Jiwa beda dengan roh ?

[i]Ibr. 4:12 Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

Mzm. 44:25 (44-26) Sebab jiwa kami tertanam dalam debu, tubuh kami terhampar di tanah.

Pkh. 12:7 dan debu kembali menjadi tanah seperti semula dan roh kembali kepada Allah yang mengaruniakannya.[/i]

kk cc om tante, wa ingin tau bedanya roh dan jiwa pleaseee:

  1. fungsi dan peran ‘jiwa’ apa saja ?
  2. fungsi dan peran ‘roh’ apa saja ?
  3. esensi roh dan jiwa ntu apa ?
  4. kalau roh dan jiwa berbeda esensi… apakah setelah manusia meninggal, rohnya terpisah dari jiwa ?

makaci kk cc om tante… :angel:

  1. PEMBAGIAN MANUSIA

a. Dichotomi

Manusia batiniah → roh
Manusia lahiriah —> jiwa, tubuh

2 kor 4 : 16 Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.

ef. 3 :16 Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh Roh-Nya di dalam batinmu,

B .trichotomi

1 tes 5 : 23 Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Tubuh		benda kasar
Roh		        pribadi manusia yang sebenarnya
Nyawa		hidup bukan pribadi

Dalam banyak ayat, roh juga disebut dengan jiwa ( seperti dalam dunia sekuler)

mis. Mat. 16 : 26 Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?

JIWA MANUSIA

a. timbul waktu penciptaan / kebangkitan –

kej. 2 : 7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

luk 8 : 55 Maka kembalilah roh anak itu dan seketika itu juga ia bangkit berdiri. Lalu Yesus menyuruh mereka memberi anak itu makan.

hilang waktu mati

Pkh. 12 : 7 dan debu kembali menjadi tanah seperti semula dan roh kembali kepada Allah yang mengaruniakannya.

b. tumbuh2an dan binatang, tidak mempunyai roh, hanya mempunai tubuh dan nyawa = tubuh yang hidup.
Waktu hidup punya naluri / sifat, sehingga semua binatang / tumbuh2an sifatnya kurang lebih sama.
Waktu mati, semua lenyap, tidak bersambung dalkam dunia roh

ROH

1.PRIBADI KITA – BINATANG TIDAK PUNYA PRIBADI
2.waktu mati kembali ke bapanya Pkh 12 : 7
3. transfusi darah tidak ada roh, hanya tubuh dan jiwa.

Roh = nafas yg dihembuskan Allah > Kejadian 2:7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.
Jiwa = perasaan, keinginan, kasih sayang

Roh & jiwa dipisahkan ketika seseorg meninggal, semua yg berkenaan dgn jiwa sdh diambil (kecuali mereka yg akan masuk ke penghukuman)
oleh sebab itu dikatakan Tuhan Yesus : mereka seperti malaikat
Lukas 20:36 Sebab mereka tidak dapat mati lagi; mereka sama seperti malaikat-malaikat dan mereka adalah anak-anak Allah, karena mereka telah dibangkitkan.

Roh fungsinya untuk dpt berhubungan dgn Allah > Yohanes 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."
GBU

makaci iah kk paul dan cc jannet…

lalu… Tuhan Yesus Allah mengajarkan agar kita menyembah Bapa dengan roh dan kebenaran…

macam mana kita tau bahwa kita telah menyembah dengan roh atau dengan jiwa ?

BEDA ROH DAN JIWA.

Pengertian perbedaan roh dengan jiwa sangat penting, untuk dapat hidup berkenan kepada ALLAH dengan benar.

Manusia :

  • Dibagi 3 menjadi roh tubuh dan jiwa. 1 tes. 5 : 23 Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

  • Dibagi 2 menjadi manusia batiniah dan manusia lahiriah.
    Manusia batiniah = roh
    Manusia lahiriah = tubuh – jiwa.

     Tubuh – jiwa  adalah bentuk kehidupan binatang, sebab binatang hanya terdiri dari tubuh dan jiwa saja.
    

Orang berdosa yang tidak percaya Tuhan Yesus rohnya mati.
Istilah roh yang mati, bukan seperti tubuh manusia yang mati lalu lenyap – MENJADI ABU - bukan
Jadi tubuh jiwani, yaitu manusia yang rohnya mati dan hidupnya seperti binatang. Dikuasai nafsu nafsu binatang saja.
1 Kor 15 : 44 – 46 Yang ditaburkan adalah tubuh alamiah, yang dibangkitkan adalah tubuh rohaniah. Jika ada tubuh alamiah, maka ada pula tubuh rohaniah.
45 Seperti ada tertulis: “Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup,” tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan.
46 Tetapi yang mula-mula datang bukanlah yang rohaniah, tetapi yang alamiah; kemudian barulah datang yang rohaniah.

Tubuh jiwani = tubuh alamiah (TB) = tubuh nafsani (TL)
Kata alamiah ini kurang tepat, sebab kata ini berasal dari psychikos = jiwa, sebab itu lebih tepat disebut soulish body atau tubuh jiwani, yaitu tubuh seperti hewan, atau manusia yang rohnya mati.
Roh itu kekal. Roh yang mati berarti putus hubungan dengan Allah sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana seharusnya seperti yang dikehendaki Allah. Roh yang mati tetap ada, tidak hilang lenyap, ada, bahkan dapat dipengaruhi dan dikuasai setan.
Roh tetap ada, tetapi lemah, sebab hubungan dengan Tuhan itulah yang membuat roh itu “hidup” dan kuat sehingga bisa berfungsi dengan baik.

Manusia yang rohnya mati, rohnyua lemah, tidak ada kekuatan, tidak berdaya, ia ada dalam pengaruh tubuh dan jiwa saja seolah olah seperti binatang yang hanya hidup dengan tubuh dan jiwa saja.
Hidup seperti ini dihadapan Tuhan dianggap sama seperti binatang, karena memang ia hidup sepeerti binatang dengan gtabiat tabiat binatang (=daging) yang menonjol.

Bedanya dengan manusia yang tidak berdaya dengan binatang, hanyalah terletak pada inteleknya atau kebudayaannya, tetapi cara hidupnya hampir sama, yaitu hanya hidup menurut tubuh-jiwa, yaitu daging. Maz 49 : 13, 21, 2 Pet 2 : 12. Inilah hidup yang dikuasai tubuh-jiwa atau jiwa.
Selain itu tanpa Allah semua orang tetap menjadi milik setan dan dijajah setan, setan juga mendorong orang itu untuk hidup dalam dosa menurut hawa nafsunya.
Meskipun masih ada sisa sisa kemuliaan Allah di dalam roh nya Rom 3 : 23, misalnya belas kasihan, peri kemanusiaan, tetapi tidak cukup untuk mengalahkan keinginan daging atau keinginan tubuh-jiwa. Semua orang dosa, hidupnya dikalahkan oleh dosa dan hidupnya mengarah seperti binatang dalam satu atau beberapa segi.

Manusia yang sudah lahir baru, rohnya hidup dan mulai menguasai seluruh hidupnya. Dengan pertolongan ROH KUDUS, roh mulai mengatur hidup ini dan disesuaikan dengan FIRMAN TUHAN sehingga menjadi suatu hidup rohani dan memperkenankan TUHAN. Hidup seperti ini makin lama makin berobah menjadi SEPERTI KRISTUS. Inilah hidup yang dikuasai roh.
Jadi beda roh dan jiwa itulah beda kehidupan orang suci yang dipimpin roh (ROH) dan kehidupan orang dosa yang dipimpin jiwa.

Jadi didalam ROH terletak pribadi manusia, manusia batiniah yang bisa berfungsi membuat persekutuan dengan ALLAH.
PRIBADI ada didalam roh, tetapi identitas pribadi juga nampak dalam tubuh atau manusia lahiriah, sebab seluruh tubuh jiwa dan roh lekat menjadi satu, tidak bisa dipisahkan kecuali waktu mati atau pada waktu diangkat oleh ROH
Jiwa itu lekat pada tubuh dan berfungsi sebagai tubuh jiwa, inilah kehidupan orang berdosa yang rohnya mati. Yang tidak ada hubungan dengan ALLAH.
Keinginan daging = lust of flesh, inilah tabiat, keinginan tubuh jiwani.
Gal 5 : 16 Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.,
Ef. 2 : 3 Sebenarnya dahulu kami semua juga terhitung di antara mereka, ketika kami hidup di dalam hawa nafsu daging dan menuruti kehendak daging dan pikiran kami yang jahat. Pada dasarnya kami adalah orang-orang yang harus dimurkai, sama seperti mereka yang lain.

  1. Jiwa mempunyai fungsi : mind, emotion, will, tidak alkitabia, ini adalah pelajaran ilmu jiwa sekuler biasa. Banyak guru alkitab masukkan dalam pelajaran alkitab sehingga jiwa manusia itu dihargai sebagai satu pribadi. Yang memopunyai will dan mind emotion. Lalu tubuh jiwa dan roh adalah 3 pribadi dan masing masing mempunyai fungsi sendiri, tidak tepat. Setiap manusia merupakan 1 pribadi. Manusia adalah roh yang tinggal dalam tubuh (tubuh-jiwa). Allah adalah Roh tanpa tambahan lainnya. Tuhan Yesus adalah Allah yang menjadi manusia, sehingga Tuhan Yesus juga mempounyai tubuh seperti kita.
    Ibr. 10 : 5 dan sesudah bangkit IA memounyai tubuh kemuliaan dan ini mewnjadi contoh orang orang percaya.
    Pribadi kita ada di dalam roh, sebab manusia itu roh yang tinggal dalam tubuh jiwa, bukan tiga oribadi yang saling bertentangan.

  2. ALLAH TRINITAS itu seperti manusia yang terdiri dari 3, salah.
    Allah trinitas adalah 3 pribadi, tetapi manusia hanya 1 pribadi, meskipun terdiri dari tiga bagian yang melekap menjadi satu.

  3. Manusia

  • Trichotomi 1 Tes 5 : 23, Ibr. 4 : 12
  • Dichotomy ayub 32 : 8, 1 kor 2 : 11, 6: 20 Yak. 2 : 26

Biasanya kita berdoa hanya melibatkan tubuh & jiwa/perasaan saja
Cirinya kalau melibatkan roh maka terasa bisa nyambung, bisa mengalir, ada sukacita
GBU

makaci cc jannet dan kk paul.

Tuhan Yesus memberkati.

:angel: