Kegalauan 4...

Syalom…
Apakah menurut saudara saudara sekalian seorang Sai Baba itu adalah seorang Dajjal / Pengajar sesat ? :mad0261:

Sathya Sai Baba adalah seorang India yang religius, hidup diawal abad 21. Melihat kondisi sosial dan budaya di negerinya, keberadaan agama Hindu, Budha, Kristen dan Islam disana yang saling berseberangan, membuat ia melihat bahwa sesunguhnya agama apa saja itu sama saja. Ia memutuskan tidak memeluk agama apapun yang ada, dan mengajarkan untuk mengamalkan Sathya (Kebenaran), Dharma (Tindakan yang Benar), Shanti (Kedamaian), Prema (Cinta Kasih), dan Ahimsa (Tanpa Kekerasan).

Sekilas ajarannya mirip dengan ajaran Hindu dan Budha, walau tidak mengakui sebagai seorang Hindu yang beraliran Budha. Tetapi nafas ajarannya adalah ajaran Budha dengan dasar Hindu untuk dapat diterima juga Kristen dan Islam.

Sebagai referensi, seoragn lain bernama Shirdi Baba yang hidup di awal abad 19 juga merupakan orang yang mengajarkan hal yang sama yaitu agama universal tanpa mengakui menjadi salah satu pemeluk agama yang ada disekitarnya. Berbeda dengan Sathya Sai Baba, ia lahir dalam lingkungan islam di India dan mencampur ajarannya antara Hindu dan Islam.

Selain mereka berdua, Mahatma Gandhi, diawal abad 20 juga merupakan orang yang sama mengajarkan keuniversalan Hindu. Bedanya dengan mereka berdua diatas, Gandhi menyatakan dirinya tetap sebagai seorang Hindu, walau dalam pengajaran dan hidupnya ia juga menerima nilai-nilai Islam, Kristen dan Budha yang ada disekitaranya.

Mereka bertiga adalah orang-orang India yang beragama lain dan tidak berhubungan dengan kita sebagai orang Kristen sehingga tidak dapat disebut nabi asli atau palsu. Hindu adalah agama yang universal, tanpa bentuk yang baku dan mengalir mengikuti bentuk manusianya.

Saibaba udah mati dan tidak bisa bangkit

GBU

ya,beritanya Sai Baba itu dah menyatu kembali dengan tanah, alias mati…hehehe… :happy0025: