Jubir GKI Yasmin : SBY Tak Pernah Penuhi Janjinya

Jubir GKI Yasmin : SBY Tak Pernah Penuhi Janjinya

Juru Bicara GKI Yasmin Bona Sigalingging menyatakan bahwa masih bergulirnya kasus GKI Yasmin tanpa ada langkah tegas dari pemerintah membuktikan bahwa presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak pernah memenuhi janjinya, seperti yang diucapkannya pada Desember 2011 untuk segera bertindak secara langsung jika bawahannya tidak dapat menyelesaikannya.

Bona menceritakan kembali hal itu disela-sela aksi jemaat GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia yang melakukan ibadah disebereng Istana Merdeka Jakarta, Minggu (1/9). Menurut Bona, dalam pertemuan antara Presiden dengan PGI dan pendeta-pendeta dari Papua Desember 2011 itu, SBY memastikan bahwa kasus GKI Yasmin akan diselesaikan secara hukum dan dirinya akan turun tangan jika para bawahannya tidak dapat menyelesaikannya.

“Ternyata janji dari presiden di Desember 2011 itu tidak pernah dipenuhi sampai dengan saat ini. Saya juga tidak mengerti, padahal dia (SBY) punya dasar hukum yang sangat kuat untuk menegakkan dasar putusan MA. Dia punya putusan MA, dia punya rekomendasi Ombudsman, apalagi? Sehingga tidak ada lagi alasan untuk dia untuk bergamang-gamang,” kata Bona.

Bona menambahkan bahwa waktu SBY untuk memimpin Indonesia tingga sebentar lagi. Untuk itu dibutuhkan sikap seorang negarawan yang mau memberi contoh kepada rakyatnya dalam menegakkan konstitusi dan hukum secara benar dan adil.

“Seharusnya dia bersikap sebagai negarawan. Waktu dia tingga sedikit lagi, April 2014. Kalau dia tidak bisa member contoh dalam kasus GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia, maka sirnalah kesempatan besar dia, untuk menunjukan contoh bagaimana menegakkan hukum dan konstitusi dan memberikan warisan berharga untuk republik ini.”

Pembiaran pemerintah dalam setiap kasus penindasan yang dialami oleh rakyatnya sendiri adalah bentuk penghianatan terhadap konstitusi dan UUD 1945. Presiden SBY wajib menyelesaikan kasus ini sebelum habis masa jabatan dan kasus intoleransi menjamur dan terus terulang.

Sumber: http://www.jawaban.com/index.php/news/detail/id/90/news/130902114534/limit/0/Jubir-GKI-Yasmin--SBY-Tak-Pernah-Penuhi-Janjinya