Karunia-karunia KENAIKAN

Karunia-karunia KENAIKAN

KARUNIA atau ANUGRAH adalah pemberian Allah kepada manusia secara Cuma-Cuma , Karunia –karunia diberikan bagi orang yang menjadikan YESUS sebagai TUHAN dan RAJA dalam hidupnya dan yang mau dipimpin perjalanan hidupnya oleh Raja segala Raja !

Karunia yang Tuhan berikan sangat banyak dan bervariasi , dalam P.L Tuhan memberikan karunia Roh untuk orang tertentu yang dipakai menggenapi rencanaNya , Keluaran 31 : 1- 6 . Dimasa sekarang karunia Roh diberikan kepada umatNya untuk keperluan lebih luas , Roma 12 : 6-8 ; 1 Korintus 12 : 1-11 . Semua diberikan menurut KEDAULATANNYA bukan oleh usaha dan pekerjaan manusia dan semuanya bagi rencana Kepentingan KEMULIAAN nama TUHAN YESUS saja . Efesus 4 : 15 .

Karunia / anugrah diberikan dalam KESATUAN sebagai TUBUH KRISTUS

Efesus 4 : 1 – 6 . Menjelaskan bagaimana “ Karunia “ diberikan yaitu ;

• Bagi umat yang hidup BERPADANAN dengan panggilanNya atau hidup TAAT kepada perintah dan petunjuk yang Tuhan berikan atau yang terikat kepada POKOK anggur yang benar sehingga berbuahkan ; Kerendahan hati , lemah lembut dan sabar , yang menunjukkan kasih dalam hal saling membantu sebagai bagian TUBUH Kristus . ayat 1-2 . dari proses perjalanan hidup seperti itulah yang akan mendatangkan , karunia-karunia Roh .

• Bagi umat yang bisa memelihara KESATUAN ROH , Satu TUBUH , Satu PENGHARAPAN , Satu TUHAN , Satu IMAN , Satu BAPTISAN yang diikat oleh ikatan damai sejahtera karya Roh Kudus ,( bukan saling , menjatuhkan satu dengan yang lain ) . Tujuan akhir DIATAS semua dan DIDALAM semua adalah untuk kemuliaan Allah . ayat 3-6 ; Roma 11 : 36 .

Efesus 4 : 8-10 , Itulah sebabnya kata nas : “ Takkala IA naik ke tempat yang tinggi , IA membawa tawanan-tawanan ; IA memberikan pemberian-pemberian kepada manusia . “ Bukankah “ IA telah " naik “ berarti , bahwa IA telah turun kebagian bumi paling bawah ? IA yang telah turun , IA juga yang telah naik jauh lebih tinggi dari pada semua langit , untuk memenuhkan segala sesuatu . “

• Ayat ini mengutip dari Mazmur 68 : 19 , Yang berbicara tentang PERARAKAN KEMENANGAN ALLAH yang dinyatakan kepada umat pilihanNya bangsa Israel pada waktu itu . Tuhan sebagai Raja diatas segala Raja , telah memberi Kemenangan kepada bangsa Israel , ( Tuhan yang berperang bagi Israel ) dengan memusnahkan 7 bangsa di tanah Kanaan . Setelah itu swajarnya kalau Tuhan MENERIMA persembahan – persembahan ( Korban-Korban ) dari bangsa Israel sebagai wujud ucapan syukur dan berkenan setelah itu memberkati umatNya yang TAAT dan SETIA hidup di jalan-jalanNya !

Dimasa sekarang , Perarakan Kemenangan KRISTUS ,

Dinyatakan kepada manusia yang mengakuiNya sebagai TUHAN ( Allah yang berdaulat atas hidupnya ) dan RAJA ( yang berkuasa atas setiap aspek hidupnya ) Kalau sikap ini ditunjukkan oleh manusia maka ia mau memberikan persembahan hidup seutuhnya kepada Tuhan , Roma 12 : 1-2 . Tetapi korban–korban kambing domba tidak lagi karena sudah digenapi Yesus sebagai anak domba ,

• Dsinilah banyak umat yang terjebak , dikira Tuhan puaskan kalau umat memberi sesuatu ( benda atau waktu tenaga dllnya ) Yang Tuhan mau HIDUP setuhnya untuk diarahkan , dibentuk dan dituntun lewat KEBENARAN FIRMAN sehingga terjadi PERUBAHAN hidup yang lama ( pengaruh falsafah dunia atau pola pikirnya sendiri ) menjadi BARU . 2 Korintus 5:17 .

• Setelah itu Tuhan akan memberikan berkatNya ! karena memandang kita sebagai umat yang betul-betul menunjukkan sikap mengasihi, menghormati dan TAAT akan kehendakNya !

Setelah Tuhan Yesus bangkit dari kematian dan NAIK KESORGA , maka pusat PEMERINTAHANNYA beralih dari dunia yang TERBATAS kepada Sorga yang TAK TERBATAS untuk memerintah dan mengatur alam semesta ini , khususnya mengatur dan memerintah umat pilihanNya untuk membawa dalam rencana dan kehendakNya yang indah yaitu membawa dari satu kemuliaan kepada kemuliaan yang lebih besar . 2 Korintus 3 : 18 ; Filipi
2 : 12-15 .

Bersambung …


Dijelaskan dalam ayat 8-10 .

• Bahwa ketika YESUS naik ketempat tinggi , Melintasi langit dengan membawa tawanan- tawanan ( yang dimaksudkan adalah musuh umat manusia seperti Maut , Penderitaan , Kemiskinan , Ketakutan , Putus asa , dllnya ) Semua sudah ditaklukkan dibawah kaki YESUS Efesus 1 : 21-23 . iblispun tidak berdaya karena sudah ditaklukkan dan dilucuti kekuasaannya agar tidak bisa mengalahkan dan memperbudak umatNya lagi . Kolose 2 : 15 .

• YESUS meninggalkan umatNya naik kesorga , tidak berarti membiarkan umatNya sendirian dibumi ini ( seperti yatim piatu ) Tetapi memberikan PENOLONG yaitu ROH KUDUS yang akan tinggal didalam hidup umatNya untuk selama-lamanya . Yohanes 14 : 16 -17 .

YESUS juga telah turun kebagian bumi paling bawah ( tempat untuk menyimpan roh manusia yang telah mati sejak masa Nuh ) untuk memberikan INJIL kepada mereka yang semasa hidupnya belum pernah mendengar INJIL . Itulah wujud keadilanNya , dengan memberi kesempatan kepada mereka mendengar INJIL sukacita . 1 Petrus 3 : 19 -20 .

Dalam hal ini perlu diwaspadai jangan terjebak dengan ajaran yang dewasa ini muncul , Bahwa kita bisa memanggil arwah nenek moyang kita yang saat meninggal belum diselamatkan , Kemudian menginjili roh-rohnya ! Ajaran tersebut jelas sesat ! Alkitab dengan tegas melarang memanggil arwah , Imamat 20 : 27 ; Ulangan 18 : 11-12 ; 1 Samuel 28 : 10-12 ( sebab yang datang pasti setan yang menyaru sebagai malaikat terang 2 Korintus 11 : 14 )

Ingat perumpamaan dalam Lukas 16 : 19-31 , Ada jurang pemisah orang kaya yang mati yang tinggal ditempat gelap , kertak gigi ( hades ) tidak bisa minta tolong baik yang ada disorga ( tempat Abraham dan Lazarus tinggal ) atau yang ada dibumi jalan-jalan kedunia minta tolong kepada sanak saudaranya yang masih hidup didunia tentang susahnya hidup di hades , masing-masing roh orang mati ada tempatnya sendiri-sendiri , Orang benar di Firdaus ( Sorga ) , Orang jahat di Hades Tuhan tidak mungkin mengijinkan roh-roh jalan-jalan seenaknya , ada penjaganya tidak mungkin bisa lolos kalau Tuhan memeritahkan penjaga tidak akan ada yang bisa keluar dari tempatnya !

Dimasa sekarang ini menjadi tugas Gereja / Jemaat untuk memberitakan INJIL keselamatan bagi manusia agar mereka tidak binasa melainkan beroleh Keselamatan ! Matius 28 : 19-20 . Kalau kita tidak memiliki waktu dan kesempatan untuk memberitakan injil , kita bisa BERSAKSI atas cinta dan kasih YESUS yang sudah dinyatakan dalam hidup kita kepada mereka semua yang belum pernah mendengar cinta , kasih dan berkat yang Yesus berikan , atau Kita bisa memberi kontribusi dengan memberikan uang kita , seperti yang dicanangkan Gereja kita satu hari minimal 100 rupiah ( setiap minggu diserahkan ) untuk diberikan kepada mereka yang pergi memberitakan injil , semua ini untuk mengurangi dosa kita yang tidak bisa memberitakan injil . 1 Petrus 4 : 8 .

Ditegaskan bahwa TUHAN YESUS yang telah mampu NAIK melintasi segala langit , IA juga mampu untuk TURUN dibagian bawah bumi paling bawah , semua dilakukan untuk menunjukkan KUASA yang dimilikiNya setelah kebangkitanNya , karena itu sekarang TUHAN YESUS sanggup memenuhkan segala sesuatu yang dibutuhkan umatNya dan yang pernah dinubuatkan para NabiNya maupun yang dijanjikanNya kepada manusia agar bisa mengenapi amanat agungNya !

Bagaimana kita bisa menerima PEMBERIAN-PEMBERIAN dari Tuhan ?

• Tuhan mengajarkan bagaimana meminta apa yang disediakan-Nya , dalam Matius 7 : 7 , mengajarkan untuk kita ; “ Mintalah , maka akan diberikan kepadamu ; carilah, maka kamu akan mendapat ; Ketoklah , maka pintu akan dibukakan bagimu . “

• Yohanes 15 : 7 , mengatakan ; “ Jikalau kamu tinggal didalam AKU dan firmanKU tinggal didalam kamu , mintalah apa saja yang kamu kehendaki , dan kamu akan menerimanya . “

• Yohanes 16 : 24 , Menjelaskan bagaimana kita meminta Roh Kudus yang dijanjikan , ayat 7 – 14 agar bisa memimpin kita untuk memuliakan namaNya dan Tuhan mau kita untuk memintanya ; ayat 24 , “ Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam namaKU . Mintalah maka kamu akan menerima , supaya penuhlah sukacitamu . “

Besambung …


Tuhan mengajarkan cara meminta dengan sikap tidak tahu malu , ( ngotot )

Tuhan bermaksud untuk melihat sampai sejauh mana PENGANDALAN hidup kita kepada Tuhan dan sampai sejauh mana IMAN percaya kita , APAKAH hanya kepada Tuhan Yesus saja tidak ada yang lain ! Kita bisa belajar DOA TIDAK TAHU MALU lewat ;

Lukas 11 : 5-9 dan Lukas 18 : 1-8

Walau kita tahu Tuhan itu baik dan murah hati sehingga mengajarkan cara berdoa yang luar biasa seperti diatas , tetapi kita harus tahu juga bahwa Tuhan BERDAULAT menentukan untuk memberi apa yang kita minta atau tidak ! Bukan kita yang menentukan atau bisa mengatur Tuhan menurut keinginan kita !

DOA yang tidak berkenan

Perlu kita tahu juga doa yang WALAU SANGAT SEDERHANA sekalipun tidak dijawab TUHAN karena DOSA kita yang belum dibereskan ( bertobat ) dihadapan Tuhan . ( belum berbalik dari cara hidupnya dan gaya hidupnya yang tidak berkenan dihadapan Tuhan ) .

Yesaya 59 : 1-2 , “ Sesungguhnya , tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan , dan pendengaran –Nya tidak kurang tajam untuk mendengar ; tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu , dan yang membuat DIA menyembunyikan diri terhadap kamu , sehingga IA tidak mendengar , ialah segala dosamu . “

• Yohanes 9 : 31 ,
“ Kita tahu , bahwa Allah tidak mendengarkan orang-orang berdosa , melainkan orang-orang yang saleh dan yang melakukan kehendakNya . “

Yakobus 4 : 3 , “ Atau kamu berdoa juga , tetapi kamu tidak menerima apa-apa , karena kamu salah berdoa , sebab yanga kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu . “

Doa yang berkenan

• Saat selesai berdoa kita berkata : “ Bukan kehendakku yang jadi tetapi kehendakMu yang jadi “ Matius 26 : 39 ; 1 Yohanes 5 : 14 .

• 1 Yohanes 3 : 22 , Menjelaskan bagaimana doa kita didengarkan Tuhan yaitu ; “ Karena kita menuruti segala perintahNya dan berbuat apa yang berkenan kepadaNya . “

Inilah yang perlu kita ketahui Tuhan itu memang baik , pemurah , kasih dan kuasaNya tidak terbatas sanggup menyediakan dan memberikan pemberian-pemberianNya yang melimpah-limpah tetapi ; Bagi umat yang TAAT dan SETIA hidup dijalan-jalanNya . Amin .