KASIH YANG MENCACI

Orang Kristen itu identik dengan Kasih, tapi jika sudah emosi, kasih yang seharusnya penuh dengan kerendahan hati, akan berubah menjadi KASIH YANG MENCACI, meskipun cacian yang dilontarkan terselubung dengan nasehat, canda ataupun perhatian, taoi tetap saja yang namanya cacian adalah bermaksud untuk menghina ataupun merendahkan orang yang dicaci, contohnya saya pernah diajak berunding sesama iman untuk mengambil suatu keputusan, awalnya semua baik2 saja, tapi saat keputusan yang diambil tidak sesuai dengan pemikirannya, mulailah kata “cacian terselubung” dikeluarkan, yang tujuannya jelas untuk merendahkan orang lain, padahal Roma 14:19 mengatakan…Sebab itu tujuan kita haruslah selalu untuk hal-hal yang menciptakan kerukunan dan saling membangun, bagaimana menurut pemikiran sobat lainnya? Trus bagaimana sikap kita seharusnya dalam berdiskusi di forum ini secara kasih, sesuai Roma 14:19, sebab kulihat banyak juga “cacian terselubung” yang dilontarkan di forum saat berdiskusi, yang kadang bisa bikin panas kuping orang yang membacanya? Sebagai member baru, saya perlu petunjuk member lainnya, supaya saya tidak terbiasa melakukan KASIH YANG MENCACI!

haha… yah bginilah FK, medan perang…yah itung2 kita melatih kesabaran dan kasih kita kpd org yg mencaci kita :slight_smile:

Pertumbuhan tiap orang tidak sama.

Kekayaan, kepandaian, kedudukan di masyarakat dapat membawa seseorang menempati posisi-posisi tertentu dalam organisasi rohani seperti gereja. Tetapi pertumbuhan rohani tidak dapat diukur dan kita semua sedang bertumbuh, yang artinya hari ini mungkin ia bersikap seperti itu, belum tentu besok ia tetap seperti itu. Tidak ada yang permanen selama kita hidup didunia, jadi oleh karena itu pula dikatakan jangan saling menghakimi, sebab penghakiman manusia adalah melabeli sesamanya. Sekali disebut munafik, selamanya dianggap munafik. Hanya Tuhan yang mengampuni, manusia tidak mudah lupa…

Kalau medan perang sih berlebihan kayaknya

Kalau utusan GK seperti itu mah sudah tradisi. Wong umat katolik awam kalau berani bertanya2 apa yang diajarkan GK aja mereka seperti itu, apalagi terhadap umat lain.

Hitung2 belajar seperti kata steavan, sekalian kesaksian juga buat umat katolik awam kalau kelakuan utusan GK bukan hanya di gereja mereka, tapi juga pada umat lain.

Uhmm
Koq menurut ‘hati awam’ saia impossible ya jika MENCACI pake KASIH :slight_smile:
Pasti maksud BAIKnya tak lain tak bukan ialah MENCUCI, agar tampak LEBIH BERSIH, or in other word supaya tampak KEMBALI BERSIH; seperti sedia kala :happy0062:
Bukankah ini lebih bisa diartikeun sama dg wujud NYATA dari CARING ? :happy0025:
Begitu cepatnya menggiring penilaian ke arah klaim ‘medan perang’ (hafal betul :smiley: sering berada di ‘sana’ sendirian maybe ;D)

1 Kor 13:1-13 :wink:
5 Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.
13 Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

Cheers JOYfully in Christ J
:angel:

kasih contoh gih “KASIH YANG MENCACI/cacian terselubung” ka gimana, supaya topikmu juga ga keliatan terselubung juga.
misalnya :
KASIH YANG MENCACI/cacian terselubung

  1. …dst
    ;D :happy0025:

Waduh, kalo mau contoh mestinya langsung aja lihat threat yang lagi memanas, disitu banyak contoh cacian terselubung, misalnya kalo ada member yang kepojok karena salah memahami Alkitab dibilang, …pergi sono, belajar dulu soal Alkitab lebih baik, habis itu kembali lagi kesini, saya siap berdebat lagi buat kamu… ato, dari gaya tulisanmu aja gue udah tahu elo masuk kelompok yang disesatkan, ya gitu2 deh contohnya, tapi mesti lihat langsung postingan diskusinya, baru berasa panasnya dikuping, kalo gue posting contoh quotenya disini kan gak enak bro!

Masalahnya gue sendiri juga punya pengalaman kena cacian, karena dianggap salah memahami Alkitab, katanya…seharusnya elo malu, umur udah tua, tapi pengetahuan alkitab masih bayi…gubraaaak, sampe kaget gue, tapi kupikir ya udahlah, ambil hikmahnya aja, anggap aja dia mo menunjukkan kasihnya kepada gue melalui caciannya, tapi kalo seandainya gue newbie yang gak tahan banting, apa bisa tahan terima KASIH YANG MENCACI tersebut!

Semoga kali ini lebih jelas maksudnya, tapi please jangan caci saya kalo masuh gak jelas ya bro :slight_smile:

Peace deh!

Hai Steavan, met kenal juga, sorry aku masih newbie jadi belum bisa kirim message, stress sih enggak, cuma kaget aja baca statementnya yang tajam banget, kayak mo nusuk2 lawan diskusinya gitu, jadi ikutan empet juga bacanya :slight_smile:

Tapi jujur juga, aku dapat masukan banyak juga dari peperangan argue mereka, cuma sekarang lagi mikir aja, apa gak bisa diperhalus dikit gaya arguenya biar gak langsung nancap ke ulu hati, bles bles bles gto, :slight_smile:

In my humble opinion aja sih, peace ya!

Wah kenapa anda menyudutkan KATOLIK mas bro ? :smiley:

Utusan GK? GK itu artinya apa toh? Sorry masih awam bangeeeeeeeet gtu lho!

Yang biasa menyudutkan adalah perwakilan GK di forum ini dengan cacian, fitnahan, ancaman dsb. Anda bisa melihat buktinya dengan rajin2 membaca di forum ini. Kalau sekarang perwakilan Gereja Katolik sudah pada kabur setelah penipuannya pada umat katolik terbongkar.

Utusan GK itu maksudnya utusan hirarki Gereja Katolik. Contohnya Bruce dkk.

Anda membalas tindakan mereka yah bro ? :mad0261:

orang kristen itu manusia, ada yang masih belajar membangun diri, ada yang bangkit dan berjalan dengan konstan, ada yang tetap berdiri teguh dengan kondisi stuck… dan ada yang skali hit langsung DOWN…

kalau udah masalah pribadi… dan apalagi lawan diskusi suka menyerangpribadi… tidak terarah, dan tidak bisa berinteraksi satu sama lain.

mungkin itu yng sering membuat emosi, yang kadang membuat orang untuk mengusap dada…

kerendah hatian diperlukan skill penanganan kejiwaan yang luas,dan terlatih karena bisa saja kerendah hatian itu malah menjadi sebuah jebakan yang malah menggorogoti psikologis…

hanya Yesus lah yang bisa rendah hati yang paling dasyat, SBAB DIA TELAH TAU APA DAN BAGAIMANA SEBENARNYA HIDUP MANUSIA ITU…

walau tak bisa dipungkiri… DIA BISA JUGA MERASAKAN HAL2 YANG TERJADI DALAM DIRI MANUSIA, SPERTI TAKUT DAN MARAH…

kerendah hatian, perlu perlatihan yang besar, yang membentuk karakter hingga bisa konstan dan tetap berbuat rendah hati…

untuk itu kita seharusnya belajar kepada Yesus, sbab Dia pokok anggurnya, agar buah dari rangtingnya benar2 sesuai dengan namanya, tidak berubah…

kadang orang mencaci… karena memang kepada dua pihak tidak ada harapan titik temu, sehingga malah saling menyerang pribadi…

yang jadi permasalahan, bagaimana kamu melatih diri kamu menerima apa yang terjadi didepan matamu, atau disekelilingmu, dan malah tidak marah sebaliknya…
atau malah menjadi salah satunya…

dan yang jadi masalah, bagaimana? apakah kamu bisa membawa iklim yang berbeda??

sebab Yesuslah Pokokmu, dan engkau rantingnya…

satu contoh yang paling dasyat: "saat ribuan luka bekas sabetan dan cambukan di dagingmu, dan kedua tanganmu direntangkan dipaku, dan orang lain memaki pribadimu, dengan makian yang bikin uuurgghh…

namun kamu tetap bisa KEEP BLESSING MEREKA…

dan mengampuni itu semua scara tulus didalamdirimu…

ITU ILMU DAN IMAN YANG PALING SUSAH UNTUK MEMBENTUKNYA…

yah biasakan lah dirimu dengan menjadi sebgai mana Yesus seharusnya, khan kataNya, jika engkau memiliki Iman yang sebesar biji sesawi…

dan setia pada perkara kecilpun juga dihimbau…

jangan trpengaruh…

karena daging tetaplah daging…

keingingan daging dan roh adalah berbeda… kadang amarah itu terjadi karena penguasaan diri yang belum kuat, dan akhirnya daging mengambil alih, dengan mencaci…

pilihannya…

jikapun ada teman yang suka memaki, ANGGAP BIASA AJA JANGAN JUGA MERESPONNYA DENGAN TIMBAL BALIK…

kalo bisa ciptakan iklim lagi, untuk menyadarkan kalau kasih itu adalah hal yang paling utama…

salam…

@¤dude¤

kerendah hatian diperlukan skill penanganan kejiwaan yang luas,dan terlatih karena bisa saja kerendah hatian itu malah menjadi sebuah jebakan yang malah menggorogoti psikologis..
Hem ..ada ada benarnya juga ya... kira2 ada kesamaan gak berbaik hati dengan kerendahan hati...?
kerendah hatian, perlu perlatihan yang besar, yang membentuk karakter hingga bisa konstan dan tetap berbuat rendah hati..
Sepertinya level saya masih jauh sekali. Masih jadi tanda tanya seperti apa dan bagaimana merendahkan diri dan bagaimana menempatkan kerendahan diri yang sesuai dengan kerendahan diri itu sendiri? Saya anggap selama ini berbaik hati adalah kerendahan diri sepertinya dalam hal ini saya salah. :ashamed0004:

ini baru mantap… :afro:

kerendahan hati, itu ada golnya…

jika seseorang itu hanya motivasi untuk rendah hati saja…

dia tidak tau dan tidak akan dapat apa2…

kerendah hatian… membawa diri agar terhindar dari kedagingan…

keinginan untuk di elu2kan, di puji2 dan di idolakan…

kerendahhatian akan menenangkan oranglain…

sbab tidak ada yang akan diambil dari oranglain… dan hal itu akan membuat orang lain nyaman… dan mulai menjajaki siapakah sebenarnya sang empunya rendah hati itu…

gak berbaik hati… itu sangat benda…

gak berbaik hati itu diakibatkan oleh motivasi dan pilihan2 dalam diri sesorang dengan tujuan tertentu…

gak berbaik hati, dimana orang tersebut membawa diri untuk memilih tidak berbaik hati…

berbaik hati bukan bentuk merendah kan diri…

merendahkan hati… apa2 pun kaidah2 yang dikejar di dunia ini, pujian, elu2an, di dukung scara pribadi oleh orang lain… tidak akan menjadi golnya kerendah hatian…

kerendah hatian… apapun yang hebat dan dasyat yang kita anggap didalam dirikita… adalah dengan sikap tidak memamerkannya dengan tujuan tertentu…

sama sperti Yesus… yang paling contoh kecilnya… bisa menghidupkan orang mati…
bukan serta merta menganggap diriNya sebagai pribadi yang Hebat… sbagai pribadi yang pantas di elu2kan…

bahkan dengan kesederhanaan dan mau membasuh kaki murid2Nya…

kerendah hatian tidak melulu untuk dianggap paling besar… melainkan sahabat bagi yang terkecil… tidak melulu menanggap diri lebih hebat…
melainkan menjadikan diri bagi pelayan bagi orang lain…

bahkan Yesus adalah Anak Allah yang Kudus…

ALLAH YANG PENCEMBURU ITU…

tidak serta merta mendapatkan POSISI ATAU TEMPAT YANG HEBAT DIDUNIA INI…

MELAINKAN MALAH MENJADI SPERTI SALAH SATU PENYAMUN…

Demikianlah yang sering Ia maksudkan sbagai CAWAN… YANG HARUS IA TANGGUNG DALAM KERENDAH HATIANNYA SEBAGAI ANAK ALLAH…

[tr]
[td]“Orang Kristen itu identik dengan Kasih, tapi jika sudah emosi, kasih yang seharusnya penuh dengan kerendahan hati, akan berubah menjadi KASIH YANG MENCACI, meskipun cacian yang dilontarkan terselubung dengan nasehat, canda ataupun perhatian, taoi tetap saja yang namanya cacian adalah bermaksud untuk menghina ataupun merendahkan orang yang dicaci, contohnya saya pernah diajak berunding sesama iman untuk mengambil suatu keputusan, awalnya semua baik2 saja, tapi saat keputusan yang diambil tidak sesuai dengan pemikirannya, mulailah kata “cacian terselubung” dikeluarkan, yang tujuannya jelas untuk merendahkan orang lain, padahal Roma 14:19 mengatakan…Sebab itu tujuan kita haruslah selalu untuk hal-hal yang menciptakan kerukunan dan saling membangun, bagaimana menurut pemikiran sobat lainnya? Trus bagaimana sikap kita seharusnya dalam berdiskusi di forum ini secara kasih, sesuai Roma 14:19, sebab kulihat banyak juga “cacian terselubung” yang dilontarkan di forum saat berdiskusi, yang kadang bisa bikin panas kuping orang yang membacanya? Sebagai member baru, saya perlu petunjuk member lainnya, supaya saya tidak terbiasa melakukan KASIH YANG MENCACI!”[/td]
[/tr]

kalau menurut saya… :mad0261:
kasih itu tidak pura-pura (roma 12:9)

katakan iya kalau iya ,tidak kalau tidak …
dan orang yang benar melakukan cara yg benar…

jadi kalau keberatan, sampaikan rasa keberatannya tp dgn kasih… dan jgn mengutuk, bermegah diri dan jangan menghakimi.

agar dari teguran itu org yg tertegur dapat terbangun pribadinya.

-maaf masih awam :cheesy:

CARA yg BENAR … :mad0261: :coolsmiley:
Sebelum mengupas lebih dalam pada kalimat2 diatas apalagi untuk mengadili si Pengumpat yg melakukan Kasih yg Terselubung… :mad0261: :’( … model gue’ ini …

Coba tolong sampaikan pada si Pengumpat ini yg mempunyai :

  1. Prisnsip " BENCIlah DOSANYA tetapi TOLONGLAH Pendosanya !"
    Apa yg harus kalian lakukan bila nemu yg namanya BIBIT PENYAKIT berupa Kuman2 dan Virus2 KESESATAN ?
    Apa KUDU dipelihara atau DIBASMI sampai HABIS ? INGAT yg dipertanyakan adalah pada Ajaran dan Pemahaman SESAT nya bukan pada si Penyesatnya !
    Bukankah juga sering kita melihat bagaimana TEGAR TENGKUK nya si Penyesat TETAP menebar Virus2 Kesesatan itu ??? Kalau Virus itu tetap HIDUP dan menyebabkan PENYAKIT LOYO IMAN lalu bagaimana anda mempertanggung jawabkan Firman-Nya dalam

Yehezkiel 3 :
17 Hai anak manusia, Aku telah menetapkan engkau menjadi penjaga kaum Israel. Bilamana engkau mendengarkan sesuatu firman dari pada-Ku, peringatkanlah mereka atas nama-Ku.
KELOMPOK PERTAMA
18 Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Engkau pasti dihukum mati! --dan engkau tidak memperingatkan dia atau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu dari hidupnya yang jahat, supaya ia tetap hidup, orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu.
19 Tetapi jikalau engkau memperingatkan orang jahat itu dan ia tidak berbalik dari kejahatannya dan dari hidupnya yang jahat, ia akan mati dalam kesalahannya, tetapi engkau telah menyelamatkan nyawamu.

KELOMPOK KEDUA :
20 Jikalau seorang yang benar berbalik dari kebenarannya dan ia berbuat curang, dan Aku meletakkan batu sandungan di hadapannya, ia akan mati. Oleh karena engkau tidak memperingatkan dia, ia akan mati dalam dosanya dan perbuatan-perbuatan kebenaran yang dikerjakannya tidak akan diingat-ingat, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu.
21 Tetapi jikalau engkau memperingatkan orang yang benar itu supaya ia jangan berbuat dosa dan memang tidak berbuat dosa, ia akan tetap hidup, sebab ia mau menerima peringatan, dan engkau telah menyelamatkan nyawamu."

Sekali lagi pertanyaannya adalah apakah pada ke SESAT an (bibit Ilalang yg disebar) kita akan membiarkannya terus bertumbuh ?
Apa yg bisa kita ambil dari kata2-Nya dalam Lukas 19 :
27 Akan tetapi semua seteruku ini, yang tidak suka aku menjadi rajanya, bawalah mereka ke mari dan bunuhlah mereka di depan mataku."

28 Dan setelah mengatakan semuanya itu Yesus mendahului mereka dan meneruskan perjalanan-Nya ke Yerusalem.

Apakah UCAPAN dari Yang Maha Kasih itu suatu Ungkapan yg TERSELUBUNG atau suatu KETEGASAN pada para SETERU “Firman Tuhan” yg mau di SESAT kan “nya” ?! :mad0261: :’( :ashamed0004:

Bersambung …