Jyoti, Gadis Termungil di Dunia

Don’t judge a book by its cover. Ya, jangan menilai seseorang dari penampilannya belaka. Tengok saja Jyoti Amge, gadis berpostur cebol dari India. Di usianya yang ke-15, tingginya hanya mencapai 1 kaki 11 inci (sekitar 35 sentimeter), dengan berat tidak lebih dari 6 kilogram. Meski demikian, ‘kekurangan’ itu justru mengantarkan Jyoti ke puncak popularitas sebagai gadis terkecil di dunia.

Para doktor di India yakin bahwa Jyoti dilahirkan dengan kelenjar ‘cebol’—yang menyebabkan tubuh gagal memproduksi hormon pertumbuhan yang cukup—meski belum dapat menunjukkan dengan tepat.

Jyoti sendiri sudah diberitahukan oleh dokter ahli, bahwa tinggi badannya tidak akan berubah sampai akhir hayat.

“Sewaktu aku berumur 3 tahun, aku sadar bahwa aku berbeda dari anak-anak lainnya,” aku Jyoti. “Mulanya aku berpikir bahwa semua orang akan bertambah besar—begitu pula dengan tubuhku,” terang Jyoti yang mengenakan seragam khusus—buatan sendiri—untuk sekolah, termasuk meja dan pelbagai perlengkapan sekolah yang serba mungil. Walhasil, Jyoti bagaikan boneka saat berada di samping teman sekolahnya.

Namun, “aku bangga menjadi gadis terkecil di dunia. Aku senang dengan segala perhatian yang ditujukan padaku. Aku tidak takut apalagi menyesal dilahirkan dengan badan mungil,” ungkap Jyoti sebagaimana dikisahkan Daily Mail.

“Aku yakin ada banyak manusia cebol seperti aku di seluruh dunia. Bagaimana pun juga aku sama dengan orang lainnya; aku makan seperti Anda, bermimpi seperti Anda. Aku merasa tidak ada yang berbeda,” tukasnya.

Dan, seperti gadis-gadis lainnya, Jyoti pun memendam impian menjadi seorang aktris. Memang, meski memiliki ukuran tubuh yang tidak normal, Jyoti bersikeras ingin menjalani hidup yang normal seperti pergi bersekolah di tempat ia dibesarkan di Nagpur, India.

“Saat pertama kali bersekolah, semua orang terlihat besar sehingga aku sempat merasa takut, tapi sekarang aku baik-baik saja. Aku bahkan sangat menyukai sekolah. Aku memiliki meja dan kursi yang khusus dibuat untukku. Aku ini pelajar yang normal lho,” kelakarnya.

Kegemaran Jyoti pun laiknya gadis-gadis remaja yang hobi berbelanja dan mengkoleksi busana. Selain itu, ia juga senang merias wajah dan berdandan bagaikan model kelas wahid. “Aku ingin menjadi seorang aktris film,” akunya terus-terang.

Tampaknya, cita-cita Jyoti bakal terwujud. Betapa tidak, menurut sang ibu, Ranaja Amge, 45 tahun, Mika Singh, bintang pop India, telah meminta gadis itu untuk membintangi salah satu video klipnya.

Namun, impian Jyoti untuk menjadi bintang bisa terhambat lantara keduanya kakinya retak dan tak bisa disembuhkan karena faktor ukuran badan.

“Saat pertama kali berjalan, aku tergelincir di es, dan sejak itu kakiku tak pernah sembuh. Aku tidak menyukainya karena itu membuat aku sakit,” keluh Jyoti.

Ranaja berkata: “Tidak ada yang tahu mengapa Jyoti begitu kecil. Ya, Jyoti memang mungil dan menggemaskan, dan kami sangat mencintainya.”

Bahkan, beberapa masyarakat di India telah memperlakukan gadis itu bagaikan dewi.

Jyoti sendiri menerima dukungan penuh dari saudara-saudara kandungnya. Kakak perempuannya Archana, 25 tahun, berkata: “Aku telah merawat Jyoti sejak ia masih bayi. Dia begitu lembut dan sangat rapuh.”

‘Di lima tahun pertamanya, Jyoti sering keluar-masuk rumah sakit, namun ia tetap bertumbuh,” kenang Archana.

Sedangkan sang ayah, Kishan Amge, 52 tahun, seorang pekerja bangunan, merasa bangga dengan putrinya itu. “Banyak pemuka agama yang berkunjung kemari dan mendoakan Jyoti, untuk kebahagiaan dan umur panjang,” tuturnya bahagia.


BUSEET…kecil sekaliii!!

tapi punya jiwa yang besar!!!

lama banget ni foto…

hehehehehe…paling enak berpergian…gratis…
tinggal dipacking, masuk tas taro dibagasi… :cheesy:
Ngger…minat nggak? maseh single noh…

:onion-head86: <kabur.mode.on>

sabar donk…penasaran yach???^^

wah sin minat yach???

kan jaman sekarang cowo carinya cewe kecil,mungil,yg bs digendong en dimasukin dalem tas biar ngirit ^^

weleh shica… :tongue:, ngalah dunk sama adek arranger yang masih menjomblo.
kalo kita mah kata sis benice dah QUARTET…hohoho… :ashamed0002:

:onion-head7:

maksud gw ni picture dah gw liat dari zaman taun jebot … wwkwk. baru muncul d sini

kecil banget …

pasti ada tujuan unk dari Tuhan … nice … :smiley:

@atas

semua jg ad tujuannya. masa dia ada tujuan, lu ga da tujuan

yach maklum deh kk arra inikan jg baru g lihat artikelnya, yach ng ada slhnyakan kl memberitahukan pd yg lom lihat

kl kk arra dah lihat yach ini sebagai pengingat aja^^

Sumber:…?

itu sumber terpercaya kk lukas

Mungkin sista Shica belon pernah baca ini :

https://forumkristen.com/index.php?topic=6.0

kk lukas itu kisah nyata bukan karangan semata, masa seh g harus bilang dari masa g dapet itu artikelnya…???

yang pasti itu artikel yang g baca asli dari situs kristen jg

Mungkin kurang jelas yah sis, aq copi-in deh dimari buat dibaca:

Peraturan berposting:

* Dilarang membuat topic yang menyinggung masalah SARA, ataupun perbedaan2 yang dibuat2 (Diharapkan sikap dewasa dari setiap user untuk dapat memahami setiap perbedaan, seperti, Suku, Agama, Ras, adat istiadat, golongan, perbedaan pendapat, respone, sikap, gaya bahasa, dll)
* Dilarang meng-upload memberikan, atau mencantumkan, link situs2, Video Klip, artikel-artikel ataupun Gambar2 yang bersifat atau menjurus ke hal  pornografi, anarkis, atau dengan maksud menjelek-jelekkan suatu aliran, golongan tertentu, atau agama tertentu dalam post.
* Dilarang post hanya smiley (Kecuali dalam permainan kata).
* Dilarang promosi selain dalam board "Promosi Bisnis".
* [b]Setiap postingan yang berupa karya tulis (artikel, puisi, dan tulisan lainnya), dan gambar yang bukan merupakan hasil karya pribadi, diharuskan untuk mencantumkan juga sumbernya.[/b]
* Dilarang double post. Baik dalam satu board / berbagai board
* Dilarang membuat judul topik yang misleading (topik tidak sesuai dengan isi post)

Teratur itu indah pan sis? :smiley:

kk lukas pa kah gambar2 g itu menjelek2kan/menghina??kan itu bukan maksud sy membuat artikel ini,sy jantumin artikel ini agar ada yg tau dan menghargai diri qt krn qt berharga biarpun qt bertubuh kecil ttp berharga dimanaNya…

dan itu saya dapat dari www.glministry.com itukan yg bro lukas maksud?dari sumber mana? yach kl ng suka gpp di hapus aja atau dikunci agar ngbisa dibaca lagi.ok bro :happy0025:

by Shica:

saya dapat dari www.glministry.com

Oooh… dari sana… Thx yah… :smiley:

nah,gitu dong!!AKUR… :afro:

panya yg akur, buat g emosi bgt…cari gara2 gambar2nyakan g cari sendiri di internet ma artikelnya,kl dia mo baca yach cari aja di glministry,huuuuuuuuu
sebellllll :mad0218: :monkeys55:

Bali maning nang lep…top! :smiley: