Kaji Ulang mengenai keselamatan (masuk sorga)

wah kalau bahas ayat ini ntar OOT… mengarah pada predestinasi.
coba ayat yang lain bro yang berhubungan dengan keselamatan (SSTS) :slight_smile:

wah..ayat sedemikian jelasnya masih ga ngerti juga...weleh..weleh... :mad0261: kata[b] "tidak akan menghapus namanya"[/b] adalah [b]sebuah nama yg sudah di tulis[/b]. kalo nama kita sudah ditulis di kitab kehidupan, maka kita sudah selamat, ngerti fren. :coolsmiley:

Dasar ayat yang lain mana bro? sebab ayat2 dialkitab saling berkaitan… kalau cuma mengandalkan 1 ayat saja… apa ga salah tafsir?
:smiley:

ini tambahan ayatnya, Dan setiap orang yang [b]tidak ditemukan namanya tertulis [/b]di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.
wah ini juga sama... wahyu... apakah berani jamin ga salah tafsir??

wkwkwk bro liberty… ga akan nyambung diskusi nya. karena dia penganut paham predestinasi. ;D

lho…yg kita perlukan adalah ayat yg akan datang, bukan ayat yg masa lampau. :mad0261:
emangnya kitab wahyu ga kuat yah utk meyakinkan anda, bahwa nama kita sdh di tulis di kitab kehidupan. kalo kitab yg lainkan ga sejelas kitab wahyu utk akhir hidup kita fren. :afro:

tidak tuh, saya bukan penganut predestinasi saja. saya penganut predestinasi Allah dan kehendak bebas manusia. krn keduanya saling berhubungan dan saling melengkapi, ok fren. :happy0025:

emang ayat Tuhan ada masa lampau dan masa datang?
(saya kan ga berkata demikian fren ;D )

[email protected]

Yang perlu di kaji disini…??
_Sikab hati simanusianya…?? atau.
_Pola kerangka berpikir manisianya dalam menerima dan membangun
doktrin tsb…?? Dalam memahami karunia keselamatan" itu sendiri…??

Karena doktrin ya tetep doktrin…karena itu suatu ketetapan juga namanya secara dunia spiritualitas umat beragama…

Salam GBU

lha…jadi kitab kejadian itu masa lampau atau masa sekarang fren ? kalo kitab wahyu masa lampau atau masa depan fren ? seharusnya kita sinkronkan antara masa lampau, masa sekarang dan masa depan, ok fren. :coolsmiley:

ga ada di kitab agama manapun yg menuliskan masa depan dari akhir hidup kita, selain di Injil, setuju fren. :happy0025:

yang di kaji disini adalah doktrin SSTS bro
sehingga sering kali terdengar kata2 “saya sudah selamat”?
dari mana? ayatnya mana?

bukankah kalau dibaca secara keseluruhan,
Yesus disalibkan untuk menebus dosa manusia sebagai lambang perdamaian antara Tuhan dan manusia. Sehingga manusia mendapat “jalan kebenaran” untuk mencapai keselamatan (sorga).

mana ada kata2 “pasti selamat” (SSTS)?

Dan di topic ini juga membahas sola fide (hanya iman saja cukup), sebab sola fide juga dasar yang ditujukan untuk selamat (doktrin protestan)

JBU too ^^

Firman Tuhan itu tidak berkesudahan, berarti ayat2 PL dan PB yang mendukung wahyu (ayat yang bro berikan) harus berkaitan.

sebab saya menjawab “wahyu … tidak salah tafsirkah”?
Itu bukan diartikan masa depan atau masa lampau…
tetapi banyak kata2 kiasan dalam wahyu yang masih dipelajari

:slight_smile:

wah…kalo ayat di wahyu yg sudah saya kasih berupa kiasan, kacau tuh semua ayat tentang keselamatan didalam Yesus. jadi tentang kitab kehidupan menurut kamu adalah kiasan fren ? saya angkat kaki dan angkat tangan deh kalo memang begitu. :’(

kalo anda setuju itu ayat sebenarnya, maka sudah terjawab keraguan anda ttg keselamatan, ok fren. :happy0025:

Yang dijelaskan oleh bro Liberty ini memang membuktikan bahwa katolik dan protestan itu beda
Dan perbedaannya pada konsep keselamatan.

