KEHENDAK TUHAN ATAU TAKDIR TUHAN

Aku ingin tahu bagaimana pendapat teman teman tentang istilah beggini " tuhan menciptakan atau mentakdirkan kalau manusia itu bodoh, pintar, kaya ,miskin sebelom kita dilahirkan ke dunia
dan kita hanya menjalankan hidup kita

Anda berada pada denominasi yg menganut paham predestinasi, oleh sebab itu ada pemahaman spt itu.

Sebenarnya Alkitab mengatakan bahwa Allah itu tdk memandang muka:
Ulangan 10:17 Sebab TUHAN, Allahmulah Allah segala allah dan Tuhan segala tuhan, Allah yang besar, kuat dan dahsyat, yang tidak memandang bulu ataupun menerima suap.
KPR 10:34 Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya: "Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang.
Roma 2:11 Sebab Allah tidak memandang bulu.

Itulah sebabnya ketika Tuhan Yesus datang ke dunia ini Dia mengatakan:
Yohanes 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
Itu artinya keselamatan itu bagi setiap org yg mau menerima Dia sbg Tuhan dan Juruselamat.
Allah tdk pernah menetukan keselamatan, tdk pernah mentakdirkan siapaun karena itu sangat bertentangan dgn ke-Maha-adilan Tuhan dan sangat bertentangan dgn Firman-Nya sendiri bahwa Dia tdk memandang bulu.
Semoga dpt memberikan sedikit pencerahan, GBU

Tuhan hanya menciptakan Adam sedangkan kita tidak lagi diciptakan seperti Adam alias dilahirkan. Jika demikian maka tidak dapat dikatakan seorang lahir bodoh, pintar, cacat, sehat karena diciptakan Allah demikian. Saat seseorang bekerja di pabrik dan mengalami kecelakaan kerja sehingga tangannya diamputasi, apakah kita dapat mengatakan bahwa Allah menjadikan dia cacat? Manusia memiliki kehendak bebas, manusia dapat berkarya, berusaha dan juga dapat mengalami celaka dan bahkan maut karena kebebasannya itu. Kita bukan robot Allah yang melakukan sesuatu sesuai dengan program yang dibuat untuk kita. Jalan hidup kita kitalah yang menentukannya sendiri.

Saat seseorang terjepit dan dalam keadaan bahaya, maka ia memiliki kebebasan untuk berjuang sendiri atau berseru kepada Allah memohon pertolongan. Allah akan menolong siapa saja yang berseru memohon pertolongan kepadaNya dengan tangan yang bersih. Jika ia tidak memohon pertolongan, apakah Allah ikut campur dalam ke-Maha KuasaanNya? Kita bukan action figure yang sedang dimainkan oleh Allah seperti seorang anak bermain-main dengan mainannya sehingga dengan seenaknya yang satu ditolong dan yang lain diceritakan binasa.

Saat Allah menciptakan alam semesta ini, Allah juga menetapkan hukumNya. Hukum Allah berlaku dalam kehidupan kita, Allah memperlakukan manusia sesuai dengan hukum yang telah ditetapkanNya. Satu ditinggikan satu direndahkan, satu dijadikannya kaya dan satu menjadi miskin, bukan karena suka-suka Allah tetapi karena hukum yang telah Allah tetapkan. Didalam naskah lain disebutkan tentang apa yang ditabur akan dituainya. Memahami hukum Allah kita akan mengerti mengapa ada orang terlahir bodoh dan pintar, miskin dan kaya.

Satu hal yang penting adalah bahwa semua itu adalah fana, akan binasa dan kita akan menerima yang baru, sesuatu yang kekal dan jauh lebih baik dari apa yang kita sebut perbedaan bodoh dan pintar, kaya dan miskin. Itulah janji Allah yang akan kita terima didalam Kristus.

Menjalani hidup tanpa Tuhan ya… takdir hidupnya yang berlaku
ttp ketika sesorang berjalan dalam Tuhan , takdir hidupnya diubahkan oleh Tuhan …krn bukan manusia itu lagi yang menetapkan langkahnya ttp Tuhan yang menetapkan langkahnya :slight_smile:

Yer 29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Sebagai orang Kristen kita tidak mengenal istilah takdir.

Allah menciptakan manusia untuk memuliakan Allah.

Karena kejatuhan Adam kedalam dosa, mengubah penciptaan Allah yang baik menjadi tercemar.

Dari ulah manusia sendiri yang merubah ciptaan Allah.

Dari mulanya Allah menciptakan dengan BAIK.

Kaya /pintar/ bodoh dll itu ada yang takdir ada yang bukan takdir

GBU

Tuhan tdk pernah mentakdirkan siapaun seseorg utk jadi apa
Hanya saja Tuhan dgn kemaha tahuan-Nya dpt mengetahui seseorg akan jadi apa
Takdir dgn maha tahu sama sekali berbeda