Kaisar Constantine, menyesatkan atau berjasa buat gereja Yesus ?

Shalom,

Mengapa menjadi melebar ke sana ke sono ya Bro. Please back to Constantine. Pertanyaan berikut ini belum dijawab Bro.

Monggo Bro, agar diskusinya lebih enak dinikmati member dan pengunjung forum ini.

Demikian, semoga bermanfaat,
Salam, JBU, Jerihco, J.

:afro:betul bro

Anda betul, 100% benar.
Pilih ikut Yesus adalah yang paling benar dan paling aman, pasti selamat sampai di rumah BapaNya.

Sepuluh hari sebelum pentakosta yaitu turunnya Roh Kudus, sebagai tanda awal berdirinya gereja yang didirikan oleh Yesus sendiri.
Gereja adalah tubuh kita, dimana oleh Yesus diibaratkan sebagai sebuah batu, dimana batu-batu tsb, yaitu kita semua disusun oleh Yesus menjadi satu bangunan kemuliaan Allah, yaitu gereja yang satu, kudus, katolik, dan apostolik, dan Yesus sendiri yang mengikat dan sebagai batu penjurunya,

1Kor.10:16-17.
Bukankah cawan pengucapan syukur, yang atasnya kita ucapkan syukur, adalah persekutuan dengan darah Kristus ? Bukankah roti yang kita pecah-pecahkan adalah persekutuan dengan tubuh Kristus ?
Karena roti adalah satu, maka kita, sekalipun banyak, adalah satu tubuh, karena kita semua mendapat bagian dalam roti yang satu itu.

Yoh.6:56.
Barangsiapa makan dagingKu dan minum darahKu, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia.

Semua orang yang menerima dan mengimani makan daging dan minum darah Yesus, adalah merupakan satu tubuh didalam Yesus Kristus.

Nah, betul itu…gereja yang didirikan Yesus adalah gereja universal (katolik), bukan maksudnya gereja Roma Katolik dengan Paus sebagai pemimpinnya. Meskipun gereja Roma Katolik mungkin juga merupakan bagian dari gereja Tuhan.

Oke lah, agar anda senang, jadi gereja anda juga termasuk didalamnya.

Akan tetapi, lalu bagaimana dengan gereja lain, yang saya pernah dengar katanya ada gereja yang umatnya mati bersama sebanyak 900 orang dengan minum racun !
Apakah mereka juga gereja yang didirikan oleh Yesus ?

Saya udah bilang, saya udah check and recheck, baca Firman Tuhan, ga sekedar tau dari kata orang… Coba sampaikan diskusinya?

Pertama, ini thread tentang Constantine.
Kedua, thread tentang surat penghapusan dosa sudah ada threadnya tersendiri.
Ketiga, silahkan baca di threadnya, bahwa surat penghapusan dosa tidak atas perintah Paus.

Silahkan…

Shalom,

Tampaknya TS belum memberitahu apa yg dilakukan Constantine.
Apakah terkait juga dgn Donation of Constantine?

Demikian, semoga bermanfaat,
Salam, JBU, Jerihco, J.

Ini standpoint saya ya :

Pada saat Luther memprotes gereja Katolik, saya berani bilang bahwa gereja Katolik itu sesat, mohon dipahami, saya bilang pada saat Luther memprotes.

Kalau sekarang ada gereja yang menjual surat penebusan dosa agar bisa masuk surga maka ga perlu Luther yang ngomong, saya sendiri yang akan bilang gereja itu sesat, sesesat-sesatnya.

Namun kita ini manusia, bisa bertobat dan berubah, dari jalan kita yang sesat kita bertobat kembali ke jalan yang benar, kan begitu yang dimau? Nah pada saat itu saya berani bilang bahwa gereja katolik tidak mau berubah, alias tinggal diam dalam kesesatannya, nah apa yang anda lakukan kalau anda jadi Luther? Dia berusaha untuk membuat gereja katolik bertobat tapi tidak bisa, malah diancam.

Saya pribadi memuji Luther, karena keluar dari gereja dan tetap percaya Tuhan, dalam artian masih percaya Firman Tuhan. Kalau saya yang jadi Luther, saya mungkin udah jadi ateis karena sakit hati sama gereja.

Kita ini hidup harus terus menerus bertobat, baik gereja Katolik, maupun Protestan, supaya kita makin sempurna sesuai gambar Kristus, jadi baik gereja Katolik yang diberikan masukan oleh Luther maupun gereja yang didirikan Luther, harus terus menerus bertobat.

Soal kamu kuatir kalau gereja reformasi Luther itu dipakai iblis, saya malah yakin gereja Katolik saat itu sudah dipakai iblis. Dalam perkembangannya sampai sekarang, supaya kita tidak dipakai iblis, mari kita terus menerus bertobat, saling menegur satu sama lain dalam kasih, karena itulah yang indah dalam Yesus.

Hal semacam ini juga sudah menjadi kekuatiran 2000 tahun yang lalu, ternyata Alkitab sudah punya jawabannya dalam :

Kisah 5:38-39
“Jadi sekarang dengan peristiwa ini, nasihat saya ialah: janganlah berbuat apa-apa terhadap orang-orang ini, biarkan saja mereka. Sebab kalau ajaran dan gerakan mereka ini adalah dari manusia, maka ajaran dan gerakan itu akan lenyap. Tetapi kalau itu datang dari Allah, maka Saudara-saudara tidak akan dapat mengalahkan mereka. Malah mungkin akan ternyata bahwa Saudara-saudara melawan Allah.” Nasihat Gamaliel itu diterima oleh mahkamah."

Saya mengerti kekuatiranmu, semua orang bisa kuatir seperti kamu, namun Firman Tuhan jelas bilang, pembalasan itu punya Tuhan, kita tak boleh menghakimi, hanya boleh menegur dengan kasih. Jadilah bijak untuk bisa memahami Firman Tuhan.

Pertama, saya hanya menanggapi komen TS
Kedua, saya udah tau surat penghapusan dosa itu sesat, ga perlu cari2 threadnya
Ketiga, anggaplah bukan perintah paus, namun dia pasti tahu itu terjadi setelah luther mengeluarkan dalilnya, tindakan dia apa bertobat? malah mengganggap Luther sesat

Baca judul thread dan baca lagi pertanyaan kamu, OOZT gak?

Kedua, saya udah tau surat penghapusan dosa itu sesat, ga perlu cari2 threadnya

Ketahuan memang kualitas kamu cuma sekedar ikut apa kata pendeta.
Tidak perlu tahu benar atau tidak, gitu kan?
Khas banget…

Ketiga, anggaplah bukan perintah paus, namun dia pasti tahu itu terjadi setelah luther mengeluarkan dalilnya, tindakan dia apa bertobat? malah mengganggap Luther sesat

Luther tidak berperan apapun terhadap Gereja Katolik.
Gereja Katolik tidak berubah sejak awal, jaman Luther, hingga sekarang.

Bagaimana dengan gereja buatan Luther?
Berpecah belah berkeping keping.

Itu fakta, nak, makanya belajar banyak sebelum komen, supaya terlihat pintarlah sedikit.

:coolsmiley:

Re: Kaisar Constantine, menyesatkan atau berjasa buat gereja Yesus ?

Edik Milano.

