Kebosanan dalam Gereja

Pendapat dari para Bapa Gereja di Rusia,

Yang Mulia Antony (Potapov) dari Optina
Mereka (orang-orang) berkata bahwa gereja itu membosankan. Menjadi membosankan karena mereka tidak memahami inti ibadah! Anda perlu belajar! Gereja membosankan karena mereka tidak peduli kepadanya. Jadi mereka tak melihatnya sebagai milik mereka sendiri, tetapi justru sebagai sesuatu yang asing bagi mereka. Paling tidak, mereka bisa membawa bunga atau hijau-hijauan untuk menghias gereja, mereka bisa mengambil bagian dalam perawatan gereja, maka ia tidak akan membosankan.

Hieromartyr St Arseny (Zhadanovsky), Uskup Serpukhov (1874-1937)
Kita orang Kristen saat ini tidak merasakan kekuatan penebusan yang ditempa oleh Tuhan kita Yesus Kristus, dan akibatnya kita menjadi begitu buruk, tidak berperasaan, begitu acuh tak acuh pada dosa, dan tidak mengerti Ibadah Gereja, terutama Liturgi Ilahi, dan merasa bahwa itu membosankan.

Hieromartyr Seraphim (Zvezdinsky), Uskup Dmitrov (1883-c.1937)
Lupakan setidaknyauntuk sementara segala kesibukan dan keprihatinan hidup sehari-hari. Jadilah seperti malaikat, hanya diisi dengan pikiran Allah dan melayani Dia. Akhirnya, Dia memang hadir sekarang, dan sedang memberkatimu.

Semoga menjadi berkat.

Err, sebagai manusia saya memang bisa merasakan bosan. Saya rasa manusiawi :slight_smile:

kembali kepada TUJUAN AWAL kenapa anda ke gereja… dan klo rasa bosan itu tetap datang maka coba ingatlah waktu pertama kali kita memutuskan untuk dibaptis ( Cinta Mula - mula )

@smurf: rasa bosan itu memang wajar, tapi jangan sampai rasa itu berlarut -larut dalam hati karna itu akan jadi penghalang kita untuk beribadah kepada Nya… ( piss bro bukan bermaksud menggurui neh… saya juga masih belajar menghilangkan rasa bosan itu)

Bosan??
iy wajar koq…
tapi jangan lama2 ntar bahaya…
klo bosan anda boleh belajar tuk lebih aktif digereja dan, kuatkan persekutuan anda antara sesama jemaat, jadi gak bosan ><
n banyak2 doa Gbu >
<

Tuhan sering membentuk kerohanian kita melalui persekutuan. Tak seorang pun bisa memiliki kerohanian yang dewasa semata dengan berdoa, berpuasa, atau mendalami Alkitab secara pribadi. Itu sebabnya, Rasul Paulus meminta jemaat untuk selalu terlibat dalam persekutuan (Gereja). Dalam setiap persekutuan, ada bermacam-macam orang. Ada yang hatinya sedang sesak, hidup berkekurangan, berdukacita, bahkan mungkin ada yang jahat. Tidak mudah mengasihi dan memahami mereka. Konflik dan salah paham biasa terjadi. Namun, justru lewat semua itu kita belajar mengasihi dengan tulus. Belajar menangis dan tertawa bersama. Belajar sehati sepikir.
Tuhan membentuk kita lewat orang lain. Maka benamkanlah diri Anda dalam persekutuan. Di situlah Anda memiliki kesempatan untuk berlatih Mewujudkan kasih dalam tindakan nyata.
Salam,

PERSEKUTUAN BAGAIKAN GUNTING TAJAM YANG TUHAN PAKAI UNTUK MEMANGKAS KEEGOISAN KITA

di gereja bosan ya? untung gak pernah merasa gitu sih…kalo ngantuk sering… :smiley:

Itulah sebabnya kalau KKR gereja sering mengundang Artis supaya engga bosan

Berarti nubuatan Paulus sudah terjadi kini… :slight_smile:

2Ti 4:3 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya.

bro roderick…
sdkt masukan aja…

pernah bosen gak ngapel ama pacar?atau ngobrol2 ama pacar?kagak kan bro…hehe
begitu juga ketika kita ke gereja…kita ngapel ama Tuhan
dan mnrt gw CMIIW kekristenan itu bukanlah agama, bukanlah theologi2 A, B, C, D, bla…bla… tp kekristenan itu adalah hubungan/relationship…

buat yang pada ngerasa bosan, karena apa dulu niih sebabnya…?
kalo aku dulu iya,ke gereja duduk, nyanyi, bengong, trus pulang. sering ngerasa bosan sebelum hubungan ku dengan Bapa di pulihkan, tapi sekarang, malah rasanya pengen tiap hari tu adalah hari minggu, supaya bisa ke gereja terus. rasanya tenaaaaaaang bgt diam di hadirat Tuhan…
jadi kalo menurut aku, itu semua gimana cara kamu memaknai ibadah aja…

Bosen kegereja kalau Gereja ngajarinnya doktrin melulu, penebusan oleh Yesus malah diabaikn

bosen dalam gereja pernah, g usa lah pas khotbah pas nyanyi aja , mau nguap… terus pas khotbahya 45 menit atau stgh jam aj uda ngerasa 2 jam… rasa luuaammaa kaliii… jadi nyari gula-gula terus deh pas khotbah…belum lagi, doa pas mau pulang…beeuhh :ashamed0004: bosen gag ketulungan mode On…

Tapi,
itu dulu…

Sekarang, setiap hari uda seperti hari minggu aja :happy0062: dan hari minggu sekarang buat ak hari yang merasa bersalah banget kalo gag pergi ke gereja dan hari yang sayang banget kalo di lewatin…
itu semua anugrah dari Tuhan …
God bless ,

bosan di gereja kalo pas ibadah duduk diantara orang2 tua… depan, belakang, kanan,kiri…

dan para pemudi ada di lantai 2 gereja…

Kebosanan ke Gereja dan didalam gereja, saya kira pernah dialami setiap orang.

Orang kegereja mempunyai maksud dan tujuan yang berbeda-beda.

  • Ada yang untuk mendengarkan puji-pujian dan Firman Allah, sehingga bisa menambah menguatkan iman.
  • Waktu muda, dapat bertemu cewe atau cowo, mungkin ada yang ditafsir.
  • Bertemu teman-teman, untuk mencari order, kalau ada gangdau yang menempel.
  • Kalau di luar negeri, setelah kebaktian bisa kumpul-kumpul, sambil menikmati makanan Indonesia, yang
    sulit didapatkan.
  • Dan macam-macam lagi, bisa ditambahkan.

Kalau yang kita tuju dan inginkan itu tidak ada, sudah pasti kita malas dan bosan ke gereja dan dalam gereja.
Contohnya :

  • Pemain musik dan puji-pujiannya serta Pastor yang membawakan Firman tidak bagus, tidak bersemangat, lebih baik tidur saja, sambil mendengarkan siaran renungan pagi.
    Minggu berikutnya baru menghadiri gereja, sebab yang membawakan Firman, Pastornya bagus sekali.
    Jadi dalam hal ini, pilih-pilih menurut selera kedagingan kita.
  • Demikian juga kalau tujuan kegereja adalah mencari cewek, yang ada digereja tua-tua melulu, ngapain ke gereja.

Apa yang dikatakan oleh Antony dari Optina itu benar, dia mengatakan :
" Menjadi membosankan karena mereka tidak memahami inti ibadah! Anda perlu belajar! "

Contoh:
Kita berziarah ke Holyland, dimana Yesus dilahirkan dan disalibkan.
Kalau setiap bagian yang kita lihat, yang berupa rumah batu, pohon, sungai dls. tidak kita pahami, maka kita akan bilang Holyland tidak bagus, lebih baik ke Rocky Mountain.

Digereja saya, setelah saya mengerti dan paham, maksud dan tujuan setiap urut-urutan ibadah itu, maka saya tidak tergantung pada pastor yang membawakan Firman dan musik lagi, tetapi saya ada kerinduan untuk kegereja dan mengikuti upacara, tahap demi tahap hingga selesai.
Memang dengan adanya Khotbah dan musik yang bagus itu, akan lebih baik, bukannya tidak penting, akan tetapi bukan yang utama.

Demikian pengalaman yang telah terjadi pada diri saya.

[email protected] roderick…

Ini hanya masalah " sikap hati saja "…
Alkitab mengajarkan…Jagalah hatimu…!!
Jika sudah dapat menahan sikap hati…amanlah semuanya…Jadi ga mungkinlah ada perasaan bosan /ada kebosanan dalam gereja…

Salam GBU.

Ah, bro phroz kayak gak tau aja, hehehe…
Saya dulu ikutan pelayanan profetik, kalo lagunya itu lagi itu lagi, spontan para singer dan pemusiknya bisa bikin koor “Bosen bangettzz…”
Apalagi yang profetik youth…

wkwkwkwkwk…

HAHAHAHAHHA…ya pernah juga mengalamnya…ya itulah namanya kita masuk dalam pergumulan dinamika keehidupan kerohanian gereja…

Mungkin saya beruntung dari dulu ya mengikuti jejak keluaraga…bergereja di Gereja Protestan GPIB…
Walaupun demikian ,sering beribadah di gereja denom yang lain jika saat bertugas luar pulau jawa, luar kota jakarta…
Ya saya jug mengamati cara mereka berdoa, bernyanyi .,isi khotbah pendeta…dsb…Dan saya tidak prnah pilih pilih denomnya…ada gereja ada kebaktian saya masuk saja sma teman saya yang seiman…( 3 orang )…Hehhehe…saya sukacita tuh…dan teman saya pun demikian…pasti setelahnya …kami bilang ehh asyik ya…?? hehehe

Broo…@Rodrick…kalo bosan.?? wah harus hati-hati tuh…!!! kita sudah kasih umpan tuh pada si iblis…?? heehhe

So…? saat masuk gereja dan ambil tempat duduk…maka matikan hp dan ambil posisi langsung berdoa untk mengikti kebaktian saat itu…Roh bosan di tengking jauh-juah…tapo roh…kenikmatan beribadah minta datang menemani anda…hehehe. Jika ga seneng bernyanyi …ya ga usah ikut…tapi dalam hatai saja…

HHEHEHHE…selamet mencoba ya broo…

Salam GBU

gereja memang bisa jadi membosankan klo kita hanya jadi pemanas bangku gereja saja setiap hari minggu(alias jemaat pol).pointnya adalah coba deh sekali2 terlibat dalam pelayanan(baik itu di dalam ibadah ataupun di luar ibadah,teserah panggilannya kemana).dijamin nanti bisa merasakan gereja dari sudut pandang yg berbeda(krn biasanya dilayani trus skrng musti melayani).

sebenarnya Gereja itu adalah kita kan ya… “Bait Allah”…
dimanapun kita bergereja kalau hati kita connect sama Tuhan pasti ga akan bosen… :slight_smile:

God Bless

Kalo Gereja adalah kita, dan kita bisa salah, maka Gereja juga bisa salah.
Kalo Gereja adalah kita, dan kita tunduk kepada maut, maka Gereja juga tunduk kepada maut.
Kalo Gereja adalah kita, dan kita bisa memberontak, maka Gereja bisa juga memberontak.
Kalo Gereja adalah kita, dan kita bisa bosenin, maka Gereja bisa juga bosenin.

:happy0062:

Mat 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan Gereja-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.