kartu remi?

saya pernah di kasih tahu sama teman, bahwa kartu remi itu dulu diciptakan untuk menghina Tuhan Yesus.

sehingga yg memainkan kartu itu secara tidak langsung menghina Tuhan.

sejauh mana kebenarannya, saya tidak tahu.

rekan2 ada yg tahu?

Alkitab dan Kartu Remi

Sumber : Wiempy

Ini kisah tentang seorang prajurit di kawasan Afrika Utara saat Perang Dunia II. Setelah pertempuran dahsyat, mereka kembali ke perkemahan. Keesokan hari, pada hari Minggu, pendeta mengadakan kebaktian. Para prajurit diminta mengeluarkan Alkitab dan buku doa mereka.

Pendeta itu melihat salah seorang prajurit malah asyik memperhatikan setumpuk kartu. Setelah kebaktian, ia mengajak prajurit itu menemui komandannya.

Pendeta itu pun menjelaskan apa yang sudah dilihatnya. Sang komandan mengatakan kepada prajurit muda itu bahwa ia akan dihukum kalau tidak dapat memberikan penjelasan yang memuaskan.

Prajurit muda itu menceritakan bahwa selama bertempur, ia tidak memiliki Alkitab atau buku doa, sehingga ia menggunakan setumpuk kartu. Ia menjelaskan :

"Pak, kalau saya melihat kartu “As”, saya diingatkan bahwa hanya ada satu “Allah” dan tidak ada yang lain.

Kalau saya melihat kartu “2”, saya diingatkan ada dua bagian Alkitab, “Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru”.

Kartu “3” menyatakan tentang Allah Tritunggal: “Bapa, Anak dan Roh Kudus”.

Kartu “4” mengingatkan saya pada empat Injil : “Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes”.

Kalau melihat kartu “5”, saya teringat pada “Lima gadis yang bijaksana dan yang bodoh”.

Kartu “6” membuat saya teringat bahwa “Allah menciptakan bumi selama enam hari, dan mengatakan bahwa itu baik”.

Kalau melihat kartu “7”, saya teringat bahwa “Allah beristirahat pada hari ketujuh”.

Ketika melihat kartu “8”, kartu itu menunjukkan bahwa “Allah membinasakan seluruh kehidupan dengan air bah, kecuali delapan orang, Nuh, istrinya, tiga anak laki-lakinya dan tiga menantunya”.

Ketika melihat kartu “9”, saya teringat pada “sembilan penderita kusta yang Tuhan sembuhkan. Sebenarnya ada sepuluh penderita kusta, namun hanya satu yang kembali untuk berterima kasih kepadaNya”.

Kartu “10” mengingatkan saya pada “Sepuluh Perintah Allah yang dituliskan pada loh batu oleh tangan Allah sendiri”.

Kartu “Jack” membuat saya teringat pada “penguasa kegelapan, seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya”.

Kartu “Ratu” mengingatkan saya pada “perawan Maria yang berbahagia, Ibu Yesus”.

Dan ketika melihat kartu terakhir “Raja”, saya diingatkan bahwa “YESUS adalah TUAN DI ATAS SEGALA TUAN dan RAJA ATAS SEGALA RAJA”."

Baru tahu kalo “kertu remi menghina Yesus.”

Setahu saya rangkaian kartu yang kita kenal sebagai “kartu remi” itu diciptakan dari rangkaian “kartu tarot.” Kartu tarot digunakan untuk meramal, sedang kartu remi untuk permainan – walau pun ada beberapa yang memakai kartu remi sebagai alat peramal, tapi lebih sebagai bermain-main.

segala sesuatu yang penting digunakan untuk apa…???
jangan jauh2 ke kartu remi… pelayanan aja bila motifnya uang udah berdosa… dibandingkan kartu ramal yang digunakan untuk permainan…

Saya kira tidak demikian. Menghina itu adalah perbuatan individu, dan Allah melihat sampai dalam hati.

Saat seseorang memberi anda sebuah foto dan diminta menilai orang didalam foto tersebut, anda bilang, “orangnya pendek, hidungnya pesek, perutnya buncit, rambutnya jelek dan tangannya kelihatannya agak bengok”. Apakah anda sedang menghinanya? Sebaliknya saat bertemu dengannya, anda menyapanya keras-keras, “ini loh orang paling ganteng se dunia” padahal ia benar jelek dan tidak sedap dipandang. Apakah anda sedang menghinanya? Allah yang mengetahui isi hati manusia akan menghakimi dengan adil.

Jadi bagaimana mungkin kita menghina Allah dengan main kartu dalam permainan remi? Menghina itu lahir dari dalam hati yang paling dalam.

Semoga anda semakin bijak menanggapi berita-berita sampah disekitar kita.

Yesus minta kita untuk berdoa tanpa henti:

“Tetaplah berdoa.” (1 Tesalonika 5:17)

Tetapi ada orang yang lebih suka main kartu remi… :spades: :clubs: :heart: :diamonds: ;D

Masih lumayan, bro, kerna di Alkitab toh tidak ada tercatat allahnya kertu remi siapa, ya kan?

Sementara lebih banyak lagi orang yang lebih suka cari uang – yang di Alkitab dewanya disebut Mammon – daripada berdoa. Atau, kalau pun berdoa, isinya cuman petisi supaya YHWH mengirim lebih banyak uang (macam anak orang kaya yg kuliah di luar negeri).

Kacau… Orang kristen suka informasi yang kacau asal berbau mistik.

Ini baca sejarahnya biar jelas http://en.wikipedia.org/wiki/Playing_card#History

Dan hubungannya dengan meramal dan aktivitas okultisme baru ada pada abad ke 17-18 dimana dunia sihir baru muncul dan dibasmi gereja dengan sadis. Baca disini http://en.wikipedia.org/wiki/Tarot#Divinatory.2C_esoteric.2C_and_occult_tarot

Kartu Tarot sendiri ada di Eropa sejak abad ke-14 dan berasal dari Mesir jaman Kesultanan Mamaluk. Asalnya dari China dan sudah ada sejak abad ke-11 sebelum dibawa ke Mesir. Persamaan bentuk dan gambar menjadi benang merah sejarah kartu bermain tersebut.

Remi adalah salah satu nama permainan dengan menggunakan kartu bermain tersebut.

baru sadar om? sekarang ini Kristen lebih diajarkan ke arah yang berbau2 mistis, lama2 mengadopsi ajaran seberang jadinya, makanya mereka sekarang justru lebih KUATIR TERHADAP KUASA IBLIS dari pada mencari KEBENARAN KUASA/KEMENANGAN DALAM NAMA YESUS :azn:

Tante lupa, kalau manusia yang hidup dalam masyarakat agraris memang lebih religius dan semua yang disebut religius berhubungan dengan mistis, gaib dan alam roh. Jadi bukan baru-baru saja, dari dahulu sudah seperti itu, karena itu dibutuhkan pengajaran agar porsinya berimbang. Mistis bukan salah tetapi memberi penekanan lebih membuat manusia melenceng dari Kebenaran.

Tapi setelah percaya Yesus kita tidak perlu percaya hal mistis lagi kan? Ada kuasa DALAM NAMA YESUS. Ingatkan lagu tersebut? Jadi untuk apa lagi kita dipaksa mendengar hal2 seperti itu bukan. Banyak sekarang sekte2 yang mengajarkan untuk percaya terhadap hal2 mistis kepada jemaat. Baru2 ini dapat pernyataan kalau foto orang mati dilarang karena bisa mengundang iblis masuk. Ayo dong, masa bisa? Kecuali kalau kita yang mengundang iblis itu masuk, selama si iblis seperti macan ompong yang kerjanya cuma mengaum-aum, dia tidak bisa menganggu kita selama kita percaya DALAM YESUS. Nah, itu sekarang kepercayaan itu kemana semua ya? Justru sekarang kita lebih diarahkan untuk lebih kuatir terhadap kuasa iblis, yang menurut saya kok aneh ya. Selama saya menyimpan foto kakek/nenek/alm. ortu dalam foto satu keluarga, tidak ada yang aneh2, tidak ada hal2 yang menganggu, karena keluarga semua percaya DALAM YESUS! :smiley: Begitu juga yang mengajarkan kain songket, ulos, batik yang ada gambar garudanya adalah mistis dan harus dibakar. Jadi teringat ketika tetangga seorang ibu tua yang melihat pasrah anaknya membakar kain ulos, karena menurut hamba tuhan-nya itu mistis dan harus dibakar, padahal ibunya bilang itu kain dia beli dari pedagang ulos sewaktu dia pulang ke kampung halaman, dan itu dari pengerajin ulos yang satu gereja dulu di kampung. WOW!
Sebenarnya gak semua omongan itu langsung dipercaya, kenapa gak diuji dulu lewat IMAN, berhikmat, agar tidak jadi bodoh. Sekarang lebih dipaksa untuk percaya hal2 takhyul/mistis/kesaksian yang menganggap bahwa dunia iblis itu lebih hebat dibanding kuasa YESUS sehingga dibuat takut dan langsung percaya terhadap setiap “bualan2”. Kembali ke topik, seperti di wikipedia yang dikasih mas @KRISPUS mengenai asal muasal kartu remi yang sebenarnya, bagaimana reaksi orang2 Kristen yang terlalu percaya dengan pernyataan tersebut? Pasti malu ya, ketahuan sorry kasarnya bilang “ketahuan bego-nya”. Ingat firman Tuhan orang bodoh makanan bagi orang pintar. Sekarang apa kita mau jadi Kristen bodoh atau Kristen Pintar? Karena sekarang banyak pembodohan2 yang diajarkan tanpa melihat IMAN/hikmat/bijak kita. Jadi mulai sekarang kita belajar untuk memfilter semua masukan ya, jangan telan mentah2. Seperti mas @KRISPUS yang langsung mendapat sejarahnya (link artikel) dari mana kartu remi, ini salah satu contoh bijak dan berhikmat, semua harus dicek dahulu kebenarannya sebelum percaya dan disangkut pautkan dengan mistis. Terima kasih mas @KRISPUS link artikel-nya.
Yesus memberkati kita semua supaya lebih berhikmat dan bijak serta mengandalkan IMAN untuk menerima semua informasi/ajaran2

Bo-ong dari mana ??

GBU