Kebangkitan Gereja ?![center][/center]

Hari ini diseluruh dunia umat Tuhan merayakan “ Kebangkitan Kristus “ atau “ Deklarasi kemenangan atas dosa dan maut “ sehingga setiap Umat Tuhan ( orang percaya );

• tidak perlu takut kuasa dosa tidak bisa menguasai kehidupannya , Roma 7 : 24-25 .
• tidak perlu takut kelak dalam kekekalan , karena sudah dibebaskan dari murka Allah yang akan datang . Roma 5 : 9 . sebab kuasa maut telah dikalahkan Tuhan Yesus lewat kebangkitan-Nya . 1 Korintus 15 : 55 .

peringatan akan Kuasa kebangkitan-Nya tahun ini , jadikan momentum kebangkitan Gereja Tuhan / Jemaat / Ekklesia untuk melaksanakan amanat agung-Nya .

Matius 28 : 17-20 , Lewat Kebenaran Firman Tuhan ini menjelaskan bagaimana keadaan murid-murid Tuhan ,

• Banyak umat Tuhan ragu-ragu atau tidak memahami akan “ kuasa kebangkitan-Nya “ dan rencana Allah yang sesungguhnya , baik dalam hidupnya maupun untuk manusia didunia . ( dimasa sekarang ini banyak umat yang ragu-ragu akan panggilannya )

• Setelah Tuhan Yesus mendekat/melawat dengan kasih dan kuasa-Nya maka terjadi pemulihan rohani seutuhnya , ( pengalaman perjumpaan pribadi dalam kasih dan kuasa-Nya membuat seseorang mengalami pemulihan ) setelah dipulihkan menjadi tahu akan kehendak dan rencana-Nya , barulah anak Tuhan bisa memulihkan juga yang lain . Lukas 22 : 32 .

Barulah Umat bisa bangkit hidup jadi berkat , pergi memberitakan injil kepada bangsa-bangsa dan menjadikan mereka semua murid Tuhan . ( mentoring/membimbing agar mengalami perjumpaan Pribadi dengan Tuhan bukan hanya membawa datang kegereja )

Efesus 1 : 15-23 , Kitab Efesus ini menjelaskan lebih luas , bagaimana hebat kuasa kebangkitan-Nya dalam kehidupan umat-Nya sebagai Tubuh Kristus ;

• Paulus berdoa agar Jemaat mendapat hikmat dan mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya , betapa kaya dan mulia bagian yang ditentukan bagi orang-orang kudus-Nya . Tuhan ingin kita juga mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya bagi hidup kita .

• Mengerti betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang mau pergi memberitakan Injil Keselamatan kepada bangsa-bangsa, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya yang dikerjakan sama seperti pada saat membangkitkan Kristus oleh kuasa-Nya dari kematian .

• Sebab segala sesuatu telah ditaklukkan dibawah kaki Kristus baik , pemerintahan , penguasa , kekuasaan dan kerajaan bahkan setiap nama yang dapat disebut baik , bukan hanya dimasa kini saja tetapi didunia yang akan datang .

• Semua otoritas yang Tuhan alami itu diberikan / dialirkan kepada Jemaat-Nya , karena Jemaat merupakan tubuh Kristus .

Setelah dilawat oleh kuasa « Kebangkitan-Nya « Jemaat mengalami pemulihan dan tahu isi hati Tuhan sehingga tidak ragu-ragu akan kehendak dan rencana-Nya , maka Jemaat memiliki tujuan hidup jadi berkat untuk menyenangkan hati Tuhan dengan cara ; Menyelesaikan tugas yang belum diselesaikan-Nya ! Kolose 1 : 24-27 .

Inilah waktunya “ Gereja Tuhan “ mengalami kuasa kebangkitan-Nya untuk menjadi saksi , kepada bangsa-bangsa bagaimana bisa berjumpa dengan Tuhan yang merupakan satu-satunya jalan kebenaran dan kehidupan atau meluruskan , meratakan jalan bagi Yesus agar bisa melawat jiwa-jiwa untuk menjadi keluarga Allah .

Berbicara Gereja yang bangkit , hidup bergerak dan jadi laskar Kristus maka perlu adanya diagnosa / penelitaan yang tepat dan benar sehingga tidak salah dalam mengobati penyakit Gereja yang tidak bertumbuh .

Manfaat penelitian / diagnosa gereja yang tepat ;

• Membantu gereja menemukan factor apa yang menghalangi pertumbuhan dan factor yang bisa membantu pertumbuhan dan belajar situasi terkini .
• Mengurangi resiko kerugian karena analisa yang tidak akurat dalam merencanakan pertumbuhan gerejanya . ( tidak hanya ikut-ikutan gereja lain )
• Bisa memanfaatkan sumber daya terbatas yang ada didalam gerejanya baik itu sumber daya manusia , keuangan dan lain-lainnya .
• Bisa mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan gerejanya .
• Menolong melihat gereja dari perspektif luas , gereja kita dibandingkan dengan yang lainnya dalam pengelolaan,management,kebijaksanaan dan progam-progamnya .

Banyak usaha yang dilakukan agar Jemaat bisa melaksanakan kehendak Tuhan bagi gerejanya , Karena tidak mudah untuk menyimpulkan kehendak Tuhan bagi gereja-Nya ,mereka berpikir bisa belajar kepada gereja yang dianggap maju setelah mengadakan survey mulailah diterapkan digerejanya , mengikuti banyak seminar tentang pertumbuhan gereja dllnya , ternyata gerejanya tidak maju juga .

Itulah sebabnya kita mau belajar dari hamba Tuhan dari jerman ,Christian A . Schwars . dalam penelitiannya terhadap 1000 Gereja di 32 Negara , menyimpulkan 8 profile Gereja yang tumbuh secara alamiah adalah ;

  1. Kepemimpinan yang melakukan pemberdayaan . ( Empowering leadership )

  2. Pelayanan yang berorientasi kepada karunia . ( Gift oriented ministry )

  3. Kerohanian yang haus dan penuh antusiasme . ( Passionate spirituality )

  4. Struktur pelayanan yang tepat guna . ( Functional structure )

  5. Ibadah yang membangkitkan inspirasi . ( Inspiring worship service )

  6. Kelompok kecil yang menjawab kebutuhan secara menyeluruh . ( Holistic small groups )

  7. Penginjilan yang berorientasi pada kebutuhan . ( Need oriented evangelism )

  8. Hubungan yang penuh kasih . ( Loving relationship )

  9. Kepemimpinan yang melakukan pemberdayaan , ( Empowering leadership )

Dari 8 faktor pertumbuhan Gereja secara alamiah , satu ditentukan pemimpinnya apakah memperlengkapi Jemaat ( orang-orang Kristen ) untuk ikut terlibat dalam pelayanan atau tidak ! Dan yang 7 tergantung karakteristik kualitas yang melibatkan seluruh anggota Jemaat !

Sebagian besar Sinode gereja , para pemimpin sangat tabu memperlengkapi Jemaat dan memberi kepercayaan Jemaat untuk ikut terlibat dalam pelayanan dengan berbagai alasan doctrinal . sedangkan Efesus 4 : 12 jelas menunjukkan tugas Pemimpin adalah untuk memperlengkapi orang Kudus bagi pembangunan tubuh Kristus .

Gereja kita sudah melakukan hal ini yaitu memberi kepercayaan dan kesempatan kepada semua Jemaat , Tetapi tidak sembarangan dalam memberi kepercayaan jemaat untuk ikut terlibat dalam pelayanan yaitu ;

• Anak Tuhan bisa menjadi pelayan Jemaat bukan masalah lamanya menjadi orang Kristen , ( senioritas ) bukan karena memiliki strata tinggi ( tetapi tidak memiliki pengetahuan Alkitab yang memadai ) juga bukan karena orang kaya maka langsung diberi kedudukan penting sebagai pengurus inti Gereja .
• Tetapi yang memenuhi Kriteria , sudah “ Lahir Baru “ bisa dilihat buah-buah hidupnya , Cinta Tuhan , taat akan ajaran dan perintah - perintah-Nya , yang diwujudkan nampak buah-buah dalam hidupnya , memiliki kepedulian dengan membantu apa yang bisa dilakukan dalam gereja . 1 Timotius 3 : 1 – 13 . sebab kalau ia belum dipulihkan dulu bagaimana ia bisa memulihkan orang lain .

Gereja kita juga memberi kesempatan bagi kader baru agar yang lain juga memiliki kesempatan untuk menjadi “ Pemimpin “ , masa memimpin sebuah bidang maksimal hanya 2 periode dengan setiap periodenya 3 tahun .

Pelayan Tuhan yg berkualitas ia harus bersedia dimentor ( dibimbing )

• Sebab melayani harus dengan kasih dan hormat kepada Tuhan agar berkenan dihadapan-Nya, bukan hanya mengisi waktu luang , karena hobbi menyanyi , musik , atau mau mengatur ( jadi boss ) dan tidak mau diatur/diarahkan semua itu menyebabkan pelayanannya tidak membawa buah-buah .

• Anak Tuhan yang tulus mengasihi dan menghormati Tuhan pasti rindu memberi yang terbaik dalam melayani , sehingga mau terus meningkatkan « Pengetahuan dan kemampuan « agar bisa memberi yang terbaik bagi Kemuliaan nama-Nya !

Maka Pelayanan perlu mentor yang terus membimbingnya sampai ia bisa menghasilkan murid ( buah-buah ) dalam pelayanannya . Mereka yang dimentor akhirnya juga menjadi mentoring bagi muridnya yang baru dan seterusnya demikian .

Melayani yang berprestasi ia harus bersedia dilatih agar memiliki otot rohani yang kuat agar bisa berprestasi dalam pelayanan

• Seorang atlit apapun kalau mau berhasil / juara ia siap menghabiskan banyak waktu dan tenaga terkuras berlatih dan mau dilatih / diarahkan agar bisa berprestasi , ia harus makan makanan yang terkontrol dan bergisi tinggi dan mengandung vitamin yang tepat untuk menguatkan ototnya dan ia pasti memiliki disiplin tinggi dalam latihan tidak malas .

• Seorang yang mau melayani ia harus memiliki otot rohani yang kuat ( melatih diri untuk membangun hubungan yang intim dengan bersaat teduh yang disipilin ) dan makan makanan rohani yang bergizi ( mendengar kotbah yang berbobot dan suka membaca buku-buku rohani )

• Ia mau terus belajar dimulai lewat K.T.B , belajar bersaksi ( berbicara didepan banyak orang ) belajar berdoa ( saat menginjil berani doa dengan mantap )dllnya

• Seorang yang membawa dampak bagi orang lain / yang dilayani ia harus sering latihan sampai ia memiliki kemampuan yang memadai dan menguasai bidangnya dengan baik . Sehingga pelayanannya menjadi berkat .

Pemimpin yang baik dan memberdayakan Jemaat maka , Secara berkala mengunjungi , mengutus kader untuk meninjau , survey, study perbandingan Gereja yang maju secara sehat sebagai bahan masukan dan berbandingan untuk kemajuan di Jemaatnya , mengikuti seminar yang berbobot , berguna sesuai kebutuhan ( bukan asal ada seminar harus mengikuti ) inilah idealnya seorang pemimpin yang memenuhi criteria pertumbuhan gereja secara alamiah bukan menurut tradisi / cara lama yang baku , Pemimpin hanya sebagai pemain tunggal tidak memberdayakan Jemaat untuk tumbuh bersama-sama . Amin .