kata Allah berasal dari arab yang berarti dewa bulan

Sejarah alkitab menggunakan nama Allah sebagai pengganti GOD in english di INdonesia, bermula ketika Alkitab di terjemahkan oleh orang Indonesia yang pada saat itu beragama Islam. Ada alkitab yang menggunakan kata arab sy uda attach. Pertanyaan apakah benar jika kita menggunakan kata Allah ( Arab ) sementara Jesus berbahasa Ibrani?


Lalu kenapa Anda menyebut nama Yesus? Itu dari bahasa Yunani, bukan Ibrani.
Kalau ingin semuanya seperti bahasa aslinya, ya tidak usah diterjemahkan. Sederhana kan?
Salam

‘Allah’ adalah Elohim/Eloah/El dalam bahasa Arab.

Yang mempopulerkan ‘Allah’ sebagai dewa Air/Bulan adalah Robert Morey dan Kelompok pengangung nama Yahweh (di Indonesia). Kelompok ini menyebarkan traktat yang tentu saja membuat marah kelompok Islam.

Para theolog Islam mengatakan bahwa pernah memang nama ‘allah’ digunakan sebagai sebutan pada ‘dewa air/bulan’ namun kebiasaan zaman jahiliyah ini merosot pada masa Nabi Muhammad/ kebangkitan Islam. Dan kita harus membaca konteksnya, selanjutnya Islam ingin mengembalikan kepada arti asli ‘Allah’ sebagai Allah monotheisme Abraham yang dipercaya kaum Hanif (suku Ibrahimiyah dan Ismaelliyah).

Dan ingat bahwa nama “Allah” sudah digunakan oleh orang Arab Kristen dan Arab Yahudi jauh sebelum masa jahiliah dan Islam. Kitab Tanakh yang didalamnya terdapat beberapa kata Aram, dan Kitab Peshita (Alkitab Aram Siria) sendiri sudah menggunakan nama Alaha sejak abad kedua, jauh sebelum masa jahiliah dan AlQuran.

Kalau kata “allah” mungkin pernah ditujukan ke dewa bulan, ada pula catatan Alkitab yang menulis bahwa kata YHVH juga pernah diberikan untuk merujuk berhala.

image diatas menulis ASSALAMMU’ALAIKUM sama dengan salam dalam bahasa Ibrani SYALOM ALEYKHEM

Wah… Thank you bnget bro… jadi dapat wawasan ni… saya jg aneh ada orang kirim saya buku dan CD dari jasa pos. pas saya buka ternyata isinnya mengenai itu. tapi saya meragukannya…

hati2… bom buku…

Yah egga pa palah kan suatu terjemahan tidak dapat tergambarkan sempurna karena keterbatasan kata kata, jadi pinjam istilah boleh boleh saja.

GBU

rasa2nya saya pernah baca tapi lupa dimana… klo ALLAH itu asalnya bukan bahasa arab… dan memiliki arti berbeda…

Allah itu sdh dipakai utk menterjemahkan God oleh org2 Kristen di Arab
jauh sebelum agama Islam ada