KEBANGKITAN

Menurut Teman-teman di- fk “wahyu 20:6 tentang kebangkitan pertama” sama ngak dengan kebangkitan umat percaya dalam 1 Tesalonika 4:17 ?

1 Tes. 4 : 16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;
17 sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

kebangkitan orang percaya / benar :

why 20 : 6 Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya.

sama :afro:

Why20:5 Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu. Inilah kebangkitan pertama.
20:6 Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya.
Kalau kita cermati dr Why20:6 ini, kita bisa mulai dg
Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, apa arti dr kata2 ini
Why20:14 Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api.
20:15 Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.
Jadi artinya dihukum dikekekalan/neraka, disitu jg dijelaskan bhw mrk yg dihukum tsb tdk tertulis di kitab kehidupan.
Kita pelajari juga dr:
Why3:5 Barangsiapa menang, ia akan dikenakan pakaian putih yang demikian; Aku tidak akan menghapus namanya dari kitab kehidupan, melainkan Aku akan mengaku namanya di hadapan Bapa-Ku dan di hadapan para malaikat-Nya.
Kalau di Why3:5 dikatakan Aku tidak akan menghapus namanya dari kitab kehidupan,artinya sampai kapanpun ketika kitab itu dibuka pasti ada nama ybs.
Dan kita tahu bhw Why 3:5 itu ditujukan kpd gereja di Sardis ( semua kita ini termasuk), artinya ditujukan kpd org2 milikNya yg pd saat itu secara fisik masih hidup, atau dg kata lain Allah mengatakan kepada kita bhw "kalau kita menang, nama kita tdk akan dihapus dr kitab kehidupan = kematian kedua tdk berkuasa lagi ".
Kalau pada tg x tsb Allah mengatakan kpd sdr Strategi spt diatas, mk sejak saat itu sdr Strategi pasti selamat.
Jd kebangkitan pertama itu adalah= kebangkitan roh= hr seseorang dinyatakan menang= hr seseorang dinyatakan selamat.

Kalau Tes4:16
Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;
4:17 sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.
Hari kedatangan Tuhan kedua kalinya unt membangkitkan fisik milikNya yg telah meninggal dunia ( mrk ini telah menang), dan mengubahkan milikNya (telah menang) dg tubuh mulia.( dr sini kelanjutannya bumi yg baru dan langit yg baru).Gby

@Janet

Saya mengajak anda untuk membaca lebih teliti lagi kedua ayat ini, ada beberapa hal yang tidak dapat disamakan?

Anda membaca dan merenungkan kembali lagi Kebangkitan pertama adalah kebangkitan tubuh fisik bukan roh)

Kalau Tes4:16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; 4:17 sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

Hari kedatangan Tuhan kedua kalinya unt membangkitkan fisik milikNya yg telah meninggal dunia ( mrk ini telah menang), dan mengubahkan milikNya (telah menang) dg tubuh mulia.( dr sini kelanjutannya bumi yg baru dan langit yg baru).Gby

Kebangkitan rapture adalah kebangkitan fisik, karena hanya orang-orang milik-Nya saja yang boleh ikut.

kebangkitan orang mati :

semua orang mati bangkit.

Yoh. 5 : 29 dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum.
Kis 24 : 15 Aku menaruh pengharapan kepada Allah, sama seperti mereka juga, bahwa akan ada kebangkitan semua orang mati, baik orang-orang yang benar maupun orang-orang yang tidak benar.

tempat tubuh kebangkitan tetap, untuk kekal di sorga atau neraka.

tidak bisa tukar tempat

2 tes. 1 ; 9 Mereka ini akan menjalani hukuman kebinasaan selama-lamanya, dijauhkan dari hadirat Tuhan dan dari kemuliaan kekuatan-Nya,

kebangkitan kekal dibagi dua :

  1. KEBANGKITAN ORANG BENAR - (kebangkitan I )
    Yoh. 11 : 25 Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati,
  2. KEBANGKITAN ORANG DOSA (kenagkitan II)
    Dan 12 : 2 Dan banyak dari antara orang-orang yang telah tidur di dalam debu tanah, akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yang kekal, sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian yang kekal.

waktunya tidak sama ( antara I dan II ) 1000 thn

I. org benar waktu TYK datang di awan awan
1 tes. 4 : 16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;

II. org dosa sesudah perang gog dan magog - 1000 thn - inilah saatnya kiamat.

namanya berbeda.

  • orang benar ; KEBANGKITAN PERTAMA
  • orang dosa : KEBANGKITAN KEDUA

why 20 : 4 Lalu aku melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Allah; yang tidak menyembah binatang itu dan patungnya dan yang tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka; dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun.
5 Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu. Inilah kebangkitan pertama.
6 Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu.
Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya.

Anda membaca dan merenungkan kembali lagi Kebangkitan pertama adalah kebangkitan tubuh fisik bukan roh)
Why20:5 Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu. Inilah kebangkitan pertama. 20:6 Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya Kalau kita pelajari dg seksama dr ayat diatas, dg menyederhanakan kalimatnya shg mudah dimengerti mk akan muncul kurang lebih kalimat spt: "Hai X,berbahagialah engkau krn suatu hari nanti Aku(Allah) akan membangkitkanmu, dan engkau akan memerintah bersama dg Aku, dan engkau mendapat kepastian tidak masuk neraka( kata lain dr kematian kedua tidak berkuasa lagi)". Kalau kita pelajari kalimat sederhana itu akan tahulah kita bhw yg dimaksud dg kebangkitan itu adalah bukan kebangkitan fisik(tubuh mulia) ttp kebangkitan roh, alasannya adl: bila kebangkitan fisik( tubuh mulia), mk kata2 kepastian tidak masuk neraka menjadi mubasir/tidak diperlukan ada disitu/tidak berarti, krn kita tahu bhw tubuh mulia memang tempatnya bukan dineraka. Artinya kebangkitan pertama itu adl kebangkitan roh.
Kebangkitan rapture adalah kebangkitan fisik, karena hanya orang-orang milik-Nya saja yang boleh ikut.
Betul, tetapi ini terjadi pada saat penuaian (ujung dr akhir Zmn), bukan pada waktu spt yg dimaksudkan dr Why20:5-6, juga bukan pd Why3:5.

Menurut anda Rapture, orang-orang percaya yang mati akan dibangkit pada 3,5 tahun masa kesusahan.

pertanyaan saya apakah kebangkitan pertama orang percaya dibangkitkan pada masa 3,5 tahun masa kesusahan ataukah pada masa akhir masa kesusahan berakhir ?

Ok… Menurut anda Kebangkitan pertama adalah kebangkitan “roh” .
Kalau anda setuju bahwa “kebangkitan Rapture”, adalah kebangkitan menerima tubuh kemuliaan, berarti anda setuju bahwa kebangkitan ini adalah kebangkitan fisik, namun anda harus perhatikan bahwa kebangkitan Rapture ini bukan kebangkita utk orang percaya PL karena mereka belum mengenal KRISTUS sebab dalam 1 Tes. 4:16 mengatakan yang dibangkitkan adalah…mereka yang mati dalam Kristus lebih dahulu bangkit;

Bukankah ayat diatas ini menunjukkan bahwa mereka yang mati dalam Kristus adalah orang-orang percaya yang sudah mengenal Kristus. Makanya disebut “pengangkatan gereja” atau “keangkatan gereja” khusus gereja saja yang diangkat, orang-orang yang mati didalam Kristus.

Jadi kesimpulan orang yang dibangkitkan adalah orang-orang yang mengenal Kristus dalam PB secara fisik…
Pertanyaannya bagaimana dengan kebangkitan orang-orang PL kalau dalam Rapture Tuhan bangkitkan khususnya orang-orang PB saja kasian dong orang orang percaya PL yang tidak dibangkitkan secara fisik.

Karena itu Tuhan punya rencana bagi orang-orang kudus PL mereka juga harus dibangkitkan akhir masa kesusahan yang Besar yaitu KEBANGKITAN PERTAMA secara fisik, bukan roh (didalam Wahyu 20:4,6)….mereka yang dibangkitkan adalah orang-orang percaya PL dan orang-orang yang masuk dalam kesusahan besar / orang kudus yang mati syahid dalam masa kesengsaraan.

yang akan memerintah bersama-sama Kristus selama 1000 tahun dibumi secara fisik,bukan memerintah secara roh.

pada saat rapture terjadi :

1 tes. 4 : 16 16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; (kebangkitan)
17 sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. ( rapture ) Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

kebangkitan orang percaya bertahap : biasanya disebut juga kebangkitan pertama
alkitab mengatakan kebangkitan itu panen :
1 kor 15 : 23 Tetapi tiap-tiap orang menurut urutannya: Kristus sebagai buah sulung; sesudah itu mereka yang menjadi milik-Nya pada waktu kedatangan-Nya.

ada 3 macam penuaian :
1. Buah sulung
Tuhan Yesus
Ul 18 : 4 Hasil pertama dari gandummu, dari anggurmu dan minyakmu, dan bulu guntingan pertama dari dombamu haruslah kauberikan kepadanya.
Kol 1 : 18 Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu.
dan beberapa orang PL yang bangkit ketika Yesus mati
Mat. 27 : 52 dan kuburan-kuburan terbuka dan banyak orang kudus yang telah meninggal bangkit.
53 Dan sesudah kebangkitan Yesus, merekapun keluar dari kubur, lalu masuk ke kota kudus dan menampakkan diri kepada banyak orang.

2. Panen - Panen besar
1 Tes. 4 : 16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;

3. Panen sisa / panen susulan :

Im. 19 : 9 Pada waktu kamu menuai hasil tanahmu, janganlah kausabit ladangmu habis-habis sampai ke tepinya, dan janganlah kaupungut apa yang ketinggalan dari penuaianmu.
Ul. 29 : 21 TUHAN akan memisahkan orang itu dari segala suku Israel supaya dia mendapat celaka, sesuai dengan segala sumpah serapah perjanjian yang tertulis dalam kitab hukum Taurat ini.

Mi. 7 : 1 Celaka aku! Sebab keadaanku seperti pada pengumpulan buah-buahan musim kemarau, seperti pada pemetikan susulan buah anggur: tidak ada buah anggur untuk dimakan, atau buah ara yang kusukai.

mereka ini tidak mengalami rapture, tetapi mereka mati dalam tangan antikris.
why 6 : 11, why 11 : 14, why 13 : 7

Ayat 17 sih dimengerti. tetapi ayat 16 agak janggal/kurang masuk akal?

Dari Penjelasan anda saya pelajari panennya ada tahap-tahapannya atau panen susulan, berarti rapture dengan kebangkitan pertama tidak sama, dikhususkan rapture hanya utk kebangkitan gereja atau keangkatan gereja lihat Reply 8 penjelasan saya.

inilah yang disebutkan dengan KEBANGKITAN ORANG MATI - KHUSUS YANG PERCAYA TUHAN - KEBANGKITAN PERTAMA

SEDANGKAN MEREKA YANG TIDAK PERCAYA, tidak bangkit pada waktu itu, tetapi nanti akan mengalami kebangkitan pada saat kiamat untuk mendapat “pahala” sesuai dgn perbuatan mereka.
inilah yang disebut kebangkitan ke 2.

kebangkitan orang percaya :

  1. ketika sangkakala Allah berbunyi 1 tes. 4 : 16,
  2. mereka yang tidak terangkat, mati ditangan antikris, mereka akan bangkit, sebelum Yesus datang ke dunia bersama orang kudus.

Rapture : pengangkatan hanya 1 kali 1 Tes. 4 : 17

tetapi bila anda membaca di why, maka disitu dijelaskan bahwa ANAK YANG DILAHIRKAN DIRAMPAS DAN DIBAWA KE SORGA. ( WHY 12 : 5 ) inilah mereka yang mencapai “tahap sempurna” seperti Henokh dan Elia, mereka ini tidak termasuk dalam kelompok 1 tes. 4 : 17

ada perbedaan antara rapture dalam 1 tes. 4 : 17 dengan “orang sempurna” dalam why 12 : 5

salam

1Tes 4:16-17 dan Wahyu 20:6 Refrensi ayat ini sangat berbeda…

Perbedaan kebangkitan kedua hal ini sangat menyolok.

Mengenai kebangkitan dalam rapture.

“Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.”

Kata “keangkatan” diambil dari kata Latin raptu yang artinya “diangkat terbawa atau diangkat ke atas”.

Kata Latin ini adalah padanan kata Yunani harpazo, yang diterjemahkan “diangkat” dalam 1Tes 4:17. Peristiwa ini, yang dijelaskan di sini dan dalam pasal 15 (1Kor 15:1-58), menunjuk pada pengangkatan gereja dari bumi untuk menyongsong Tuhan di angkasa. Yang terangkat hanyalah umat yang setia dari gereja-gereja Kristus (pada masa PL belum ada gereja) orang-orang PL tida ikut diangkat.

Kejadian Rapture ini, orang mati yang dibangkitkan adalah mereka yang “mati di dalam Kristus” (1Tes 4:16). Kebangkitan Rapture ini bukan kebangkitan yang sama yang disebut dalam Wahy 20:4, karena peristiwa itu terjadi setelah Kristus datang kembali ke bumi, membinasakan yang jahat dan membelenggu Iblis (Wahy 19:11-20:3).

Kebangkitan pertama.

Jadi Kebangkitan dalam Rapture dengan kebangkitan pertama sudah nyata dan jelas sangat berbeda bahwa dalam Wahy 20:4 itu berkaitan dengan orang-orang kudus yang mati syahid pada wakyu mereka dalam kesengsaraan besar dan juga kebangkitan orang-orang percaya pada masa PL.

Tujuan kebangkitan pertama

lihat → Wahy 20:6 saling menguatkan dengan wahyu 20:4 menjelaskan tujuan dari kebangkitan pertama ini dengan penjelasan yang sangat mendetail, mengatakan Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya.

Jadi Istilah “kebangkitan pertama” ini adalah membangkitkan orang-orang percaya dalam PL (bukan gereja) dan orang-orang kudus dalam wahyu yang mati syahid dalam kesengsaraan besar dengan tujuan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya.

Kebangkitan orang fasik

Kebangkitan pertama ini juga berbeda dengan kebangkitan orang-orang fasik pada akhir masa kerajaan seribu tahun (lihat Wahy 20:12-13; Yes 26:19-21; Dan 12:2,13; Mat 27:52-53; Yoh 11:25-26; 14:19; 1Kor 15:20,52;

Tujuan kebangkitan Rapture

Jadi kedua kebangkitan ini sudah jelas perbedaaannya dengan masing-masing tujuannya bahwa kebangkitan dalam Rapture maksud Tuhan mempunyai tujuan yaitu mereka yang dibangkitkan akan dipersatukan dengan Kristus secara nyata (1Tes 4:16-17), dibawa ke rumah Bapa di sorga

(lihat → Yoh 14:2;

lihat → Yoh 14:3)

[atau → Yoh 14:2-3]

Trim’s broo penjelasan anda sangat bagus :afro:

rapture berbeda dengan kebangkitan.

rapture adalah pengangkatan orang hidup pada waktu sangkakala Allah berbunyi, orang percaya, dirobah dalam sekejap dan diangkat. → 1 tes. 4 : 17

kebangkitan adalah mereka yang sudah mati, pada saat mendengar sangkakala Allah berbunyi, mereka bangkit dengan tubuh kebangkitan. → 1 Tes. 4 : 16, dan ada yang ayat lain mengatakan : Mat. 27 : 52, why 6 : 11, why 11 : 14,
why 13 : 7

Yang jelas memang “Rapture” SAMA “kebangkitan” berbeda.

Pertanyaan awal saya apakah didalam “wahyu 20:6 tentang kebangkitan pertama” sama ngak dengan kebangkitan umat percaya dalam Rapture (1 Tesalonika 4:17) ?

kebangkitan pertama dalam why 20 : 6 adalah golongan dari mereka semua baik yang mati bangkit / maupun yang mengalami rapture,
kebangkitan orang dosa menyusul ketika kiamat.

Yang jelas mengenai waktu peristiwa kebangkitan waktunya berbeda-beda, saat kebangkitan Rapture berbeda/ saat kebangkitan yang pertama berbeda / saat kebangkitan bait suci terbelah dua orang-orang kudus bangkit ini juga berbeda (Mat. 27:52).

Namun penafsiran berbahagialah dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Dalam artian menjadi yang pertama dibangkitkan atau sebelum kebangkitan orang-orang fasik. Jelas bahwa Kristus adalah yang pertama kali dibangkitkan. Oleh karena itu mereka yang dibangkit seperti penjelasan saya diatas mereka juga tergolong kebangkitan pertama bersama Yesus…Makanya alkitab menyebut mereka yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu sangat berbahagia, karena kematian yang kedua tidak berkuasa lagi (kematian kekal). Amin.