Keberadaan Nabi Isa di dalam Alquran

Rekan - Rekan ada yang bisa bantu saya untuk sharing mengenai siapa Yesus kristus itu yang diyakini oleh umat islam sebagai nabi isa…kalau memang umat islam hanya menganggap sebagai nabi , kenapa keberadaan Nabi Isa sangat banyak didapati di dalam Alquran dan diangung - agungkan, terima kasih sebanyak banyaknya…

alasan saya karena saya ingin menyakinkan istri saya yang atheis bahwa yesus adalah tuhan , namun saya bingung menjelaskannya karena semua itu hanya berdasarkan iman ( Trinitas )…apakah ada penjelasan atau bukti mengenai Yesus kristus walaupun di Alquran didapati akan keberadaannya namun masih disanggap dengan berbagai dalih…mohon petunjuk rekan - rekan GBU

Orang hanya bisa mengaku Yesus itu adalah TUHAN …ketika memiliki
Roh Kristus (=Roh Kudus) yang ada di dlm hatinya.

1Co 12:3 Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorangpun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: “Terkutuklah Yesus!” dan tidak ada seorangpun, yang dapat mengaku: “Yesus adalah Tuhan”, selain oleh Roh Kudus.

Berdoa untuk isteri sodara dan yakini bahwa Yesuspun pasti mau menjadi Tuhan & juruselamat atas kehidupannya

Ac 16:31 Jawab mereka: “Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.”

Sodara harus yakin : mengenal dan dikenal Tuhan Yesus.
Kalo sodara masih bertanya “Siapa Yesus??”
Dia adalah juruselamat buat hidup sodara :coolsmiley:
Yakinlah bahwa darah dan tubuhNya yang dipecahkah krn menanggung kutuk dosa sodara.

Yesaya 53
3 Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.
4 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.
5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

Hanya dengan menerima Yesus sbg Tuhan & juruselamat: dosa sodara diampuni :afro:
Hanya dengan menerima Yesus sbg Tuhan & juruselamat : sodara dikenal & dikenan Bapa di Sorga .
Hanya dengan menerima Yesus sbg Tuhan & juruselamat : sodara berada di Jalan , Kebenaran dan Hidup kekal

Aku agak meragukan bahwa yang dianggap nabi Isa adalah Tuhan Yesus.

  1. Silsilahnya. Ibu nabi Isa adalah Mariam saudara Harun beda dengan Maria ibu Yesus. Mereka beda beberapa generasi.
  2. Kematian. Nabi Isa tidak disalibkan dan meninggal (tapi dibangkitkan juga). Yesus disalibkan dan meninggal dan hidup.
  3. Kedatangan keduakalinya : Nabi Isa akan menghukum orang Kristen dan orang Israel. Sementara Yesus menyelamatkan orang Kristen dan orang Israel.

Jadi aku agak ragu untuk menyamakan kedua pribadi ini.

Bravo…Bravo Bro Cloud… :happy0158:
I aggre with u.
There are doubts they are the same person.

Cheers bro…a glass of wine for u. :wink:

saya berada di lingkungan keluarga muslim, jadi bagaimana cara saya meyakinkan kalau semua berdasarkan iman dan Roh Kudus sedangkan dr bro cloud nabi Isa dan Yesus adalah pribadi yang berbeda, awalnya yang sedikit membuat saya terpana dan gembira adanya keberadaan tentang Nabi Isa di alquran terlebih dari ayat AZ Zukhruf 43 : 61 yang berbunyi " dan sesungguhnya Isa itu benar - benar memberi pengetahuan tentang hari kiamat.karena itu janganlah kamu ragu tentang hari kiamat itu dan ikutlah aku.inilah jalan yang lurus " bukankah hanya ALLAH yang mengetahui tentang hari kiamat tapi mengapa Nabi Isa juga mengetahui ??? jadi siapakah sebenarnya Nabi Isa itu ??

Bro minititan, aku juga sebenarnya ingin mempercayai bahwa Nabi Isa adalah Yesus.
Tapi yang saya dapati adalah pribadi yang sangat berbeda.
Terutama pada akhir jaman. (cobalah anda tanyakan kepada saudara Muslim)
Itu yang membuat saya meragukannya.

Bro BoA.K…rupanya kita mempunyai keraguan yang sama.

Cheers…

kalau memang Nabi Isa yang tertulis di Alquran bukan Yesus kristus kenapa Nabi Muhammad SAW mengagung agungkan Nabi Isa dan banyak membicarakan tentang Beliau seperti di Hadits : HSB Isa akan turun menjadi hakim yang adil, H Anas bin Malik hal 72 : Isa Roh Allah dan Kalam Allah , H Ibnu Majah : Tidak ada Imam Mahdi selain Isa putra Maryam, Qs 44:42 : " Kecuali orang - orang yang diberi rahmat oleh Allah, sesungguhnya Dialah Yang maha Perkasa lagi Maha Penyayang, Qs 3 : 45 : "Ketika Malaikat berkata : hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kalimat daripadaNYa namanya Almasih Isa Putra Maryam. seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang yang terdekat dengan Tuhan " mohon penjelasannya ?? GBU

Kalo menurut sy yang dimaksud Isa dlm Alquran adalah sama dengan Yesus Kristus hanya dlm Kitab Alquran dibelokkan Yesus itu tidak mati melainkan langsung diangkat ke sorga …sedang yg ada si kayu salib itu adalah orang yang diserupakan dengan Isa (Yesus).

Ini sebenarnya …sebuah penyesatan yang mana tujuannya adalah spy manusia tidak percaya pada korban Yesus.
Sedang Allah menghendaki manusia menerima korban Yesus(kematian) kebangkitan dan kenaikanNya ke sorga spy kita yang percaya kepada karya Yesus akan menikmati kejadian yang sama .

Krn Yesus dikatakan sbg Anak Domba Allah

Joh 1:29 Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

Joh 1:36 Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: “Lihatlah Anak domba Allah!”

Mt 26:28 Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.

Krn tanpa mengakui darah Yesus sbg tebusan bg nyawanya… maka tidak ada pengampunan

Heb 9:22 Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan.

Tinggal pilihan: mau percaya Isa Almasih spt gambaran alquran ato dlm Alkitab itu pilihan untuk menentukan kemana kita stlh mati :coolsmiley:

Neraka (mati kekal) ato sorga ( hidup kekal)

Bandingkan saja pekerjaan Nabi Isa diakhir zaman di Alquran dan Hadits. dan pekerjaan Tuhan Yesus di akhir zaman dari Kitab Wahyu.

Bukankah salah satu tujuan Nabi Isa / Imam Mahdi datang kedunia untuk meng-Islam-kan seluruh umat manusia? Bagaimana nasib orang yang tidak menerima Islam? Baca sendiri. (tidak bisa dibahas disini karena ini forum Kristen)

Bandingkan dengan pekeerjaan Tuhan Yesus di Wahyu.

[quote author=Cloud link=topic=7676.msg78255#msg78255 date=1240807698]

Bandingkan saja pekerjaan Nabi Isa diakhir zaman di Alquran dan Hadits. dan pekerjaan Tuhan Yesus di akhir zaman dari Kitab Wahyu.

Bukankah salah satu tujuan Nabi Isa / Imam Mahdi datang kedunia untuk meng-Islam-kan seluruh umat manusia? Bagaimana nasib orang yang tidak menerima Islam? Baca sendiri. (tidak bisa dibahas disini karena ini forum Kristen)

Bandingkan dengan pekeerjaan Tuhan Yesus di Wahyu.

So…apakah ada penjelasan yang kongrit mengenai kebenaran bahwa yesus adalah tuhan ?? maaf saya benar - benar membutuhkan penjelasan …atau semuanya harus mendasarkan iman saja…GBU

kalau menurut saya…

Yesus itu Tuhan bukan Nabi…
kalau di bilang sebangai penyesatan seperti yang di katakan saudara alice itu mungkin bukanlah sebuah penyesatan… namun perbedaan kepercayaan…

mengapa pada Kitab Perjanjian Lama hampir sama ceritanya dengan yang di Al-Quran ?? mungkin pada awalnya mereka juga menganut perjanjian lama… namun pada saat kedatangan Yesus, mereka tidak percaya bahwa Ia-lah Tuhan… sehingga timbul lah perbedaan seperti sekarang… itu mengapa saya kurang setuju kalau temen2 yang beragama Islam menyebut Yesus itu Nabi Isa…

@minititan
penjelana konkret mengenai kebenaran bahwa Yesus adalah Tuhan. apa sodara percaya adanya Allah ?? kalau anda percaya adanya Allah, mengapa anda tidak percaya dengan Yesus ? bukankah itu semua sudah ada di ALkitab… mengapa anda meragukan Kitab Suci itu ?? kalau anda percaya adanya Allah, itu tandanya anda percaya kalau kitab yang anda baca itu adalah benar, mengapa anda hanya percaya di depan namun tidak percaya ke belakangnya ?? apa itu yang disebut iman ?? kalau anda berada di lingkungan Muslim… anda tidak akan bisa membuat mereka percaya dengan kata2 dan argumen anda… lakukanlah dengan perbuatan…

menurut saya, kedatangan Yesus ialah membawa kasih, sedangkan pada Al-Quran, adakah kasih ?? yang mereka lakukan ialah meng-Islamkan seluruhnya… itulah yang harus anda lakukan… tunjukkanlah ke-Kristenan anda dengan kasih… itu yang membuat semuanya menjadi konkret…

menunjukkan kekristen dengan kasih itu bisa dilakukan, namun apakah hal tersebut bisa membantu istri saya yg seorang atheis ( tidak percaya agama ) namun percaya adanya tuhan dapat meyakini bahwa Yesus adalah Tuhan ?? terlebih saat ini banyak sekali sinetron sinetron yang menayangkan kebesaran agama saudara kita…GBU

Gini penjelasan simple-nya bro minititan.
Siapakah yang mempunyai HAK UNTUK MENGAMPUNI DOSA MANUSIA?
Bukankah hanya TUHAN yang mempunyai hak tersebut?
Nah Yesus mempunyai HAK itu yang berarti YESUS adalah TUHAN

Bro Minititan,
saya baca di mengenalmohammad.t.35 tentang riwayat mohammad, rupanya Quran itu memang banyak cerita yang sudah diceritakan di alkitab. Karena memang Mohammad hidup setelah alkitab ditulis. Namun dalam menceritakan kembali mengalami banyak kekeliruan. Misal Maria ibu Yesus itu katanya saudara Harun. Memang kebetulan saudara Harun bernama maria. Jadi rasanya kekeliruan Mohammad saja yang gagal dalam menceritakan kembali.

Saya pribadi tidak percaya bahwa quran itu ilham.

Misalnya saya mengaku mendapat ilham dari Tuhan bahwa ibukota indonesia adalah jakarta, apakah Bro percaya.

Bahwa ibukota indonesia adalah jakarta tentu bro percaya
Bahwa saya dapat ilham itu bro tidak percaya, karena saya tahu itu dari ilmu bumi, dan saya berbohong mengatakan saya tahu dari Ilham Tuhan.

Mohammad hidup dalam lingkungan yang mengenal alkitab, karena istrinya yang pertama adalah Khadijah, seroang katolik. salah seorang pamannya adalah pendeta gereja koptik yang tidak percaya bahwa Yesus adalah Tuhan.

Jadi sangatlah mungkin cerita tentang musa, adam dll dalam Quran itu didengarnya dari lingkungannya, dan kemudian dia ke gua Hira, lalu mengaku dapat wahyu.

Pernah saya dengar di Yutube bahwa penjelasan embreologie terbentuknya bayi manusia yang ditulis di Quran merupakan ilmu kedokteran yunani yang sudah dikenal ratusan tahun sebelum mohammad dan oleh mohammad dimasukan dalam Quran, dan ternyata ilmu itu dibuktikan salah oleh ilmu pengetahuan moderen. Kalau benar ini ilham, Kenapa:
1 isinya persis seperti ilmu kedokteran yunani kuno.
2. ternyata salah.

Sory minititan,

Ini bukan forum islam. Kalau mau tanya tentang ajaran islam, silahkan ke forum yang sesuai.

Ini Forum Kristen. Silahkan buat pertanyaan yang relevan.

*Topik Dikunci

kalau istri anda atheis, mengapa mengunakan kalibrasi lain untuk menceritakan YESUS KRISTUS? hanya ALKITAB lah yang dapat anda gunakan untuk menceritakan TUHAN YESUS KRISRUS

diluar itu tidak

GBU