KEBENARAN PALING PENTING DALAM KRISTEN

Matius 7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga…jadi menurut pendapat kalian, KEBENARAN PALING PENTING DALAM KRISTEN itu pengetahuan tentang doktrin atau perbuatan yang benar? Yang membuat manusia sesat itu doktrin atau perbuatan? Kenapa manusia rela membunuh sesama manusia didalam perang salib hanya karena perbedaan pemahaman doktrin, padahal Alkitab mengatakan, jangan membunuh? Need your advice bro…peace!

Apakah pernah orang berbuat tanpa alasan? Apakah pernah melihat seseorang melakukan sesuatu tanpa menyadari apa yang membuatnya melakukan hal itu?

Anda hanya dapat menjumpai orang-orang seperti itu di Rumah Sakit Jiwa…

Iman tanpa perbuatan adalah mati. Iman lahir dari mendengar akan Firman Tuhan (alias doktrin menurut anda) dan dengan dasar doktrin itulah maka lahirlah perbuatan-perbuatan.

Memisahkan doktrin dari perbuatannya atau perbuatan dari doktrinnya adalah percakapan di tempat yang saya sebutkan diatas…

Jadi menurut bro Krispus, kenapa ayat Matius 7:21 harus ada? Saya tidak berpendapat bahwa doktrin itu tidak penting lho, tapi menurut saya yang paling penting adalah perbuatan, alasannya akhli taurat jelas mengerti mengenai doktrin, tapi yang dikritik Tuhan adalah perbuatan/tindakannya, gimana pendapat bro lainnya?

Sejak kapan Doktrin = Firman YHWH?

Thanks buat pendapatnya, singkat tapi jelas! :slight_smile:

Sejak kapan Yahweh menyampaikan FirmanNya secara langsung dan gamblang?

Tidakkah kamu membaca perintah membunuh, perintah sunat, perintah tampar pipi, perintah membenci bapa dan ibunya. Tanpa doktrin apakah dapat kita masih mengaku tinggal didalam Kristus?

Menapa kamu tidak membunuh orang tak bersunat? Mengapa juga tidak membenci ayah dan ibumu, atau kamu tidak mencukil matamu saat matamu menyesatkan dan membawa kamu pada dosa?

2 Kor 3:14 menyatakan hanya lewat Kristus kita dapat memahami ayat-ayat Firman Tuhan. Anda sesat saat anda menolak doktrin. Sebab tulisan Paulis itupun adalah doktrin.

Ayat itu ditulis untuk para munafik yang merasa dirinya rohani dan memahami kehendak Tuhan lebih dari yang lainnya, tetapi menututup telinganya bagi pengajaran Firman Tuhan sehingga dikatakan “kamu tidak melakukan kehendakKu” sebab mereka menututup telinganya bagi kehendak Tuhan.

Mengapa kamu berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, padahal kamu tidak melakukan apa yang Aku katakan? (Lukas 6:46)

Dari mana kita tahu kehendak Allah?

Tidak mungkin kita melakukan kehendakNya tanpa tahu apa itu kehendakNya. Karena itu pengajaran Firman Tuhan (doktrin) tidak dapat dipisahkan dari perbuatannya. Anda tidak dapat menyatakan mana yang penting, sebab perbuatan tidak akan ada tanpa pengajaran, sebaliknya pengajaran (doktrin) tidak berarti apa-apa tanpa perbuatan.

Jadi kesimpulannya, Doktrin (pemahaman Alkitab) dan Perbuatan itu sama2 pentingnya… Siiiiiiplah! :slight_smile:

Sejak manusia jatuh dalam dosa di PL dan terus berkelanjutan atas dasar sifat dosa yang tidak taat FT, walaupun sudah dimeteraikan roh kudus di PB.

Doktrin bersifat mengikat/memaksa, sedangkan FT tidak : tergantung kehendak bebas manusia untuk menerima atau tidak.

Peace,

  1. Ayat Matius 7 : 21 diatas paling SERING digunakan oleh sesama Umat Kristen lalu ditafsirkan seenak udelnya secara TIDAK LENGKAP setelah DISUNAT sambungan ayat2nya yg harusnya SATU PAKET … seperti halnya menyuguhkan Potongan2 Sunat dari Kulit Kemaluan “Preputium” laki2 lalu disuguhkan dengan nama Hidangan Masakan “Cumi Goreng Saus Mentega” sehingga yg TIDAK TAHU “APA sebenarnya” yg dihidangkan itu akan TERKECOH lalu di GEGARES deh itu Suguhan Menyesatkan tsb !
    Kalau saja yg membaca mau memeriksa lebih TELITI kalimat2 selanjutnya dari 2 ayat selanjutnya yg berbunyi sbb :
    22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?

