JESUS : "THE FIRST AND THE LAST ADAM"

YESUS “THE LAST ADAM”

“Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat."

Ada banyak kemiripan dari posisi Adam dan YESUS dalam Alkitab, sehingga timbul pertanyaan, “Mungkinkah YESUS adalah re-inkarnasi Adam?”

“Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap!”

Saya sadar bahwa pemahaman di bawah ini bukan seperti yang sudah anda dengar sebelumnya, baik dari ajaran gereja maupun dari theologi Kristen yang sudah ada. Namun pemahaman ini bukan sama sekali tidak berdasar, namun berdasarkan Alkitab baik yang tersurat maupun yang tersirat. Hanya bagi yang mau membuka pikiran saja yang akan bisa mengerti maksudnya, ini bukan untuk mereka yang terlanjur tenggelam dalam doktrin2 gereja dan mengesampingkan akal budinya untuk membaca Alkitab.

Allah menciptakan sepasang manusia dengan maksud mereka akan berkembang biak menjadi banyak dan memenuhi kembali bumi dengan keturunan mereka. Jadi Adam yg merupakan cikal bakal/master dari seluruh manusia di bumi. Dan seperti di katakan dalam kitab Kejadian bahwa Adam telah makan buah pengetahuan baik dan jahat sehingga nature sebagai manusia menjadi rusak. Adam adalah “Master/template of human race”, dan jika master/template itu rusak maka turunannya akan mewarisi kondisi itu.

Notes: Dalam kepercayaan Yahudi Kabalah kuno, manusia di sebut sebagai “Adam Kadmon” :
“Adam Kadmon” is an ancient qabballistic word for “universal man.” It is the template or design for the human being.

Ingat bahwa BUKAN Tuhan yang telah “mematikan” manusia (Adam) dari semula, tapi karena efek/power dari buah pengetahuan baik dan buruk itu, Tuhan sudah memberitahukan sebelumnya akan akibat yang dapat di timbulkan jika Adam makan buah itu. Buah pengetahuan itu memang nantinya akan di berikan kepada Adam jika saatnya tiba (baca disini), yaitu setelah pohon kehidupan berbuah dan kedua buah itu akan di berikan kepada Adam. Namun sebelum saatnya tiba, Adam telah melanggar perintah dan makan buah pengetahuan baik dan jahat, sehingga akibatnya adalah “kematian”(bukan arti literal) baginya dan seluruh keturunannya. Sehingga kondisi saat itu adalah : “Adam memiliki pengetahuan baik dan jahat namun tidak mampu berbuat yg baik, karena saatnya belum tiba dan ia belum menerima buah dari pohon kehidupan (KRISTUS).” Kondisi seperti inilah yang di sebut dengan “Mati” rohani, yaitu "tidak dapat berbuah baik”.

Jika seseorang membawa gen penyakit turunan, maka untuk membebaskan keturunannya kelak dari penyakit tsb adalah dia sendiri harus terbebas dari penyakit tsb (genetical). Begitu juga Adam, walaupun dia menyesal namun akibat langsung dari makan buah tersebut tidak begitu saja hilang, karena manusia jatuh dalam kuasa iblis. Satu-satunya cara adalah Adam harus menebus akibat dari perbuatannya (untuk bebas dari tuntutan pelanggarannya). Untuk alasan itulah Adam datang kembali menjadi manusia dalam YESUS untuk menebus tuntutan pelanggaran yang di lakukannya. Yaitu dengan mencurahkan darahnya dan memberikan nyawanya di kayu salib! (membayar tuntutan) dan di saat yang sama Ia di katakan telah menebus dosa manusia (Adam=Man=manusia). Kematiannya menghapuskan hutang/tuntutan atas pelanggaran Adam serta mengalahkan kuasa maut dan sekaligus memungkinkan umat manusia untuk memperoleh kekudusan dan menjadi “in His likeness” (bukan sekedar in His image) seperti maksud Allah semula dalam penciptaan (Kej 1:26). Itu tidak lain karena kuasa yg di berikan Allah kepadaNya atas “Pohon kehidupan”!!! Yang tidak lain adalah KRISTUS!(bedakan dgn YESUS!)

Kematiannya menghapuskan hutang/tuntutan atas pelanggaran Adam

Sengat maut telah di kalahkan, dan keadaan menjadi berubah, dimana manusia tetap memiliki pengetahuan baik/jahat namun menjadi telah tersedia pula baginya “buah dari pohon kehidupan” yang memampukan manusia untuk hidup dalam beban pengetahuan baik dan jahat sehingga manusia “dapat berbuah baik”.

- YESUS di sebut sebagai “THE LAST ADAM” dan dalam kuasa KRISTUS yg di milikiNya Ia di sebut sebagai roh yang memberi hidup. (Bekuasa untuk menghidupkan)

1 Cor. 15:22-23
“For as in Adam all die, so in CHRIST all will be made alive.”
1 Cor 15:45 “The first man Adam was made a living soul; the last Adam was made a quickening spirit.”

Rev. 1:17, Rev 1:11 , Rev 22:13, JESUS says : “I am the First and the Last.”, maksudnya adalah bahwa Dialah “THE FIRST ADAM dan DAN THE LAST ADAM”!!.

- JESUS adalah image dari Allah yang tidak kelihatan, begitu juga Adam di ciptakan dalam image Allah.

Adam : "Then God said, “Let us make man in our image, in our likeness.” (Gen. 1:26)
JESUS : “Who is the image of the invisible God, the first-born of every creature” (Col. 1:14-15)

- YESUS “KRISTUS” adalah kepenuhan dari maksud Tuhan dalam penciptaan (Adam), yaitu “in His image and likeness”.

JESUS = “All the fullness of deity in bodily form.” (Col. 2:9)

Romans 5:14, KJV Nevertheless death reigned from Adam to Moses, even over them that had not sinned after the similitude of Adam’s transgression, who is THE FIGURE of him that was to come.”

Figure = Sosok, Adam tidak lain adalah sosok YESUS.(sosok yg sama)

- Baik Adam maupun YESUS di sebut sebagai penguasa (RULER) dari segala ciptaan :
Adam : “Be fruitful and increase in number; fill the Earth and subdue it. RULE over the fish of the sea and the birds of the air and over every living creature that moves on the ground.” (Gen. 1:28)

JESUS: “These are the words of the Amen, the faithful and true witness, THE RULER of God’s creation.” (Rev. 3:14)

- Melalui ketidaktaatan satu orang maka umat manusia telah menjadi pendosa, dan melalui ketaatan satu orang itu pula manusia akan di benarkan (orang yang sama!!) :

Roma 5:17, TB.“Sebab, jika oleh dosa [b]satu orang /b, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu YESUS KRISTUS.”

Ayat di atas menggambarkan bahwa "kerusakan"yang di timbulkan oleh Adam akan di “restore” oleh YESUS melalui urapan KRISTUS.
Kematian “The Last Adam” di kayu salib adalah untuk membayar hutang pelanggaranNya dalam Adam, sedangkan kebangkitanNya dalam kuasa KRISTUS adalah untuk menjadikan “buah dari pohon kehidupan” tersedia bagi manusia untuk mengobati kerusakannya.

Wahyu 2:7
“Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus Allah.”

Sampai disini saya harap bisa menangkap maksud tulisan ini, bahwa sebenarnya Manusia YESUS tidak lain adalah bapa leluhur kita, Adam!, yang datang kembali sebagai manusia YESUS untuk “menebus” dan di beri kuasa “KRISTUS” untuk memperbaiki apa yang secara tidak sengaja telah di rusaknya dengan peristiwa di taman Eden.

GBU

Hikmat yang ada dibalik tulisan saudara di atas adalah sesuai dengan pernyataan Yesus berikut ini:

Yoh. 8:58 Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.”

“Pohon Kehidupan” dalam Kej.2:9 itulah yang dimaksudkan Yesus dalam pernyataan-Nya: “Aku telah ada”

Salam,

Ok bro,

Anda menafsirkan Yesus sbg “pohon kehidupan” dalam Kej 2:9, namun Yoh. 8:58 bisa juga merujuk kepada Adam yang sudah ada sebelum Abraham.

Dalam pemahaman saya bahwa yg di maksud “pohon kehidupan” adalah “Kristus”, dan bukan manusia Yesus.

Untuk itu kita harus sependapat dulu bahwa :

  1. “YESUS” beda dgn “KRISTUS”
  2. YESUS adalah “The Son of God”, dan bukan Allah Bapa sendiri. Sebutan yg sama untuk manusia yg memiliki roh Allah dalam dirinya.
  3. Yesus sbg manusia baru ada setelah di lahirkan oleh Maria, sedangkan KRISTUS sudah ada before the foundation of the world.

Pohon kehidupan itulah yg di kuasakan kepada Yesus untuk di berikan kpd mereka yg “menang” sebagai penggenapan maksud Allah dalam menciptakan manusia (in His likeness).

Wahyu 2:7 “Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, dia [u]akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus[/u] Allah.”

“Pohon” itu tidak menyatu dgn Yesus tapi ada dalam kuasa Yesus.

Wahyu 22:2 “Di tengah-tengah jalan kota itu, yaitu di seberang-menyeberang sungai itu, ada pohon-pohon kehidupan yang berbuah dua belas kali, tiap-tiap bulan sekali; dan daun pohon-pohon itu dipakai untuk menyembuhkan bangsa-bangsa.”

Apakah ayat di atas menunjukkan bahwa Pohon kehidupan adalah Yesus? Ataukah Kristus? Alasannya?

Saya mengundang rekan2 di sini yg berpikiran kritis dan terbuka untuk ikut menguji dan mengkritisi pengertian saya dlm topik ini.

GBU

Menurut saya sih ok-ok saja kalau saudara mau memahami-Nya seperti itu; tetapi buat saya, Yesus adalah Kristus dan Kristus adalah Yesus.

Sebab menurut pengertian Petrus, Ia (Yesus) sudah ada dari sebelum dunia dijadikan.

1Ptr. 1:20 Ia telah dipilih sebelum dunia dijadikan, tetapi karena kamu baru menyatakan diri-Nya pada zaman akhir.
1Ptr. 1:21 Oleh Dialah kamu percaya kepada ALLAH, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati dan yang telah memuliakan-Nya, sehingga imanmu dan pengharapanmu tertuju kepada ALLAH.

Salam,

Manusia YESUS adalah sosok INKARNASI Sang Firman, bukan sosok RE-INKARNASI Adam, dan Sang Firman itu bukanlah Adam, Sang Firman itu ada bersama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Salam

1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Pada mulanya adalah (λόγος[logos]); (λόγος[logos]) itu bersama-sama dengan ALLAH (θεόν [theon]) dan Firman (λόγος[logos]) itu adalah ALLAH (θεὸς [theos]).

Apa dasar logikanya kemudian sehingga ayat itu dijadikan dasar pemahaman bahwa ALLAH-lah yang berinkarnasi menjadi manusia?
Sedangkan Injil Yohanes dengan jelas mengatakan bahwa Firman itulah yang telah menjadi manusia (Yoh.1:14).

Jika Firman ALLAH itu dipahami hanya sebagai logos saja, maka dapat diterima alasan pemahaman yang mengatakan ALLAH berinkarnasi menjadi manusia.

Tetapi yang saya tahu dan saya mengerti adalah bahwa Firman ALLAH itu hidup dan penuh kuasa… Di ayat ketiga, Yohanes menggambarkan betapa kuasanya Firman itu sehingga Ia menjadikan segala sesuatu, masakah Ia tidak dapat menjadi manusia? … Bisa saudara jelaskan, kenapa?

Salam,

Firman Allah.

Firman adalah Sabda

Sabda adalah Kata

Kata saya anda ini seorang pria

Kata siapa?

Lho kan saya bilang kata saya.

Hey, yang berkata itu sebenarnya si kata apa si saya?

:slight_smile:

Di dalam kebudayaan Jawa, ada istilah sabdo pandhito ratu, yang artinya apapun yang diucapkan sang raja pasti terlaksana.

Perlu dipahami bahwa yang membuat segala sesuatu terlaksana itu bukan ucapan, melainkan bawahan sang raja yang melakukan ucapan/titah sang raja.

Dalam bahasa Arab ada istilah : Kun wayakun – Jadi, maka jadilah

Jadilah bumi – maka jadilah bumi — cukup dg ucapan dan ucapan itu yg melaksanakan, tidak perlu bantuan siapapun

Firman jadi manusia, jadilah Dia sbg manusia

Ketika Firman ini menjadi manusia, apakah Allah menjadi bisu?

Tentu saja tidak :slight_smile:

Bukan soal bisu atau tidak bisu…

Saudara mengatakan bahwa apabila ALLAH berkata: “Jadi” maka jadilah.

“Jadi” bumi maka jadilah bumi…
“Jadi” manusia maka jadilah manusia…

Sekarang pertanyaan saya:

Apakah bumi itu ALLAH?.. Apakah manusia itu ALLAH?

Salam,

YESUS itu bukan adam…

kalau tepatnya menurut saya identitas YESUS dalam alkitab ditulis sbb :
2:6 Sungguhpun demikian kami memberitakan hikmat di kalangan mereka yang telah matang, yaitu hikmat yang bukan dari dunia ini, dan yang bukan dari penguasa-penguasa dunia ini, yaitu penguasa-penguasa yang akan ditiadakan. 2:7 Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita.

arti dari rahasia ALLAH atau hikmat yang tersembunyi mempunyai satu pengertian …
bahwa salah satu karakter ALLAH dan hikmat ALLAH yg tersembunyi yang adalah ALLAH yang adalah kasih itu tidak ada yang tahu tanpa ALLAH menyatakan…hal itu tesembunyi utk semua ciptaanNya…

dan dinyatakan dalam YESUS KRISTUS…yang adalah bagian dari ALLAH…atau ALLAH yang bersama2 dengan ALLAH yang adalah ALLAH…atau lebih tepatnya adalah salah satu dari Kita yang disebut dalam kitab kejadian…

buktinya :

3:8 Kepadaku, yang paling hina di antara segala orang kudus, telah dianugerahkan kasih karunia ini, untuk memberitakan kepada orang-orang bukan Yahudi kekayaan KRISTUS, yang tidak terduga itu, 3:9 dan untuk menyatakan apa isinya tugas penyelenggaraan rahasia yang telah berabad-abad tersembunyi dalam Allah, yang menciptakan segala sesuatu, 3:10 supaya sekarang oleh jemaat diberitahukan pelbagai ragam hikmat Allah kepada pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa di sorga, 3:11 sesuai dengan maksud abadi, yang telah dilaksanakan-Nya dalam KRISTUS YESUS, Tuhan kita.

oleh jemaat/gereja dinyatakan/ disaksikan…bahwa ALLAH adalah kasih…
ttg karakter ALLAH yang adalah kasih…
atau ditulis dalam alkitab… pelbagai ragam hikmat ALLAH (sisi karakter ALLAH / sisi ALLAH yang tersembunyi /rahasia ALLAH yang tersembunyi itu di dalam KRISTUS )…dan dinyatakan pada siapa ???
kepada pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa di sorga…

kalau menurut bro di atas…bahwa penciptaan dan pemberontakan manusia adalah suatu kesalahan/kegagalan dalam rancangan ALLAH ( ALLAH kecolongan oleh kesalahan manusia/pemberontakan manusia )…maka…secara tdk langsung bro menyatakan ALLAH itu tidak maha tahu…
salah satu sifat ke eksistensian ilahi dalam diri ALLAH…adalah maha tahu…karena itu ALLAH disebut ALLAH…

Rm 11:32
Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua.

apa itu kemurahanNya yaitu anugerah ALLAH dalam sisi ALLAH di dalam YESUS KRISTUS…

menurut saya KRISTUS adalah ALLAH dan pelbagai hikmat ALLAH yang tersembunyi dalam ALLAH atau rahasia ALLAH yang tersembunyi dalam ALLAH…
rahasia itu bernama ALLAH adalah kasih…
yaitu ALLAH yang menggenapi firman dari ALLAH yang berfirman…
atau ALLAH yang mengasihi secara nyata yang keluar/timbul dari essensi ALLAH yang adalah kasih…
atau Yesus adalah kasih ALLAH yang adalah essensi ALLAH adalah kasih…

Kol 1:26
yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya.

1Kor 4:1
Demikianlah hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba KRISTUS, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah.

Kol 1:27
Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: KRISTUS ada di tengah-tengah kamu, KRISTUS yang adalah pengharapan akan kemuliaan

Luk 8:17

Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan diketahui dan diumumkan

bahasa yang lebih tepat menurut saya adalah…

pada mulanya adalah ALLAH…
ALLAH BAPA adalah ALLAH yang berfirman…
YESUS adalah ALLAH Anak yang menggenapi firman dari ALLAH BAPA…
atau YESUS adalah ALLAH yang keluar dari dalam ALLAH…
karena itu kita mengenalnya sbg : ALLAH BAPA didalam Tuhan kita Yesus Kristus…atau yang kita sebut Tuhan ALLAH…

Kristus memang sudah ada before the foundation of the world, dan perhatikan bahwa dari semula Kristus sesungguhnya bukan cuma di tujukan untuk Yesus seorang saja tapi bg seluruh umat manusia mulai dari Adam (Eph 1:4). Dan perhatikan juga bahwa Paulus scr konsisten membedakan penggunaan “Jesus Christ” dan “Christ Jesus” untuk menjelaskan 2 aspek yg berbeda. Jesus Christ => Son of Man/aspek manusia, sedangkan Christ Jesus => Son Of God/aspek Spirit!
Jesus di samping “Yang di urapi” (JC), Dia juga “Yang berkuasa mengurapi” umat manusia (CJ)

Jika anda melihat injil kembali, maka anda akan menemukan pengertian bahwa :

  • Kita bukanlah “Body Of Jesus”, melainkan “Body Of Christ” .(1Co 12:27 , Eph 4:12)
  • Bukan Yesus yg hidup dalam diri anda, tapi “Kristus!” (spirit)
  • Jesus is my Lord, and Christ is my God.

Mungkin dari ayat2 di bawah ini bisa terlihat perbedaannya (saya tidak mengutip versi LAI, karena kacau balau penggunaan antara Jesus Christ dgn Christ Jesus)

Paul, an apostle of Jesus Christ by the will of God, according to the promise of life which is in Christ Jesus (2 Tim 1:1)

Paul, an apostle of Jesus Christ by the will of God, to the saints which are at Ephesus, and to the faithful in Christ Jesus: (Eph 1:1)

Paul and Timotheus, the servants of Jesus Christ, to all the saints in Christ Jesus which are at Philippi, with the bishops and deacons: (Phil 1:1)

To the church of God which is at Corinth, to them that are sanctified in Christ Jesus, called to be saints, with all that in every place call on the name of Jesus Christ our Lord, both their’s and our’s: (1 Cor 1:2)

Secara singkat dapat saya artikan bahwa :

Jesus Christ = Yesus yg di urapi (Man)
Christ Jesus = Urapan dari Yesus untuk umat manusia.(Spirit)

Referensi : http://www.removethemud.com/jesus_vs_christ.htm

Mudah2an ga bingung ya bro.

GBU

Anda rupanya kurang jeli/cermat

Saya tulis :

Jadilah bumi -- maka jadilah bumi --- cukup dg ucapan dan ucapan itu yg melaksanakan, tidak perlu bantuan siapapun

Jelas berbeda dengan yang ini

Firman jadi manusia, jadilah Dia sbg manusia

Ketika Firman ini menjadi manusia, apakah Allah menjadi bisu?

Yang satu :

Firman menjadikan sesuatu

Yang kedua :

Firman menjadi sesuatu

Salam

jika Fungsi Yesus hanya sebagai the last Adam… atau dr bahasan bro Simonzes bisa disimpulkan Adam memperbaiki kesalahan masa lalunya…

lalu, apa maksudnya Yesus meminta ‘Penolong yang lain’ pada Bapa?

John 1:1-3
“In the beginning was the Word, and the Word was with God, and the Word was God.

Saya melihat ini simple saja : “Tuhan berfirman”, jangan lalu di pisahkan antara “Word” dan “ God”. Ini bicara mengenai saat penciptaan oleh Allah, bahwa saat itu Allah telah berfirman!

The same was in the beginning with God.
Ya, memang Firman itu selalu bersama Allah, sampai saatnya Firman itu hidup dalam Anak Manusia, dan Allah tidak lagi berfirman seperti sebelumnya (Filipi 2:7)
Yg perlu di sepakati adalah, kapan Firman itu di katakan menjadi manusia? Saat Yesus lahir? Ataukah saat Yesus di baptis dan roh Allah turun ke atasNya?

All things were made by him; and without him was not any thing made that was made.
Ya, segala sesuatu memang “dijadikan” oleh Allah dgn berfirman :
Kej 1:
3 Berfirmanlah Allah: “Jadilah terang!”,
6 Berfirmanlah Allah: “Jadilah cakrawala
9 Berfirmanlah Allah: “Hendaklah segala air
13 Jadilah petang dan jadilah pagi
14 Berfirmanlah Allah: “Jadilah benda-benda penerang
26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia

Jadi, saya bisa simpulkan bahwa ayat di atas sama sekali tdk sedang berbicara mengenai Yesus “the Son of Man”, tapi tentang Allah!

Dan menurut saya Yesus di sebut sbg “firman Allah yg hidup” bukan karena Ia inkarnasi dari Firman, tapi karena ia mendapatkan kuasa itu dari Allah saat di baptis (Roh Allah turun ke atasNya). Jadi sesuatu yg ditambahkan dalam Anak Manusia, sehingga Ia di sebut juga The Son Of GOD!

GBU

Maksudnya/hubungannya penolong lain gimana bro?

The Last Adam memperbaiki masa lalunya sekaligus memperoleh kuasa untuk menggenapkan maksud Allah semula atas manusia, yaitu manusia “became in His likeness”, (Ingat, Adam baru di ciptakan in His image, blum in His likeness (Kej 1:27).

Jadi di samping memperbaiki, Dia juga menggenapi manusia.

Judulnya saya revisi dikit…

GBU

Gak bro… saya gak bingung :smiley:

Apa yang saudara jelaskan di atas memang benar bahwa “bukan hanya” Yesus seorang saja yang Kristus, tetapi semua orang bisa menjadi Kristus (spirit) dengan memiliki Pikiran-Nya. (pikiran Kristus).

Tetapi menurut saya, secara jasmani Yesus adalah sosok sejati dari Kristus itu sendiri; Oleh sebab itu saya katakan Yesus adalah Kristus dan Kristus adalah Yesus.

Salam,

Bro rayzzzz , panjang amat ya?

Penjelasan anda lebih kepada Kristus, bukan Yesus, saya bicara mengenai Jesus, Anak Manusia., bukan Jesus “The Son of God”.

Silahkan baca dulu di sini perbedaanya JESUS : "THE FIRST AND THE LAST ADAM" - Pendalaman Alkitab - ForumKristen.com

Tentang Allah kecolongan? Ya mungkin bisa di bilang begitu, saya memegang pandangan bahwa God’s omniscience is inherent rather than total.

Matius 21:33 “Dengarkanlah suatu perumpamaan yang lain. Adalah seorang tuan tanah membuka kebun anggur dan menanam pagar sekelilingnya. Ia menggali lobang tempat memeras anggur dan mendirikan menara jaga di dalam kebun itu. Kemudian ia menyewakan kebun itu kepada penggarap-penggarap lalu berangkat ke negeri lain.”

GBU

Apa bedanya menurut saudara antara pengertian:

Yes. 55:11 demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.

Dengan pengertian ini:

Yoh. 1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Salam,

maksud saya itu Roh Kudus… krn bagi anda, dalam hal tubuh itu Yesus dan dalam Spirit itu Christ… so, apa maksud Yesus meminta Roh Kudus dicurahkan ke dunia?

Syukur kalo ga bingung, wong saya aja bingung kok… :smiley:

Apa yang saudara jelaskan di atas memang benar bahwa "bukan hanya" YESUS seorang saja yang KRISTUS, tetapi semua orang bisa menjadi KRISTUS (spirit) dengan memiliki Pikiran-Nya. (pikiran KRISTUS).
Agree, lebih tepatnya memiliki roh kristus.
Tetapi menurut saya, secara jasmani YESUS adalah sosok sejati dari KRISTUS itu sendiri; Oleh sebab itu saya katakan YESUS adalah KRISTUS dan KRISTUS adalah YESUS.

Sebenarnya saya mengharapkan argumen dari pendapat anda itu bro, kl ga keberatan lho… :slight_smile:

  • Apakah Kristus sejak sebelum penciptaan sudah memiliki form jasmani bro? Menurut saya jasmani tdk terlalu penting, yg di bawa Yesus dari Adam adalah "soul"nya, bukan badan ataupun rohnya yg sudah “mati” itu. Karena setiap orang yg sudah mati tetap memiliki soul-nya.

GBU