Kematian Saul berbeda??

Ketika saya sedang diam, tiba2 saya teringat tentang kisah kematian Saul,

dalam 1 Samuel 31:4-5
31:4 Lalu berkatalah Saul kepada pembawa senjatanya: “Hunuslah pedangmu dan tikamlah q aku, supaya jangan datang orang-orang yang tidak bersunat r ini menikam aku dan memperlakukan aku sebagai permainan.” Tetapi pembawa senjatanya tidak mau, karena ia sangat segan. Kemudian Saul mengambil pedang itu dan menjatuhkan dirinya ke atasnya.
31:5 Ketika pembawa senjatanya melihat, bahwa Saul telah mati, iapun menjatuhkan dirinya ke atas pedangnya, lalu mati bersama-sama dengan Saul.

dari ayat diatas dapat dilihat bahwa Saul bunuh diri, tetapi

dalam 2 Samuel 1:10
Aku datang ke dekatnya dan membunuh dia , sebab aku tahu, ia tidak dapat hidup terus setelah jatuh. Aku mengambil jejamang yang ada di kepalanya, dan gelang yang ada pada lengannya, dan inilah dia kubawa kepada tuanku."

dari ayat diatas dapat dilihat kalau Saul dibunuh oleh orang Amalek tersebut.

Pertanyaan saya, apakah Saul mati bunuh diri atau dibunuh?? Mungkinkah ketika ia menjatuhkan diri ke pedang, ia belum mati sehingga orang Amalek yang membunuhnya??

trims y all :happy0025:

Saul secara fakta mati bunuh diri, karena beratnya peperangan yang dihadapi. Kebohongan ada di orang Amalek yang menyampaikan berita kematian Saul.Kemungkinan motivasi dari orang Amalek tersebut adalah agar mendapat pujian atau reward dari Daud, karena Daud dianggap berselisih dengan Saul. Bangsa Amalek adalah musuh besar orang Israel , sangat tidak mungkin jika seorang Israel minta dibunuh oleh seorang Amalek yang adalah musuh bangsa Israel dan penyembah berhala

wow…sungguh masuk akal, trims jawabannya menambah pengertian saya. :afro: GBU