Padahal konsep keselamatan itu paling inti dalam ajaran kristen

Kalau konsep keselamatannya beda maka sebenarnya memang sudah bisa dikatakan beda agama.

Itu kalau protestan mau dianggap agama.

Golongan protestan percaya bahwa agama tidak menyelamatkan. Penyelamat adalah Kristus.

Perbuatan juga bukan penyelamat kita tapi sekali lagi Kristus penyelamat kita.

Itulah ajaran Protestan baik pantekosta maupun babtis atau gki dll.

Kalau carang melekat pada pokok anggur maka carang akan berbuah.

Yang menyebabkan berbuah itu pokok anggur yaitu Kristus, bukan carangnya.

Buah Roh itu kasih/perbuatan kasih.

Jadi yang menyebabkan saya bisa berbuah kasih(kalau bisa, baru belajar dibawah tuntunan Roh Kudus) bukanlah saya tapi semata2 karya Kristus juru selamat saya.

Sekali lagi penyebab keselamatan atau perbuatan kasih adalah Kristus bukan kehebatan saya sendiri.

Perbedaan bukan hanya sedikit menyimpang tapi bertolak belakang.

Oleh karena perbedaan yang sangat mendasar inilah maka harus diakui katolik dan protestan adalah dua agama berbeda

lha…anda ini jgn di puter dong fren. “barang siapa menang” itu berbicara tentang org-org yg di peringati oleh Tuhan YESUS, bukan berlaku utk semua org. coba anda baca dari wahyu 3:1-6. kalo sdh jelas baru komplain ke saya, ok fren. :happy0025:

hehe jawaban bro roderick mantap :afro:

sudah menang berarti finish…
apa donsil udah finish ya? :smiley:

lha iyalah fren, kalo kita tidak berbuat hal yg di tentang Tuhan Yesus, yah ga ada masalah dgn nama kita di kitab kehidupan toh. krn ayat tsb adalah peringatan kpd org yg bermasalah, bahwa nama mereka akan di hapus dari kitab kehidupan jika tidak bertobat, gimana dgn anda fren. :coolsmiley:

kalau menurut bro jack sendiri bagaimana?
maksud saya … ayat mana yang mendukung SSTS/ sola fide…

Saya bukan tidak menerima SSTS tetapi setelah di teliti ulang berdasarkan ayat2 lainnya…
menjadii “kabur” dan kurang jelas… sebab kata2 Paulus
terdapat “dibenarkan” bukan diselamatkan.

:slight_smile:

lho…emangnya muka saya ada jerawatnya yah, pake disuruh ngaca segala. jgn terlalu merhatiin wajah saya yg ganteng dong fren, jadi malu nih… :char11:

ini tak kasih bold biar bisa nangkap arti ayatnya,
Barangsiapa menang, ia akan dikenakan pakaian putih yang demikian; Aku tidak akan menghapus namanya dari kitab kehidupan, melainkan Aku akan mengaku namanya di hadapan Bapa-Ku dan di hadapan para malaikat-Nya.

ayat itu memang menekankan bahwa, nama kita sudah tertulis di kitab kehidupan. kalo bisa dihapus, berarti sdh ada tulisan. ada komplain fren. :coolsmiley:

lalu ayat pendukung SSTS lainnya mana fren? selain wahyu… :smiley:

dalam ayat diatas itu merupakan janji Tuhan. dan pasti Tuhan penuhi.
tetapi SSTS adalah doktrin manusia (didunia) bahwa sekali selamat tetap selamat… (sampai sorga)

apa dengan satu ayat maka doktrin itu kuat berdiri?

lha…kan udah dikasih 2 ayat, apa masih kurang kuat fren. anda tau apa artinya “sudah selamat” fren ? :coolsmiley:

ga tahu ;D

tapi dari pandangan SSTS merujuk ke sorga…

Kalau fren sendiri gimana? :slight_smile:

perumpamaannya salah tuh fren, seharusnya : barang siapa nakal, ibu guru akan membuat catatan diabsen kalian. dan mereka akan di laporkan pada org tua masing-masing.

apakah nama murid-murid tsb sudah tertulis diabsen gurunya ? gimana jawaban anda fren. :coolsmiley: