Jemaat yang..(Edited)

Saudara Nemo, rasul Petrus mengajarkan bahwa ROH KUDUS dikaruniakan oleh Allah kepada orang/ jemaat/ umat percaya. Untuk mudahnya, bukan dikaruniakan HANYA kepada organisasi atau lembaga keagamaan, apalagi hanya 1 organisasi.

Sedang Infalibilitas Sri Paus itu baru dikeluarkan pada 8 Desember 1969 oleh Paus Pius IX yang menyelenggarakan Konsili Vatikan I dengan dua tujuan, yaitu untuk meratifikasi SYLLABUS OF ERROS dari tahun 1864 dan untuk membuat doktrin baru dalam gereja, yaitu INFALIBILITAS SRI PAUS yang diungkapkan oleh Tuhan kepada dirinya.

Jadi tool berupa daya Infalibilitas Paus BUKAN tool untuk menjaga Tradisi Lisan yang disampaikan dari mulut ke mulut oleh Tuhan YESUS kepada para Paus.

Selain itu juga, Rasul Petrus jelas-jelas mengajarkan bahwa ROH KUDUS dikaruniakan kepada umat yang percaya, baik Yahudi maupun Non Yahudi, bukan hanya kepada 1 organisasi saja.

Seperti sudah saya jelaskan, ROH KUDUS dikaruniakan kepada manusia umat yang percaya, BUKAN pada satu organisasi. Hal ini sudah ditegaskan sendiri oleh rasul Petrus.

Justru terhadap ajaran-ajaran lisan inilah kita sebagai jemaat harus lebih WASPADA dan MENGUJI terlebih dahulu dengan Alkitab sebagai standarnya. Bagaimana mungkin anda berani mengajarkan umat untuk TIDAK PERLU KHAWATIR terhadap ajaran lisan?

Apakah bro Nemo hendak MENYANGKAL perintah YESUS sendiri dan para rasul-Nya untuk WASPADA dan MENGUJI tiap-tiap ajaran demi ajaran lisan “GerejaNya”?

atau peringatan berulang-ulang baik YESUS dan para rasul mengenai munculnya nabi-nabi palsu, guru palsu dan pekerja jahat itu hanya isapan jempol belaka? sampai-sampai nekat mencomot ayat mengenai YESUS akan menyertai jemaatNya hingga akhir jaman untuk pembenaran.

Belum lagi ajaran anda kalau "bimbingan ROH KUDUS pada “GerejaNya” membuat pewartaan oleh GerejaNYA adalah TANPA? distorsi & bersifat senantiasa TIDAK MUNGKIN SALAH (Infallible)" jelas TIDAK BERTANGGUNG JAWAB berdasar fakta bahwa justru “GerejaNya” Katolik sudah berhasil menyeret hampir semua umat kepada hal yang bukan saja SALAH, tapi malah SANGAT BERTENTANGAN dengan ajaran YESUS.

Terus terang saja, ajaran anda seperti diatas itulah yang sudah membuat jemaat umat percaya TERTIPU dengan bahasa yang walaupun terlihat indah didengar, akan tetapi maknanya sangat MEMBODOHI dan MENYESATKAN umat!

Contoh mudahnya adalah ketika “GerejaNya” Katolik menyeret banyak umat untuk melakukan pembunuhan dan pembantaian dengan membuat jemaat mengira hal itu UNTUK TUHAN, bahkan yang melakukan pembantaian diberi kehormatan dan diberi hadiah berupa “penghapusan dosa” oleh KRISTUS.

Bahasa anda walau terdengar indah sekalipun karena menyertakan ROH KUDUS, Gereja, YESUS dan “merangkainya” menjadi bahwa karena ROH KUDUS menyertai GerejaNya Katolik saja, maka tidak mungkin GerejaNya Katolik saja berbuat kesalahan adalah suatu kesesatan luar biasa seperti yang pernah dilakukan oleh bapa gereja anda terdahulu dalam membodohi jemaat Katolik!

Ajaran Nemo yang paling luar biasa adalah “tidak perlu khawatir, TERUTAMA pada ajaran lisan”. Selain sangat bertentangan dengan ajaran YESUS dan para rasul, ajaran ini secara tidak langsung sudah MENYANGKAL Alkitab secara keseluruhan. Dan ajaran puncaknya adalah TIDAK mungkin ada Iblis yang menyamar diantara domba dalam GerejaNya Katolik.

Matius 7:15-16
WASPADALAH terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan MENYAMAR seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah SERIGALA YANG BUAS. Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.

I Yohanes 4:1
Saudara-saudaraku yang kekasih, JANGANLAH percaya akan setiap roh, tetapi UJILAH roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.

Galatia 1: 8-9
Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari surga yang memberitakan kepadamu suatu injil yang BERBEDA dengan injil yang telah kami beritakan kepadamu, TERKUTUKLAH DIA!

Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, sekarang kukatakan sekali lagi: Jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil yang BERBEDA dengan apa yang telah kamu terima, TERKUTUKLAH DIA!

Matius 18:17 Jika ia tidak mau mendengarkan mereka, SAMPAIKANLAH PERBUATAN MEREKA KEPADA JEMAAT.

*Judul thread diedit, sebab hanya memancing kemarahan/perselisihan/kerusuhan. (Roti Hidup).

dari awal Tuhan nyuruh nulis, bukan ngapalin

Ul 6:9 dan haruslah engkau menuliskannya pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbangmu.

Ul 11:20 engkau harus menuliskannya pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbangmu,

disini ada sekitar 699 ayat seputar kata ‘tuliskanlah’

http://alkitab.sabda.org/search.php?search=tuliskanlah&tab=list

salam

Orang suci seperti Paus yang sudah meninggal, santo dan santa adalah ajaran bapa gereja Katolik sebagai tempat umat Katolik menggantungkan imannya dan berlutut berdoa dihadapan patung atau gambar santo santa.

Selain hal ini TIDAK PERNAH diajarkan oleh Yesus dan para rasul muridNya, hal ini tidak lain tidak bukan hanya MENGKONDISIKAN umat percaya Katolik menjadi sangat TERGANTUNG pada lembaga “GerejaNYa Katolik”, bukan pada Tuhan Yesus.

Kalau St. Yopi beberapa saat yang lalu sering meneriakkan slogan “ada yang MENYERANG GerejaNya”, sebagai upaya untuk membuat umat Katolik antipati ketika ada ajaran Yesus yang tidak sesuai kepentingan “Bapa GerejaNya” Katolik diberitahukan, apakah sekarang St. Yopi ingin membuat umat percaya Katolik menjadi lebih bodoh lagi dengan slogan omong kosong dan asal nyelentuk untuk mengaburkan topik bahwa bapa gereja Katolik selama ini sudah membuat perpecahan dalam jemaat Kristus berdasar golongan/ organisasi yang BERTENTANGAN dengan yang diajarkan mengenai kesatuan jemaat dengan Kristus sebagai KEPALA.

Gak ada miyabi gak rame ;D penjelasannya nanti ya, sebab hampir seluruh thread di FK berhubungan dengan thread ini, so, wait and see ya miyabi sayang ;D

Justru karena saya mengasihi sesama yang Katolik itulah saya tidak ingin umat Katolik sampai tertipu oleh Iblis dan penyesatannya yang menyamar sebagai malaikat terang. Anda bahkan pernah mengatai orang yang mengutip Firman Tuhan sebagai “menyerang GerejaNya”. Bukankah selain anda mengajarkan bahwa Alkitab tidak berlaku bagi umat Katolik, anda juga setuju kalau umat Katolik tertipu oleh Iblis?

Walaupun ada juga rekan Katolik yang justru menghina bahwa ajaran kasih bukan ajaran Yesus tapi ajaran Islam, SSY dll, akan tetapi saya yakin para rekan Katolik saat ini tidak semudah itu dibodohi oleh sesama yang santo sekalipun.

Terima kasih anda sudah menyatakan sikap kalau memperingatkan rekan Katolik akan bahaya Iblis dan penyesatannya adalah suatu tindakan “BENCI” terhadap rekan-rekan Katolik. Manusia seperti anda inilah yang dulunya sempat menyeret umat Katolik pada sikap yang bukan hanya membenci, bahkan sampai menyeret umat Katolik pada penyiksaan dan pembantaian berjuta umat sesamanya.

Menurut saya, selama ini anda sudah berusaha agar umat Katolik menjadi dungu dengan semua slogan-slogan yang sering anda ucapkan di berbagai komentar anda.

Oh ya? kamu mau ngaku ya uda bikin bodoh umat Katolik disini?

atau di gerejaNya juga? heheheheh

Wow… bravo Miyabi.
Anda sudah berhasil membuat thread yg sangat provokatif. :afro:

Mohon kiranya rekan2 katolikers utk tidak terpancing dengan kerusuhan yg sedang dibuat oleh rekan kita yg satu ini.

Untuk para moderators, bukankah thread seperti ini sudah melanggar banyak aturan forum berikut ini?

Peraturan berposting:

  • Dilarang membuat topic yang menyinggung masalah SARA, ataupun perbedaan2 yang dibuat2 (Diharapkan sikap dewasa dari setiap user untuk dapat memahami setiap perbedaan, seperti, Suku, Agama, Ras, adat istiadat, golongan, perbedaan pendapat, respone, sikap, gaya bahasa, dll)

Etika berposting:

  • Dilarang mamakai gaya bahasa yang kotor atau tidak pantas.
  • Dilarang memakai gaya bahasa/saling menyinggung , menyerang, memprovokasi, atau melakukan perdebatan yang diluar jalur dari topic yang dibicarakan (Out Of Topic atau OOT).
  • Perhatikan etika dan hormati orang - orang dan tulisan di forum ini.

Ketentuan Diskusi Agama:

  • Dilarang asal menuduh sebuah pengajaran salah, tanpa memberikan dasar argumen yang valid.

Mengingat pula bahwa member ini sudah sering kali di-banned dengan alasan yg sama (Miyabi=Tonopauli=Alvazez), mohon para moderator mengawasi dan bertindak tegas.
Terima kasih.

Bukankah saya sedang menjelaskan pada rekan-rekan Katolik dan Protestan disini untuk tidak terpancing dengan segala usaha untuk membodohi jemaat?

Apakah kalau jemaat memahami Alkitab dapat disebutkan sebagai tindakan membuat kerusuhan?

Selama ini justru saya berulang kali menasihatkan St. Yopi untuk tidak menghembuskan ide atau isue permusuhan dan perpecahan. Kenapa sekarang justru anda bukannya menasihati St. Yopi tapi justru bermaksud buruk karena saya mengutip Alkitab?

Mungkin anda sendiri yang menutup mata dengan kenyataan kalau saya harus menasihatkan St. Yopi berulang kali agar jangan OOT dan mengaburkan topik diskusi demi tujuan tertentu.

Selama ini saya selalu menyertakan ajaran sah dari bapa gereja Katolik. Kecuali saya tidak mengutip atau sekedar mengarang dongeng nenek tua bertato barulah anda boleh menuduh saya tidak menyertakan bukti yang valid.

Selain itu juga, saya selalu menyertakan koment St. Yopi yang menjadi dasar argumen saya mengenai pertanyaan apakah tujuan sebenarnya dari St. Yopi.

bukan, Tuhan menyuruh kita melaksanakan moe… :slight_smile:

beda konteks…

nah kalau itu ada kok yg lisan…

2 Tesalonika 2:15
Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.

Bahkan Anda sendiri tidak memahami maksud dari kata2 Anda “ajaran sah dari bapa gereja katolik”.

Aku tanya sekarang, bisakah Anda tunjukkan, dari naskah/dokumen mana ajaran bapa2 gereja yg Anda sebut2 itu? Kapan dan di mana ajaran tersebut disampaikan kepada umat GKR? Apakah Anda tahu level dari pengajaran itu, apakah dogma, doktrin, ataukah doktrin yg dikukuhkan sebagai dogma? Atau… Anda masih tidak tahu apa beda dogma/doktrin/disiplin/devosi dalam GKR? Silakan Anda berkunjung ke sini untuk lebih jelasnya.

Sekarang tolong Anda buktikan, satu saja dari sekian banyak “bukti2” yg telah Anda berikan seperti di sini:

Siapa bapa GKR yg mengajarkan seperti yg Anda tuliskan mengenai icon tersebut? Dalam naskah/dokumen apa ajaran tersebut tertuang? Kapan dan di mana diajarkan? Bisakah Anda berikan satu saja referensi (entah website atau buku) yang berasal dari sumber netral (kalo Anda tidak bisa / tidak mau mengutip dari sumber katolik)?

Sejauh yg aku amati, Anda hanya mengatakan bahwa kutipan2 Anda tersebut berasal dari ajaran bapa2 gereja katolik, tapi tidak ada bukti valid yg mendukung klaim Anda. Bahkan sering kali referensi2 Anda hanya berasal dari website2 yg memang mendiskreditkan GKR.

Apakah memang ini yg Anda maksud sebagai “bukti valid” Anda?

Silahkan baca komentar sebelumnya dari pernyataan Nemo dan St. Yopi yang mengatakan Alkitab tidak pernah diperintahkan oleh Allah untuk ditulis. Juga perhatikan ajaran Nemo bahwa ajaran yang terutama adalah Tradisi Lisan para Paus, BUKAN Alkitab.

Bahkan Tradisi Lisan TIDAK DAPAT diuji oleh Alkitab karena Tradisi Lisan TIDAK MUNGKIN SALAH b[/b].

Lihat juga ajaran Paus yang bukan saja SALAH tapi malah BERTENTANGAN dengan yang tertulis dan diajarkan oleh Yesus dan para rasul muridNya.

Terima kasih sudah menunjukkan bagaimana pengaruh ajaran Tradisi Lisan yang Infallible dan memiliki otoritas lebih tinggi dari Alkitab sehingga harus memutarbalikkan Firman Tuhan sedemikian rupa untuk membenarkan “Tradisi Lisan”.

Bolehkan yang dilakukan oleh mereka ini digolongkan sebagai usaha untuk membodohi umat Katolik?

Silakan ditunjukkan ajaran mana yg bertentangan dengan ajaran YESUS dan muridNya.
Tahukah Anda ajarannya Paus yg mana yg bisa dikatergorikan sebagai infalible? Bahkan doktrin yg diajarkan oleh Paus itu tidak serta merta infalible. Nah lho… perhatikan kalimat ini, doktrinnya aja tidak infalible lho. Anda pasti bingung dan belum pernah mendengar hal ini bukan?

Silakan Anda buktikan dan pertanggungjawabkan pernyataan Anda ini. Ajaran paus yg mana, yg dikeluarkan secara ex-cathedra, yg bertentangan dengan ajaran YESUS, seperti yg Anda tuduhkan ini!

Bolehkan yg dilakukan oleh Miyabi ini digolongkan sebagai usaha pembodohan utk mereka yg belum mengenal gereja katolik?
Wong Miyabi aja ga ngerti teologi GKR, kok bisa2nya bilang ajaran2 GKR salah? Siapakah Miyabi ini sehingga lebih infalible daripada sebuah GEREJA? :smiley:

@miyabi

Terima kasih sudah menunjukkan bagaimana pengaruh ajaran Tradisi Lisan yang Infallible dan memiliki otoritas lebih tinggi dari Alkitab sehingga harus memutarbalikkan Firman Tuhan sedemikian rupa untuk membenarkan “Tradisi Lisan”.

Menurut anda, Alkitab perjanjian baru (Injil) itu awalnya adalah tertulis atau lisan bro?

Bolehkan yang dilakukan oleh mereka ini digolongkan sebagai usaha untuk membodohi umat Katolik?

Boleh tahu siapa yang anda maksud dengan ‘mereka’ di kalimat di atas itu?
Umat Katolik yang mana yang ‘dibodohi’ oleh ‘mereka’ itu ?

Thanks

Saya kebetulan belum mendaftar apa-apa saja ajaran yang sifatnya ex-cathedra atau yang lain. Apakah selama ini semua diskusi sudah menjadi sia-sia karena ajaran yang dipertanyakan selama ini tidak ex-cathedra sifatnya?

Jadi kalau sudah ada salah pengajaran yang diberikan kepada umat, maka tinggal bilang “kan bukan ex-cathedra itu”? salah sendiri umat bloon mau ikutan

Justru karena saya belum mengerti itulah maka saya bertanya? apakah karena saya bertanya dan menemukan yang tidak sesuai dengan Alkitab maka hal itu menjadikan saya infalible? atau harus menjadi manusia infalible baru boleh bertanya?

Dan ketika bertanya, apa yang dilakukan oleh St. Yopi dkk? benar-benar tindakan pembodohan dan pendunguan. Ini padahal belum di situs Katolik. Jelaslah kalau di situs Katolik, yang mereka lakukan bakal lebih jauh lagi.

Lol… Anda ini benar2 lucu.
Wong membedakan mana yg merupakan ajaran ex-cathedra atau bukan saja Anda tidak tahu, kok bisa2ny bilang:
“Selama ini saya selalu menyertakan ajaran sah dari bapa gereja Katolik.”

Diskusinya menjadi sia2 karena Anda menuduhkan ajaran2 yg sesat sebagai ajaran GKR, padahal pada hakekatnya Anda sendiri tidak tahu apa yg dimaksud dengan ajaran GKR. :smiley:

Ajaran ex-cathedra adalah ajaran dogma, ajaran yg mutlak harus diterima oleh umat GKR sebagai Firman Allah karena memuat ajaran pokok iman dan moral. Silakan Anda tunjukkan jika Firman Allah dalam dogma GKR itu mengandung kesesatan!

Orang kalo bertanya itu selalu mengajukan pertanyaan dengan itikad baik, bukan dengan fitnah2 dan menyebarkan ajaran2 sesat yg diakukan sebagai ajaran GKR.
Kalo orang bertanya, jika sudah dijawab, normalnya pasti berusaha untuk mengerti jawabannya, jika memang belum mengerti, baru ditanyakan lebih lanjut.

Lah silakan dilihat bagaimana cara Anda bertanya selama ini? Dikasih penjelasan, bukannya mencoba dimengerti, tapi malah makin nyolot, ngotot bahwa pemahamannya itulah yg benar. Ketika ditanya dasar2 dan bukti2 dari argument2nya, dengan entengnya menyuruh utk cari sendiri.
Inikah yg Anda maksudkan dengan “Anda sedang bertanya”?

Kalo yg Anda serang adalah Yopi dkk, aku tidak akan ambil pusing.
Tapi yg Anda serang adalah GKR. Anda menyebarkan fitnah bahwa GKR mengajarkan ajaran2 sesat seperti mengganti Yesus dengan Maria, Maria mengiming2in Yesus dengan payudaranya, etc etc.

Silakan intropeksi diri juga, jangan menuding terus ke orang lain!

Kitab suci adalah ajaran yg dituliskan.

yesus mengajar lisan, yesus tidak menulis. jadi ajaran Yesus itu diterima LISAN oleh muridnya… so, kenapa bisa jadi tertulis seperti sekarang ini? banyak sumber yg bisa baca untuk tambah wawasan anda… :slight_smile:

Semoga ayat berikut bisa menyadarkan Katolik:

1Kor. 4:6 Saudara-saudara, kata-kata ini aku kenakan pada diriku sendiri dan pada Apolos, karena kamu, supaya dari teladan kami kamu belajar apakah artinya ungkapan: “Jangan melampaui yang ada tertulis”, supaya jangan ada di antara kamu yang menyombongkan diri dengan jalan mengutamakan yang satu dari pada yang lain.

39 + 27 ya?

dasarnya apa 39 + 27 ?

Menyadarkan? Emangnya katolik tidak sadar ya? Atau jangan2 menurut Anda katolik itu salah? Emang Anda ini lebih benar dan lebih infalible dari katolik tho?
Bukankah menurut sola scripturist seperti Anda ini, tidak ada seorangpun yang infalible dalam menafsirkan alkitab? Apakah tafsiran Anda akan ayat: “jangan melampau yg tertulis” itu sudah pasti benar, sampai2 Anda merasa berotoritas untuk menyadarkan katolik?

Semoga ayat ini bisa menjadi renungan juga untuk Anda:

2 Tes 2 : 15 “Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.”

Ya, 1Kor 4:6 mengatakan jangan melampaui yang ada tertulis BUKAN jangan melampaui Alkitab.

Yoh 21:25 : masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat YESUS, tetapi jikalau semua itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak memuat semua kitab yang harus di tulis itu.

Di Alkitab tidak ada dituliskan bahwa terhitung sejak Alkitab dikanon-dibukukan, maka semua Firman Tuhan/yang dilakukan YESUS yang tidak masuk/tertulis dalam Alkitab tidak berlaku lagi.