Kalo Yesus Allah,kenapa Dia mengatakan "Allahku mengapa Engkau meninggalkan Aku?

Maaf ya kakak2…saya masih Kristen newbie neh…mau nanya…kalo Yesus memang Allah,ko Dia masih berdoa ke Allah juga ya? Mohon penjelasan…maff ya kk aq masih newbi untuk pembelajaran Kristen :’(

Maksudnya kamu masih kristen newbie itu apa… apakah kamu orang yang baru percaya Yesus?

Yesus itu Tuhan sekaligus manusia 100%, dan Dia mengosongkan diri sebagai manusia untuk melawan kuasa maut dan menebus umat manusia dan Dia harus bergantung kepada Tuhan (bukan sekedar akting), dan perkataan itu adalah perkataan penggenapan nubuatan dari kitab PL.

Kamu kan sudah pernah disarankan ke Forum Terbuka?
Banyak di situ, coba lihat yg judulnya KETUHANAN YESUS.

Itu juga menjawab pertanyaan kamu sebelumnya yg tentang siapa TUHAN YESUS itu.
Ada lebih dari 100 halaman di sana… coba baca pelan2 aja.

Salam
:slight_smile:

ilustrasi sederhana (fiksi)
Iblis suatu waktu menemui Tuhan :
Iblis : Tuhan…demi kerajaanku Engkau tahu manusia tidak layak dihadapanMU. Lebih baik Engkau biarkan semua manusia memenuhi kerajaanku.
Tuhan : Aku sudah tahu bahwa engkau akan datang dan mengatakan hal ini, ketahuilah Aku tidak akan menyerahkan mereka ketanganmu, Aku akan berada diantara mereka dan membela mereka.
Iblis : Bagaimana mungkin Engkau akan membela mereka berarti aku akan menghadapi Engkau Tuhan bagaimana mungkin kami akan menang sebab Engkau Tuhan.
Tuhan : Aku akan menjadi anak manusia seutuhnya dan meninggalkan KERAJAANKU dalam menghadapi engkau iblis.Anak manusia akan mengalahkanmu dan menghancurkan kerajaanmu.
Iblis : Bagaimana jika Engkau gagal.
Tuhan : Anak manusia tidak pernah gagal, dan barang siapa yang percaya kepadaNya akan ikut Aku dan tidak binasa olehmu dan ketahuilah Anak manusia menebus umat manusia untuk menjadi layak dihadapanKU dan menerima kuasa dari KerajaanKU.
Iblis : Engkau turun ke dunia kerajaanMu kosong?
Tuhan : Aku adalah alfa dan omega, Aku adalah Aku, pemikiranmu terbatas ketahuilah ketika Musa menemuiku di gunung sinai disaat itu juga aku melihat umat israel menyembah berhala, karena mereka mengira Aku meninggalkan mereka untuk menemui Musa, mereka menganggap Aku tidak ada tetapi sebaliknya Aku selalu ada.

pemikiranmu terbatas ketahuilah ketika Musa menemuiku di gunung sinai disaat itu juga aku melihat umat israel menyembah berhala, karena mereka mengira Aku meninggalkan mereka untuk menemui Musa, mereka menganggap Aku tidak ada tetapi sebaliknya Aku selalu ada.

nice…

pertanyaan klasik sekali, coba dikembangkan pertanyaannya seperti ini:

kenapa pada saat itu Tuhan Yesus memanggil Allah Bapa dengan sebutan Allah, padahal biasanya Dia menyebutnya dengan “BAPA”

contoh: doa bapa kami, tidak ada bisa sampai ke Bapa tanpa melalui Aku, di rumah Bapa-Ku tersedia banyak tempat tinggal, dll…

KARYA PENEBUSAN DOSA YANG SEMPURNA

Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eli, Eli, lama sabakhtani? " Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku Mendengar itu, beberapa orang yang berdiri di situ berkata: “Ia memanggil Elia.” Dan segeralah datang seorang dari mereka; ia mengambil bunga karang, mencelupkannya ke dalam anggur asam, lalu mencucukkannya pada sebatang buluh dan memberi Yesus minum. Tetapi orang-orang lain berkata: “Jangan, baiklah kita lihat, apakah Elia datang untuk menyelamatkan Dia.” Matius 27:46-49

Orang banyak berdiri di situ dan melihat semuanya. Pemimpin-pemimpin mengejek Dia, katanya: "Orang lain Ia selamatkan, biarlah sekarang Ia menyelamatkan diri-Nya sendiri, jika Ia adalah Mesias, orang yang dipilih Allah. Lukas 23:35

Yesus berseru pula dengan suara nyaring lalu menyerahkan nyawa-Nya. Matius 27:50

Tetapi Allah membangkitkan Dia dari antara orang mati. Kisah Para Rasul 13:30

1.Ingat YESUS adalah 100% manusia juga 100% Allah, saat YESUS berseru:
Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku ini menunjuk kan bahwa saat itu tingallah
Yesus sendiri yang 100% manusia menujukkan: Yesus menebus dosa manusia murni(SEMPURNA)
dengan penderitaan yang menderita sebagai manusia 100%

2.Upah dosa adalah maut (MATI), Orang-orang lain berkata: “Jangan, baiklah kita lihat,
apakah Elia datang untuk menyelamatkan Dia.” dan Pemimpin-pemimpin mengejek Dia,
katanya: "Orang lain Ia selamatkan, biarlah sekarang Ia menyelamatkan diri-Nya sendiri,
jika Ia adalah Mesias, orang yang dipilih Allah.
mereka berharap supaya YESUS tidak mati. maka menjadi sebuah kesaksian bahwa
YESUS yang ditinggalkan menjadi 100% manusianya menyatakan 100% KEMATIANNYA atas
penebusan dosa manusia di atas kayu salib.

3.Dosa harus mati bisakah manusia selamat? tidak, lalu bagai mana
ALLAH disebut maha pengasih juga mengampuni?..Di kayu salib
ALLAH melakukan karyaNya yang sangat luar biasa(SEMPURNA) di mana
ALLAH melakukan dua perkara peghukuman atas dosa(MATI) juga pengampunan(HIDUP).

Kesimpulan
Yang mati atas dosa adalah TUHAN YESUS kemudian yang bangkit atas kematian(maut)TUHAN YESUS, maka yang dapat menyelamatkan manusia adalah TUHAN YESUS sebab DIA adalah ALLAH

Maka kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jikalau kamu tidak makan daging Anak Manusia dan minum darah-Nya, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu. Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman. Yohanes 6:53-54

ada 1 hal yang masih belum saya pahami…
sekalian tanya boleh dong… :slight_smile:

bagaimana mungkin Yesus yang wafat 3 hari dapat menebus dosa seluruh umat manusia ?
saya pernah dengar penjelasan Bambang Noorsena… tapi masih belum ngeh :slight_smile:

Saya masih belom ngerti (jelas) maksud dari pertanyaan saudara rusdinech, apa hubungan TUHAN YESUS 3 hari di alam roh dengan penebusan dosa seluruh umat manusia?

Maaf apa mungkin saya yang belom mengerti, jujur kalo saya ngak ngerti ngak berani ngejawabnya, mungkin angota FK lain ada yang bisa bantu.

Salam

maksudnya begini bro…
Yesus wafat 3 hari, lalu bangkit untuk menebus seluruh dosa manusia…

upah dosa adalah maut, dan maut tersebut bersifat kekal…

sedangkan Yesus menebus maut yang kekal tersebut hanya dalam waktu 3 hari…

Haaaa…Haa…silahkan cari sendiri jawabannya di Alkitab kalo ngak dapet tanyakan langsung ama TUHAN YESUS biar rajin gitu lhooo… ;D

Salammmmmmmmmmm…

haaa… =.=

@rusdinech: pertanyaannya ngetes doank ya??
Kalo yang pernah saya denger, konon 3 hari yg Yesus di alam roh itu buat kasih injil ke orang yg sudah mati. Tau dah bener ato ngga.
Masalah yg penebusan dosa, saya pikir ga perlu nunggu 3 hari dulu baru penebusan dosa melalui Yesus itu sahih. Waktu Yesus mati di kayu salib, bwt saya penebusan dosa nya sudah terjadi.

Kalo masalah 3 hari kenapa baru bangkit,ya biar yg di PL tergenapi. 3 hari nya itu ngapain, entahlah. Hhe

sori kalo ngawur.
Salam

oh… thx bro zodiac atas masukannya…
saya berharap ada masukan dari rekan FK lain nya lagi…
mungkin bisa di sertakan ayat jadi lebih afdol :slight_smile:

Kecuali konteks mengartikannya lain, Allah sering dihubungkan dengan Bapa.
Yesus sering dihubungkan dengan Tuhan.
Dalam PL, YHWH adalah TUHAN (ADUNAY) dan Allah (Elohim).
Dalam PB, Tuhan/TUHAN adalah Yesus dan Allah adalah Bapa.
Jadi YHWH adalah Yesus dan Bapa. Dan YHWH yg adalah Yesus dan Bapa adalah esa/satu.

@rusdinech: kebetulan banget hari ini baca alkitab kepapasan sama ayat nya. 1 petrus 3:18-20.

Tapi saya blm bener2 nangkep mksd pertanyaan anda.

Salam.

YESUS berkata demikian, karena Saat itu Allah memang meninggalkanNya. kenapa ALLAH meninggalkanNya?
karena pada saat itu semua dosa manusia ada pada YESUS (menurut saya)

Regards, Rain
JBU

mksd pertanyaan TS bukan gitu. Tapi kalo Yesus itu Allah, kenapa Dia masih manggil2 Allah.

Salam

YESUS itu ALLAH. begitu juga BAPANya. dan ga bisa dipisahkan antara anak ALLAH dengan ALLAH.
Sama aja seperti ibaratnya anak tangga, anak kunci, dll…

Regards, Rain
JBU