“KEMANAKAH POHON KEHIDUPAN ITU?”

Manusia pertama, Adam & Hawa ditempatkan Tuhan di Taman Eden,
yang menurut Alkitab terletak di sebelah Timur.
Taman Eden ini ditumbuhi dgn berbagai pohon yang menarik & baik buahnya untuk dimakan.
Di tengah taman itu Tuhan menempatkan pohon kehidupan dan pohon pengetahuan yang baik dan jahat.

Di taman ini juga mengalir empat buah sungai yang membasahi Taman Eden itu.
Sungai yang pertama Pison, sungai yang kedua Gihon, yang ke tiga Tigris dan yang ke empat Efrat.
Pada masa kini hanya tinggal tiga sungai yang masih ada, diperkirakan karena letaknya.
Sedangkan sebuah sungai yaitu Sungai Pison diduga telah lenyap karena perubahan permukaan bumi.

Ketika manusia tidak taat, dan memilih untuk memakan buah pengetahuan yang baik dan jahat, maka mereka menjadi tahu tentang yang baik dan yang jahat. Oleh sebab itu Tuhan mengusir mereka dari Taman Eden, karena Tuhan khawatir kalau2 manusia yang sudah berdosa ini memakan buah pohon kehidupan sehingga mereka akan hidup kekal dalam dosa2nya.

Lalu sejak manusia diusir dari Taman Eden, kemanakah pohon kehidupan itu?
Kalau demikian bagaimana supaya manusia yang sudah berdosa itu dapat hidup kekal?
Tuhan telah merencanakan semuanya, kalaupun Tuhan mengangkat pohon kehidupan itu dari Taman Eden,
namun Dia menggantikannya dengan YESUS sebagai pohon kehidupan itu dan mengirimkan-Nya ke tengah2 dunia,
supaya barangsiapa yang mau percaya kepada-Nya maka dia akan di kuduskan dan beroleh hidup yang kekal.

Apakah teman2 mempunyai pandangan lain / komen mengenai kemana pohon kehidupan itu? Silakan kita berbagi di Trit ini.
GBU all

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini,
sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal,
supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa,
melainkan beroleh hidup yang kekal.
Yohanes 3:16

pohon kehidupan itu rasanya waktu kecil mirip buah Apel om :stuck_out_tongue:

Lalu sejak manusia diusir dari Taman Eden, kemanakah pohon kehidupan itu?

Jwb: Di Alkitab tdk cukup jelas mengungkap ttg pohon kehidupan ini, hanya yg kita tahu spy manusia yg telah “mati” tsb tidak mati kekal( tubuh dan rohnya ), mk manusia tsb dihindarkan dari memakan buah pohon kehidupan ini ( dg cara diusir , & jalan unt mengakses pohon tsb dirintangi ).

Kalau demikian bagaimana supaya manusia yang sudah berdosa itu dapat hidup kekal?

Jwb: Nah kalau berdosa kmdn hidup kekal , inlah yg dihindarkanNya , sbb kmdn tdk ada lagi yg akan memuliakanNya.
Allah menginginkan agar manusia itu memuliakaNya , ttp hal ini kan tdk mungkin krn manusia telah “mati”,satu2nya hal yang mengakibatkan manusia itu dpt memuliakanNya adalah dg menghidupkan yang “mati” tsb, dan ini hanya bisa lewat AnugerahNya.

Tuhan telah merencanakan semuanya, kalaupun Tuhan mengangkat pohon kehidupan itu dari Taman Eden,
namun Dia menggantikannya dengan YESUS sebagai pohon kehidupan itu dan mengirimkan-Nya ke tengah2 dunia,
Jwb: benar.

supaya barangsiapa yang mau percaya kepada-Nya maka dia akan di kuduskan dan beroleh hidup yang kekal.
Jwb:Ini tdk persis demikian, krn bukan krn mau percaya kepada-Nya kmdn akan dikuduskan Allah.
Manusia ini telah “mati”, tidak mungkin dari yang “mati” ini dpt percaya, jadi hrslah Allah sendiri yang aktif melakukan sesuatu karya pada bangkai manusia itu shg dapat hidup.Gby

Anda kebalikbalik tuh Bro,
coba lihat ayatnya:
Kejadian 3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: “Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.”

memangnya Tuhan menciptakan manusia utk memuliakan-Nya? bknkah ada malaikat di sorga yg selalu memuji & memuliakan Dia?
Kalau pakai istilah anda “mati”, nunggu sampai berapa lama utk menerima anugerah-Nya itu?
Dlm PL tdk dikenal anugerah lho, jd mereka tdk bisa memuliakan Allah? mrk tetap mati? :’(

Kalau manusia yg sdh berdosa itu mati, utk apa mrk diusir dr tmn Eden?
kan sdh tdk tahu yg baik, gak mungkin mengambil buah pohon kehidupan? :slight_smile:
Coba anda baca baik2 ayat ini:
Kejadian 3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; . . . . . > artinya masih tahu yg baik, tdk hanya yg jahat2 lho :slight_smile: > jadi dgn keabikannya yg tersisa takut mengambil buah pohon kehidupan shg hidup kekal dgn dosanya.
maksud anda harus dipilih ya? wah kalau berdasarkan pilihan Tuhan maka berarti Tuhan menyangkali ke-Maha-adilan-Nya dgn pilih2 org, padahal Dia berfirman bahwa Dia tdk memandang muka/tdk pilih kasih (Ulangan 10:17 Sebab TUHAN, Allahmulah Allah segala allah dan Tuhan segala tuhan, Allah yang besar, kuat dan dahsyat, yang tidak memandang bulu ataupun menerima suap.; KPR 10:34 Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya: "Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang.)
Trus utk apa Dia kumandangkan ayat dlm Yoh 3:16? cuma buat bohong2an? mengiming2i org? :slight_smile: ada2 saja Bro
Thx utk komennya, GBU

Anda kebalikbalik tuh Bro,
coba lihat ayatnya:
Kejadian 3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.
jwb:Memang manusia setelah memberontakNya , menjadi tahu akan yang baik dan yang jahat ( sebelumnya yg baik saja ), tapi ini jangan di artikan krn tahu yg Baik mk mrk dapat percaya/mencari Allah, ini bisa kita bayangkan : kenapa Allah tdk menciptakan manusia dalam keadaan rusak/mati saja krn toh mrk dapat mencari Allah? dan dg ini Allah akan lebih sederhana prosesnya, tidak perlu Allah sendiri menyelamatkan (anugerah ), tdk perlu dikenalkan hr ke7(sabat), cukup manusia setelah diciptakan mati di biarkan saja spy mrk mencari Allah, yg mencari Allah selamat, yg tdk ya tentu saja tetap mati.
kita bisa belajar pula dr :
Rm3:10 seperti ada tertulis: "Tidak ada yang benar, seorang pun tidak.
3:11 Tidak ada seorang pun yang berakal budi, tidak ada seorang pun yang mencari Allah.
3:12 Semua orang telah menyeleweng, mereka semua tidak berguna, tidak ada yang berbuat baik, seorang pun tidak.

memangnya Tuhan menciptakan manusia utk memuliakan-Nya? bknkah ada malaikat di sorga yg selalu memuji & memuliakan Dia?.
Jwb: Setelah proses penyelamatan manusia lewat anugerahNya yg panjang itu , ujungnya adalah " KEMULIAAN ITU HANYA UNTUK ALLAH SAJA".

Kalau pakai istilah anda “mati”, nunggu sampai berapa lama utk menerima anugerah-Nya itu?
Dlm PL tdk dikenal anugerah lho, jd mereka tdk bisa memuliakan Allah? mrk tetap mati?
Jwb:Ditunggu sampai kapanpun tdk mungkin manusia bisa mencari Allah, ttp oleh Kasih Karunia/Anugerah kita diselamatkan.
Semua yang selamat melalui Anugerah, tanpa Anugerah tdk ada yg selamat dari yang telah mati.
Jadi termasuk mrk di PL, kita bisa belajar dr:
Kej3:7 Maka terbukalah mata mereka berdua dan mereka tahu, bahwa mereka telanjang; lalu mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat.(ini gambaran dr manusia yang mengupayakan keselamatan dengan perbuatan, dan ini Allah tdk berkenan).
Kej3:21 Dan TUHAN Allah membuat pakaian dari kulit binatang untuk manusia dan untuk isterinya itu, lalu mengenakannya kepada mereka.( gambaran dari keselamatan oleh Anugerah).

Wah anda gak ngerti FT? kan manusia itu segambar dan serupa Allah, masa diciptakan dlm keadaan rusak? :slight_smile:

anugerah keselamatan itu baru dikenal di PB lho

wah itu mah bukti bahwa manusia itu setelah jatuh dlm dosa tahu yg baik dan yg jahat bro, bukan yg baik saja spt sebelum jatuh :slight_smile:
Wah anda ini gak siap utk diskusi nih, jadi dipaksain gitu :),
Anda menyimak dulu deh Bro
Thx, GBU

Kalau manusia yg sdh berdosa itu mati, utk apa mrk diusir dr tmn Eden?
kan sdh tdk tahu yg baik, gak mungkin mengambil buah pohon kehidupan?
Coba anda baca baik2 ayat ini:
Kejadian 3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; . . . . . > artinya masih tahu yg baik, tdk hanya yg jahat2 lho > jadi dgn keabikannya yg tersisa takut mengambil buah pohon kehidupan shg hidup kekal dgn dosanya.
maksud anda harus dipilih ya? wah kalau berdasarkan pilihan Tuhan maka berarti Tuhan menyangkali ke-Maha-adilan-Nya dgn pilih2 org, padahal Dia berfirman bahwa Dia tdk memandang muka/tdk pilih kasih (Ulangan 10:17 Sebab TUHAN, Allahmulah Allah segala allah dan Tuhan segala tuhan, Allah yang besar, kuat dan dahsyat, yang tidak memandang bulu ataupun menerima suap.; KPR 10:34 Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya: "Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang.)
Jwb:Diusir spy tdk makan buah pohon kehidupan yg artinya mati kekal ( sama dg andaikata manusia diciptakan dalam keadaan mati/rusak , disini kondisi mrk kekal), setelah manusia memberontak/mati apapun yg dilakukannya tdk ada yg berarti baik, termasuk makan buah pohon kehidupan /berlaku Rm3:10-12 ).
Allah tdk menyangkali kemaha AdilanNya: hal ini bisa kita bayangkan spt Allah yg mengambil tanah unt dipakai menurut keperluanNya ( spt ktk Allah menciptakan Adam, kan tdk semua debu tanah dipakaiNya sampai tdk ada yg tersisa?), ketika manusia telah “mati” manusia bisa dianggap spt tanah saja.
Kita jg bisa belajar dr Bgs Isrl dan bgs Mesir ( dimana anak sulungnya dibunuh, kan hanya anak sulung org Mesir?).Gby

Trus utk apa Dia kumandangkan ayat dlm Yoh 3:16? cuma buat bohong2an? mengiming2i org?
Jwb:
Yoh3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
FT ini tdk ada yg kontradiksi, yang perlu kita renungkan adalah setiap orang yang percaya kepada-Nya , ini sebangun dg:
Why3:5 Barangsiapa menang, ia akan dikenakan pakaian putih yang demikian;…
Why3:20 Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.Gby

Anda ini menjawab apa sih Bro? saya gak ngerti lho
GBU

Saya gak lihat hubungan kedua ayat ini lho Bro
GBU

Kayanya sekarang sudah makin subur dan berkembang banyak…

Berbahagialah mereka yang membasuh jubahnya. Mereka akan memperoleh hak atas pohon-pohon kehidupan dan masuk melalui pintu-pintu gerbang ke dalam kota itu. (Wahyu 22:14)

Setelah taman Eden dijaga para Kerub, sejak itu juga Taman Eden dipisahkan dari dunia jasmani, alias berada dalam alam Roh. Sampai tiba saatnya kita semua menerima kepenuhan Kristus dan mendapatkan kehidupan kekal didalamNya dengan menerim buah kehidupan sejati.

Salam damai sejahtera dalam Kristus Yesus untuk semua.

Mengapa setelah memakan buah pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat, manusia itu (Adam) dan isterinya tidak mengalami kematian?

Karena yang dimaksudkan dengan mati pada mereka itu adalah kehilangan kesempatan selama-lamanya untuk dapat memiliki kuasa manusia atas manusia.

Perhatikan apa yang dilakukan oleh manusia itu (Adam), isterinya, dan ular itu.
Suami-isteri itu adalah manusia yang dipersiapkan Allah supaya kelak dapat memiliki tempat di surga, dan ular itu adalah malaikat yang dipersiapakan juga supaya kelak memuliakan Allah di surga.

Adanya manusia yang tidak memiliki tempat di surga dan begitu juga dengan malaikat memang sudah ditetapkan oleh Allah sejak semula yaitu saat Allah menciptakan langit dan bumi beserta seluruh isinya.

Memang benar Allah pertama kali menciptakan malaikat-malaikat dan kemudian menjadikan manusia, dan manusia adalah pusat dari segala kejadian penciptaan yang memang telah Allah rencanakan sebelum semuanya ada.

Tetapi malaikat-malaikat sendiripun belum melayani Allah di surga, tetapi ditempatkan di dunia untuk memenuhi segala ketetapan yang telah dijadikan oleh Allah supaya dapata layak memuliakanNya kelak di surga.

Kesalahan manusia itu (Adam) dan isterinya adalah bukan menolak Dua Kasih Terutama, tetapi telah memilih menjalani hidup mereka bukan di dalam Dua Kasih Terutama, dan lebih memilih hidup di dalam Sepuluh perintah menurut hukum Taurat.

Itulah sebabnya mereka masih diberikan kesempatan untuk menjalani hidup mereka.
Tetapi setiap pelanggaran, walaupun diampuni, tetap harus menanggung konsekuensi, termasuk manusia itu (Adam) dan isterinya. Yaitu berpakaian yang layak sesuai seperti yang telah ditetapkan oleh Allah bagi manusia yang memilih hidup di dalam Sepuluh perintah menurut hukum Taurat.

Aku ingin memberitahu kepada semua orang, bahwa semua yang kutuliskan adalah murni firman Allah, itulah tujuan pertama-tama yang dikehendaki oleh Allah supaya hal ini sampai kepada manusia.
Tetapi jika ada yang merasa ini adalah untuk mendidik dan mengajar, maka hal itu karena panggilan yang ada pada tiap manusia adalah berbeda-beda, termasuk juga jika semua ini diterima oleh beberapa orang sebagai hal yang menyatakan kesalahan.

Pohon kehidupan itu sendiri adalah Dua Kasih Terutama.

Dan memang, Kristus Yesus adalah manusia pertama yang menghidupi Dua Kasih Terutama itu; yang mula-mula adalah Firman Allah, tetapi harus digenapi dahulu yaitu dengan kedatanganNya yang kedua kalinya.
Sebab kedatanganNya yang pertama kali adalah supaya Sepuluh perintah menurut hukum Taurat nyata tidak membawa kehidupan bagi manusia, maksudnya kehidupan disini adalah manusia yang dapat mencapai tempat dimana Allah berada, dan menyatakan bahwa dalam Dua Kasih Terutama-lah ada kehidupan.

Demikianlah Yesus Kristus yang datang kedua kali adalah orang yang sama. Maksudnya adalah yang menghidupi Dua Kasih Terutama. Dan kali ini tanpa menanggung dosa manusia, tetapi menghakimi setiap orang yang tidak percaya bahwa Dua Kasih Terutama adalah kehidupan.

siapa bilang berada di alam roh? kok sungai2 yg menjadi batasnya masih ada di Dunia? :slight_smile:
penafsiran anda kok aneh bro?
GBU

Penafsiran anda aneh lho Bro :slight_smile:
Thx, GBU

Tidak aneh kalau tahu dan mengerti bahwa Yesus Kristus mematikan hukum Taurat, supaya Dua Kasih Terutama menjadi kehidupan bagi manusia.

Mengapa anda sebut pohon kehidupan itu dua kasih terutama?

Allah Memberikan Kebebasan Untuk Memilih:
Sejak saat di Taman Eden, Adam & Hawa diberikan kebebasan utk memilih buah2 pohon yg ingin dimakannya, dengan catatan bahwa buah pohon penegtahuan akan mendatangakan kematian.

Kejadian 2:16 Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,
2:17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.