Edik Milano adalah suatu keputusan yang dikeluarkan oleh Kaisar Konstantinus Agung pada tahun 313 M. Dalam keputusan ini, Kaisar memberikan kebebasan pada rakyatnya dalam beragama dan beribadah. Umat Kristen yang pada awalnya selalu dianiaya dan terdiskriminasi memperoleh haknya untuk berkembang dan diakui, bahkan nantinya pada tahun 380 menjadi agama resmi (Kristen Ortodoks) yang merupakan keputusan penerus dari Konstantinus, yaitu Kaisar Theodosius. Agama Kristen kemudian berkembang dengan pesat, baik dalam lembaga maupun praktek keagamaan dan fasilitasnya. Pembangunan gereja terjadi secara megah dan besar-besaran. Struktur peribadatan mendapatkan bentuk yang lebih meriah karena ada unsur-unsur upacara kekaisaran yang dimasukkan dalam liturgi Gereja. Jumlah penganut Kristen semakin berkembang pesat. Para pejabat Gereja mendapatkan jaminan sosial dari Kaisar. Dalam tradisi Kristen, Edik Milano dikenal mempunyai sumbangan terhadap sejarah Kekristenan, di mana orang-orang agama Kristen diperbolehkan hidup di Romawi. Banyak perkembangan yang dihasilkan oleh orang-orang Kristen pada waktu itu; arsitektur gereja, kalender, liturgi, tradisi hidup membiara dsb.

Dalam pertemuannya dengan Kaisar Konstantinus Agung dan Lisinius pada tahun 313, selain memberikan kebebasan dalam beragam, Kaisar bahkan akan mengganti kerugian yang diakibatkan oleh pemerintah Romawi kepada orang-orang Kristen.

Motivasi Konstantinus Agung mengeluarkan keputusan ini adalah karena perpecahan politik yang sedang terjadi di Romawi.
Saat itu terjadi perang saudara selama lebih dari setengah abad.
Dengan keputusan tersebut, dia melihat bahwa kekuatan agama Kristen sanggup mempersatukan berbagai kekuatan yang berselisih saat pemerintahannya.

Edik Milano juga dianggap merupakan titik balik sejarah di Eropa dalam hal kebebasan peradaban.
Kemerdekaan dan jaminan kepada rakyat dalam berdemokrasi sesuai dengan prinsip-prinsipnya menjadi diakomodasi oleh negara

Ga OOT dong kalo liat post sebelumnya, kan saya timpali TS

Saya ikut Firman Tuhan, dalam Firman Tuhan tak tertulis harus beli surat penghapusan dosa. Jadi kamu setuju sama jual beli surat penghapusan dosa?

Tidak berubah? Fakta bahwa dahulu gereja menjual surat penghapusan dosa tidak berubah sampai sekarang? Fakta bahwa dulu paus ada yang menikah tidak berubah sampai sekarang? Fakta bahwa gereja Katolik pernah melarang untuk membaca alkitab tidak berubah sampai sekarang?

Paus sendiri aja sekarang bilang bahwa selibat bukan dogma dan mungkin bisa berubah, sedangkan kau bilang gereja Katolik ga pernah berubah? lebih tinggi dari Paus?

Itu semua fakta om, bahkan ada catatan sejarahnya.

Itu kan menurut kamu yang lihat dari luar hancur berkeping, toh fakta juga bahwa Katolik juga punya denominasi, yang artinya juga terpecah.

Kalau yang tahu cara diskusi, OOT tidak dijadikan alasan untuk ikut OOT, nak.
Belajar diskusi di mana?

Saya ikut Firman Tuhan, dalam Firman Tuhan tak tertulis harus beli surat penghapusan dosa. Jadi kamu setuju sama jual beli surat penghapusan dosa?

Siapa yang bilang jual beli surat penghapusan dosa? Kamu baca sejarahnya, atau cuma dengar dengar?
Itu yang saya tanyakan sejak awal, karena jelas bukan itu kisah sebenarnya.
Untuk selanjutnya, silahkan ke thread tentang surat penghapusan dosa, bukan di thread ini, nak.

Tidak berubah? Fakta bahwa dahulu gereja menjual surat penghapusan dosa tidak berubah sampai sekarang? Fakta bahwa dulu paus ada yang menikah tidak berubah sampai sekarang? Fakta bahwa gereja Katolik pernah melarang untuk membaca alkitab tidak berubah sampai sekarang?

Kamu melantur lagi nak, OOT, paham.
Baca judul thread dan baca tulisan kamu itu. Nyambung gak dengan judul thread?
Belajar dulu gih…

Paus sendiri aja sekarang bilang bahwa selibat bukan dogma dan mungkin bisa berubah, sedangkan kau bilang gereja Katolik ga pernah berubah? lebih tinggi dari Paus?

Kamu sedang mengajari Katolik?
Dogma TIDAK BISA BERUBAH.
Selain itu bisa berubah.
Kamu tahu yang disebut dogma atau ngga?
Belajar lagi gih…

Itu semua fakta om, bahkan ada catatan sejarahnya.

Itu kan menurut kamu yang lihat dari luar hancur berkeping, toh fakta juga bahwa Katolik juga punya denominasi, yang artinya juga terpecah.

Fakta? Apa denominasi dalam Katolik Roma, silahkan sebutkan dan buktikan kalau kamu bukan sekedar anak SMP yang lagi caper…

:coolsmiley:

Ya sudahlah, maaf kalau saya OOT

Saya baca sejarahnya om, tertulis jelas juga di dalil Luther, itu sejarahnya udah sampe disimpen diperpustakaan, wikipedia pun banyak membahas soal ini. Jangan-jangan om belum baca? Atau om punya referensi lain selain sejarah yang pernah saya baca?

Lah artinya benar dong gereja Katolik berubah? masa disebut ga pernah berubah?

Nih faktanya om

Kalau menurut definisi tersebut (di http://en.m.wikipedia.org/wiki/Christian_denomination), gereja Katolik juga tidak hanya satu
http://en.m.wikipedia.org/wiki/List_of_Christian_denominations
“The Catholic Church is composed of 23 Churches: the Western or Latin Church and the 22 Eastern Catholic Churches.”

Itu temen om aja sudah mengakui Katolik Roma ada 23 denominasi

Saya baca sejarahnya om, tertulis jelas juga di dalil Luther, itu sejarahnya udah sampe disimpen diperpustakaan, wikipedia pun banyak membahas soal ini. Jangan-jangan om belum baca? Atau om punya referensi lain selain sejarah yang pernah saya baca?

Maksud kamu 95 theses?
Coba bahas di thread nya, supaya lebih jelas dan tidak OOT di sini.

Lah artinya benar dong gereja Katolik berubah? masa disebut ga pernah berubah?

Yang kamu maksud berubah itu apanya?
Kalau mau bahas lebih jauh lagi, silahkan buka thread terpisah.

Nih faktanya om

Kalau menurut definisi tersebut (di http://en.m.wikipedia.org/wiki/Christian_denomination), gereja Katolik juga tidak hanya satu
http://en.m.wikipedia.org/wiki/List_of_Christian_denominations
“The Catholic Church is composed of 23 Churches: the Western or Latin Church and the 22 Eastern Catholic Churches.”

Selama masih tunduk pada Paus (Uskup Roma), berarti masih dalam satu kesatuan gereja, bukan denominasi.
Coba lihat penjelasan teman teman Katolik di thread yang membahas hal ini.

Itu temen om aja sudah mengakui Katolik Roma ada 23 denominasi

Selama mereka tetap tunduk pada Paus, berarti mereka satu denominasi.

Constantin sangat berjasa bagi gereja kristen.

  1. Tanpa ada Constantin, agama kristen tidak akan dengan cepat menyebar di Europa.
    Apabila di Europa belum menjadi kristen, dapat dipastikan agama islam akan mendahului masuk dan menyebar diseluruh Europa, sebab saat itu kekuasaan Islam dengan cepat menyebar kemana-mana.

  2. Constantin yang memanggil 318 uskup dan membuka konsili Necea pada tahun 325, yang menghasilkan Trinity, yang dikanonkan dan di akui oleh kekristenan sampai sekarang.

Jangan lupakan juga dimulainya penggunaan salib sebagai lambang Kristen.

Sayangnya, sekarang mulai banyak orang yang mengaku ‘Kristen’ tetapi sudah kesasar entah kemana, sehingga tidak tahu lagi sejarah gereja.