keluarga saya memaksa saya berbohong

saya adalah satu2nya kristen di keluarga saya yang non-kristen, semua saudara saya belum menikah. saya membuka usaha kecil2an di rumah. saat ini kakak saya ingin membuat kartu kredit dari salah satu bank, dan dia menggunakan telepon usaha saya untuk apply kartu kredit (karena dirumah biasanya tidak ada orang, hanya pembantu rumah tangga, jadi pakai telepon usaha saya) dan menyuruh saya untuk berpura-pura sebagai karyawan kakak saya, tapi saya menolak dan kakak saya marah karena saya menolak. kakak saya mempunyai usaha sendiri, tetapi tidak mempunyai telepon yang fixed line, tetapi memakai handphone untuk berhubungan dengan pelanggan dan pegawainya karena kakak saya adalah pemilik sekaligus marketing jadi sering pergi2 untuk ketemu dengan pelanggan. seminggu ini saya ditelepon terus oleh bank kartu kredit tersebut untuk mengecek kebenaran data2 dari kakak saya, dan saya jawab apa adanya, sehingga kakak saya marah2 terus. sekarang saya ditekan keluarga saya agar saya mau berbohong, agar bisa dapat kartu kredit itu. masalah seperti ini sudah berulang-ulang terjadi, saya disuruh berbohong, tapi saya tidak mau, dan saya dimarahi, dibilang sok suci, dibilang ajarannya kasih tapi kok tidak mau bantu keluarganya, dinasehati jadi orang itu tidak boleh kaku harus fleksibel. saya mohon masukannya apa yang harus saya lakukan? terima kasih

dengan berbicara apa adanya… menyelamatkan kakak gusgus dr kebiasaan hutang :smiley:
kartu kredit bukan membantu …tpp sering malah jadi kelilit hutang

terima kasih atas jawabannya. kakak saya pengeluarannya (termasuk tagihan kartu kreditnya) jauh lebih rendah dibandingkan penghasilannya, dia jarang menggunakan kartu kredit itu, cuma siap2 kalau sewaktu-waktu ada barang sale sewaktu jalan2 ke mall. biasanya dengan kartu kredit lain, setelah 1 tahun bebas iuran habis, kartu kreditnya ditutup.

mnrt gw tetep pada pendirian u…
apakah Daniel takut ketika ada larangan utk hanya boleh menyembah raja aja, kl tidak menyembah dimasukan gua singa?

jgn terpengaruh oleh keadaan tetapi rubahlah keadaan…

lagian Kasih tdk mengajarkan bohong demi kebaikan kok

terima kasih atas penguatannya. Gbu

Tetap pada pendirian kamu…
Ikut Tuhan emang gitu… tp ujung2nya kita sendiri yang akan merasakannya Tuhan ga akan meninggalkan kita. Ia mengerti apa yang anda rasakan.

tetaplah berdoa agar Tuhan menjamah keluargamu ^^

:slight_smile: aq juga sering hadapin apa yg amu hadapin…
kuat ja…
Kejujuran tu gerbang kedamaian :smiley:
bilang ja ma mereka karna amu ngasihi mereka makana amu mw mereka terslamatkan dari kebohongan yg mala kan bawa masalah besar…

lagian sebagai anak ekonomi,setahu saya kartu kredit tu lebih banyak bawa masalah daripada baekna…
karna memotivasi kita tuk bisa berutang lebih n lebih…
awal dikit lma2 jdi bukit >_<

@phieq:mksih wat ingtana maaf aq gak tw soaln,ketikan q buat orang bingung >_<

maaf ya all :smiley:

OOT dikit

@Freoss, seingatku ada peraturan di FK ini untuk tidak menggunakan bahasa yang spt Anda tulis tersebut… membingungkan member yang lain utk membacanya…

BTT:
Gusgus, memang tidak mudah, tp apa yg kamu lakukan sudah betul.
Berdoalah minta kesanggupan dari Tuhan supaya kamu tetap dapat menjadi garam dan terang dalam keluarga kamu, dan disaat yang sama berdoa untuk keluarga kamu supaya mereka bisa mengerti pendirian kamu.

Salam
:slight_smile:

bilang sama mereka ALASANNYA BUKAN HANYA BOHONG tapi kamu takut kena batunya dari gelegatnya KAMU MAU DIKORBANKAN artinya yang berhutang suatu ketika hutangnya besar kamu yang jadi korban

katakan saja kamu ngak mau jadi korban orang lain saja suruh

kalau termpet semar masih nyanyi terus cuek saja KARNA SETIAP ORANG TAHU DALAM DIRINYA BAHWA TIDAK BOLEH DAN HARAM HUKUMNYA MENGORBANKAN ORANG LAIN/MEMBUAT ORANG LAIN JADI SIAL

hhmmm kalo begini banyak" berdoa lah biar, ditolong sama tuhan jesus

kis 5 : 29
Tetapi Petrus dan rasul-rasul itu menjawab, katanya: "Kita harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia.