaimana kesimpulan saudara tentang Tri Tunggal?
Selama ini kita belajar Tri Tunggal itu seperti lilin, ada cahaya, panas dan bahan lilin itu sendiri. Bagaimana dengan sumbu lilin, uap lilin, dst. Juga tentang 3 fungsi, misalnya di rumah Ayah/Ibu, di tempat kerja, karyawan, di lingkungan sebagai anggota masyarakat. Pertanyaannya, bagaimana kalau di tempat wisata, tempat pemakaman, tempat bencana alam. Kalau Tri Tunggal di ibaratkan fungsi anda, padahal anda punya banyak fungsi di masyarakat. Apakah seperti itu pemahaman ROH KUDUS, YESUS dan Bapa?
Tetapi kita membaca bahwa YESUS dan Bapa adalah satu. Yohanes 10:30 Aku dan Bapa adalah satu." Apakah Firman Tuhan saling bertentangan?
Saudara, manusia cenderung mengartikan kata SATU sebagai satu TUBUH, satu BENTUK. Kata Satu dalam Yohanes 10:30 berarti satu tujuan, satu kehendak, satu visi, satu misi, satu pandangan. Ingatlah kepada sebuah rumah tangga yang terdiri dari suami, istri dan anak-anak. Meskipun mereka secara tubuh terdiri lebih dari satu, tetapi dalam hukum roh dan hukum manusia, mereka adalah satu rumah tangga, yang punya satu tujuan, satu pandangan. ( Itu sebabnya tidak ada perceraian di dalam Iman Kristiani ).
Dengan demikian, pemahaman Yohanes 10:30 dengan keseluruhan firman yang lain tidak ada pertentangan. Pernah satu kali, Tuhan YESUS HAMPIR TIDAK SATU TUJUAN dengan Bapa dalam:

  1. Matius 26:39 Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.”

Tetapi, ternyata Tuhan YESUS lebih memilih taat dengan kembali ke tujuan semula, yaitu menyelamatkan saudara dan saya. Pertanyaannya apakah saudara selalu memilih satu tujuan dengan Tri Tunggal atau memilih tujuan anda sendiri, suatu tujuan yang asing?
Beberapa orang mudah menerima kebenaran firman, beberapa orang masih terselubung sehingga sukar menerima firman, tapi beberapa orang malu oleh karena pemahamannya berbeda. Lukas 9:26 Sebab barangsiapa malu karena Aku dan karena perkataan-Ku, Anak Manusia juga akan malu karena orang itu, apabila Ia datang kelak dalam kemuliaan-Nya dan dalam kemuliaan Bapa dan malaikat-malaikat kudus.

Mintalah hikmat kepada ROH KUDUS tentang pengajaran Tri Tunggal ini. Tuhan memberkati.

Kembali ke konsep dasar… ini adalah pondasi yang kuat bila anda sudah mengerti… belum semuanya tahu lohhh… so berbahagialah yang sudah mengerti dan mengalaminya sendiri… saran saya cuma 1 minta hikmat sama TUHAN dan bimbingan ROH KUDUS untuk membaca seluruh bagian alkitab dari awal sampai akhir sehingga anda dapat menemukan yang anda cari… TUHAN YESUS memberkati…

Syalom

Pemuridan tentang Tri-Tunggal

Berikut Firman Tuhan yang menjelaskan tentang Tri Tunggal. Renungkanlah setiap firman yang saudara baca dengan seksama, tidak perlu tergesa-gesa.

  1. Kejadian 1:26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”
    a. Menurut tata bahasa, kata KITA, artinya a Satu orang. B Lebih dari satu orang.

  2. Matius 12:32 Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang ROH KUDUS, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datang pun tidak.
    a. Apakah sama resiko menentang YESUS dan menentang ROH KUDUS? A Sama. B Tidak sama

  3. Matius 24: 36 Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri."
    a. Menurut anda, apakah Anak tahu tentang hari dan saat itu a. Tidak tahu b Tahu
    b. Kalau begitu, apakah sama kuasa Bapa dengan Anak a. Sama b Berbeda

  4. Yohanes 14:1 "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku
    a. Siapakah Allah di sini……………………………………………………………………………….
    b. Siapakah Ku dalam kepada Ku……….…………………………………………………….
    c. Menurut anda, firman diatas berbicara tentang a Satu b Dua pribadi

  5. Yohanes 14:12b ………. Sebab Aku pergi kepada Bapa;
    a. Firman, “ Aku pergi kepada Bapa” berarti ada 2 pribadi. Pribadi yang satu pergi ke pribadi yang lain. Kalau satu pribadi, maka pribadi itu tidak pergi ke pribadi yang lain. Bagaimana pendapat anda …………

  6. Yohanes 14:23 Jawab YESUS: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. a. Apakah kata, “ Kami” disini berarti Bapa dan YESUS itu sama? a. Ya. b Tidak

  7. Yohanes 14:28b …………, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku.
    a. Apakah Bapa lebih besar dari YESUS a. Ya b. Tidak
    b. Kalau YESUS dan Bapa berbeda, mengapa sebagian orang Kristen menganggap YESUS dan Bapa itu sama …

  8. Yohanes 5: 19 Maka YESUS menjawab mereka, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.
    a. Apakah YESUS harus mencontoh Bapa a. Ya b. Tidak
    b. Kalau demikian, apakah sama, yang mencontoh dan yang di contoh a. Ya b. Tidak

  9. Efesus 2:18 karena oleh Dia kita kedua pihak dalam satu Roh beroleh jalan masuk kepada Bapa.
    a. Oleh karena Pengorbanan YESUS ( Dia ) di atas kayu salib, roh kita dan Roh YESUS, dalam satu ROH KUDUS pergi bersama-sama menghadap Bapa. Artinya, Bapa menerima ROH KUDUS, YESUS dan roh saudara. Apakah anda bisa membayangkannya proses itu ?..

  10. Ibrani 1:5 Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan: “Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?” dan “Aku akan menjadi Bapa-Nya, dan Ia akan menjadi Anak-Ku?”
    a. Firman, Aku akan menjadi Bapa-Nya. Siapakah Nya di sini? …………………………………………
    b. Firman , “ dan Ia akan menjadi anak-Ku?”. Siapakah Ku disini………………………………………
    c. Apakah yang dimaksud dengan ,”Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?”……………………….
    d. Apakah sama, Bapa dengan Anak a. Ya b. Tidak

  11. Matius 27:46 Kira-kira jam tiga berserulah YESUS dengan suara nyaring: “Eli, Eli, lama sabakhtani?” artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?
    a. “, mengapa Engkau meninggalkan AKu? Artinya YESUS ditinggalkan Bapa. Jika YESUS dan Bapa adalah satu pribadi, maka YESUS tidak akan bertanya seperti itu. Contoh: anda adalah seorang anak yang ditinggalkan orang tua pergi tanpa memberitahu anda. Karena anda dan orang tua berbeda tubuh, berbeda bentuk, maka wajar bila anda bertanya, “mengapa kalian meninggalkan aku?. Tapi jika anda merasa satu tubuh/ satu bentuk dengan orang tua, masakan anda masih bertanya, “mengapa aku meninggalkan aku? Pahamkah anda…………………………………………

  12. Wahyu 5:7 Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu.
    a. Siapakah Anak Domba itu …………………………………………………………………………….
    b. Siapakah yang duduk diatas takhta……………………………………………………………………
    c. Tentang gulungan kitab itu, siapa memberi kepada siapa………………………………………………
    d. Siapakah yang menulis di gulungan kitab itu, Anak Domba atau Dia yang duduk di atas tahkta …
    e. Menurut anda, apakah sama orang yang memberi dan yang diberi? …………Misalkan anda punya baju, baju yang sudah milik anda itu, anda berikan kepada anda lagi, bisakah seperti itu?..

  13. I Korintus 15:27 Sebab segala sesuatu telah ditaklukkan-Nya di bawah kaki-Nya. Tetapi kalau dikatakan, bahwa “segala sesuatu telah ditaklukkan”, maka teranglah, bahwa Ia sendiri yang telah menaklukkan segala sesuatu di bawah kaki KRISTUS itu tidak termasuk di dalamnya.
    a. Di bawah kaki siapakah segala sesuatu itu telah ditaklukkan?..
    b. Siapakah yang dimaksud Ia sendiri ?..
    c. I Korintus 15:28 Tetapi kalau segala sesuatu telah ditaklukkan di bawah KRISTUS, maka Ia sendiri sebagai Anak akan menaklukkan diri-Nya di bawah Dia, yang telah menaklukkan segala sesuatu di bawah-Nya, supaya Allah menjadi semua di dalam semua. Pahamkah saudara tentang 2 ayat ini, bagaimana kedudukan YESUS dihadapan Bapa? …………………………………………………….………………….


Jawab:

  • B> Lebih dari satu

  • B> Tidak sama

  • 3a. B>Tau
    3b. A>Sama

    4a. > Bapa
    4b. > Yesus
    4c. > B> Dua pribadi

    1. Karena Yesus berasal dari Bapa (Firman)

    2. A> Sama

    7a. A> Ya, Bapa lebih besar
    7b. b. Kalau YESUS dan Bapa berbeda, mengapa sebagian orang Kristen menganggap YESUS dan Bapa itu sama … >>>>> sebenarnya memang sama (dalam artian satu kesatuan), tapi berbeda pribadi.

    8a. A> Ya.
    8b. B>Tidak

    1. dalam bayangan, sebuah tembok penghalang yg memisahkan kita dengan Allah, sudah dihancurkan oleh Yesus. cmiiw.

    10a. a. Firman, Aku akan menjadi Bapa-Nya. Siapakah Nya di sini? …………………………………………> Allah Bapa
    10b. b. Firman , “ dan Ia akan menjadi anak-Ku?”. Siapakah Ku disini………………………………………> Yesus
    10c. c. Apakah yang dimaksud dengan ,”Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?”……………………….> sebenarnya hanyalah istilah/kiasan kata “diperanakkan”, dimana maksud sebenarnya adalah dikandung dari Roh Kudus.
    10d. d. Apakah sama, Bapa dengan Anak a. Ya b. Tidak > A. Ya

    1. Matius 27:46 Kira-kira jam tiga berserulah YESUS dengan suara nyaring: “Eli, Eli, lama sabakhtani?” artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?
      a. “, mengapa Engkau meninggalkan AKu? Artinya YESUS ditinggalkan Bapa. Jika YESUS dan Bapa adalah satu pribadi, maka YESUS tidak akan bertanya seperti itu. Contoh: anda adalah seorang anak yang ditinggalkan orang tua pergi tanpa memberitahu anda. Karena anda dan orang tua berbeda tubuh, berbeda bentuk, maka wajar bila anda bertanya, “mengapa kalian meninggalkan aku?. Tapi jika anda merasa satu tubuh/ satu bentuk dengan orang tua, masakan anda masih bertanya, “mengapa aku meninggalkan aku? Pahamkah anda…………………………………………>>>
      Jawab: belom bgitu paham bro. Seingat aku waktu baca di 7 perkataan salib, tertulis dimana saat itu Yesus menanggung begitu besar dosa manusia seakan2 merasa ditinggalkan Allah. Dan juga itu merupakan penggenapan dari kitab perjanjian lama. cmiiw.
    12. Wahyu 5:7 Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu. a. Siapakah Anak Domba itu ……………………………………………………………………………. b. Siapakah yang duduk diatas takhta…………………………………………………………………… c. Tentang gulungan kitab itu, siapa memberi kepada siapa…………………………………………….. d. Siapakah yang menulis di gulungan kitab itu, Anak Domba atau Dia yang duduk di atas tahkta ... e. Menurut anda, apakah sama orang yang memberi dan yang diberi? ………..Misalkan anda punya baju, baju yang sudah milik anda itu, anda berikan kepada anda lagi, bisakah seperti itu?...................
    Bro... yang bagian ini saya tidak bisa memahaminya... membingungkan... :ashamed0004:
    13. I Korintus 15:27 Sebab segala sesuatu telah ditaklukkan-Nya di bawah kaki-Nya. Tetapi kalau dikatakan, bahwa "segala sesuatu telah ditaklukkan", maka teranglah, bahwa Ia sendiri yang telah menaklukkan segala sesuatu di bawah kaki KRISTUS itu tidak termasuk di dalamnya. a. Di bawah kaki siapakah segala sesuatu itu telah ditaklukkan?..................................................................... b. Siapakah yang dimaksud Ia sendiri ?... c. I Korintus 15:28 Tetapi kalau segala sesuatu telah ditaklukkan di bawah KRISTUS, maka Ia sendiri sebagai Anak akan menaklukkan diri-Nya di bawah Dia, yang telah menaklukkan segala sesuatu di bawah-Nya, supaya Allah menjadi semua di dalam semua. Pahamkah saudara tentang 2 ayat ini, bagaimana kedudukan YESUS dihadapan Bapa? …………………………………………………….………………….
    Aku mulai binggung lagi bro... :ashamed0004:
    Kita sudah belajar dari Kejadian sampai Wahyu tentang Tri Tunggal, bagaimana kesimpulan saudara tentang Tri Tunggal? Selama ini kita belajar Tri Tunggal itu seperti lilin, ada cahaya, panas dan bahan lilin itu sendiri. Bagaimana dengan sumbu lilin, uap lilin, dst. Juga tentang 3 fungsi, misalnya di rumah Ayah/Ibu, di tempat kerja, karyawan, di lingkungan sebagai anggota masyarakat. Pertanyaannya, bagaimana kalau di tempat wisata, tempat pemakaman, tempat bencana alam. Kalau Tri Tunggal di ibaratkan fungsi anda, padahal anda punya banyak fungsi di masyarakat. Apakah seperti itu pemahaman ROH KUDUS, YESUS dan Bapa? Tetapi kita membaca bahwa YESUS dan Bapa adalah satu. Yohanes 10:30 Aku dan Bapa adalah satu." Apakah Firman Tuhan saling bertentangan? Saudara, manusia cenderung mengartikan kata SATU sebagai satu TUBUH, satu BENTUK. Kata Satu dalam Yohanes 10:30 berarti satu tujuan, satu kehendak, satu visi, satu misi, satu pandangan. Ingatlah kepada sebuah rumah tangga yang terdiri dari suami, istri dan anak-anak. Meskipun mereka secara tubuh terdiri lebih dari satu, tetapi dalam hukum roh dan hukum manusia, mereka adalah satu rumah tangga, yang punya satu tujuan, satu pandangan. ( Itu sebabnya tidak ada perceraian di dalam Iman Kristiani ). Dengan demikian, pemahaman Yohanes 10:30 dengan keseluruhan firman yang lain tidak ada pertentangan. Pernah satu kali, Tuhan YESUS HAMPIR TIDAK SATU TUJUAN dengan Bapa dalam:
    1. Matius 26:39 Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.”

    Tetapi, ternyata Tuhan YESUS lebih memilih taat dengan kembali ke tujuan semula, yaitu menyelamatkan saudara dan saya. Pertanyaannya apakah saudara selalu memilih satu tujuan dengan Tri Tunggal atau memilih tujuan anda sendiri, suatu tujuan yang asing?
    Beberapa orang mudah menerima kebenaran firman, beberapa orang masih terselubung sehingga sukar menerima firman, tapi beberapa orang malu oleh karena pemahamannya berbeda. Lukas 9:26 Sebab barangsiapa malu karena Aku dan karena perkataan-Ku, Anak Manusia juga akan malu karena orang itu, apabila Ia datang kelak dalam kemuliaan-Nya dan dalam kemuliaan Bapa dan malaikat-malaikat kudus.

    Mintalah hikmat kepada ROH KUDUS tentang pengajaran Tri Tunggal ini. Tuhan memberkati.

    Sebenarnya pemahaman tentang tritunggal masih belom aku paham banget… anyway… please koreksinya. Gbu.

    kok non kristen d sisni???

    Udah dipindah om :smiley:
    ___:ngacir:

    simple aja.
    Kejadian 1:26
    Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

    kita terdiri dari jiwa dan roh tp yg terlihat cm 1 toh sama spt Tuhan…

    Lah…Amel mau po ora-nya kemana?
    Baca-baca dulu neng…baru nanya yang ga jelas… Ntar dikira taqiyah lo…

    taqiyah apaan sih ckckck…
    terkadang saat orang bertanya seperti itu saya bingung menjawabnya karena mereka berfikir umat kristen memiliki banyak Tuhan… terkadang iman saya sendiri jadi bingung hehehheee… maka itu saya mencari jawaban… dulu pas belajar sidi cuma ikut beberapa bulan doank ga sempet sampe di sidi…

    “Pribadi Pertama = Bapa
    Kedua = YESUS(Putra)”-----

    Kenapa pribadi kedua bisa berkpribadian lebih baik, lebih kasih dibanding pribadi pertama ?
    Katanya substansinya sama…

    Taqqiyah itu kedustaan yang disahkan sepanjang tujuannya untuk membela agama.
    Kirain kamu orang model bagitu… Maafkan daku atas praduga-ku yang jelek :ashamed0002:

    Orang Kristen dituduh, tepatnya dipitenah, punya banyak Allah, 3 allah. Tapi lucunya tuduhan itu meleset jauh, amat jauh. Fitnah itu menyebutkan Allah orang Kristen adalah Allah Bapak, Nabi Isa (Anak), dan Bunda Maria. Ini mengingatkanku pada program KB di negeri Cina atau di India, satu anak cukup.
    Lagian ga tau sejak kapan Bunda Maria di-Tuhan-kan sama umat Kristen. Tapi itu fakta pitenahnya.
    Kalo disini ada temen-temen katolik bisa lebih menjelaskan, apakah mereka mengartikan demikian atas TRITUNGGAL, saya yakin tidak.

    Seusia kamu, aku juga pernah bingung. Kamu lagi dicecar ma pacarmu ya hehehe (sitsuit… :wink:)

    Aku berangkat dari Kejadian 1:26, seperti yang disebutkan bro Steavan ma sist Sembel.
    Kita akan susah untuk memahami Allah, tapi kita bisa mempelajari manusia, bukan?
    Manusia adalah citra, gambar, dan rupa Allah. Atau manusia segambar dengan Allah.
    Apanya yang segambar? Fisiknyakah? Jelas bukan.

    Allah Bapa, Putera, dan Roh Kudus = Manusia jiwa, tubuh, dan roh.

    Amel punya tubuh, jiwa, dan roh apa berarti Amel lebih dari satu?

    Bagaimanapun akan ada pertanyaan-pertanyaan yang sulit terjawabkan mengingat KETERBATASAN vs KETIDAKTERBATASAN.
    Namun demikian, menurutku, pemahaman ini yang paling dekat untuk memahami ke-TRITUNGGAL-an ALLAH.

    Ok sist… semoga ini bisa menjadi clue dalam kamu mengenal Allahmu lebih dalam lebih dalam lagi.
    Dan silakan lempar kebingunganmu disini, banyak temen yang pasti akan membantu kamu, tapi kamu jangan hanya terima aja…kamu harus mencari juga…hayo semangat…
    Dan hal lebih penting dan utama, mohon Roh Kudus memberi hikmat untukmu.

    JBU :slight_smile:

    Berarti ada 2 pribadi dong…berarti ga akur dong???
    Ada dasar tuduhanmu bro?

    Salam

    Anda bisa membandingkan bagaimana kelakuan keduanya di perjanjian lama dan perjanjian baru

    @amel
    Amel, atau aku bilang adik aja ya, saya ga berusaha menyatakan bahwa kamu “kristen ktp”. Tapi saya harus menyatakan ini secara langsung karena ini penting untuk kebaikan kamu sendiri sehingga kamu benar2 tahu apa yang kamu imani dan kebenarannya.
    Saya sarankan kamu lebih banyak membaca Firman Tuhan dan kenapa semua pertanyaan itu akan terjawab.
    Ini adalah hal mendasar yang kamu harus pelajari. Kamu harus!!! Harus tahu siapa yang kamu sembah agar kamu tidak mudah disesatkan oleh berbagai pengajaran manusia yang sia sia.
    Ini sangat sangat sangat penting.
    Jawaban diatas sangat banyak, tetapi kalau kamu sendiri tidak memiliki kerinduan mengenal Dia secara pribadi maka semua itu akan hanya menjadi “pengetahuan yang sia sia”. Dan ada baiknya kamu banyak belajar diforum seperti ini dan kemudian menanyakan ditempat yang tepat. Harusnya kamu belajar diforum khusus kristen agar lebih mengerti. Banyak yang bisa memberikan bimbingan disini.
    Ledih mendekat pada Tuhan, bangun keintiman dengan Tuhan, sangat sangat penting.
    Tolong jangan tersinggung karena saya tulus memberikan ini untuk kebaikan kamu.

    Shalom.

    Pendapat Seperti diatas ini :rolleye0014: Dikarenakan Kekeliruan AKAL BUDI yg Berpendapat

    ok saudara…^^

    “Pendapat Seperti diatas ini :rolleye0014: Dikarenakan Kekeliruan AKAL BUDI yg Berpendapat”-----
    Tunjukkan aja…
    Jangan-2 akal budimu sudah ketutup doktrin…

    @along
    Sebelum menjawab, dari sisi manakah kamu memandang bahwa Bapa dan Anak berbeda karakter dan lebih baik Anak daripada Bapa?
    Setelah kamu memberikan jawabanmu tentang ini, baru kita bisa berbicara, benarkah apa yang kamu pikirkan itu?
    Silahkan.

    Shalom. Ybu

    Sikap keduanya terhadap pendosa:

    Allah PL — mengaku kasih tapi pendendam dan penyumpah, pembenci musuh-2nya
    YESUS PB — pengampun, pengasih, kepada musuh-2nya