Sejak semula keselamatan manusia diserahkan Allah kepada freewill mereka, ini sesuai dengan nature mereka diciptakan, yaitu menurut gambar Allah sendiri.
Kejadian 1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

Ketika manusia telah jatuh ke dalam dosa, maka Tuhan menjaga pohon kehidupan agar manuisa tdk memakan b uahnya sehingga hidup kekal di dlm dosanya.
Kejadian 3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: “Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.”
3:23 Lalu TUHAN Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil.
3:24 Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyalah beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan

Namun Allah sangat mengasihi manusia walaupun mereka telah jatuh ke dalam dosa. Oleh sebab itu Allah telah berinkarnasi menjadi manusia, Allah datang ke dalam dunia dalam rupa Yesus yg menebus dosa semua umat manuisa yang mau percaya kepada kuasa penebusan-Nya.
Yohanes 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Dalam ayat Yohanes 3:16 itu sama sekali tdk ada paksaan, tdk ada penetapan dari pihak Allah, semuanya diserahkan kpd freewill/kehendak bebas manusia apakah mau menerima Yesus sbg Juruselamat atau mau menolak-Nya

Pohon kehidupan itu kini telah hadir di dunia, agar setiap orang yg mau percaya boleh menikmati buah-Nya, sehingga Tuhan Yesus berkata : Maka kata YESUS kepada mereka: “Ambillah, inilah tubuh-Ku.”(Markus 14:22) dan "Inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang (Markus 14:24).
GBU all.

Allah Memberikan Kebebasan Untuk Memilih:
Sejak saat di Taman Eden,…
Sejak semula keselamatan manusia diserahkan Allah kepada freewill mereka, ini sesuai dengan nature mereka diciptakan, yaitu menurut gambar Allah sendiri…
Jwb: Benar, sebab mrk masih hidup secara rohani dan jasmani, mrk dpt memilih : hidup(taat) atau mati(memberontak).

Ketika manusia telah jatuh ke dalam dosa, maka Tuhan menjaga pohon kehidupan agar manuisa tdk memakan b uahnya sehingga hidup kekal di dlm dosanya…
3:24 Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden,…

Jwb: Betul, hidup kekal dalam dosanya=binasa kekal, dalam keadaan ini ( binasa kekal ) maka penciptaan bumi seisinya oleh Allah menjadi sia2 , tidak ada lagi manusia yang akan memuliakanNya.
oleh sebab itu mrk di usirnya dr taman eden, shg Allah bisa mengkaruniakan Anugerah kehidupan buat sebagian manusia yang telah mati secara rohani itu, mrk yg berbahagia itu dikenal sbg bangsa pilihanNya.

Namun Allah sangat mengasihi manusia walaupun mereka telah jatuh…
Dalam ayat Yohanes 3:16 itu sama sekali tdk ada paksaan, tdk ada penetapan dari pihak Allah, semuanya diserahkan kpd freewill/kehendak bebas manusia apakah mau menerima YESUS sbg Juruselamat atau mau menolak-Nya

Jwb:dalam fase ini( setelah manusia mati secara rohani ), tidak mungkin lagi manusia bisa menerima YESUS sbg juruselamat=mencari Allah sebagai penebusnya.
Rm3:10 seperti ada tertulis: "Tidak ada yang benar, seorang pun tidak.
3:11 Tidak ada seorang pun yang berakal budi, tidak ada seorang pun yang mencari Allah.
3:12 Semua orang telah menyeleweng, mereka semua tidak berguna, tidak ada yang berbuat baik, seorang pun tidak.
Jadi hrs Allah yg melakukannya ,dan tdk ada kontribusi mns.

Pohon kehidupan itu kini telah hadir di dunia, agar setiap orang yg mau percaya boleh menikmati buah-Nya, sehingga Tuhan YESUS berkata : Maka kata YESUS kepada mereka: “Ambillah, inilah tubuh-Ku.”(Markus 14:22) dan "Inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang (Markus 14:24).

Jwb:Pohon kehidupan itu melawati milikNya, agar Barang siapa percaya (menang ) beroleh Hidup.Gby

Alkitrab memang tidak cukup untuk menuliskan semua perbuatan Allah yang maha segalanya.
alkitab hanya menceritakan bahwa pohon itu tumbuh di taman eden/firdaus ? dan tuhan telah “menutup” jalan bagi manusia untuk kembali kesana, jadi penjelasan apapun ,hanya tafsiran manusia mengenai keberadaan pohon kehidupan itu, walaupun sebenarnya kemungkinan hanya cerita fiktif atau hanya ilustrasi saja

GBU