23 Pada waktu itulah (di Hari Terachir itu) Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

PERHATIKAN :

  • Hari Terachir :
    adalah hari terachir Tuhan Yesus yg hadir disitu sebagai Hakim Agung dalam Kemuliaan Bapa , yaitu Hari setelah Kiamat dan orang banyak itu dibangkitkan …hari dimana terjadinya Pengadilan Tahta Putih (Wahyu 20) bagi Orang2 Tidak Percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan Allah Juruselamat manusia…

  • Orang Banyak disitu…teriak2 Protes dan mengatakan … Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu …mereka memang ada menyebut nama Tuhan…tetapi yg mereka sebut Tuhan itu bukanlah Nama Yesus, melainkan Nama ILAH2 lain , al : Al Ilah si Dewa Bulannya Qur’an, Nama Amiterasu si Dewa Matahari Jepang Kuno, Nama Ra si Dewa Mesir Kuno, Nama Dewa Trimurti (Syiwa, Brahma dan Wisnu) umat Hindu, Sidharta Gautama yg mencapai Status BUDHA “kesempurnaan manusia”, dll sesuai kepercayaan mereka yg memper TUHAN kan sosok lain diluar Yesus, Allah Juruselamat itu
    Bukankah sosok2 itu juga mempunyai Kuasa yg sering umatnya pergunakan didalam ajaran mereka ! Dan sayangnya SEMUA itu dihadapan Sang Hakim Agung tsb hanyalah merupakan tingkah laku "kamu sekalian pembuat kejahatan!" …sehingga akibatnya adalah …Enyahlah dari pada-Ku lalu dilemparkan ke Lautan Api yg bernyala nyala kekal alias NERAKA !

Makanya MUMPUNG sekarang masih Hidup …jangan sampai kalian TERLAMBAT sampai pada … Pada waktu itulah (di Hari Terachir itu) Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu!

Nah BEGITU maksud lengkap ayat2 tsb yg setelah disunat oleh si Penyesat lalu ditujukan pada Umat Kristen yg ada Roh Kudus dalam hatinya…mana mungkin Tuhan Yesusku akan berkata :“Aku TIDAK Mengenal kamu!” pada para Domba2-Nya itu !!! AMSIONG BERAT deh itu PENAFSIRAN … :cheesy: :mad0261: :coolsmiley:

Bersambung …

Sambungan …

2. jadi menurut pendapat kalian, KEBENARAN PALING PENTING DALAM Kristen itu pengetahuan tentang doktrin atau perbuatan yang benar?
Perhatikan apa Kata Tuhan Yesusku :"Carilah dahulu [u][b]Kerajaan Allah[/b][/u] dan [u][b]Kebenarannya[/b][/u] maka baru sekaliannya akan ditambahkan kepadamu !" Sudahkah anda menemukan [u][b]Kerajaan Allah [/b][/u]itu lalu juga [u][b]KEBENARAN[/b][/u] yg ada didalam Kerajaan Allah itu ??? Kalau sudah menemukan keduanya....gak perlu lagi deh mengeluarkan maklumat ..... [i]KEBENARAN PALING PENTING DALAM Kristen itu pengetahuan tentang doktrin atau perbuatan yang benar?[/i] KEBENARAN KERAJAAN ALLAH itu saja belum mendapatkannya , bagaimana kita mau sok2an menyebut Hal2 yg bernuansa BENAR tsb ??? Pernah anda merenungkan HAL tsb ??
3. Yang membuat manusia [u][b]sesat[/b][/u] , itu doktrin atau perbuatan?
Kalau Tuhan Yesusku sih sudah secara TEGAS mengatakan sbb :"Kamu [b]SESAT[/b] karena [u][b]TIDAK MENGERTI[/b][/u] [b]Kitab Suci[/b] dan [b]Kuasa Allah [/b]!" Seharusnya Kata2-Nya itu sudah SANGAT JELAS dan GAMBLANG ...... kalau TIDAK MENGERTI Firman Tuhan dalam Alkitab apalagi ditambah Tidak Percaya akan Kuasa Allah yg menyelamatkan itu .... pasti deh si manusianya akan [b]EROR dan SESAT [/b]!!! Makanya Tuhan Allah ku sangat SENANG bila Umat-Nya merenungkan kata2-Nya sbb dalam : Yeremia 9 : Beginilah firman TUHAN: "Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya, janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya, janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya, 24 tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa [b]Akulah TUHAN[/b] yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh, [u][b]semuanya itu Kusukai,[/b][/u] demikianlah firman TUHAN."
4. Kenapa manusia rela membunuh sesama manusia didalam perang salib hanya karena perbedaan pemahaman doktrin, padahal Alkitab mengatakan, jangan membunuh?
Makanya MENGENAL secara BENAR dulu akan Tuhan Allahku itu bukannya ke DOKTRIN yg buatan manusia itu yg dijadikan ILAH yg di bela2 in sampai cakar2an dan bunuh2an ..... itu mah sudah ditunggangi Iblis atuh !
[b]Need your advice bro......peace![/b]
Nah sekarang tinggal kembali kepada andanya sendiri .... mau apa kagak ngikutin advice Firman Tuhan dalam Alkitab tsb ?? !!

Yesaya 32 : 17
Dimana ada kebenaran disitu akan tumbuh damai sejahtera dan akibat kebenaran adalah ketenangan dan ketentraman untuk selama lamanya. … sudahkah anda merasakannya “ketenangan dan ketentraman tsb” atau belum ??? :coolsmiley: :happy0062:

Ayat diatas merupakan salah satu ayat kunci bagi kehidupan manusia… terjadinya perang salib atau jangan jauh2 di irlandia… sesama kristen saling membunuh… mengapa bisa demikian…??? itu karena manusia masih mementingkan egonya daripada TUHAN… dan itulah yang membuat TUHAN sedih… TUHAN sangat mengetahui apa yang akan terjadi di masa yang akan datang … maka dari itulah jauh2 hari TUHAN sudah mengatakan ayat itu… namun yang namanya manusia tetap saja tersesat menyimpang dari jalan TUHAN… dan lebih suka pemahaman sendiri daripada KASIH yang sebenarnya…

Firman Tuhan adalah YA dan AMIN dan TIDAK ADA keraguan di dalamnya; tetapi pikiran manusia lah yang mengutak-atik Firman Tuhan dan membuat Firman Tuha n itu menjadi sesuai dengan kehendaknya, padahal secara hakiki tidaklah demikian.
Pengetahuan akan Firman Tuhan hanya akan membuat Firman Tuhan itu sebagai sarana pengetahuan tentang Allah yang diisikan ke dalam otak manusia, maka yang benar adalah pengetahuan akan Firman Tuhan harus juga di tanamkan ke dalam hati untuk menjadi RHEMA yang kemudian diejawantahkan dalam kehidupan sehari2.
Mat. 7:21 berbicara tentang orang2 yang telah memiliki karunia2 Roh Kudus tetapi yang tidak menjadikan Firman Tuhan sebagai PEDOMAN HIDUPNYA sehingga sekalipun ia mampu melakukan segala sesuatu dengan karunia dan kuasa orang percaya namun akhirnya ia DITOLAK oleh Tuhan sebab semua yang dilakukannya hanya untuk kepentingannya pribadi.
jadi KEPENTINGAN PALING PENTING DALAM Kristen adalah:
melakukan kebenaran Firman Tuhan dalam kehidupan sehari2 dengan tujuan untuk memuliakan TUhan

jika saya dan dari saya… saya tidak mengkelompokkan kedua hal tersebut antara doktrin dan perbuatan yang benar…

sebab bila sudah dikelompokkan akan menjadi lingkaran yang menjadi batasan batasan…

dan menjadi acuan acuan yang terbatas, sebab pikirnya keluar dari lingkaran tersebut tidak ingin diketahui…

Yesus tidak pernah membawa perkataannya akan doktrin dan juga perbuatan…

namun perkataanNya: AKULAH POKOK ANGGUR YANG BENAR DAN BAPAKU LAH PENGUSAHANYA… DAN KAMU RANTING RANTINGNYA…

BARANG SIAPA TINGGAL LAH DIDALAM AKU DAN AKU DIDALAM DIA, IA AKAN BERBUAH BANYAK, SBAB DILUAR AKU KAMU TIDAK DAPAT BERBUAT APA APA…

demikian perbuatan bukan sbagai acuan…

namun TINGGALLAH DI DALAM KRISTUS MAKA BUAH DARI PERBUATANMU AKAN BANYAK…

berikut…

mat 11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.

belajarlah pada Yesus… sperti AJAKAN NYA… SBAB DIA LEMAH LEMBUT DAN RENDAH HATI… JIWAMU AKAN MENDAPAT KETENANGAN…

jadi yang ada hanya AJAKAN JURUSELAMAT… bukan doktrin yang malah membatasi… TINGALLAH DIDALAM YESUS DAN BELAJARLAH PADANYA…

salam

Kesimpulan dari ayat Matius 7: 21- 23. ialah :
Hanya orang yang melakukan kehendak Bapa Nya yang di sorga, yang akan diterima oleh Yesus.

Apa kehendak Bapa Nya itu ??

  1. Mengasihi Allah lebih dari segala-galanya, termasuk ibu, anak, maupun harta kekayaan kita.
  2. Mengasihi orang lain, seperti diri kita sendiri.

Tidak ada satu orangpun yang bisa melakukan kehendak Allah ini,
Maka sebab itu Yesus diutus kedunia, dikorbankan sebagai anak domba Allah, untuk menyelamatkan umat manusia. Penyelamatan manusia melalui Yesus adalah sbb.: Yesus dilahirkan sebagai manusia, tapi Dia adalah Tuhan, sebab dikandung oleh Roh Kudus.
Manusia di cangkokkan, disatukan dengan Yesus, sehingga Roh Yesus berada didalam hati nurani kita, kita dijadikan anak-anak Allah.
Proses pelaksanaan agar kita menjadi anak-anak Allah, sesuai dengan kehendak Bapa Nya inilah yang harus kita lakukan.

Ada dua ketentuan perjanjian baru yang sudah dimeteraikan oleh Allah Bapa.
Pertama : Kita harus percaya dan mengimani bahwa Yesus adalah Tuhan.
Kedua : Kita harus percaya dan mengimani bahwa roti yang kita makan dan anggur yang kita minum adalah benar-benar daging dan darah Yesus.

Mat.7 ; 22.
Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?

Mereka semua menyerukan nama Tuhan, jadi pasti mereka bukan orang yang tidak percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan adalah orang-orang yang betul-betul mau melayani buat Yesus.
Rm.10: 2- 3.
Mereka sungguh-sungguh giat untuk Allah, tetapi tanpa pengertian yang benar, Sebab, oleh karena mereka tidak mengenal kebenaran Allah dan oleh karena mereka berusaha untuk mendirikan kebenaran mereka sendiri maka mereka tidak takluk kepada kebenaran Allah.

Mereka ditolak oleh Yesus, sebab ada ketentuan yang sudah dimeteraikan oleh Allah, yang tidak mereka lakukan, yaitu menolak makan daging dan minum darah Yesus, yang berarti mereka menolak datang dan disatukan oleh Yesus.
Yoh. 6: 56.
Barangsiapa makan dagingKu dan minum darahKu, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia.

Kesimpulan,
Mengapa mereka ditolak, sebab mereka tidak mau melakukan salah satu ketentuan yang sudah dimeteraikan oleh Allah Bapa, yaitu menolak disatukan dengan Yesus.
Yoh.5: 39-40.
Kamu menyelidiki kitab-kitab suci sebab kamu menyangka bahwa olehnya kamu mempunyai hidup yang kekal, walaupun kitab-kitab suci itu memberi kesaksian tentang Aku, namun kamu tidak mau datang kepada Ku untuk memperoleh hidup itu.

Thanks buat penjelasannya yang detil, GBU

Siapa yang memaksa anda?

Pengajaran (doktrin) adalah penjabaran dari ayat-ayat Alkitab. Tanpa jibarkan kita akan tersesat karena FirmanNya termeterai dan hanya Kristus yang dapat membuka meterai tersebut. Artinya hanya ROH KUDUS yang dapat menjelaskan apa yang tertulis didalamnya dan hal itu dirangkumkan menjadi sebuah pengjaran Alkitab (doktrin).

Tidak ada paksaan atas doktrin Kristen, kecuali anda tinggal dinegara Agama seperti di Arab Saudi, anda wajib menerima doktrin Islam. Tetapi Kristen bukan tentang agama, tetapi Kebenaran, Kuasa dan Kehidupan.

Anda sok-sok liberal yang menyatakan FT tanpa paksaan tanpa tahu artinya. Tahukah anda bahwa Firman Tuhan itu memaksa??? Firman Tuhan itu adalah HUKUM ALLAH yang berlaku secara universal diseluruh jagat raya, sama seperti hukum alam, misalkan hukum grafitasi demikian hukum Allah berlaku atas semua mahluk ciptaannya tanpa dapat ditolaknya.

Anda tidak tahu apa-apa tentang Firman Tuhan, karena itu anda katakan “tidak memaksa”. Padahal anda tidak dapat menolak hukum Allah terjadi atas diri anda. Ya Firman Tuhan itu memaksa, tetapi doktrin tidak dipaksakan untuk anda terima.