ke manakah Dia dimasa kanak-kanak?

hamba mohon ijin membuat trit.

Di kitab Injil awal Yesus digambarkan sbg bayi dan setelahnya…

…skip…

sampai Dia dibaptis oleh Yohanes pembaptis, dicobai iblis, lalu melayani hingga Dia mati, bangkit dan naik ke Sorga.

seakan2 kehidupanNya di fast forward…ke masa remajaNya.

apakah ada literatur atau bukti konkrit yg menceritakan ke mana Yesus dan bagaimana kehidupanNya di Nazareth?

Bro Singkong,

penjelasan hal ini sangat sederhana.

  1. adat istiadat di umat Israel pada masa Yesus Kristus bahwa seorang pria akan mengikuti pengajaran agama Yahudi dalam sistem pendidikan tradisional mereka dan tidak diijinkan menyampaikan pengajaran sampai dengan ia genap berusia 30 tahun.
    Menimbang adanya adat istiadat demikian maka mudah dimengerti Tuhan Yesus mulai mengajar setelah 30 tahun.

  2. Masa antara Yesus berumur 12 tahun s/d genap 30 tahun memang vakum tanpa catatan, penjelasannya juga sederhana. Pada saat awal misi pelayananNYA, diawali pesta perkawinan di desa Kana, Yesus Kristus berkata kepada ibuNYA bahwa “WaktuNya belum tiba”. Artinya kesengajaan dari pihak Yesus bahwa masa tersebut sederhana disebut “BELUM WAKTUNYA” sehingga sangat masuk akal jika murid-murid Tuhan Yesus tidak menceritakan masa hidup Yesus pada masa itu. Seorang bisa memikirkan hal tersebut vakum karena memang tidak ada aktivitas pelayanan Yesus dan Yesus sengaja tidak menceritakan masa itu.

APakah Yesus sebagai pria muda biasa? tentu saja ya, karena orang-orang se kampung halamanNYA di Nazareth menyebutnya “bukankah dia ini kita kenal?”

salam

kalau literatur, rasa-rasanya pernah baca ada “injil” ekstrakanonikal yang menceritakan masa2 kanak-kanak Yesus, CMIIW :smiley:

Mengapa kehidupan Yesus harus dicatat dari usia demi usia? Apakah perlunya kehidupan keseharian Yesus dicatat???

Ada dua hal yang dicatat dalam Injil untuk manusia,

Pertama adalah tenang kedatangan Mesias yang diceritakan tentang kelahiran bayi

Kedua adalah tentang karya penebusan Kristus yang diceritakan tentang pelayanannya sampai mati yaitu 3 tahun terakhir saat ia mengumpulkan murid-murid.

Dua hal itu adalah point penting dari kedatangan Yesus.

Tentang biografi Yesus, sejak usia 1 hari, 100 hari, 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun… 12 tahun, 15 tahun, 16 tahun,…20 tahun, 21 tahun, 22 tahun… 30 tahun, 31 tahun, 32 dan 33 tahun. Buat apa dan siapakah hal itu perlu dituliskan? Bukankah mempertanyakan diluar dua karya Allah yaitu tentang datangnya Mesias dan karya Mesias sebuah keisengan? Apakah gunanya mencatat Yesus mulai bisa berjalan, mulai bisa mengucapkan satu dua kata sampai sekolah, jatuh di sekolah, ikut lomba lari, nilai ujiannya, pacarnya, kisah kencannya, dan bla-bla-bla hanyalah pertanyaan olok-olok saja, lupakan kalau ada yang menanyakan hal itu.

Lukas mencata Yesus seperti manusia Yahudi biasa, mencatat usia 12 tahun seperti kebanyakan orang Yahudi usia 12 tahun adalah usia yang penting, demikian dengan usia 30 tahun adalah usia yang layak untuk mengajar orang. Semua itu bukan hendak mencatat biografi Yesus tetapi Lukas mencatat bahwa Yesus juga manusia menjalankan aktivitas sama seperti kita dan juga diuji oleh Ahli Taurat pada usia 12 atau 13 tahun.

Banyak faktor, diantaranya bisa jadi karena ada sekelompok orang yang menganggap Alkitab “tidak cukup” dan 'tidak lengkap" dalam menceritakan kisah Yesus , sehingga berusaha mencari sumber lain.

ya sudah jelaslah Injil itu kan klo nda salah artinya Kabar Gembira atau Kabar Keselamatan yg maksudnya adlh menceritakan ttg apa yg dilakukan atau diajarkan ol Yesus dalam upayanya menyelamatkan kita umat Manusia… jd sudah jelas Injil tidak menceritakan ttg kehidupan pribadi Yesus secara keseluruhan namun hanya apa yg Dia ajarkan atau Dia perbuat utk mengajarkan keselamatan tsb…

klo Injil itu menceritakan kehidupan pribadi Yesus maka namanya bukan Kabar Gembira/Kabar Keselamatan lg dunk, tp namanya akan berganti mnj “Otobiografi Yesus”… heheheheh :smiley:

Topik spt ini pernah dibahas di Pertanyaan tentang Yusuf suami Maria - Pendalaman Alkitab - ForumKristen.com
dan ini jawaban saya waktu itu:

:afro: thanks

wassalam

Kalau di ceritain detail engga akan muat satu buku

GBU