Kartel Penjagal 300 Orang Diringkus Polisi Meksiko

Julukan menyeramkannya adalah “The Hand with Eyes,” posisi terakhirnya cukup membuat orang yang mengetahuinya segera terkejut kaget. Ya dialah seorang pimpinan kartel narkoba Meksiko yang menjadi buruan nomor satu pihak kepolisian di bumi sombrero.

Dirilis Associated Press, Jumat (12/8/2011).Oscar Osvaldo Garcia Montoya demikian nama lengkapnya akhirnya berhasil diringkus Kepolisian Meksiko. dalam sebuah penggerebekan di tempat perlindungannya di luar Meksiko City. Tersangka mengaku telah memerintahkan pembunuhan yang menewaskan 600 orang.

Kelompok kartel ini dikenal aksi kejam, termasuk memutilasi korban. Sebagian besar korban kelompok ini adalah pesaing dalam peredaran narkoba. Jaksa Agung Alfredo Castillo mengatakan Garcia adalah prajurit marinir Meksiko disersi. Dia penah bekerja sebagai pengawal beberapa pimpinan kartel besar seperti Edgar Valdez, seorang pembunuh bayaran yang biasa bekerja untuk Kartel Beltran Leyva.

Dengan penangkapan pimpinan Beltran Levya pada 2010 lalu dan tewasnya Valdez, praktis Garcia memisahkan diri dari kedua tokoh tersebut dan membentuk kartelnya sendiri. “Dalam penyelidikan yang kami lalukan, Garcia alias El Compayito alias The Hand with Eyes diketahui terlibat dalam pembunuhan terhadap 300 orang. Dia juga terlibat langsung dalam perintah melakukan pembunuhan atas 300 orang lainnya,” jelas Castillo.

Satu indikasi yang memperlihatkan bahwa kuasa kegelapan yang termanifestasi dalam narkoba terus mengikat manusia. Peringatan kepada Indonesia jika pengentasan narkoba tidak tuntas bukan tidak mungkin akan tumbuh kartel-kartel lainnya seperti yang terjadi di Meksiko.

Source : AP - dpt