Keluar/Pindah Gereja

Bagaimanakah tanggapan/komen bros & sis’ sekln ttg seseorg yg krn menghadapi masalah yg notabene ruwet di dlm gerejanya (dr berbagai segi & department,bahkan dg keluarga Pak & Bu Gembala) & tdk mungkin lagi terselesaikan sehingga akhirnya org/jemaat tsb dg terpaksa hrs keluar/bahkan pindah ke gereja lain?? Apakah dosa/salah/…???NB: ruwetnya masalah ini krn org tsb vocal,tdk hanya sungkem & bungkem.

Ganti aja ke gereja yang nggak pakai “manajemen keluarga” dan bukan “perusahaan keluarga.”
Dan tetaplah sebagai murid Kristus.

wah ga dosa pindah geraja sih. cari ajah yang baru asal anda berkomitment juga jangan juga menclak menclok ke sana kemari :smiley: :smiley:

Menurut ane, tidak terlalu penting untuk tetap berada dalam satu gereja kecuali anda nyaman karena banyak kenalan dan teman di sana.

Banyak gereja yg mencegah jemaatnya pindah gereja dengan berbagai alasan sebenarnya ini untuk kepentingan diri mereka sendiri.

Gereja jaman modern banyak yg telah keluar dr jalur, terlalu ngebet kejar setoran, terlalu sombong dengan bahasa rohnya, mencela gereja lain, terlalu banyak menjual mujizat, dan kotbahnya tidak bermanfaat.

pindah gereja tidak masalah, kalau sudah tidak ada damai sejahtera disitu, tetapi yang lebih penting orang itu harus bisa mengampuni orang2 yg telah bermasalah dengan dia itu, mendoakan mereka, namun tetap rendah hati,
juga, jangan sampai ada kepahitan, kalau tidak, ya tidak akan ada damai sejahtera dimanapun dia bergereja.

baru2 ini gw jg hampir alami yaitu pengen pindah gereja krn bbrp alasan tp pacar gw bilang, “kita ditmptkan Tuhan di gereja ini pasti ada alesannya”… ada benernya jg, Tuhan nempatin kita di gereja itu pasti ada reasonnya…entah kita itu belajar sesuatu di gereja tsb, entah itu kita yg bawa perubahan bagi gereja tsb… pokoke Tuhan ga maen2 kl nempatin kita kok

well, intinya di doakan dl aja…minta Tuhan tunjukkan apa rencanaNya
kl mau keluarpun harus keluar bae2, selesaikan masalah tsb.

semua gereja2 ada kelebihan dan kekurangan masing2
semua gereja2 ada doktrin2 tertentu kurang sempurna
semua gereja2 ada masalah2 manusia dan manajemen
semua pendeta ada kelebihan dan kekurangan masing2
semua jemaat2 ada kelebihan dan kekurangan masing2
semua manusia ada kelebihan dan kekurangan masing2
kalau ada kesalahan maka coba perbaiki menjadi benar
kasih lembut tegur nasehati bicara baik2 atasi jadi baik2
di dunia ini orang2 Kristen belajar hidup kudus dan kasih
kasih bijak sabar maafkan perbaiki hidup damai sukacita
hidup menuruti kehendak TUHAN YESUS kudus dan kasih
selamatkan jiwajiwa ke surga hidup kekal damai sukacita

harus keluar dari gereja sesat doktrin sesat ajaran sesat
boleh pindah dari gereja tidakcocok ke gereja yang cocok
tetap di gereja perbaiki: doktrin & manajemen & manusia

Betul…
Nggak perlu dibuat repot lah…

Gereja mana yang enggak pakai manajemen keluarga, dan mana yang pakai manajemen keluarga ? Supaya saya gak masuk yang di manajemen keluarga, tapi yang manajemennya udah go publik terdaftar di BEJ. :tongue:

GBU

Gereja manajemen keluarga atau perusahaan keluarga ini maksudnya gimana ya? ada contohnya?

Gini loh bro, misalnya Gereja A, pendetanya si Albert lalu anaknya jadi pendeta juga namanya Alfonso, nah si Alfonso juga melayani di Gereja A ini. Nah si Alfonso dapat istri jemaat ayahnya, lalu berkeluarga, lalu punya anak dan begitu seterusnya.

Intinya Gereja A tidak pernah digembalai oleh orang yang bukan famili/saudara mereka. Setahu saya sih demikian, dan sepertinya sudah menjadi rahasia umum.

;D

Oh gitu, kirain apaan hahahaha

Gereja mana itu ? :smiley:
Kalau mau menyataan kebenaran jangan setengah-setengah. Ditunjuk donk yang mana, supaya gembala yang korupi kolusi nepotisme bertobat dan supaya jemaat tahu yang benar dan yang salah. ;D

GBU

Lah, saya menjelaskan tentang manajemen gereja keluarga kepada bro rider, saya tidak mau tunjuk gereja mana, tapi kan sebagian gereja juga melakukan hal itu. Saya sih tidak masalah kalau mau turun temurun di gereja itu, kalau jemaat nyaman ya tidak apa-apa.

Masalahnya, yang diajarkan gembala itu turun temurun benar atau salah? Ya biar jemaat sendiri yang menilai… :smiley:

Wah payah mas penakut kayak om Sarapanpagi. :ashamed0004:
Kalau pada akhirnya gini mending dari awal gak usah ngomong :tongue:

GBU

guys please jangan mulai meleber ya…
koq jadi mirip2 topik yang kemarin pernah dibahas

Yesus pernah memberi perumpamaan lampu itu ditaruh diatas langit-langit rumah agar dapat menerangi seluruh ruangan, bukan di taruh dibawah kolong ranjang. Garam itu ditaruh dalam panci masakan agar makanan berasa nikmat, bukan ditaburkan di laut.

Anda dipanggil untuk menjadi garam dan terang di mana anda ditempatkan, bukan mencari wadah untuk dapat menikmati kasih Allah, tetapi anda harusnya membawa orang untuk menikmati kasih Allah.

Semoga mencarahkan…

Catatan: Jika anda jemaat biasa-biasa saja, tidak akan terlibat dalam kerumitan politik gereja. Anda tentu bukan sekedar datang dan pergi, tetapi melayani disana tentunya.

:afro: pak… sampai kapan kita akan pindah-pindah klo alasannya karena kekurangan-kekurangan yang ada ? Sy sndri sudah capek pindah-pindah. :happy0025:

semua gereja2 ada kelebihan dan kekurangan masing2
semua gereja2 ada doktrin2 tertentu kurang sempurna
semua gereja2 ada masalah2 manusia dan manajemen
semua pendeta ada kelebihan dan kekurangan masing2
semua jemaat2 ada kelebihan dan kekurangan masing2
semua manusia ada kelebihan dan kekurangan masing2
kalau ada kesalahan maka coba perbaiki menjadi benar
kasih lembut tegur nasehati bicara baik2 atasi jadi baik2
di dunia ini orang2 Kristen belajar hidup kudus dan kasih
kasih bijak sabar maafkan perbaiki hidup damai sukacita
hidup menuruti kehendak TUHAN YESUS kudus dan kasih
selamatkan jiwajiwa ke surga hidup kekal damai sukacita

harus keluar dari gereja sesat doktrin sesat ajaran sesat
boleh pindah dari gereja tidakcocok ke gereja yang cocok
tetap di gereja perbaiki: doktrin & manajemen & manusia

[/quote]

setuju dengan komen di atas ini

jika TS jemaat biasa sebenernya gak jadi masalah, dan pindah gereja juga bukan dosa
tapi ternyata TS terlibat dalam kerumitan politik gereja menunjukkan TS di sini adalah termasuk orang penting dalam gereja

kelihaian Amalek dalam mengalahkan musuhnya. Mereka menyerang barisan belakang yang terdiri dari orang-orang lemah. Sementara, tentara Israel sedang letih dan lesu. Karena serangan itu, perjalanan Israel ke Tanah Perjanjian terhalangi (Kel. 17:10; Ul. 25:17; 1 Sam. 15:2). Kemenangan itu banyak dipengaruhi penopangan tangan Musa oleh Harun dan Hur.

gereja ibarat tentara israel, agan TS ibarat musa dan harun
jika kondisi gereja sedang lemah ada peluang iblis yang dilambangkan orang amalek untuk menyerang gereja dilambangkan orang israel
gembala/pendeta dilambangkan dengan musa mereka tidak bisa bekerja sendiri, agan TS bisa diibaratkan harun dan hur untuk menopang tangan gembala/pendeta

jika harun dan hur tidak mau menopang musa maka bangsa israel akan kalah oleh bangsa amalek

saya yakin agan bisa menghadapinya dengan sabar dengan kasih

iya… setiap gereja adalah Tubuh Tuhan Yesus, dipakai seturut tugasnya masing2… sama2 alatnya Tuhan…
bergerejalah dimana hati kita ada damai dan sukacita tanpa mendeskriditkan gereja lain… :slight_smile:

God Bless